Destinasi Wisata Istana Maimun Medan

Wisata Istana Maimun terletak di Kota Medan yang merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah kota Jakarta dan Surabaya. Medan juga merupakan kota terbesar yang terdapat di luar Pulau Jawa. 

Menjadi bagian Pulau Sumatera yang terkenal tidak pernah ada habisnya untuk dibahas keberagamannya membuat Medan juga mempunyai banyak destinasi wisata yang beragam. Mulai dari destinasi kebudayaan, peninggalan bersejarah, sampai tentang wisata rohani bagi umat Islam.

Destinasi Wisata Istana Maimun Medan

Medan selalu menawarkan destinasi-destinasi wisata baru yang tidak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Alam Sumatera yang mendukung menjadi daya pikat lain bagi kota ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulik dan mengenal lebih dalam seluk-beluk dari wisata Istana Maimun. Bersiaplah untuk memasukan wisata Istana Maimun ke dalam daftar liburan impian Anda.

Istana Maimun

Istana Maimun

Istana Maimun merupakan istana peninggalan Kerajaan Deli yang amat termasyurdi Era-nya. Berbalut warna kuning membuat istana ini tampak megah yang berdiri kokoh di tengah kota Medan. Tak luput, wisata Istana Maimun inipun menjadi ikon kota Medan. Berlokasi di Jl. Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Kabupaten Medan. Mengusung gaya arsitektur Mughal dengan hasil karya arsitek Theoodoor van Erp kemudian dibangun oleh Sultan Deli membuat istana ini kental akan adat Melayu.
Meskipun berupa istana, destinasi wisata ini tak surut akan kunjungan para wisatawan. 

Wisata Istana Maimun ini memiliki luas sebesar 2.772 meter persegi dengan memiliki ruangan berjumlah 30 kamar mulai dibangun tanggal 26 Agustus 1888 sampai 18 Mei 1891. Keunikan interior ini begitu menonjol dengan memadukan unsur-unsur dari kebudayaan Melayu yang kental akan Islam, India, Spanyol, dan Italia.

Tidak dipungkiri jika Istana Maimun ini sudah berusia sangat tua tapi masih berdiri sangat kokoh. Dalam usianya istana ini mengalami beberapa kali renovasi namun kemegahan istana ini masih tetap terjaga. Saat ini, Istana Maimun memang tidak difungsikan sebagai istana lagi. Bahkan pemerintah sempat memfungsikan tempat ini sebagai tempat edukasi berupa sebuah museum. Saat sore hari tiba, di pelataran Istana Maimun sering  digunakan anak-anak sekitar untuk bermain sepak bola.

Akses Menuju Wisata Istana Maimun

Wisata Istana Maimun

Sangat mudah akses jalan menuju wisata Istana Maimun karena letaknya di pusat Kota Medan. Jika Anda berangkat dari bandara Kuala Namu, destinasi ini hanya berjarak sekitar 33 km dengan waktu tempuh kurang lebih 53 menit dari pusat kota Medan.

Banyaknya alternatif transportasi pun semakin mempermudah Anda, Anda juga bisa menyewa becak motor atau taksi jika sedang menginap di Kota Medan. Apalagi saat ini banyak penyedia transportasi online semakin mempermudah akses Anda menuju wisata Istana Maimun.

Tiket Masuk dan Jadwal Pertunjukan Musik Melayu

Ada beberapa jenis tiket masuk yang bisa Anda pilih saat Anda berkunjung ke wisata Istana Maimun, diantaranya:
Istana Maimun Medan
  1. Tiket masuk ke Istana Maimun Rp 5.000,-/  orang
  2. Tiket masuk ke bangunan Meriam Putung Rp 5.000,- / orang
  3. Sewa pakaian adat Rp 15.000,- sampai dengan Rp 30.000,- / orang


Untuk jadwal pertunjukan musik melayu yang diadakan oleh pengelola antara lain:
  1. Senin – Kamis pada pukul 10.30 sampai dengan 12.00 WIB
  2. Jumat – Sabtu pada pukul 14.00 sampai dengan 15.30 WIB
  3. Minggu pada pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB

Jika Anda datang jauh dari kota Medan, akan lebih afdol jika Anda mencoba semua wisata Istana Maimun ini. 
Wisata Istana Maimun Medan

Daya Tarik Wisata Istana Maimun

Saat memasuki  ruangan di dalam istana Anda akan dibuat takjub dengan dekorasi interior yang bergaya perpaduan khas Melayu dan Eropa. Dalam istana juga terdapat banyak perabotan bergaya Eropa seperti lemari, kursi,dan lampu dari kristal. Bergeser dari gaya Melayu dan Eropa, Istana Maimun di bagian luar terdapat kubah yang berbentuk kurva menyerupai kapal terbalik yang kental akan budaya Islam, India, dan Turki.

Naik ke lantai dua terdapat 3 ruangan yang terdiri dari ruangan utama, ruangan sayap kanan, dan ruangan sayap kiri. Ruangan utama yang biasa disebut dengan Balaiurang Sri biasa digunakan untuk menyambut tamu atau untuk acara penobatan Raja Deli. Di ruangan utama ini Anda bisa melihat berbagai peninggalan kuno istana seperti alat musik, senjata, foto-foto, dan silsilah dari keluarga kerajaan Melayu Deli mulai dari dulu hingga sekarang.

Meriam Jelmaan Putri Raja

Selain bangunan utama dari wisata Istana Maimun, ada beberapa objek yang akan menarik perhatian Anda, yaitu Meriam Putung atau Meriam Buntung yang berada dalam sebuah bangunan berbentuk rumah Batak yang terletak di samping Istana Maimun. Jika melihat pada prasasti yang ada di depan bangunan rumah Batak.

Meriam Putung merupakan jelmaan dari seorang putri cantik jelita bernama Mambang Khayali. Mambang Khayali merupakan adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli yang berubah menjadi meriam demi melindungi Istana Maimun dari serangan Raja Aceh yang ditolak lamarannya oleh Putri Hijau. 

Karena panas yang berlebih meriam inipun pecah menjadi dua bagian dimana salah satu bagiannya terlempar ke Kampung Sukanalu, Kecamatan Barus Jare, Tanah Karo.

Jika Anda penasaran dengan bentuk dari Meriam Putung ini Anda dapat masuka kedalam bangunan dengan hanya membayar uang kebersihan senilai lima ribu rupiah. Di dalam ruangan sudah disediakan pemandu yang akan menjelaskan tentang asal-usul dan legenda Meriam Putung. Jadi tenang saja, Anda tidak perlu khawatir kebingungan.
Wisata Istana Maimun

Kenang-kenangan Memakai Baju Adat

Selain buah tangan berupa oleh-oleh makanan Anda juga dapat menyewa pakaian adat Melayu untuk kenangan-kenangan pribadi Anda. Anda dapat berfoto seperti bangsawan melayu pada zaman dahulu. Ada berbagai latar foto yang bisa Anda gunakan, salah satunya yaitu di depan Singgasana Raja. Namun Anda tidak diperkenankan untuk berfoto melewati garis pembatas yang sudah ada.

Pada saat musim liburan wisata Istana Maimun akan ramai dikunjungi wisatawan mancanegara terutama yang berasal dari Malaysia. Hal ini karena Istana Maimun memiliki nilai historis yang amat sangat penting bagi sejarah perkembangan budaya Melayu di Kota Medan.

Tips Mengunjungi Istana Maimun

Bagi Anda yang sudah berencana berlibur ke wisata Istana Maimun, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips dibawah ini.
  • Jangan lupa membawa kamera, barang ini sangat penting untuk mengabadikan momen-momen liburan Anda selama mengunjungi Istana Maimun.
  • Membawa camilan sendiri, dikhawatirkan perut yang lapar akan memengaruhi mood Anda. Alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan beberapa camilan untuk mengganjal perut dengan tidak lupa selalu menjaga kebersihan dimanapun Anda berada.
  • Jangan lupa membawa beberapa uang kecil untuk memberikan uang tambahan kepada para pemandu wisata Anda.
  • Perhatikan selalu barang bawaan Anda selama berkeliling di wisata Istana Maimun. Jangan sampai momen liburan Anda malah menjadi kenangan tidak enak karena hilangnya barang-barang berharga  Anda.

Demikianlah beberapa ulasan menarik tentang wisata Istana Maimun yang bisa menjadi referensi perjalanan liburan Anda selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi parapemcara sekalian.