Wisata Kilo Meter Nol Sabang Aceh

Kota Sabang merupakan salah satu kota di Aceh, ujung Barat Indonesia. Kota ini berupa gugusan kepulauan yang terletak di seberang Utara Pulau Sumatera. Kota Sabang dikenal sebagai zona ekonomi bebas dari Indonesia karena memiliki titik letak di paling Utara Indonesia. Dari segi geografis kota ini merupakan wilayah administratif paling Utara Indonesia yang berbatas langsung dengan negara Malaysia, Thailand, dan India.

Wisata Kilo Meter Nol Sabang Aceh

Tidak mau kalah dengan kota-kota lain di Pulau Sumatera yang memiliki wisata-wisata andalan, di Sabang pun terdapat destinasi andalan. Wisata ini memang bukan berupa wisata-wisata alam yang saat ini sedang naik daun tapi sebagai orang yang cinta tanah air Indonesia, tentu Anda wajib mengunjungi destinasi wisata ini. Ya, kota Sabang dengan letak geografis yang sedemikian rupa membuatnya pemerintah membangun Monumen Kilo Meter Nol Sabang sebagai tanda perbatasan antar negara.

Kilo Meter Nol Sabang


Saat ini kota Sabang menjadi potensi unggulan di Aceh karena adanya destinasi wisata kilo meter nol Sabang. Wisata ini juga sebagai tanda perbatasan dari Indonesia dengan negara tetangga. Tidak sedikit wisatawan yang rela menempuh perjalanan jauh dengan berganti beberapa transportasi demi melihat wisata kilo meter nol Sabang. Wisata tersebut berupa monumen menjulang tinggi dengan ketinggian sekitar 22,5 meter. 
Wisata Kilo Meter Nol Sabang

Dicat dengan warna putih dan pada puncak dibangun patung burung Garuda kemudian dipercantik dengan sebuah prasasti yang terukir di atas batu berwarna hitam. Tujuan dari dibuatnya prasasti tersebut adalah untuk menjelaskan tentang letak geografis dari wisata kilo meter nol sabang.

Diresmikan pada 9 September 1997 oleh Wakil Presiden RI, Bapak Try Sutrisno monumen ini dibuka untuk umum sebagai tujuan wisata sekaligus mengenal sejarah dan napak tilas Indonesia. Bahkan untuk tetap menjaga keindahan dari monumen ini Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan renovasi pada wisata kilo meter nol Sabang ini. 

Renovasi tersebut berupa tulisan KILOMETER 0 dengan ukuran yang besar dan mencolok karena dicat dengan warna merah. Dan untuk memanjakan para wisatawan untuk mengabadikan melalui bidikan foto-foto, pengelola juga menyediakan lantai di bawah tulisan tersebut.

Mengenal Indonesia dan Dapat Kenang-kenangan Sertifikat

Kilo Meter Nol Sabang

Hal menarik lain dari wisata Kilo Meter Nol Sabang ini adalah setiap wisatawan monumen akan diberikan sertifikat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang. Pemberian sertifikat ini dimaksudkan sebagai buah tangan berharga bagi para wisatawan monumen.  

Bukankah sangat menarik wisata ini? Sudah tentu akan lebih mengenal Indonesia negara tercinta juga mendapat kenangan unik yang bisa dipamerkan ke anak cucu kelak.

Transportasi Menuju Wisata Kilo Meter Nol Sabang

Transportasi Wisata Kilo Meter Nol Sabang

Monumen ini terletak di di area Hutan Wisata Sabang, Desa Iboih Ujung Ba’u, Kecamatan Sukakarya sehingga terdapat banyak alternatif untuk mencapai wisata kilo meter nol sabang ini, salah satunya Anda dapat menggunakan transportasi umum atau menyewa mobil dan motor.  

Jika Anda berangkat dari Kota Sabang, wisatawan akan menempuh jarah kurang lebih 29 km dalam kurun waktu 55 menit. Namun, jika Anda sedang berlibur di Pantai Iboih dan ingin mampir ke wisata Kilo Meter Nol Sabang jaraknya sangat dekat. Anda hanya perlu menempuh jarah sekitar 5 km dari pantai Iboih.

Selama perjalanan dari Kota Sabang tidak akan terasa lama karena selama di perjalanan Anda akan disuguhi panorama alam dari Pulau Weh yang sudah pasti cantik memesona mata. Jalanan yang naik-turun dan berkelak-kelok pun tidak akan terasa karena terlalu menikmati panorama cantik Pulau Weh. Selain melihat panorama cantik Pulau Weh, jika Anda beruntung Anda akan menjumpai beberapa spesies monyet yang dilindungi. Karena banyaknya monyet, jalanan ini pun dikenal para wisatawan dengan Monkey Road (Jalan Monyet).
Wisata Kilo Meter 0 Sabang

Mencari Tempat Bermalam


Setelah melihat keindahan monumen dengan latar belakang hamparan laut luas mungkin Anda juga ingin menikmati malam kota Sabang di wisata Kilo Meter Nol Sabang ini, Adan bisa mencari penginapan di dekat monumen ataupun penginapan di sekitar Pantai Iboih atu mungkin di Pantai Gapang. Di tempat-tempat tersebut tlah disediakan berbagai jenis dan kelas penginapan sesuai dengan keinginan dan tentunya dana yang Anda siapkan. Jangan sampai salah memperhitungkan ya.

Sambil menikmati malam hari kota Sabang, Andadapat menikmati beberapa kudapan andalandi wisata ini yaitu ikan bakar pinggir pantai. Deburan ombak dan cuaca yang dingin dapat Anda atasi dengan menikmati seduhan kopi khas Aceh yang sudah termansyur di seluruh pelosok dunia ini. Suasana yang sempurna tuk dihabiskan dengan keluarga dan orang terdeket bukan?

Tips Berpelancong ke Wisata Kilo Meter Nol Sabang

Bagi Anda yang suka merencanakan liburan dengan terjadwal dan teratur, beberapa tips ini dapat Anda pertimbangkan sebelum meluncur ke wisata Kilo Meter Nol Sabang, diantaranya:
Kilo Meter 0 Sabang Aceh

  1. Jangan lupa membawa kamera, saat ini barang ini menjadi kebutuhan wajib saat Anda akan melakukan perjalanan wisata. Tentu selain untuk mengabadikan momen juga dapat sebagai kenangan-kenangan pribadi Anda.
  2. Karena destinasi wisata yang di luar ruangan dan disekitaran pantai, tentu Anda memerlukan topi dan kacamata hitam untuk melindungi diri teriknya matahari Sumatera ini.
  3. Saat Anda melewati Monkey Road (Jalan Monyet) alangkah baiknya jika Anda tidak mengganggu monyet-monyet tersebut. Jangan coba-coba untuk menjahili monyet-monyet dengan pura-pura memberi makan padahal tidak, alih-alih bahagia Anda malah akan diserbu monyet-monyet tersebut karena meresa dipermainkan.
  4. Model treveller yang irit budget dapat menyiasati dengan gabung sewa mobil dengan wisatawan lain yang juga kekurangan teman menuju tempat wisata.
  5. Jaga dan perhatikan selalu barang-barang bawaan Anda terutama barang-barang berharga Anda, seperti kamera dan handphone, jangan salahkan monyet-monyet tersebut jika mereka mengambilbarang- barang Anda.
  6. Selain memperhitungan uang untuk sewa mobil, penginepa, dan tiket masuk, Anda juga harus memperhitungkan bensin yang harus Anda sediakan selama perjalanan menuju wisata Kilo Meter Nol Sabang. Karena jika salah perhitungan, Anda bisa berhenti di tengah-tengah hutan mengingat jalanan yang akan Anda lalui sebagian besar berupa hutan-hutan yang masih belum dijamah manusia.
  7. Selesai menikmati wisata Kilo Meter Nol Sabang, Anda bisa melanjutkan liburan ke beberapa pantai di sekitar monumen, atau ke pemandian air panas Keuneukai. Di pemandian air panas ini, Anda bisa memanjakan dan relaksasi diri dari penat perjalanan jauh dari kota Sabang. Selain itu, berendam di air panas juga bagus untuk kebugaran tubuh kita.
wisata Kilo Meter 0 Sabang Aceh

Membahas keberagaman budaya, adat-istiadat, dan banyaknya destinasi wisata di Pulau Sumatera memang tidak akan pernah ada habisnya, dari ujung ke ujung pulau ini ada saja yang bisa kita kulik keunikannya yang tentu akan mendapatkan pendapatan daerah pemerintah setempat. 

Buatlah renacana liburan yang tak terlupakan dan jangan sampai kurang persiapan apalagi kurang budget ya sobat traveller sekalian. Itulah beberapa informasi tentang wisata Kilo Meter Nol Sabang, semoga artikel ini bermanfaat untuk calon-calon wisatawan wisata Kilo Meter Nol Sabang.