Destinasi Wisata Gili Trawangan

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan indah di pandang mata, misalnya Pulau Lombok yang memiliki keindahan alam yang eksotis. Pulau Lombok terletak di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan Gili- Gilinya. Sebelumnya pernahkan anda mendengar kata Gili? Gili sebenarnya bukan nama khas salah satu daerah di indonesia, tapi Gili adalah sebutan bagi daratan atau pulau kecil sehingga terlihat mirip pulau yang mengapung di tengah- tengah lautan.

Destinasi Wisata Gili Trawangan
Di Pulau Lombok terdapat tempat wisata  yang terkenal yaitu Wisata Gili Trawangan. Tempat ini merupakan salah satu destinasi favorit  wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak travellers yang mulai membicarakannya, bahkan tempat ini sering disebut sebagai pesaing Pulau Dewata Bali.
Berkunjung ke wisata alam terbuka dapat membantu anda menyegarkan fikiran dan menghilangkan stress setelah menjalani rutinitas setiap hari. Keindahan Wisata Gili Trawangan semakin menunjukan keistimewaannya dalam beberapa tahun terakhir. Tempat ini semakin populer di mata wisatawan dengan besarnya jumlah wisatawan yang datang dari seluruh dunia untuk mengunjungi tempat ini selama musim liburan atau tahun baru.

Keindahan Wisata Gili Trawangan

Keindahan Wisata Gili Trawangan
Wisata Gili Trawangan ini dikelilingi dengan pantai yang indah dengan air laut yang jernih dan sejuk di mata, bersih dengan warna birunya yang memberikan kesan gradasi mulai dari warna biru yang terang di tepi pantainya dan berpasir putih, kemudian berubah menjadi warna biru muda dan semakin menjorok ke arah laut sehingga warnanya menjadi biru gelap dengan kedalaman laut yang semakin dalam.

Di sebelah Tenggara Wisata Gili Trawangan anda dapat menemukan pantai yang sangat indah dengan pasir putihnya yang lembut, sedangkan di sisi sebelah barat anda dapat menemukan pantai yang cukup sunyi dan tenang. Di tempat ini anda juga bisa bersantai sambil menikmati megahnya Gunung Agung dan Gunung Rinjani dari kejauhan. Keindahan Wisata Gili Trawangan tidak perlu di ragukan lagi, karena selain menikmati keindahan alam di tepi pantai anda juga bisa yang menikmati berkuda di tepi pantai tersebut.

Lokasi Wisata Gili Trawangan

Daya tarik lainnya yang dimiliki Wisata Gili Trawangan yaitu pesona bawah laut yang sangat menakjubkan, sangat disayangkan jika anda tidak melihatnya. Dari bawah laut anda akan menemui banyak hewan laut yang cantik dan unik – unik, misalnya ikan nemo dengan warna orange bergaris putih dan terumbu karang dengan berbagai warna yang bisa memanjakan mata anda ketika berada di bawah laut.  Untuk mengelilingi pulau ini anda bisa menggunakan kendaraan Cidomo yaitu kendaraan tradisional khas pulau ini karena di pulau ini tidak ada kendaraan bermotor yang beroperasi sehingga udaranya bersih dan bebas dari polusi. Jika anda ingin mengelilinginya dengan berjalan kaki anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja.

Lokasi Wisata Gili Trawangan
Destinasi Wisata Gili Trawangan initerletak di Desa Gili Indah, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat - Indonesia. Tempat ini terbilang relatif kecil, hanya memiliki panjang sekitar 2 Km dan lebar sejauh 1,5 Km. Wisata Gili Trawangan secara geografis terletak di sebelah utara Pulau Lombok dan  di samping Wisata Gili Trawangan juga terdapat Gili yang indah lainnya yang dapat di kunjungi wisatawan di antaranya yaitu Gili Air dan Gili Meno.

Akses Menuju Wisata Gili Trawangan

Akses Menuju Wisata Gili Trawangan
Akses menuju Wisata Gili Trawangan dapat ditempuh dengan jalur udara. Jika andadatang dari luar pulauanda bisa menggunakan jalur udara dengan rute penerbangan ke Bandara Internasional Lombok. Sesampainya di Bandara ada beberapa alternatif untuk menuju tempat Wisata Gili Trawangan. Pertama, anda bisa menyewa mobil atau taksi dari bandara dengan biaya sebesar rata-rata Rp. 400.000 sampai dengan Rp. 500.000 per mobil dan bisa di isi sampai 8 orang. Kedua, jika anda ingin memilih alternatif lain anda bisa menggunakan Bus Damri dari Bandara keDaerah Senggigi, dengan waktu tempuh ± 1,5 jam dan tarif Rp. 25.000 dengan jam operasional dari pukul 03.00 WITA sampai dengan 20.00 WITA.

Sesampainya disana anda dapat menggunakan travel lokal yang memiliki jadwal rutin mengantar tamu ke Pelabuhan Bangsal. Travel lokal ini hanya memiliki jadwal keberangkatan di pagi hari dan siang hari saja. Selanjutnya setelah sampai di Pelabuhan Bangsal, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Wisata Gili Trawangan dengan naik public boat dengan tarif yang tidak mahal dan jarak tempuh perjalanan sekitar 30 menit. Dengan jadwal keberangkatan kapal pertama pukul 08.00 WITA dan kapal terakhir pukul 17.00 WITA.

Sesampainya di Wisata Gili Trawangan anda bisa menuju penginapan yang anda boking atau anda pesan menggunakan Cidomo karena di tempat ini tidak terdapat kendaraan bermotor. Sarana transportasi yang lazim digunakan hanya sepeda dan Cidomo yang disewakan oleh masyarakat setempat untuk wisatawan dengan biaya sewa untuk sepeda Rp.15.000 per jam dan Rp.50.000 per hari. Sedangkan untuk biaya sewa Cidomo sekitar Rp.50.000 hingga Rp.100.000.

Waktu Berkunjung Yang Tepat Ke Wisata Gili Trawangan
Bagi anda yang ingin mengujungi Wisata Gili Trawangan waktu yang terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari, tetapi jika anda tidak bisa datang pagi hari anda bisa datang kapan pun
karena tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk Wisata Guli Trawangan

Harga Tiket Masuk Wisata Guli Trawangan
Destinasi Wisata Gili Trawangan ini dapat anda jadikan sebagai tempat wisata yang ekonomis, karena tiket masuk ke Wisata Gili Trawangan meskipun sudah dikelola oleh pemerintah Lombok, tempat ini gratis atau tidak memungut biaya untuk wisatawan yang datang berkunjung.

Aktivitas di Wisata Gili Trawangan
Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan Selama anda berlibur di Wisata Gili Trawangan ini, anda tidak hanya menikmati keindahan alamnya yang eksotis. Tetapi anda bisa melakukan aktivitas seperti :
Fasilitas di Wisata Gili Trawangan
·       Snorkeling, hampir semua wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tidak melewatkan kesempatan untuk melihat keindahan bawah laut dengan snorkeling. Jika anda tidak membawa peralatan snorkeling, anda dapat menyewa peralatan tersebut dilokasi.

·   Bersepeda Keliling Pula,  jangan heran kalau anda mendapati banyak turis serta warga lokal yang menggunakan sepeda ontel karena kendaraan bermotor tidak diizinkan beroperasi disini.

·    Berkemah, di Wisata Gili Trawangan ini anda dapat menginap selama satu malam dengan membawa peralatan dan perlengkapan berkembah sendiri. Spot yang indah akan terlihat ketika malam hari.

·   Kuliner Malam, di Wisata Gili Trawangan terdapat pasar malam yang buka jam 7 malam, terdapat berbagai macam kuliner yang mayoritas menu makanan berbahan dasar seafood serta sayuran.

·  Konservasi Kura – Kura,merupakan tempat penangkaran anak kura – kura yang selanjutnya akan dilepas ke lautan untuk berkembang biak, anda dapat melihatnya secara langsung.

·   Nonton Bioskop, menonton bioskop terbuka di pinggit pantai sambil duduk nyaman di atas bean bag, kegiatan ini cocok untuk mereka yang datang ke tempat ini untuk homeymoon.

·   Menikmati Sunset, di Wisata Gili Trawangan terkenal dengan spot ombak sunset dengan ayunan di tengah pantaiyang akan membawa anda ke suasana romantis bersama pasangan anda.

·   Club Malam, anda akan merasa seperti di eropa karena kebanyakan pengunjungnya adalah tourist mancanegara.

Fasilitas di Wisata Gili Trawangan

  • Wisata Gili Trawangan menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk sebuah wisata alam. Fasilitas – fasilitas tersebut diantaranya :
  • Masjid untuk keperluan ibadan wisatawan
  • Cafe atau rumah makan
  • Penginapan
  • Transportasi
  • Mesin ATM  di area Wisata Gili Trawangan
  • Toilet umum untuk menunjang kebutuhan wisatawan
  • Klinik kesehatan

Sekian pemaparan mengenai Destinasi Wisata Gili Trawangan. Semoga bermafaat dan dapat dijadikan referensi untuk anda yang ingin memutuskan berlibur ke Wisata Gili Trawangan.