Wisata Pantai Terpopuler Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan merupakan sebuah provinsi yang terletak di wilayah Kepulauan Sulawesi dan memiliki pusat pemerintahan di Kota Makassar. Dikelilingi oleh perairan maupun dataran tinggi secara seimbang membuat Sulawesi Selatan memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sayang jika tidak dikunjungi, terutama untuk sektor pariwisata alam yang menawarkan beragam panorama indah.

Pantai Terpopuler Di Sulawesi Selatan
Menghabiskan waktu di pantai merupakan wisata yang menyenangkan. Begitu pula ketika mengunjungi Sulawesi Selatan yang memiliki cukup banyak destinasi wisata pantai yang indah. Berikut ini merupakan daftar pantai paling populer dari seantero wilayah Sulawesi Selatan yang wajib dimasukkan ke dalam list tempat wisata yang ingin didatangi :

Pantai Losari

Pantai Losari merupakan destinasi wisata alam paling terkenal di Sulawesi Selatan yang berada di daerah Makassar. 
Pantai Losari (ikon utama)

Dahulu, kawasan ini terkenal dengan banyaknya penjaja kaki lima yang dipercaya sebagai areal warung terpanjang di dunia karena jajaran kedai tenda tersebut mencapai satu kilometer dan menawarkan hidangan laut yang lezat.

Namun, semua warung kaki lima itu kini sudah dipindahkan seiring program pemerintah untuk menjadikan Pantai Losari sebagai destinasi wisata alam Makassar. Lokasi pemindahannya tidak jauh, sehingga wisatawan yang datang tetap dapat menikmati kuliner-kuliner seafood khas Pantai Losari, juga menu lain seperti Pisang Epe dan Es Pisang Ijo.
Pantai Losari (es pisang ijo)
Selain kuliner yang lezat dan murah meriah, Pantai Losari juga terkenal dengan panorama matahari tenggelam yang menjadi buruan wisatawan untuk diabadikan. Sebab itulah, pantai yang satu ini lebih ramai pengunjung saat sore hari mulai pukul tiga sore hingga sembilan malam. Ditambah lagi, Pantai Losari menyediakan layanan wifi gratis untuk wisatawan.
Pantai Losari (sunset)
Uniknya, Pantai Losari tidak memiliki pasir di sekitarnya, sehingga wisatawan yang datang tidak bisa bermain pasir. Meski begitu, pengelola menyediakan pilihan hiburan lain seperti perahu dan tanggul beton untuk dijadikan spot memancing. Wisatawan juga bisa berkeliling dengan menyewa becak. Untuk menikmati keindahan Pantai Losari, wisatawan tidak dikenakan retribusi apa pun.



Pantai Tanjung Bira

Berlokasi di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan utama wisatawan ketika bertandang ke Sulawesi Selatan. Untuk dapat mengeksplorasi wisata pantai yang satu ini, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 20.000,- untuk wisatawan asing.
Pantai Tanjung Bira (ikon utama)
Pesona pertama dari pantai ini adalah pasir putihnya yang sangat lembut, bahkan jika dibandingkan dengan tepung. Konsistensi pasir yang demikian meminimalisir resiko gatal-gatal ataupun alergi pada wisatawan. Berkat kelembutan pasir Pantai Tanjung Bira itu pula, wisatawan betah berbaring berlama-lama di atas pasir tepi pantai ditemani deburan ombak yang berirama menenangkan.
Pantai Tanjung Bira (pasir pantai)
Air laut dari Pantai Tanjung Bira juga sangat unik karena memiliki gradasi warna biru kehijauan yang cantik dan sangat jernih, sehingga dari permukaan saja dapat terlihat biota-biota laut di bawahnya. Tidak heran bila kemudian wisatawan sangat senang melakukan aktifitas snorkeling maupun diving di pantai yang satu ini.

Selain panorama alam, tak jauh dari Pantai Tanjung Bira juga terdapat perusahaan produksi kapal pinisi di mana merupakan salah satu sumber penghasilan masyarakat Tanjung Bira selain menjadi nelayan, pemandu wisata, dan membuka bisnis penginapan atau kuliner. 
Pantai Tanjung Bira (produksi kapal pinisi)

Kapal-kapal produksi Tanjung Bira telah diekspor ke mancanegara berkat kualitasnya yang telah terbukti bagus.



Pantai Seruni Bantaeng
Pantai yang satu ini acap kali dijuluki sebagai Pantai Losari kedua karena menawarkan beragam fasilitas lengkap untuk wisatawan dan tidak memungut retribusi sepeserpun. Pantai Seruni Bantaeng sendiri merupakan wilayah reklamasi yang dulunya merupakan daerah kumuh dan cenderung mengerikan. Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah merupakan tokoh utama di balik suksesnya proyek tersebut.
Pantai Seruni Bantaeng
Sesuai namanya, kawasan Pantai Seruni Bantaeng berlokasi di Kabupaten Bantaeng. Alun-alun dan RSUD Bantaeng pun dibangun di atas tanah reklamasi ini. Proyek tersebut konon merupakan program pemerintah Bantaeng untuk meminimalisir tingkat stress masyarakat yang dapat memicu depresi dan berakibat fatal dengan memberikan areal hiburan gratis berfasilitas lengkap.

Di Pantai Seruni Bantaeng, terdapat fasilitas toilet umum yang merupakan salah satu akomodasi penting dari sebuah tempat wisata, lalu pusat olahraga berupa lapangan basket, futsal, dan beberapa alat kebugaran sederhana, serta jejeran warung tenda yang menyediakan kuliner-kuliner khas Sulawesi Selatan. Istimewanya, ada pula restoran apung yang merupakan swadaya dari pemerintah.


Pantai Bintang Galesong
Destinasi wisata pantai yang unik di Sulawesi Selatan ini berlokasi di Desa Kasilompo, Kabupaten Takalar. Jarak tempuhnya hanya sekitar satu jam dari pusat Kota Makassar. Jika ingin mengeksplorasi kawasan pantai yang satu ini, wisatawan diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- per orang saat weekdays, dan Rp. 25.000,- ketika weekend.
Pantai Bintang Galesong
Keunikan Pantai Bintang Galesong adalah tersedianya tiga buah kolam berbeda kedalaman di tepi pantai. Jadi, wisatawan tidak perlu berenang di pantai yang memiliki ombak cukup besar, cukup memilih salah satu dari tiga kolam yang tersedia dengan pemandangan langsung menghadap laut, sehingga terasa seolah berenang langsung di sana.

Pengelola pun menyediakan BBQ Corner, di mana wisatawan dapat memanggang sendiri daging yang dibawa dengan peralatan panggang lengkap secara gratis. Di sekitar pantai juga ada penjual ikan atau daging, sehingga wisatawan tidak perlu membawa dari rumah. Pengunjung akan dimanjakan dengan sensasi membakar daging dengan pemandangan laut biru yang terhampar.

Banana boat menjadi wahana paling menarik yang ditawarkan Pulau Bintang Galesong. Cukup dengan membayar Rp. 25.000,- saja per orang, wisatawan sudah dapat menikmati sensasi menaiki kapal berbentuk pisang dan terlempar di tengah laut luas. Sedangkan fasilitas pendukung lain ada gazebo-gazebo yang dibangun agar dapat dimanfaatkan wisatawan untuk beristirahat.


Tips Berlibur Ke Pantai Di Sulawesi Selatan
Agar mendapatkan sensasi berlibur di pantai dengan maksimal, ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan oleh para wisatawan, termasuk pemilihan waktu, pakaian, hingga perlengkapan yang perlu dibawa. Berikut ini adalah tips agar liburan ke pantai tidak terasa mengecewakan dan dapat merelaksasi tubuh dan pikiran sehingga siap beraktifitas kembali :

Jangan datang saat musim penghujan
Musim terbaik untuk mengunjungi pantai adalah musim kemarau. Pertama, karena matahari bersinar cerah di mana memiliki kandungan yang baik untuk vitalitas kulit, terutama saat berjemur. Kedua, karena ombak tidak terlalu besar sehingga tidak berbahaya bagi yang ingin berenang, snorkeling, maupun diving.

Nikmati sunset dan sunrise
Salah satu momentum terbaik saat berada di pantai adalah dapat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dengan semburat merahnya yang indah menggunakan mata telanjang. Lebih lagi jika dapat mengabadikannya. Sebab itu, datang mendekati kedua momen tersebut. Terlebih, menurut penelitian, menyaksikan sunset dan sunrise sangat bagus untuk stabilitas emosi.

0 Response to "Wisata Pantai Terpopuler Sulawesi Selatan"