Wisata Gedung Balai Kota Lama

Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah kota Jakarta dan Surabaya. Medan juga merupakan kota terbesar yang tedapat di luar Pulau Jawa. Menjadi bagian dari Pulau Sumatera yang terkenal tidak pernah ada habisnya untuk dibahas keberagamannya membuat kota Medan juga mempunyai banyak destinasi wisata yang beragam. 


Mulai dari destinasi kebudayaan, peninggalan bersejarah, sampai tempat-tempat ibadah yang bersejarah. Medan pun memiliki penduduk yang beragam seperti orang Tionghoa, Jawa, Batak, bahkan India.

Medan selalu menawarkan destinasi-destinasi wisata baru yang tidak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Selain itu, alam Sumatera yang mendukung menjadi daya pikat lain kota ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih dalam seluk-beluk dari wisata Gedung Balai Kota Lama.

Gedung Balai Kota Lama


Gedung Balai Kota Lama merupakan sebuah gedung tua peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1908. Didesain oleh seorang arsitek asal Belanda yang bernama Hulswit en Forment Weltevreden. Gedung bergaya klasik Eropa dengan dominasi tembok warna putih membuatnya seperti gedung-gedung tua yang biasa kita jumpai di Eropa.

Sang arsitek menggunakan elemen bangunan Gedung Balai Kota Lama menggunakan gaya kolonial yang kental dengan penggunaan tower di puncak atap dengan dilengkapi ornamen-ornamen kolonial. Bagi Anda yang meilihat lansung gedung ini pasti bisa merasakan nuansa bangunan Eropa klasik yang sangat kuat. Rasanya seperti Anda sedang berlibur di negara Eropa saja.

Gedung yang saat ini dijadikan sebagai wisata Gedung Balai Kota Lama ini dulunya digunakan pemerintah Belanda untuk pertemuan bagi para pejabat tinggi Belanda. Gedung yang juga menjadi saksi bisu semua peristiwa yang pernah terjadi di Kota Medan seperti jaman kejayaan Belanda dan Jepang.

Lengsernya kekuasaan Belanda akan Indonesia membuat gedung ini mulai tidak terawat terlebih lagi saat Indonesia tengah di jajah Jepang pada tahun 1942-1945, Gedung Balai Kota Lama berencana untuk dihancurkan. Namun rencana tinggalah rencana, akhirnya pemerintahan Jepang saat itu menjadikan Gedung Balai Kota Lama menjadi Gedung Staff Pemerintahan Militer Pusat atau jika dalam bahasa Jepang lebih dikenal sebagai “Gunseikanbu”.

 Lama tidak dirawat akhirnya pada saat memeriahkan ulang tahun Kota Medan yang ke 400 pemerintah Kota Medan akhirnya melakukan tindakan dengan melakukan beberapa renovasi dan menjadikan Gedung Balai Kota Lama menjadi elok kembali.

Saat ini Gedung Balai Kota Lama sudah menjadi salahsatu ikon Kota Medan dan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang menganut pada Undang-undang Cagar Budaya Nomor 10 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 2 Tahun 2012. Bahkan dulunya dari tahun 1945 Gedung Balai Kota Lama sempat dijadikan kantor walikota Medan dengan walikota saat itu Luat Siregar. Namun semenjak tahun 1990 pada saat H. Agus Salim Rangkuty menjabat, kantor walikota pun dipindahkarena gedung walikota baru yang selama ini dibangun telah selesai pembangunanya.

Saat ini Gedung Balai Kota Lama menjadi destinasi wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Meskipun sudah berumur ratusan tahun cat gedung ini masih terlihat putih bersih dan sering dijadikan pertemuan para pejabat pemerintahan.

Harga Tiket Masuk


Destinasi wisata kaya sejarah ini terbilang destinasi yang murah karena para pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk alias gratis. Ya memang pemerintah Kota Medan mengratiskan alias tidak ada tiket masuk untuk bisa menikmati wisata Gedung Balai Kota Lama. Para wisatawan hanya dikenai tarif parkir kendaraan jika membawa kendaraan pribadi. Namun, jika Anda menggunakan fasilitas transportasi umum atau ojek online Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk parkir.

Akses Gedung Balai Kota Lama

Berlokasi di pusat Kota Medan membuat Gedung Balai Kota Lama mudah untuk dicari. Tepatnya di Jalan Balai Kota tidak jauh dari pusat kuliner Merdeka Walk. Untuk menuju kesana ada banyak alternatif transportasi seperti becak dayung, becak motor, mini bus Kota Medan, taxi, atau Anda bisa menggunakan transportasi online yang saat ini sangat digandrungi masyarakat. Jika Anda sedang berada di Lapangan Merdeka, Anda cukup berjalan kaki sekitar 80 meter saja menuju Jalan Balai Kota.

Penginapan di Sekitar Gedung Balai Kota Lama

Semenjak Gedung Balai Kota Lama direnovasi dan dibuka untuk umum, mulai banyak investor yang tertarik untuk membangun hotel di sekitaran are wisata Gedung Balai Kota Lama. Seperti di bagian belakang dari gedung ini Anda akan mendapati hotel yang saat ini juga dipercaya pemerintah Kota Medan untuk mengelola Gedung Balai Kota Lama menjadi destinasi wisata yang menarik. 

Namun, tetap pemrintah Kota Medan menjadi penanggung jawab atas keberadaan dan keberlangsungan Gedung Balai Kota Lama. Gedung yang dulu dikenal horor dan angker pun saat ini digemari masyarakatuntuk dijadikan latar belakang foto yang berciri khas kolonial Belanda. Jadi, bagi Anda yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu lagi memandangi keindahann Gedung Balai Kota Lama dengan menginap di hotel belakang gedung ini akan menjadi pilihan yang menarik dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Tips Berkunjung ke Gedung Balai Kota Lama

  1. Bagi Anda yang mengunjungi wisata Gedung Balai Kota Lama saat musim liburan nanti, ada baiknya jika Anda memerhatikan beberapa tips ini.
  2. Terletak di sepanjang bibir pantai membuat Medan memiliki cuaca yang panas karena itu sebagiknya Anda menyiapkan tabir surya untuk melindungi kulit Anda atau Anda juga bisa memakali kacamata atau payung untuk melindungi tubuh. Terlebih lagi lokasi wisata yang diluar ruangan (untuk mengelilingi eksterior gedung) pasti mau tidak mau membuat kulit Anda terkena sengatan sinar matahari.
  3.  Siapkan kamera untuk membidik momen-momen indah Anda selama berkunjung di wisata Gedung Balai Kota Lama.
  4. Siapkan bekal berupa camilan dan minuman yang menyegarkan. Udara panas mau tidak mau akan membuat Anda mudah dehidrasi
  5. Selalu perhatikan barang-barang bawaan Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dan liburan Anda malah menjadi berantakan.
  6. Makanan kota Medan yang kebanyakan dari daging dan santan juga harus Anda perhatikan, apalagi jika kondisi kesehatan Anda sedang tidak fit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena disekitaran wisata Gedung Balai Kota Lama terdapat berbagai jenis sehingga Anda dapat memilih sesuka selera dan kondisi Anda.
  7. Atur jadwal kunjungan Anda ke Gedung Balai Kota Lama agar bisa mendapatkan hasil foto-foto yang menarik. Terutama pada saat musim penghujan seperti ini, memperhitungkan kapan dan jam kunjungan akan lebih mempermudah Anda untuk menikmati wisata Gedung Balai Kota Lama ini.

Itulah tadi beberapa tips dan ulasan menarik tentang wisata Gedung Balai Kota Lama yang agaknya harus Anda perhatikan baik-baik agar liburan Anda tidak terjadil hal-hal yang diluar rencana Anda. Sekian ulasan-ulasan menarik mengenai wisata Gedung Balai Kota Lama untuk menjadi pertimbangan Anda mengahbiskan waktu liburan saat musim liburan tiba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.