Inilah 18 Tempat Wisata Alam Di Indonesia Yang Terkenal Di Dunia

Jika kita berbicara tentang pariwisata di negara kita Indonesia ini, tentu tak akan ada habisnya. Hal tersebut lantaran banyak sekali destinasi – destinasi wisata yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari sabang sampai merauke, Indonesia layaknya hamparan permadani yang sangat indah dan sangat mepesona. Tempat Wisata Alam Di Indonesia memang sangat banyak dan sangat eksotis, hingga banyak wisatawan asing yang datang.

Mulai dari keanekaragaman dan kekayaan alam bawah laut, ke elokan pantainya, sampai pegunungan yang berjajar ada di Indonesia. Tidak cuma kekayaan alam saja yang ada, namun kultur budaya yang ada di indonesia juga sangat beraneka ragam. Hampir setiap daerah memiliki kebudayaan sendiri yang unik dan hal itulah yang menyebabkan negeri Indonesia ini sangat beragam.
Dari sekian banyak destinasi wisata di Negara kita ini, saya akan mengulas beberapa tempat yang paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Langsung saja pada artikel ini kami akan mengulas 18 Tempat Wisata Alam Di Indonesia Yang Terkenal Di Dunia:


18 tempat wisata alam di indonesia yang Terkenal di dunia

Tempat Wisata Alam di Indonesia Bagian Barat

1. Danau Toba - Sumatera Utara

Kita awali pembahasan kita tentang Tempat Wisata Alam Di Indonesia Yang Terkenal Di Dunia dari ujung bagian barat tepatnya di daerah sumatera utara terdapat sebuah danau bernama Danau toba. Yah danau toba merupakan satu – satunya danau terbesar yang ada di Asia dan merupakan danau terluas kedua di seluruh dunia.

1. Danau Toba - Sumatera Utara
Luas danau toba kurang lebih sekitar 1.145 km persegi dengan kedalaman sekitar 450m. Uniknya tepat di tengah danau terdapat pulau dengan luas hampir sama dengan luas negara singapura. Wisata alam di indonesia yang satu ini terbentuk akibat letusan gunung api sekitar 75.000 tahun silam. Daya tarik utama wisata danau toba ini adalah air danau yang berwarna biru, dan Anda dapat menikmati pemandangan yang hijau di sekitar danau.

2. Gunung Kerinci – Jambi

2. Gunung Kerinci - Jambi

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di pulau Sumatera dan gunung ini sangat terkenal di kalangan para pendaki. Gunung Kerinci juga merupakan lokasi utama dari taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Dimana di dalam taman nasional tersebut merupakan tempat tinggal hewan – hewan yang terancam punah seperti harimau sumatera dan badak sumatera. Saat Anda mendaki gunung kerinci ini Anda akan menjumpai sebuah danau bento yang merupakan sebuah rawa yang memiliki air sangat jernih.

3. Kepulauan Krakatau – Lampung

3. Kepulauan Krakatau - Lampung
Kepulauan Krakatau yang berada di antara pulau sumatera dan pulau jawa ini merupakan kawasan cagar alam (CA) serta cagar laut (CL) yang dimiliki oleh Indoneisa. Di kawasan wisata Kepulauan Krakatau terdapat sebuah gunung yang sekarang bernama gunung anak Krakatau. Nah Gunung anak krakatau inilah yang menjadi daya tarik utama pada lokasi wisata alam yang satu ini. Terlebih lagi lokasi wisata gunung anak Krakatau juga sering dijadikan sebagai tempat pengamatan dan penelitian ilmiah oleh para ilmuwan.

4. Kepulauan Belitung

4. Kepulauan Belitung

Tempat Wisata Alam Di Indonesia Yang Terkenal Di Dunia selanjutnya adalah Kepulauan Belitung yang mana keindahan dari Pulau Belitung mulai terekspos luas sejak adanya film Laskar Pelangi. Setelah adanya film tersebut pulau Belitung seakan menjelma menadi destinasi wisata laut yang sangat memukau. Kebanyakan pantai yang ada di Kepulauan Belitung memiliki keunikan pemandagan yang berbeda dari kebanyakan pantau di pulau lain. Cirri khas pantai yang ada di pulau Belitung adalah memiliki batu granit yang besar, pasir yang lembut seputih, dan air lautnya berwarna biru dan sangat jernih.

5. Ujung Kulon - Banten

5. Ujung Kulon - Banten
Tempat wisata alam Ujung kulon ini merupakan kawasan Taman Nasional yang letaknya berada di unjung paling barat dari pulau Jawa. Sekitar pada tahun 1992, lembaga PBB yaitu UNESCO menetapkan lokasi wisata Ujung kulon ini sebagai Natural World Heritage Site yang mana merupakan sebuah habitat bagi hewan yang terancam punah yaitu badak. Banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Taman Nasional ujung kulon ini seperti Gunung Honje, semenanjung Ujung Kulon, Pulau Handeleum, Pulau Panaitan, serta pulau Peucang.

6. Gunung Tangkuban Perahu - Jawa Barat

6. Gunung Tangkuban Perahu - Jawa Barat
Tempat Wisata Alam Di Indonesia selanjutnya adalah Gunung berapi yang berada di Jawa barat yakni Gunung Tangkuban Perahu. Tempat wisata alam Gunung Tangkuban Perahu yang berada di daerah lembang ini memiliki ketinggian mencapai 2.084 mdpl. Sesuai dengan namanya Gunung Tangkuban Perahu yang berarti perahu terbalik ini memang memiliki bentuk mirip dengan perahu yang terbalik. Objek wisata di Gunung Tangkuban Perahu ini selain pendakian adalah terdapatnya 3 kawah di atas gunung dengan pemandangan yang menarik.

7. Telaga Warna Dieng - Jawa Tengah

7. Telaga Warna Dieng - Jawa Tengah
Telaga Warna Dieng yang berada di kabupaten wonosobo, jawa tengah ini merupakan sebuah tempat wisata berbentuk rawa atau danau. Telaga Warna Dieng yang berada di dataran tinggi ini memiliki fenomena unik yaitu warna air telaga tersebut dapat berubah - ubah. Fenomena yang unik ini terjadi karena air yang ada pada telaga tersebut memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Maka dari itu pada saat air terkena sinar matahari, maka warna air telaga tersebut akan dapat berwarna -  warni seperti pelangi.

8. Gunung Bromo - Jawa Timur

8. Gunung Bromo - Jawa Timur
Tempat Wisata Alam Di Indonesia yang mempesona ini merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo berada di antara 4 kabupaten di jawah timur yaitu Kabupaten Malang, Kab Probolinggo, Kab Lumajang, serta Kab Pasuruan. Tempat wisata Gunung Bromo ini merupakan salah satu destinasi wisata  utama yang ada di provinsi jawa timur. Selain dapat mendaki ke puncak gunung dan melihat kawah dari Gunung Bromo ini, pengunjung juga dapat menikmati suasana lautan pasir seluas kurang lebih 10 km persegi di sekeliling gunung bromo.

Tempat Wisata di Indonesia Tengah

9. Pantai Dreamland – Bali

9. Pantai Dreamland - Bali
Setelah kita membahas Tempat Wisata Alam Di Indonesia bagian barat, kini saatnya kita berali ke Indonesia bagian tengah. Yang pertama diawali dengan pulau Bali yang terkenal dengan sejuta pantai nan eksotis. Di Pulau bali ada satu pantai yang sangat menakjubkan selain pantai kuta yang memang sudah terkenal sejak dulu.
Pantai tersebut adalah pantai Dreamland yang berada bali selatan, tepatnya di daerah pecatu. Panorama yang ada di Pantai Dreamland ini adalah pantai yang dikelilingi dengan tebing yang menjulang tinggi serta batu karang yang besar. Salah satu pantai yang indah di pulau bali ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun turis mancanegara yang hobi dengan olahraga selancar, karena ombak di pantai dreamland ini sangat besar dan tinggi.

10. Pulau Lombok - Nusa Tenggara Barat

10. Pulau Lombok - Nusa Tenggara Barat
Tempat Wisata Alam Di Indonesia yan keindahannya tak kalah dengan pulau bali ini juga sangat terkenal di mata dunia. Dimana pulau Lombok sangat identik dengan tiga pulau kecil atau yang biasa disebut gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Trio Gili yang ada di pulau Lombok ini menawarkan banyak sekali spot - spot diving yang spektakuler. Selain keindahan trio Gili tersebut Pulau Lombok masih memiliki banyak sekali destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi salah satunya adalah Gunung Rinjani. Yang mana Gunung Rinjani ini merupakan salah satu gunung favorit bagi para pendaki dari mancanegara.


11. Pulau Komodo - Nusa Tenggara Timur

11. Pulau Komodo - Nusa Tenggara Timur
Pulau Komodo yang terkenal sebagai habitat asli bagi hewan komodo ini memiliki view yang sangat menarik. Selain adanya reptile raksasa komodo, di pulau ini Anda juga dapat menikmati indahnya panorama alam yang eksotis. Menariknya pada Tahun 2009 lalu, Pulau Komodo ini telah dinobatkan sebagai “New Seven Wonders of Nature”, dan juga di nobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

12. Kepulauan Derawan - Kalimantan Utara

12. Kepulauan Derawan - Kalimantan Utara
Kepulauan Derawan yang terletak di daera Berau, Kalimantan Utara ini menawarkan beberapa lokasi wisata yang menawan. Salah satunya adalah Taman Bawah Laut yang kini telah banyak di kunjungi oleh wisatawan local maupun asing. Di Kepulauan Derawan ini terdapat 4 pulau yang terkenal karena banyaknya hewan laut langka seperti penyu sisik yaitu Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Maratua dan Pulau Kakaban.

13. Pulau Bunaken - Sulawesi Utara

13. Pulau Bunaken - Sulawesi Utara
Pulau Bunaken merupakan salah satu tempat wisata alam Indonesia yang berada Provinsi Sulawesi Utara. Salah satu wisata yang terkenal di pulau bunaken ini adalah Taman Laut Bunaken yang ada di sekeliling pulau itu sendiri. Di lokasi Taman Laut Bunaken ini terdapat 20 spot untuk aktifitas menyelam atau biasa disebut Dive Spot.  Selain itu ada juga Under Great Walls atau Hanging Walls yang ada di perairan Pulau Bunakenini.

14. Taman Laut Wakatobi - Sulawesi Tenggara

14. Taman Laut Wakatobi - Sulawesi Tenggara
Tempat wisata alam di indonesia yang satu ini merupakan salah satu prioritas tertinggi bagi para wisatawan yang suka dengan keindahan bawah laut. Di Taman Laut Wakatobi ini memiliki banyak sekali jenis satwa laut yang indah dan langkan salah satunya terdapat sebanyak 93  jenis ikan hias dan ikan konsumsi. Selain itu di bawah laut wakatobi ini juga terdapat 25 gugusan terumbu karang yang membentang sepanjang 600 km garis pantai.

Tempat Wisata di Indonesia Bagian Timur

15. Pulau Misool - Raja Ampat, Papua Barat

15. Pulau Misool - Raja Ampat, Papua Barat

Pulau Misol adalah salah satu dari empat pulau besar yang rada di Raja Ampat, Papua Barat. Pulau Misool dapat dikatakan sebagai tempat wisata bawah laut terbaik di Indonesia. Hal ini lantaran pulau ini memiliki beragam jenis terumbu karang dan banyaknya jenis satwa laut yang cantik. Cukup banyak wisatawan asing maupun local yang datang untuk snorkling, berenang, dan juga menyelam.

16. Kepulauan Kei – Maluku

16. Kepulauan Kei - Maluku
Kepulauan Kei yang berada di Maluku ini merupakan sebuah tempat wisata yangi terdiri dari beberapa pulau yaitu Kei Besar, Kei kecil, Tanimbar Kei, Kei Dulah, Taam, Dulah Laut, Tayandu, dan Kur. Tempat Wisata Alam Di Indonesia ini memiliki panorama alam yang indah serta beragam kebudayaan. Salah satu spot wisata yang keren adalah pantai Ohoidertawun yang mana pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang terbentang sangat luas di pinggiran pulau.

17. Puncak Jaya/Puncak Carstenz - Papua

17. Puncak Jaya or Puncak Carstenz - Papua
Puncak Jaya atau biasa di sebut dengan Puncak Cartenz ini merupakan puncak paling tinggi yang ada di Pengunungan Jaya Wijaya. Puncak dari gunung Jaya Wijaya ini memiliki gletser yang merupakan satu - satunya yang ada di Indonesia. Untuk dapat mendaki hingga ke Puncak Carstensz ini merupakan tantangan tersendiri bagi para pendaki local dan asing, karena memang puncak ini memiliki ketinggian mencapai 4.884 mdpl untuk mendaki ke Puncak Carstensz ini.

18. Danau Sentani – Papua

18. Danau Sentani - Papua
Danau Sentani merupakan sebuah danau yang berada di jayapura papua ini memiliki luas kurang lebih  245.000 hektar persegi. Menariknya di danau tersebut terdapat 21 pulau – pulau kecil yang semakin menambah keindahan dari danau sentani ini. Warga sekitar kerap kali membuat sebuah festival di danau sentani ini demi menarik minat wisatawan untuk datang. Di lokasi wisata alam danau sentani ini Anda dapat melakukan aktifitas seperti berenang, menyelam, memancing, ski air, dan wisata kuliner.

Nah, itulah beberapa Tempat Wisata Alam Di Indonesia Yang Terkenal Di Dunia yang dapat kami ulas pada kesempatan kali ini. Semoga 18 Tempat Wisata Alam Di Indonesia Yang Terkenal Di Dunia ini dapat menambah wawasan kita semua dan membuat kita semakin cinta dengan tanah air Indonesia ini. Sekian dari kami dan selamat berlibut.