Wisata Pantai Senggigi Lombok yang Menawan

Wisata Pantai Senggigi Lombok yang Menawan – Lombok dan Bali mempunyai kemiripan yang sama dalam sector pariwisata. Keduanya memiliki bermacam-macam pantai dengan laut yang sangat mempesona. Hingga tak heran kedunnya menjadi tujuan utama bagi wisatawan lokal dan asing. Pantai yang menjadi kebanggaan pulau Lombok adalah pantai Singgigi.

Mengisi liburan dengan pergi ke wisata pantai Senggigi Lombok, Anda akan menemukan hal menarik dan seru. Terutama dengan keindahan pasir pantai yang putih nan bersih dengan gradasi hitam. Tentunya hal ini akan menjadi sebuah moment berharga dengan di padu dengan senja di sore hari.


Lokasi dan Rute Wisata Pantai Senggigi Lombok


Lokasi wisata pantai senggigi Lombok terletak di sebelah barat laut kota Mataram, kabupaten Lombok Barat, NTB. Anda dapat sampai ke pantai Senggigi menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum atau dengan menyewa motor. Menggunakan angkutan umum dari kota Mataram, Anda dapat mengambil angkutan jurusan Sweta menuju Ampenan. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umu jurusan Senggigi. Namun Anda harus berjalan kaki untuk tiba di pantai Senggigi sekitar 3 menitan.

Jalan menuju wisata pantai Senggigi Lombok dapat Anda pilih melalui kota Mataram atau Bali. Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari kota Mataram maka akan menghabiskan waktu kisaran 30-50 menit. Sedangkan dari Bali, Anda dapat menggunakan jalur laut dengan melalui pelabuhan padang Bai menuju pelabuhan Lembar. Tentunya dengan jarak yang masih dibilang jauh, maka Anda memerlukan waktu kurang lebih 3,5 jam. Jika anda ingin mendapatkan rute tercepat anda dapat melihatnya di Maps berikut :


Jalan menuju wisata ini sangat ramai pengunjung dan pedagang yang menjual makanan, aneka souvenir dan masih banyak lagi. Selain itu Anda juga akan melewati pasar Ampenan (Kebon Roek) dan menyaksikan kendaraan tradisional Mataram yang disebut Cidomo. Kendaraan ini hanya dapat ditemukan dibeberapa tempat yang belum dijangkau oleh mobil.

Pesona Wisata Pantai Senggigi Lombok


Walaupun banyak hotel dan restoran yang dibangun di kawasan pantai, namun sebagian wisatawan lebih memilih pantai Sengigi dari pada Bali. Ini karena pantai Senggigi lebih tenang dibandingkan dengan Bali yang sudah banyak wisatawan yang pergi ke sana. Ada beberapa pesona yang akan Anda dapatkan di pantai Senggigi Lombok ini antara lain:

1.Melakukan snorkeling


Aktivitas ini menjadi hal yang paling digemari oleh pengunjung ketika berada di pantai Senggigi. Anda akan merasa takjub dengan keindahan alam bawah laut yang masih terjaga kealamiannya diantaranya trumbu karang tepat ikan-ikan kecil bersembunyi.

Bagi Anda yang masih belum ahli atau masih bingung melakukan snorkeling, para petugas akan senang hati menadmpingi Anda. Jika Anda merasa malas bertemu dengan para petugas pantai, Anda dapat melakukannya dengan bantuan keluarga atau teman yang sudah terbiasa dengan snorkeling.

Melakukan snorkeling, Anda dapat mencari tempat yang aman dari ombak besar, sehingga Anda bisa nyaman melihat dan mengamati alam bawah laut. Perairan depan Senggigi restort, dapat menjadi tempat snorkeling yang aman karena perairan yang relative tenang tanpa ombak yang menggulung.

2.Surfing Pemacu Adrenalin


Lain halnya dengan Surfing (berselancar), Anda membutuhkan ombak besar untuk melakukan aktivitas ini. Ini akan memicu adrenalin Anda dalam melakukannya. Pantai selatan menjadi sebuah tempat yang cocok untuk melakukan Surfing, karena ombak di sini masih terbilang cukup besar.

Bagi yang ingin mencoba melakukannya namun tidak mempunyai papan seluncur, Anda dapat menyewa papan tersebut di sepanjang tepian pantai. Selain hal terebut Anda dan sekeluarga dapat bermain kano, memancing, berenang, dan masih banyak lagi aktivitas seru lainnya.

3.Sunset yang Mempesona


Sunset (matahari terbenam) meruapakn moment yang sangat menyenangkan ketika menyaksikannya. Karena diwaktu sunset, Anda akan melihat perubahan warna langit dari cerah menjadi gelap. Sedangkan cahaya matahari yang berwarna orange keemasan akan membaur menjadi warna yang sangat indah. Ini tentunya akan menghasilkan pemandangan yang indah sekali. Biasanya moment seperti itu akan selalu diabadikan oleh para photographer.



Hal istimewa yang membedakan sunset di pantai Senggigi dengan pantai lainnya yaitu penampakan Gunung Agung. Penampakan ini akan memberikan lukisan langit yang sangat indah. Gunung Agung pun seperti bentuk pyramid dengan segitiga menjulang ke langit. Sedangkan di sisinya terdpat sinar matahari keemas-emasan.

4.Bakar Kalori, Bakar Uang Perbekalan


Bagi Anda yang kurang memperhatikan kesehatan ketika musim liburan tiba, Anda dapat melakukan jogging di sekitar pantai. Anda dapat menikmati pemandangan yang indah nan mempesona dengan berlari-lari kecil. Selain Anda senang, kegiatan ini dapat membakar kalori dalam tubuh.

Baca juga : Gratis Masuk Wisata Pantai Jimbaran Bali yang Mempesona

Sedangkan bakar uang perbekalan maksudnya yaitu dengan membeli pernak-pernik khas Lombok di sekitar pesisir pantai Senggigi. Pernak-pernik tersebut antara lain; kaos, gelang-gelangan cantik, dan masih banyak lagi souvenir khas Lombok yang dapat Anda temukan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Senggigi Lombok


Dalam perjalanan dari bandara, persiapkan uang untuk membayar angutan yang digunakan untuk sampai ke lokasi pantai. Uang yang dibutuhkan senilai Rp. 5.000,-. Sedangkan untuk harga tiket wisata pantai Senggigi Lombok sangat terjangkau yaitu Rp. 25.000,- sampai 30.000,-/orang.

Dengan membayar tiket masuk yang telah disedikan oleh pengelola pantai, Anda dapat menikmati keindahan bahwa laut pantai Senggigi. Selain itu Anda dapat melihat langsung pesona pantai dan sunset di sore hari. Tentunya ini merupakan moment yang dapat Anda abadikan dengan foto-foto di smartphone dan kamera Anda.


Mencari Souvenir di Pasar Tradisional


Berlibur ke suatu daerah, tidak akan terasa kalau belum membeli souvenir. Di Lombok terdapat pasar tradisional yang dapat Anda kunjungi sebagai tempat untuk membeli souvenir khas Lombok. Pasar tardisional tersebut berada di pasar Seni Senggigi tepatnya di provinsi NTB. Pasar yang diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Telekomunikasi tahun 1991 ini memiliki sekitar 12 kios. Kemudian 12 kios tersebut dihuni oleh 4 sampai 6 pedagang.

Hal yang membedakan kios di pasar Seni Senggigi ini adalah bentuknya yang menyerupai rumah adat NTB yang beratap alang-alang kering. Berbagai macam kerajinan hasil masyarakat setempat dapat Anda temui mulai dari mutiara, gelang, periuk sampai anyaman. Tentunya harga yang ditawarkan bervariasi tergantung jenis dan kerumitan pembuatannya mulai dari Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 100.000,-. Pasar ini dibuka pada pukul 09.00 sampai 19.00.


Festival Pesona Senggigi


Festival Pesona Senggigi dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah Lombok dalam bidang pariwisata. Festival ini dilakukan untuk mempromosikan wisata yang ada di wilayah ini. Acara yang diselenggarakan di kota wisata Senggigi ini akan menampilkan beberapa kegiatan kesenian dan budaya, pendidika serta kerajinan lokal yakni tenun dan ukiran.

Baca juga : Wisata Pantai Tanjung Benoa Bali sebagai Surganya Indonesia

Parade ogah-ogahan akan ditampilkan juga untuk menghibur para pengujung, kemudian ada juga pertunjukan malean sampi (serigala tradisional), dan pertunjukan music tradisional berupa gendang beleq dan atraksi peresean. Acara ini biasanya diselenggarakan setiap setahun sekali selama seminggu. Rangkaian kegiatan selama seminggu tersebut merupakan sebuah bukti bahwa Indonesia memiliki beragam budaya yang sangat menghibur.