Objek Wisata Religi Kalimantan Selatan Wajib Di Kunjungi

Indonesia memiliki banyak pulau yang menarik untuk dikunjungi, setiap pulau mempunyai keunikan dan ciri khas masing-masing. Sama halnya dengan potensi wisata yang di miliki oleh tiap daerah tentu berbeda-beda. Jika di pulau dewata Bali memiliki pantai kuta dan di Yogyakarta memiliki pantai parang tritis sedang di Papua yang memiliki Raja ampat begitu juga dengan Pulau kalimantan yang memiliki banyak potensi wisata menarik.

Pulau kalimantan terbentang cukup luas dengan keadaan geografis yang terdiri banyak hutan belantara dan sungai-sungai yang membelah setiap kota di kalimantan. Meskipun pulau ini memiliki banyak hutan namun jangan salah, di pulau kalimantan terutama kalimantan selatan anda akan menemukan banyak objek wisata menarik baik itu objek wisata alam maupun wisata buatan.

Objek wisata yang terdapat di banjarmasin terutama terdiri dari pantai, wisata alam dan konservasi, serta wisata religi yang bisa di kunjungi oleh wisatawan yang datang. Bagi anda yang datang ke kota Banjarmasin tak salah jika menyempatkan diri barang sejenak untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata tersebut.

Jika anda bosan dengan objek wisata yang itu-itu saja, silahkan mencoba untuk mengunjungi beberapa objek wisata religi yang ada di Banjarmasin. Wisata religi di kota ini terbilang cukup banyak, mulai dari gereja, masjid, pura dan kelenteng pun ada di kota Banjarmasin.

Tempat Wisata Religi Yang Menarik Di Banjarmasin

Berwisata tentu tak melulu untuk sekedar melepas penat dari rutinitas harian, namun juga sebagai ajang untuk memperluas wawasam akan kebudayaan yang di miliki oleh masing-masing daerah yang ada di wilayah Indonesia. Sama halnya dengan berwisata religi, dengan cara tersebut diharapkan agar para wisatawan leih mengenal serta memperdalam pengetahuan tentang agama yang dianutnya.

Denganseringnya melakukan wisata religi tentu seseorang akan lebih dekat mengenal kebudayaan serta sejarah penyebaran agama yang dulu dilakukan oleh para pendahulu kita. bagi anda yang berkunjung ke kota Banjarmasin, bisa datang untuk berwisata ke beberapa temat religi sebagai berikut:

Masjid Sultan Suriansyah
Objek wisata religi pertama yang bisa anda kunjungi saat berada di kota Banjarmasin adalah masjid sultan suiransyah yang berlokasi di Jln. Kuin Utara desa kuin utara, Banjarmasin Utara, Kalimantan Selatan. masjid ini merupakan sebuah masjid tertua yang ada di kalimantan selatan. pembangunannya sendiri di mulai pada tahun  1526 hingga 1550 oleh raja Banjar.

Lokasi masjid berada tak jauh dari komplek pemakaman Sultan suriansyah dengan tata bangunan yang di buat dengan bentuk tradisional banjar lengkap dengan panggung dan beratap tumpang.

Masjid sultan suriansyah terbilang cukup kuno dilihat dari bentuk pintu serta mimbar yang terbuat dari kayu ulin dengan bertahtakan kaligrafi. Mimbar tersebut dibuat sekitar tahun 1296 dengan ditandai oleh tulisan krono legi, Hijrah 1296 hari selasa bulan rajab. tulisan tersebut berada di sebelah kanan mimbar.

Dalam setiap harinya masjid sultan suriansyah selalu dikunjungi oleh mereka yang ingin mengetahui mengenai sejarah penyebaran agama islam khususnya di wilayah Banjarmasin.

2.     Klenteng Soetji Nurani
Satu lagi objek wisata religi di banjarmasin yang bisa anda kunjungi yakni Klenteng soetji Nurani yang berlokasi di Jln. Veteran, No.10 Gadang, Kecamatan Banjarmasin Timur,kalimantan Selatan. Kelenteng ini berdiri pada tahun 1898 dan bediri di tepi sungai martapura.

wisata kalimantan selatan klenteng soetji nurani
Kelenteng soetji nurani menjadi sebuah saksi sejarah datangnya kaum tiongoa di Banjarmasin, selain menjadi sebuah tempat wisata religi, kelenteng ini juga dianggap sebagai salah satu cagar budaya yang patut untuk dilestarikan.

Kelenteng ini cukup menarik minat para wisatawan untuk datang pasalnya bangunan keleteng memiliki ciri khas seperti bangunan masyarakat china yang masih berpegang teguh pada feng shui.

Disekitar kelenteng anda akan melihat kegiatan jual beli beraneka fauna seperti kura-kura, ular, biawak dan lain sebagainya. namun kegiatan tersebut sering dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena memang tidak diperbolahkan oleh pemerintah untuk memperjual belikan satwa.

berwisata ke suatu tempat, tak lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan khas daerah tersebut, di kelenteng soetji nurani anda bisa membeli minyak bulus yang dipercaya sangat baik untuk kecantikan kulit. anda bisa mendapatkan minyak tersebut dengan harga yang cukup terjangkau.

Pura Agung Jagat Natha
Saat berjalan-jalan di kota Banjarmasin sempatkan diri untuk mampir sejenak di sebuah kawasan wisata religi pura agung jagat natha yang berlokasi di Jln. Gatot Subroto, Pengambangan, Kecamatan Banjarmasin Timur.


wisata kalimantan selatan pura agung jagat natha


Pura agung jagat natha ini pertama kali dibangun di wilayah Banjarmasin karena pada awal mulanya masyarakat Hindu yang berada di kota banjarmasin melakukan kegiatan keagamaa seperti galungan, saraswati, kuningan dan lain sebagainya di rumah warga secara bergantian.

Namun dari hari kehari jumlah penganut agama hindu di kota Banjarmaisn semain banyak sehingg kemudian dibuatlah pura agung jagat natha tersebut. Selain menjadi sebuah tempat ibadah, pura ini sering dijadikan sebagai tempat wisata religi yang cukup menarik di banjarmasin.

Dalam setiap harinya pura ini selalu dikunjungi baik oleh mereka yang ingin beribadah dan melakukan ritual keagamaan atau mereka yang ingin sekedar berwisata.

4.     Makam Sultan Suriansyah
Makam sultan suriansyah pertama kali dibangun oleh sultan suryanullah yang menjadi raja banjar pertama. Beliau adalah raja pertama yang memeluk agama islam, dengan masuknya beliau sebagai penganut ajaran islam maka kemudian berkembanglah agama islam di Banjarmasin. Makan sultan surianyah berlokasi tak jauh dari masjid sulta surianyah di desa kuin utara, Banjarmasin Utara.

wisata kalimantan selatan makam sultan suriansyah
Komplek makam sultan suriansyah menjadi tempat pemakaman khusus raja sultan suryaullah beserta keluarga dan keturunannya. di komplek pemakaman terdapat sebuah museum kecil yang digunakan untuk menyimpan barang peninggalan sultan Banjar.

Dalam setiap harinya komplek pemakaman tak pernah sepi oleh pengunjung, banyak wisatawan yang sengaja datang dari luar banjarmasin untuk sekedar beriwisata atau berziarah ke makam raja sultan suriansyah.

5.     Makam Surgi Mufti
Objek wisata religi yang terdapat di wilayah Banjarmasin memang terbilang cukup banyak, salah satunya adalah makam surgi muksi yang berlokasi di Jln. masjid Jami, Surgi. Dalam setiap harinya komplek pemakaman ini selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah yang datang dari kawasan banjarmasin atau dari luar kota.

wisata kalimantan selatan makam surgi mufti
Makam surgi mukti merupakan sebuah tempat pemakaman K.H Jamaludin yang menjadi seorang ulama besar dan beliau telah diberikan kewenangan untuk memberikan fatwa. Dengan nama besar yang disandang beliau maka masyarakat banjarmasin begitu menghormatinya, kemudian nama beliau dijadikan sebagai nama kelurahan.

Makam surgi mufti kini tak hanya dijadikan sebagai objek wisata religi saja namun juga telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai cagar budaya yang harus selalu dilestarikan.

Di belakang makam, terdapat sebuah rumah yang dulunya menjadi kediaman K.H Jamaludin yang kemudian dari waktu ke waktu di tempati anak serta cucunya. didalam rumah tersebut hingga kini masih tersimpan banyak benda-benda peninggalan beliau yang samapi saat ini masih tersimpan rapi.



0 Response to "Objek Wisata Religi Kalimantan Selatan Wajib Di Kunjungi"

Posting Komentar