Rekomendasi Objek Wisata Favorit Provinsi Kalimantan Utara

Provinsi kalimantan utara terbentuk akibat pecahan pulau kalimantan timur yang sengaja dibuat untuk meningkatkan penghidupan masyarakat. di provinsi kalimantan utara terdiri dari beberapa kabupaten yang nyatanya menyimpan potensi wisata yang cukup bisa diandalkan.

Bumi kalimantan memang sangat makmur karena memiliki kekayaan alam yang luar biasa dibandingkan dengan daerah lain. Di provinsi ini juga terdapat beberapa objek wisata baik wisata alam, wisata bahari maupun wisata budaya.

Akibat kurangnya promosi yang dilakukan, objek pariwisata kalimantan utara kurang cukup dikenal oleh masyarakat luas. padahal potensi wisata daerah ini cukup menjanjikan dan tak kalah dengan daerah lain

Objek Wisata Alam Kalimantan Utara

Banyak tempat wisata kalimantan utara yang menyajikan keindahan alam yang masih sangat alami, selain itu ada pula wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi saat berada di Kalimantan utara. berikut beberapa objek wisata alam yang wajib untuk dikunjungi selama berada di provinsi kalimantan utara.

Pantai Batu Lamampu
Objek wisata pertama yang bisa anda kunjugi saat berada di kalimantan utara adalah pantai batu lamampu yang berlokasi di Sebatik, Nunukan. Pantai ini menjadi sebuah icon dari pulau sebatik yang kini mulai banyak dilirik oleh para wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.

wisata Kalimantan Utara Pantai batu Lamampu
Pantai ini menjadi sebuah perbatasan antara negara Indonesia dengan Malaysia, masyarakat sekitar menamainya sebagai pantai batu lamampu sebab dipantai tersebut terdapat batu yang muncul kemudian tersusun secara rapi menuju kearah laut. bebatuan tersebut kian hari kian muncul meskipun pada saat air laut mengalami pasang sekalipun.

Fenomena itulah yang membuat dya tarik bagi para wisatawan untuk dapat menyaksikan secara langsung batu lamampu yang cukup tersohor di telinga masyarakat kalimantan utara. ada sebuah mitos yang berkembang dimasyarakat sekitar pantai bahwa jika seseorang mengikat tali pada sebuah pohon kemudian orang tersebut menyebutkan nama seseorang yang diinginkan untuk menjadi pendamping hidup maka keinginannya tersebut dapat terwujud.

Terlepas dari mitos yang berkembang tersebut, nyatanya pantai batu lamampu memiliki panorama alam yang indah. hamparan pasir putih yang terbentang luas di bibir pantai banyak digunakan oleh wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan.

Beragam aktifitas bisa dilakukan oleh para wisatawan disekitar pantai mulai dari berkemah, duduk santai ditepian pantai, berenang atau melakukan olahraga seperti voli dan sepak bola.

Pantai Tanah Kuning
Apakah anda ingin pergi kesebuah tempat yang tenang dan romantis bersama pasangan? silahkan datang ke pantai tanah kuning yang berlokasi di Tanah kuning, Detawan, Tanjung Palas Timur. Pantai ini memiliki air yang cukup jernih berwarna biru kehijauan sehingga wisatawan akan betah berlama-lama bermain air ditepian pantai.

wisata kalimantan utara pantai tanah kuning
Di pantai ini anda bisa puas bermain pasir maupun melakukan berbagai aktifitas seperti berenang, olah raga bola voli, sepakbola, bermain selancar bagi mereka yang telah profesional atau sekedar bersantai sambil menikmati panorama alam yang begitu indah.

Suasana pantai yang cukup tenang ditambah dengan hembusan angin yang menyejukkan tentu akan menambah kesan romantis lokasi wisata ini.  Di pinggir pantai banyak pepohonan yang tumbuh subur sehingga bisa digunakan untuk berlindung dari sengatan sinar matahari.

Nama pantai tanah kuning diambil dari nama daerah tempat pantai ini berada, kearifan lokal yang ditawarkan disini membuat siapa saja yang datang tentu akan merasa betah karena para wisatawan akan disambut ramah oleh para penduduk lokal.

Untuk dapat menuju ke pantai tanah kuning, anda menggunakan jalur darat maupun jalur laut. jika anda datang dari Tanjung selor, bisa menggunakan kendaran pribadi baik roda empat maupun roda dua kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan naik speedboat melalui sungai kayan. perjalanan anda akan memakan waktu kurang lebih sekitar 3 jam.

Jika telah sampai tarakan anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal motor sekitar 2 jam. Meskipun perjalanan yang harus ditempuh terbilang cukup melelahkan namun semuanya akan terbayar lunas saat melihat keindahan pantai tanah kuning.

Gunung Putih
Berjalan-jalan di Bulungan kalimantan Utara tak afdol rasanya jika belum berkunjung dan berwisata ke gunung putih yang berlokasi di Gunung putih, tanjung Palas, Bulungan, Kalimantan Utara.  Objek wisata ini cukup terkenal di kalangan masyarakat dan menjadi salah satu objek wisata andalan di kalimantan utara.

wisata kalimantan utara gunung putih
Gunung putih menjadi sebuah icon daerah bulungan, gunung ini dinamai oleh warga sekitar dengan nama gunung putih disebabkan oleh banyaknya kapur yang menyelimuti gunung sehingga mengakibatkan warna putih diseluruh bagian gunung. Gunung putih memiliki relief-relief yang cukup memukau mata seolah-olah dipahat oleh seorang yang profesional.

Untuk menuju ke atas puncak gunung ini, anda harus melewati banyak anak tangga yang terbilang cukup panjang. perjalanan yang harus ditempuh memang terbilang cukup melelahkan namun semuanya akan terbayar lunas saat sampai diatas gunung.

Dari puncak gunung anda akan melihat pemandangan alam kota bulungan yang sangat indah ditambah udara yang menyejukkan. para pecinta hiking tentu menyukai moment ini, selain sebagai ajang wisata juga bisa menjadi sebuah wahana olahraga yang menyehatkan.

Di sekitar objek wisata gunung putih tersedia berbagai jenis fasilitas yang bisa digunakan oleh para wisatawan seperti gezebo dan pondok yang bisa digunakan sebagai tempat peristirahatan sementara para pendaki. jika para pengunjung datang bersama putra-putri tercinta, dikawasan ini juga telah disediakan berbagai sarana hiburan dan bermain untuk anak-anak.

Sebelum melakukan pendakian ke atas gunung sebaiknya para wisatawan membawa banyak bekal makanan serta minuman dan ketika mulai mendaki, pastikan perut anda kenyang supaya badan tetap fit dan tidak lemas pada saat mendaki gunung.

Wisata Air Terjun Simolon
wisata kalimantan utara air terjun simolonBosan dengan wisata yang itu-itu saja saat berada di kalimantan utara, anda bisa mencoba datang ke objek wisata air terjun simoon yang berlokasi di Paking, Mentarang, Manilau, Kalimantan Utara. objek wisata ini merupakan sebuah sumber air panas yang cukup unik karena terdapat banyak bebatuan yang tersusun rapi dan bertingkat-tingkat menyerupai anak tangga.


Air terjun simolon menjadi sebuah sumber air panas terbesar yang ada di kawasan kalimantan utara. Selain dijadikan sebagai tempat wisata air terjun simolon juga digunakan sebagai tempat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, menurut penuturan masyarakat setempat air panas yang ada di air terjun ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

Maka tak heran jika dalam setiap harinya objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berobat atau sekedar berwisata. selain sebagai tempat pengobatan air terjun somolon juga digunakan sebagai tempat olahraga arum jeram.

Dalam waktu dekat disekitar objek wisata air terjun simolon akan ditambah dengan beberapa fasilitas oleharaga seperti arena bermai untuk anak, outbond dan tempat bersepeda.

0 Response to "Rekomendasi Objek Wisata Favorit Provinsi Kalimantan Utara"

Posting Komentar