Menggali Potensi Pariwisata Di Provinsi Kalimantan Barat



Provinsi Kalimantan terkenal sebagai provinsi dengan seribu sungai karena memang di wilayah ini banyak terdapat sungai-sungai baik besar maupun kecil yang terbentang membelah kota-kota di pulau kalimantan. Di provinsi kalimantan barat terutama memiliki banyak sungai yang biasa dijadikan sebagai sarana berniaga oleh masyarakat setempat.

Segala macam aktifitas warga dilakukan di sungai-sungai tersebut dengan menggunakan perahu kecil atau perahu motor. Tentu dengan banyaknya sungai yang terdapat di wilayah kalimantan barat ini mampu menggiatkan sektor pariwisata yang mampu mendongkrak para wisatawan untuk datang ke provinsi kalimantan Barat.

Berbicara mengenai potensi wisata di kalimantan barat terbilang cukup menjanjikan, objek wisata yang terdapat di provinsi ini terdiri dari wisata alam, wisata bahari serta wisata budaya.

Objek Wisata Menarik Kalimantan Barat

Saat berkunjung ke kalimantan barat, sempatkan untuk mampir ke beberapa objek wisata yang cukup terkenal di daerah ini. Berikut beberapa objek wisata menarik kalimantan barat wajib anda kunjungi.

1.     Air Terjun Riam Merasap
Objek wisata pertama yang bisa anda kunjungi di kalimantan barat adalah air terjun riam merasap yang berlokasi di desa sahan, seluas, bengkayang. Air terjun ini memiliki ketinggian kuranga lebih sekitar 20 meter dengan lebar 8 meter.

wisata kalimantan barat air terjun rian merasap
Air terjun riam merasap ini memiliki aliran air yang cukup deras sehingga sering menimbulkan efek kabut yang dingin. itulah mengapa air terjun ini disebut oleh warga sekitar dengan air terjun rian merasap.

Lokasi air terjun riam merasap memang terbilang cukup jauh dari pusat kota pontianak sekitar 300 kilometer, jika ditempuh dengan jalir darat akan memakan waktu sekitar 8 hingga 9 jam. objek wisata air terjun riam merasap ini tak hanya didatangi oleh para wisatawan domestik saja, namun juga sering dikunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari malaysia.

Saat berada di kawasan air terjun ini, akan nampak penorama alam yang menenangkan, air terjun yang jernih ditambah dengan banyaknya pepohonan yang maish rindang menjadikan lokasi wisata air terjun ini menjadi cukup sejuk. tak jauh dari objek wisata air terjun ini terdapat sebuah air terjun yang diberi nama riam naik kubik, air terjun tersebut memiliki ketinggian kurang lebihsekitar 8 meter.

keindahan air terjun riam naik kubik tak kalah dengan riam merasap, setiap pengunjung yang datang ke lokasi ini bisa sekaligus menikmati 2 air terjun yang sama indahnya.

Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa air terjun riam merasap ini sama persis dengan air terjun niagara namun dalam versi kecil, selain dijadikan sebagai tempat wisata air terjun riam merasap ini juga digunakan sebagai sumber tenaga listrik untuk masyarakat sekitar.

Di kawasan objek wisata air terjun riam merasap terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung seperti warung makan, toko souvenir, kawasan untuk offroad, olahraga arum jeram dan budidaya keramba.

Bagi para wisatawan yang ingin menginap, dikawasan objek wisata ini telah dibangun beberapa hotel serta penginapan dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

2.     Rumah Radakng
Berkunjung ke kalimantan barat tak lengkap rasanya jika tak singgah beberap saat ke rumah radakng yang merupakan salah satu objek wisata yang memiliki nilai sejarah. rumah radakng merupakan rumah adat masyarakat asli dayak yang ada di kalimantan barat, rumah ini memiliki keunikan tersendiri bila dibandingkan rumah lainnya.
wisata kalimantan barat rumah radakng
Rumah radakng memiliki banyak bilik yang dihuni seluruh anggota keluarga, bahkan konon katanya rumah ini mampu menampung sekitar 100 anggota keluarga. Rumah radakng ini kini sulit dicari oleh sebab itulah pemerintah setempat berupaya untuk tetap melestarikan rumah radakng sebagai salah satu warisan budaya.

Kini bangunan rumah radakng telah mengalami sedikit perubahan seperti adanya tambahan beton pada bangunan serta atap yang dibuat sedikit lebih modern.

Di sini para wisatawan akan melihat kehidupan masyarakat dayak asli serta melihat berbagai kegiatan yang mereka lakukan dalam sehari-hari. Di tempat ini dalam setiap harinya banyak wisatawan yang datang baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Rumah radakng terlihat masih sangat sederhana dan tradisional tak terlihat sedntukan modernisasi di kawasan rumah radakng tersebut. kebanyakan rumah ini berada di wilayah saham, kabupaten landak.

3.     Pantai Pasir Panjang
Satu lagi objek wisata alam yang ada di kalimantan barat wajib anda kunjungi yakni pantai pasir panjang yang berlokasi di Jln. Pasir panjang, No.89, sedau, singkawang selatan. di pantai pasir panjang nampak hamparan pasir putih yang terbentang di bibir pantai.
wisata kalimantan barat pantai pasir panjang
masyarakat sekitar menamainya sebagai pantai pasir panjang karena pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang diambah dengan pasir putih yang halus. untuk menuju ke objek wisata ini, para pengunjung akan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 20 menit saja dari pusat kota singkawang.

Perjalanan yang cukup singkat, dan objek wisata ini cukup mudah untuk diakses. pantai pasir panjang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan selain pasir putihnya yang cantik, panorama alam di sekitar pantai juga sangat mengagumkan.

Dengan kondisi pantai yang bersih memungkinkan setiap wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti bereng, berjemur, atau bahkan sekedar bersantai ditepian pantai sambil menikmati panorama alam yang indah. banyak pula wisatawan yang melakukan berbagai kegiatan olahraga di tepian pantai seperti sepak bola bahkan voli.

Bagi anda yang menyukai tantangan, bisa mencoba untuk berselancar meskipun terkadang ombak dipantai ini terbilang cukup besar. Moment yang paling dtunggu para pengunjung adalahsaat sore tiba, anda akan disuguhi dengan pemandangan yang cukup eksotis, dengan melihat matahari tenggelam secara perlahan.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan alam sore dengan bersantai di pondok-pondok yang telah disediakan di tepi pantai. dari pondok tersebut para pengunjung juga dapat melihat aktifitas para nelayan yang melaut untuk mencari ikan.

Pantai pasir panjang memiliki beragam fasilitas yang terbilang cukup lengkap untuk digunakan oleh para wisatawan. disekitar pantai terdapat tempat penyewaan perahu motor, sepeda air bahkan diskotik. saat akan meninggalkan area pantai and ajuga bisa berkunjung ke beberapa toko yang menjual cinderamata khas kalimantan barat. tak jauh dari lokasi pantai terdapat kolam renang yang cukup besih yang bisa anda gunakan.

Bagi wisatawan yang datang membawa serta putra-putrinya tak perlu khawatir karena di pantai ini telah disediakan beberapa area permainan khusus untuk anak-anak.

Para wisatawan yang ingin menjajal permainan yang cukup menyita adrenalin bisa mencoba menaiki banana boat yang telah disedikan. Para pengunjung juga tak perlu khawatir, di sepanjang pantai banyak tersedia warung makan, cafe serta pedagang kaki lima yang menjual banyak makanan dan minuman.

Jika anda ingin menginap di sekitar pantai, terdapat beberapa hotel serta penginapan yang bisa anda sewa dengan harga yang cukup terjangkau. untuk bisa menuju ke objek wisata pantai ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti minibus, taksi atau bus.

0 Response to "Menggali Potensi Pariwisata Di Provinsi Kalimantan Barat"

Posting Komentar