Inilah Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Paling Eksotik

Bagi Anda yang berdomisili di provinsi Jawa Barat selayaknya patut untuk berbangga diri, karena terdapat banyak sekali tempat wisata yang sangat eksotis. Kebanyakan Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Paling Eksotik didominasi oleh pemandangan alam seperti gunung, danau, air terjun dan pantai. Namun jangan salah sebenarnya di Jawa Barat ada juga kok tempat wisata non alam seperti Trans Studio salah satunya.

Inilah Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Paling Eksotik
Jawa Barat yang terbentang mulai dari Kuningan di bagian timur hingga Sukabumi di bagian sebelah barat. Lalu dari Kabupaten Pangandaran di bagian selatan sampai Indramayu di bagian utara merupakan provinsi dengan populasi terpadat di Indonesia. Akan tetapi Jawa Barat memiliki sejuta pesona alam yang eksotik dan tak kalah dari daerah lainnya.

Jadi bagi Anda yang memutuskan ingin berlibur ke Jawa Barat, tentunya akan menjumpai beragam tempat – tempat hiburan yang tiada duanya. Dan berikut ini adalah rekomendasi Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Paling Eksotik dan sangat sayang untuk dilewatkan.


1. Pulau Biawak - Indramayu

Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Paling Eksotik yang pertama adalah Pulau Biawak yang berada di daerah Indramayu. Mungkin selama ini Anda hanya familiar dengan pulau Komodo yang mana pulau tersebut merupakan tempat tinggal reptil purba yaitu Komodo. Namun tahukah Anda bahwa terdapat sebuah pulau yang juga banyak dihuni oleh kadal raksasa yang lokasinya tidak jauh dari kota Jakarta.

1. Pulau Biawak - Indramayu
Seperti nama dari lokasi wisata yaitu pulau biawak merupakan habitat alami dari hewan liar Biawak. Sebenarnya dulu tempat ini ditutup untuk umum karena masih menjadi daerah penelitian milik pemerintah. Akan tetapi untuk saat ini sudah di buka untuk umum dan Anda dapat dengan leluasa mengunjungi dan melihat hewan reptil tersebut.

Untuk mencapai lokasi wisata pulau Biawak ini Anda harus menyewa sebuah perahu dari pelabuan Karangsong. Nah perjalanan dari pelabuhan tersebut untuk mencapai pulau Biawak dibutuhkan waktu 5 sampai 6 jam untuk menyebrang.

2. Pantai Puncak Guha – Garut

Jika kita mendengar kata pantai, mungkin yang ada di benak kita adalah sebuah pasir putih yang dibasuh oleh ombak biru. Akan tetapi tidak demikian dengan Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat yang satu ini yaitu Pantai Puncak Guha. Pantai Puncak Guha merupakan sebuah semenanjung kecil berupa tebing – tebing yang berbatasan langsung dengan lautan lepas.

2. Pantai Puncak Guha - Garut

Salah satu alasan kenapa kita harus mendatangi tempat wisata ini adalah kita dapat menyaksikan indahnya sunset. Selain itu tempat wisata ini juga menyajikan berates - ratus kelelawar yang terbang keluar daridalam  gua yang ada di bawah tebing pada saat matahari mulai tenggelam. Nantinya Anda akan terpana dengan pemandangan dimana terdapat sekelompok kelelawar yang terbang bersamaan dan membntuk layaknya awwan hitam.

Tempat wisata Pantai Puncak Guha ini berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut.  Jadi silakan kunjungi tempat wisata ini dan disarankan Anda untuk datang beberapa saat sebelum matahari terbenam. Karena sembari menunggu sunset, Anda dapat menikamti panorama indah perbukitan hijau yang menghiasi pinggiran laut lepas.

3. Gunung Padang – Cianjur

Popularitas Gunung Padang yang berada di Cianjur akhir - akhir ini menarik perhatian dan membuat penasaran banyak orang terutama warga sekitar Jawa Barat. Kono menurut beritanya, gunung ini merupakan sebuah situs prasejarah yang diperkiraan sudah ada sejak 2 ribu tahun sebelum masehi silam. Jika berita tersebut memang benar, itu berarti di negara kita ini sudah memiliki kebudayaan yang sangat tua setara pada zaman firaun.

3. Gunung Padang - Cianjur

Selain factor sejarahnya yang ada di situs Gunung Padang tersebut, ternyata lokasi tersebut memiliki pesona alam yang eksotis dan patu untuk kita datangi. Banyaknya tumpukan batu hexagonal yang seolah – olah menyembul ke atas permukaan bukit yang tinggi. Selain itu dari atas gunung tersebut kita juga dapat melihat pemandangan kebun teh dan juga perkampunngan.

Meskipun sampai saat ini telah dilakukan berbagai penelitian yang masih berlangsung, akan tetapi Gunung Padang telah dibuka untuk lokasi wisata. Lalu untuk menuju puncak Gunung padang tersebut hanya dibutuhkan waktu daki sekitar 20 menit saja melalui jalan setapak. Nah jika Nada ingin mengetahui lebih lanjut tentang peradaban masa silam, silakan kunjungi Gunung Padang yang berada di Cianjur Jawah Barat ini.

4. Kawah Gunung Galunggung – Tasikmalaya

Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Paling Eksotikselanjutnya adalah Kawah Gunung Galunggung di Tasikmalaya. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah lokasi wisata yang berbetuk kaldera di puncak gunung. Kaldera tersebut terbentuk akibat letusan gunung Galunggung itu sendiri sekitar pada tahun 1982 silam. Saking besarnya letusan gunung tersebut, maka muncullah sebuah kaldera yang sangat eksotis.

4. Kawah Gunung Galunggung - Tasikmalaya
Jika Anda ingin mengunjungi lokasi wisata Kawah Gunung Galunggung ini, maka siapkan tenaga yang cukup fit. Hal tersebut dikarenakan Anda harus mendaki atau menaiki ratusan anak tangga untuk dapat mencapai Kawah Gunung Galunggung. Tentu saja Anda akan merasa lalah dan letih saat mendaki, namun tenang saja semua kelelahan Anda akan hilang seketika, karena Anda dapat menyaksikan panorama kota Tasikmalaya yang memukau.

Selain itu saat Anda berada di puncak, Anda akan dapat melihat pemandangan yang jauh lebih eksotis yaitu perpaduan antara danau yang berwarna hijau dan abu vulkanis yang berwarna kecoklatan di sekitarnya. Serta beraneka tanaman hijau yang menutupi daerah permukaan lerengnya dan tentunya membuat perjalanan ini tak terasa sia - sia.

5. Green Canyon : Cukang Taneuh – Pangandaran

Tidak hanya di Arizona, Amerika serikat saja yang memiliki Green Canyon, di Indonesia sendiri memiliki banyak spot wisata yang juga disebut Green Canyon. Salah satunya berada di Kabupaten Pangandaran yaitu Cukang Taneuh yang memiliki view layaknya Green Canyon. Sebenarnya sebutan Green Canyon ini awalnya dipolulerkan oleh seorang wisatawan yang berasal dari Prancis.

5. Green Canyon - Cukang Taneuh - Pangandaran
Dulunya tempat wisata di Jawah Barat ini disebut Cukang Taneuh oleh warga sekitar yang mana arti dari Cukang Taneuh tersebut adalah Jembatan Tanah. Saat Anda berada di lokasi wisata ini, Anda dapat menyusuri aliran sungai yang berkelok – kelok . Selain itu di sebelah kanan  dan kirinya terdapat aneka macam tumbuhan hijau yag menghiasi bebatuan yang terbentuk secara alami sejat ratusan tahun silam.

Pada ujung perjalanan, Anda dapat turun dari perahu yang telah Anda sewa dan Andapun dapat memanjat ke tumpukan bebatuan besar. Di ujung perjalanan inilah petualangan yang sesungguhnya dimulai. Dan di tempat tersebutlah Anda dapat menemukan banyak sekali spot untuk berfoto selfie.

6. Curug Batu Templek – Bandung

Curug Batu Templek adalah salah satu tempat wisata di Jawah Barat yang memiliki pemandangan sangat eksotis. Dimana Curug Batu Templek ini merupakan air terjun yang memiliki aliran air segar dan jernih. Selain itu yang paling menarik dari tempat ini adalah air yang mengalir tersebut keluar dari celah – celah bebatuan yang ada di atas air terjun.

6. Curug Batu Templek - Bandung
Tempat wisata Curug Batu Templek ini terbentuk akibat fenomena geologi yang mana telah terjadinya retakan - retakan kecil dari lempengan bumi, yang terbentuk akibat pergerakan tektonis. Sehingga dari retakan – retakan tersebut mengeluarkan air. Tempat wisata Curug Batu Templek yang berada di Bandung ini mungkin masih asing di telinga warga sekitar. Karena memang lokasinya yang masih belum dieksplor lebih lanjut.

7. Sanghyang Heuleut – Bandung Barat

Tempat wisata alam di ada di provinsi Jawa Barat ini cukup sebenarnya sudah terkenal sejak tahun tahun 2015 silam. Sanghyang Heuleut ini merupakan sebuah danau yang sangat cantik, dimana lokasinya tersembunyi di antara bebatuan yang ada di balik sebuah bukit. Menariknya danau Sanghyang Heuleut ini memiliki air yang sangat jernih, sehingga Anda akan dapat melihat dasar danau dengan jelas dari permukaan.

7. Sanghyang Heuleut - Bandung Barat
Konon meurut warga sekitar Sanghyang Heuleut ini merupakan tempat mandi dayang sumbi, maka dari itu warga sekitar masing menganggap temat ini keramat. Danau Sanghyang Heuleut ini berada di daerah Bandung Barat, untuk dapat menuju tempat wisata yang eksotis ini Anda harus menyusuri sejauh 5 KM kea rah hutan dari pintu gerbang PLTA Bandung Barat.

8. Mata Air Cimincul - Subang

Apabila di daerah Jawa Tengah memiliki sebuah umbul yang keren, maka di Jawa Barat pun ada yang namanya Mata Air Cimincul. Bagi Anda yang berdomisili di daerah Jawa Barat tidak usah pergi jauh – jauh ke Jawa Tengah jika hanya ingin berwisata air. Yahh Mata Air Cimincul yang berada di Subang Jawa barat ini juga snagat patut untuk kita datangi karena memang lokasinya yang sangat menarik.

8. Mata Air Cimincul - Subang
Tempat wisata Mata Air Cimincul ini tepatnya berada di Desa Pasanggrahan, Kec Kasomalang, Kab Subang. Nama Cimincul ini sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu cai mincul yang memiliki arti air yang timbul. Spot wisata Mata Air Cimincul ini juga memiliki air yang sangat jernih, dan jika Anda ingin berwisata kesini maka jangan lupa untuk membawa kamera underwater untuk berfoto di bawah mata air ini.

9. Kawah Putih – Ciwidey, Bandung

Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Paling Eksotik yang terakhir ini adalah sebuah danau yang memiliki warna unik yaitu danau Kawah Putih. Lokasi wisata yang satu ini merupakan salah satu tujuan utama para wisatawan saat berlibur di Bandung. Loasi wisata kawa Putih ini tepatnya berada di daerah Ciwidey, kabupaten Bandung.

9. Kawah Putih - Ciwidey, Bandung
Pada saat Anda berada di Danau kawah, Anda dapat merasakan suhu yang sejuk 8-23 derajat celcius dan sebelum sampai dipuncak Anda disuguhi pemandangan hijau dari perkebunan teh yang indah. Nah saat sampai di puncak, Anda akan di suguhkan pemandangan kawah sebuah danau kawah yang berwarna putih susu dan terkadang warnanya berubah menjadi biru.

Nah itulah beberapa Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Paling Eksotik, dimana Anda akan mendapati sebuah pemandangan yang luar biasa. Jadi saat Anda memutuskan untuk berlibur ke Jawah Barat, jangan lupa untuk mengunjungi semua tempat wisata yang telah saya rekomendasikan di atas. Selesai sudah informasi tentang Tempat Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Paling Eksotik, semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kita semuanya. Termakasih dan selamat Berlibur.