Daftar Tempat Wisata Pulau Nias yang Paling Menarik untuk Dikunjungi

Pulau nias terletak di bagian barat pulau Sumatera. Pulau nias merupakan pulau yang terbesar yang ada di pantai barat Sumatera dengan pesona wisata yang tidak kalah menariknya dengan daerah wisata terkenal yang ada di Indonesia seperti Bali dan Jogja. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya turis lokal ataupun mancanegara yang berkunjung untuk melihat keindahan dan pesona pulau Nias yang merupakan daerah yang unik.

Tempat Wisata Pulau Nias Terbaik dan Terindah
Perpaduan antara budaya Nias dan keindahan alam yang ada di beberapa tempat wisata Pulau Nias menjadi salah satu andalan dari salah satu pulau yang ada di Sumatera Utara ini. keunikan dari budaya Nias membuat salah satu tradisinya ada di gambar mara uang rupiah yatu tradisi lompat batu. Pulau nias sebenarnya memiliki banyak tempat wisata yang memiliki pesona dan keindahan berikut beberapa tempat wisata Pulau Nias yang dapat anda kunjungi:

1.       Pantai Sorake
Tempat wisata pulau nias yang pertama adalah pantai sorake yang merupakan tempat terbaik untuk berselancar di Indonesia. pantai Sorake menjadi daya tarik bagi wisatawan khususnya bagi wisatawan yang memiliki hobby surfing atau berselancar. Pantai sorake memiliki ombak yang menggulung-gulung dengan view atau pemandangan yang menakjubkan. Tidak heran pantai saroke menjadi salah satu tempat favorit bagi para surfer dunia.

Pantai Sorake
Pantai yang dianggap sebagai tempat surfing terbaikdi dunia ini terletar di Desa Botohilitano yang berjaeak sekitar 103 Kilometer dari bandar udara Binaka Gunung Sitoli dengan waktu tempuh sekitar 2 jam jika menggunakan perjalanan darat. Fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap, anda juga bisa menikmati suasana romantis untuk menikmati waktu senja yang sangat indah dan sangat singkat pada sore hari. Bagi anda yang ingin menginap, anda juga tidak perlu khawatir, pantai ini memiliki penginapan mulai dengan harga yang murah hingga yang berkelas.

2.       Tradisi Lompat Batu
Salah satu tempat wisata pulau Nias yang dapat anda kunjungi untuk melihat tradisi unik lompat baru atau dikenal dengan nama fahombo atau hombo batu adalah di Desa Bawomataluo tepatnya di kecamatan Teluk Kabupaten Nias Selatan. Tradisi lompat batu merupakan tradisi yang melegenda dan berabad-abad dan secara turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi.

Tradisi Lompat Batu
Desa ini memiliki jareak sekitar 84 Kilometer dari bandara binaka Gunungsitoli dengan waktu tempuh sekitar satu jam setengah. Anda akan melihat keindahan budaya Nias yang luar biasa saat menginjakkan kaki di Desa ini. Bangunan rumah tradisiona khas Nias akan membuat anda terpukau dan ingin berlama-lama di Desa Bawomatalua ni.

3.       Pantai Nusa Lima
Jika di Bali memiliki tempat wisata pantai Nusa Dua, pulau Nusa juga memiliki pantai Nusa Lima dengan pesonanya yang indah. Pantai Nusa lima merupakan tempat wisata Pulau Nias yang sangat indah. Walaupun namanya begitu asing di telinga, namun keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di pulau Nias lainnya.

Pantai Nusa Lima
Anda bisa menikmati perpaduan laut yang memberikan kesejukan dengan suara-suara burung yang berada di pepohonan yang rimbun dan keindahan pasir pantai yang sangat asik untuk berjalan-jalan. Pantai Nusa Lima terletak di Desa Foa kota Gunungsitoli. Setibanya di pantai ini anda akan merasa tidak sabar untuk berenang dan mengambil gambar dengan background pantai yang sangat indah.

4.       Museum Pusaka Nias
Tidak hanya memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Pulau Nias juga memiliki budaya yang sangat kental dengan adanya museum. Salah satu museum terindah yang pernah ada di Indonesia yang dikenal dengan nama museum pusaka Nias ini terletak di kota Gunungsitoli Sumatera Utara.

Museum Pusaka Nias
Di tempat wisata Pulau Nias yang berupa museum ini, anda bisa melihat berbagai macam koleksi artefak asli budaya Nias dengan papan tulisan bersejarah dari masa kolonialisme. Museum pusaka Nias berada di pinggir laut, hal ini membuat pemandangan di sekitar museum tampak sangat menakjubkan.

Bangunan dari Museum Pusaka Nias ini sangat tradisional sekali ditambah dengan adanya kebun binatang yang berada di kawasan museum ini menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Anda juga bisa berenang di pinggir laut yang bersih dan asri. Museum ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata pulau Nias yang edukatif dan indah.

5.       Pulau Tello

Pulau Tello
Tempat wisata pulau nias yang juga merupakan pulau adalah pulau Tello. Pulau Tello menawarkan pesona yang luar biasa, tidak heran pulau ini menjadi pulau favorit para bule yang berkunjung ke Nias Selatan. Pulau Tello memiliki pantai dengan pasir yang putih, air laut yang berwarna biru, dan gulungan ombak yang menakjubkan. Beberapa hal tersebut menjadikan pulau Tello ini merupakan tempat wisata Sumatera Utara yang sangat didambakan dan layak untuk dijadikan sebagai tempat untuk berlibbur ataupun berbulan madu.

6.       Air Terjun Luaha Ndroi
Bagi anda yang sedang berkunjung ke Pulau Nias, tidak lengkap rasanya jika anda tidak merasakan suasana alami air terjun Luaha Ndroi. Air terjun ini merupakan tempat wisata pulau Nias yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan sekali.
Air Terjun Luaha Ndroi
Air Terjun Luaha Ndroi berada di Desa Fulolo kecamatan Alasa Kota Gunung Sitoli merupakan karya terindah Tuhan yang berada di Palau Nias. Jarak tempuh air terjun luaha Ndroi dari bandara Binaka adalah sekitar 52 kilometer. Saat anda tiba di tugu selamat datang desa Fulolo, anda masih perlu menempuh perjalanan yang cukup melelahkan sekitar kurang lebih 3 kilometer. Setibanya di area air terjun anda akan disambut dengan suara gemuruh dari air terjun yang menenangkan serta kicauan burung yang tidak henti-hentinya dan silih berganti.

7.       Rumah Adat Desa Tumori

Rumah Adat Desa Tumori

Tempat wisata pulau nias yang lainnya adalah terletak di Desa Tumori. Di desa ini anda akan menemukan sekitar sepuluh rumah adat tradisional yang memiliki keunikan  dan menjadi ciri khas dari pulau Nias. Bagi anda yang menggunakan pesawat dan landing di Bandar Udara Binaka, anda harus menempuh perjalanan sejauh 27 kilometer untuk sampai di wisata rumah adat Desa Tumori. Anda juga bisa melihat keindahan dan keunikan budaya pulau Nias yang sangat mempesona di Desa Tumori ini.

8.       Kepulauan Hinako
Berbicara mengenai tempat wisata Pulau Nias yang bisa disebut sebagai surga tersembunyi dan tidak banyak orang yang tahu anda bisa berkunjung ke kepulauan Hinako. Pulau Hinako memiliki keindahan alam yang tidak kalah indahnya dengan raja Ampat yang berada di Papua. Gugusan dari delapan pulau yang berada di kabupaten Nias Barat ini memiliki lokasi surfing kelas dunia yang bisa anda nikmati. Selain itu, keindahan laut dari kepulauan Hinako juga sangat indah dan begitu eksotis.

Kepulauan Hinako
Kepulauan Hinako memiliki suasana yang tenang karena tidak banyak pengunjung yang berada di pulau ini. tertarik untuk berlibur di surga yang tersembunyi Pulau Nias ini. Yuk, tambahkan kepulauan Hinako ke list destinasi wisata anda.
Itulah beberapa tempat wisata pulau Nias yang dapat anda kunjungi saat berlibur dengan keluarga dan orang terdekat lainnya. Semoga  artikel ini bermanfaat, terimakasih.