Rekomendasi Objek Wisata Favorit Kalimantan Barat

Semua orang tentu sepakat jika alam kalimantan memiliki pesona yang mengagumkan, tak kalah dengan pulau lain yang ada di Indonesia pulau kalimantan memiliki banyak potensi wisata yang patut untuk terus digali dan dikembangkan. Di wilayah kalimantan sendiri tercatat memiliki beberapa tempat wisata baik alam maupun buatan. Salah satu kota di kalimantan yang memiliki banyak objek wisata andalan dalah kota Pontianak Kalimantan Barat.

Kalimantan barat merupakan sebuah provinsi yang beribukota di Pontianak, Kalimantan barat memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 146.807 kilometer persegi. Pulau kalimantan barat menjadi pulau keempat yang memiliki wilayah luas setelah pulau papua, pulau kalimantan tengah dan kalimantan timur.

Pulau kalimantan Barat memiliki sebuah julukan sebagai pulau dengan seribu sungai karena memang diwilayah ini terdapat banyak sekali sungai yang membentang membelah kota. sungai-sungai yang ada di kalimantan barat terdiri dari sungai besar dan sungai kecil.

Selain sungai dan hutan belantara yang ada di kawasan kalimantan barat, banyak pula objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

4 Objek Wisata kalimantan Barat Wajib Di Kunjungi

Meskipun lokasi geografisnya yang banyak terdapat hutan belantara namun tak dapat dipungkiri jika pulau kalimantan barat menyimpan potensi wisata yang tak kalah dengan daerah lainnya. berikut rekomendasi 6 objek wisata kalimantan barat yang bisa anda kunjungi bersama kerabat.

Pantai Temajuk
Pantai Temajuk merupakan salah satu objek wisata andalan masyarakat pontianak, pantai ini berlokasi di desa Temanjuk, kecamatan sambas, tepatnya di bagian barat pulau kalimantan. Pantai Temanjuk memiliki keindahan alam yang mempesona dengan airnya yang biru jernih ditambah dengan pasir pantai yang berwarna coklat menambah eksotis suasana sekitar, pantai temanjuk memiliki garis pantai yang cukup panjang sekitar 60 kilometer.

wisata kalimantan barat pantai temajuk
Saat malam tiba, para pengunjung bisa melihat banyak penyu yang sedang bertelur di tepian pantai tentu pemandangan tersebut cukup langka terjadi bukan? lokasi wisata pantai temanjuk ramai dikunjungi oleh para wisatawan saat sore tiba, sembari menikmati indahnya langit sore ditemani oleh gemericik air laut yang menenangkan jiwa.

Bukit Kelam
Bukit kelam menjadi sebuah icon kota sintang kalimantan barat, bukit ini memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl, dinamakan sebagai bukit kelam karena terbentuk oleh batu monoloit raksasa yang konon katanya batu tersebut merupakan batu terbesar di dunia. bukit kelam berlokasi di kawasan gunung kelam, kelam Permai, Sintang. Jika diakses dengan menggunakan kendaraan darat dari pusat kota pontianak akan memakan waktu sekitar 8 hingga 9 jam.

wisata kalimantan barat bukit kelam
Jika dilihat dari kejauhan, bukit kelam nampak berdiri kokoh, namun jika anda mencoba untuk mendekati bukit tersebut akan terlihat keindahan alam yang mengagumkan. Saat para pengunjunh mencoba untuk naik ketas bukit, akan nampak pemandangan kota sintang lengkap beserta hutan-hutannya yang luas.

Bagi anda yang ingin naik ketas bukit tak perlu khawatir karena telah disediakan anak tangga yang akan membantu para wisatawan untuk naik ke bukit kelam. perjalanan untuk naik ketas bukit tak akan terasa melelahkan karena disepanjang perjalanan terdapat banyak pepeohonan langka serta hutan kalimantan yang masih sangat asri.

3.     Danau Sentarum
Jika di sumatera utara terdapat danau toba yang banyak dikenal oleh masyarakat sedangkan di pulau kalimantan barat terdapat danau sentarum yang menjadi surganya wisata di pulau kalimantan. meskipun lokasi danau ini terbilang sangat jauh dari pusat kota, namun tak menyurutkan banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahan danau ini secara nyata.

Untuk menuju ke lokasi, para wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 14jam dari kota pontianak. Anda bisa memilih beberapa alat transportasi yang akan digunakan  untuk dapat sampai ke danau sentarum, muai dari transportasi darat dan transportasi laut.

wisata kalimantan barat danau sentarum

jika anda datang dari kota pontianak, bisa mengambil rute pontianak menuju ke sintang kemudian dilanjutkan ke semitau. jika telah sampai di semitau anda bisa menggunakan kendaraan perahu motor dengan biaya yang terbilang cukup mahal, untuk satu kali perjalanan menggunakan perahu motor anda harus membayar biaya sewa sebesar 1 juta/ hari. namun anda tak perlu khawatir, untuk menghemat biaya anda bisa melakukan perjalanan secara rombongan. satu perahu motor bisa digunakan mulai dari 2 hingga 6 orang.

Jika anda malas untuk melakukan perjalanan juah dengan menggunakan transportasi laut bisa mencoba menggunakan pesawat dengan tujuan pontianak menuju ke putussibau dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. setelah sampai ke puttusiabu, lanjutkan perjalanan menuju ke nanga suhaid dengan menggunakan longboat sekitar 7 jam perjalanan.

Danau sentarum terbilang cukup unik bila dibandingkan dengan danau lainnya, saat musim penghujan tiba, danau ini menjadi salah satu tempat penampungan air namun pada saat musim kemarau tiba air di danau menjadi kering kerontang.

Kondisi danau pada saat musim kemarau hampir mirip seperti lapangan raksasa sedangkan pada musim penghujan danau sentarum berubah menjadi daerah tadah air raksasa.

Didekat danau sentarum terdapat sebuah taman nasional yang wajib untuk anda kunjungi, pasalnya disini terdapat banyak pepohonan yang cukup lebat sehingga suasana disekitar danau akan mampak menyejukkan.

Air Terjun Mananggar
Air terjun manganggar merupakan sebuah objek pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancegara saat berkunjung ke kota Pontianak. air terjun ini biasa disebut masyarakat sekitar dengan nama Banangar. air terjun ini terbentuk akibat patahan sungai landak.

wisata kalimantan barat air terjun manganggar
Air terjun mananggar berlokasi di desa merayuj, air besar, landak. Objek wisata air terjun ini letaknya cukup jauh dari pusat kota pontianak yakni sekitar 290 kilometer, air terjun manganggar memiliki ketinggian 60 meter dengan lebar 60 meter.

Saat berkunjung ke objek wisata air terjun ini para pengunjung akan disuguhi dengan penorama alam yang masih sangat asri, dengan udara yang begitu menyejukkan. Air terjun ini terbilang cukup unik dan lain daripada air terjun kebanyakan, disnini anda akan melihat danau yang ada di bawah air terjun.

Danau tersebut memiliki luas sekitar 2 hektar yang memiliki bentuk bulat serta sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk melakukan segala macam aktifitas seperti memancing, berenang, atau sekedar mandi.

Diatas air terjun sendiri terdapat sebuah gunung yang berdiri mengelilingi air terjun menanggar, gunung tersebut memiliki ketinggian sekitar 1.019 meter. Untuk menuju ke objek wisata air terjun ini, para pengunjung harus melakukan perjalanan yang terbilang cukup jauh jika datang dari pusat kota pontianak. jika anda menggunakan kendaraan pribadi, jarak tempuh untuk menuju ke objek wisata sekitar 6 hingga 7 jam.

Akses jalan menuju ke air terjun juga terbilang sulit karena anda harus melalui jalan setapak yang kanan kirinya terdapat semak semak belukar. Namun perjalanan yang sekiranya melelahkan akan terbayar lunas saat anda sampai ke lokasi air terjun. pemandangan alam yang elok akan memanjakan mata setiap pengunjung.