Destinasi Wisata Gedung London Sumatera Utara

Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah kota Jakarta dan Surabaya. Medan juga merupakan kota terbesar yang tedapat di luar Pulau Jawa. Menjadi bagian dari Pulau Sumatera yang terkenal tidak pernah ada habisnya untuk dibahas keberagamannya membuat kota Medan juga mempunyai banyak destinasi wisata yang beragam. 
Destinasi Wisata Gedung London Sumatera Utara

Mulai dari destinasi kebudayaan, peninggalan bersejarah, sampai tempat-tempat ibadah yang bersejarah. Medan pun memiliki penduduk yang beragam seperti orang Tionghoa, Jawa, Batak, bahkan India.

Medan selalu menawarkan destinasi-destinasi wisata baru yang tidak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Selain itu, alam Sumatera yang mendukung menjadi daya pikat lain kota ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih dalam seluk-beluk dari wisata Gedung London Sumatera yang merupakan salah satu ikon Kota Medan.

Gedung London Sumatera


Situs-situs bersejarah di Medan memang tidak pernah ada habisnya. Banyak peninggalan kolonial Belanda di Kota Medan yang masih bertahan dan bahkan masih digunakan hingga kini. Gedung London Sumatera berlokasi di sekitaran Jl. Kesawan dan hingga kini masih digunakan sebagai gedung perkantoran di Kota Medan.

Gedung London Sumatera atau lebih familiar ditelinga masyarakat Kota Medan sebagai Gedung Losum ini selesai dibangun pada tahun 1906 yang bertepatan dengan lahirnya Ratu Juliana, Royal Dutch Family.  Gedung London Sumatera ini dibangun oleh seorang pemilik perkebunan karet Hirrison & Crossfield (H&C) yang berpusat di Kota London yang bernama David Horrison. 

Gedung ini merupakan gedung pertama di Kota Medan yang sudah menggunakan teknologi lift untuk menjangkau lima lantai dari Gedung London Sumatera Utara. Cukup memiliki fasilitas yang berteknologi tinggi pada masanya dengan bentuk lift gedung ini seperti sangkar besi yang memiliki motif bunga dengan ornamen art deco. Lift yang sudah digunakan mulai tahun 1910 hingga kini masih berfungsi dengan baik. Perawatan lift ini dilakukan oleh pengelola setiap hari Sabtu bahkan setidaknya satu tahun sekali gedung ini akan didatangi teknisi asal Inggris untuk mengecek kondisi lift ini.
Wisata Gedung London Sumatera Utara


Pada masa kolonial Belanda, gedung ini digunakan sebagai kantor perdagangan dan perkebunan. Memiliki lima lantai keseluruhan gedung ini dicat warna putih kream dengan didesain oleh seorang arsitek yang mengusung gaya arsitektur ala rumah-rumah di Kota London pada sekitar abad 18 sampai dengan 19. Gedung yang dulu dikenal sebagai Gedung Juliana ini didominasi oleh gaya Eropa seperti bentuk jendela pada sisi kiri dan kanan Gedung London Sumatera ini. 

Gedung yang memanjang ke atas ini memiliki bentuk jendela yang panjang dan lebar dan tiang-tiang tangga gedung yang kokoh terdapat di depan pintu masuk menjadi ciri khas bangunan kolonial Belanda yang terlihat sangat mencolok namun tetap cantik.

Setelah Indonesia meraih kemerdekaan, gedung yang semula milik Harisson & Crossfield Company ini beralih kepemilikan ke tangan Indonesia. Hingga saat ini gedung yang semula bernama Lonsum berganti nama menjadi PT PP London Sumatera. Dengan lokasi yang strategis di pusat Kota Medan berdiri kokoh dengan gedung-gedung lain yang tak kalah bersejarahnya dari Kota Medan antara lain seperti Kantor Pos Medan, Gedung Jakarta Lloyd, Bank Indonesia, dan banyak lagi gedung-gedung bersejarah.

Harga Tiket Masuk Gedung London

Wisata Gedung London

Destinasi wisata kaya sejarah ini terbilang destinasi yang murah karena para pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk masuk alias gratis. Ya memang pemerintah Kota Medan mengratiskan alias tidak ada tiket masuk untuk bisa menikmati wisata London Sumatera. Para wisatawan hanya dikenai tarif parkir kendaraan jika membawa kendaraan pribadi. Namun, jika Anda menggunakan fasilitas transportasi umum atau ojek online Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk parkir.

Akses Gedung London Sumatera

Berlokasi di pusat kesibukan Kota Medan membuat wisata Gedung London Sumatera mudah untuk dicari. Untuk menuju kesana ada banyak alternatif transportasi seperti becak dayung, becak motor, mini bus Kota Medan, taxi, atau Anda bisa menggunakan transportasi online yang saat ini sangat digandrungi masyarakat. 

Jika Anda berencana menginap di hotel disekitaran sekitar Gedung London Sumatera, Anda dapat meminta pihak hotel untuk mengantarkan Anda berkunjung ke Gedung London Sumatera ini. Gedung London Sumatera buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Bermalam Disekitar Gedung London Sumatera

Wisata Gedung London

Jika Anda ingin menghabiskan liburan di sekitaran Gedung London Sumatera, Anda tidak  perlu khawatir karena disekitaran gedung terdapat Grand Angkasa Internasional, Garuda Plaza Hotel, Grand Sakura Hotel, dan Asean International Hotel. Jika Anda menginap disalah satu hotel tersebut, untuk menuju Gedung London Sumatera Anda dapat meminta pihak hotel untuk mengantar Anda kesana. Saat malam menjelang Anda bisa mengelilingi sekitaran Gedung London Sumatera sekaligus mencicipi beberapa kuliner khas Medan. 

Disana banyak penjual menjajakan aneka hidangan khas Kota Medan. Anda tentu juga akan menemui beberapa restoran modern, jadi tidak perlu khawatir perut Anda keroncongan. Jangan sampai Anda melewatkan untuk mencobabeberapa kudapan khas Kota ini.

Tips Berkunjung ke Gedung London Sumatera
Bagi Anda yang mengunjungi wisata Gedung London Sumatera saat musim liburan nanti, ada baiknya jika Anda memerhatikan beberapa tips ini.
Wisata Gedung London

  1. Terletak di sepanjang bibir pantai membuat Medan memiliki cuaca yang panas karena itu sebagiknya Anda menyiapkan tabir surya untuk melindungi kulit Anda atau Anda juga bisa memakali kacamata atau payung untuk melindungi tubuh. Terlebih lagi lokasi wisata yang diluar ruangan (untuk mengelilingi eksterior gedung) pasti mau tidak mau membuat kulit Anda terkena sengatan sinar matahari.
  2. Siapkan kamera untuk membidik momen-momen indah Anda selama berkunjung di wisata Gedung London Sumatera.
  3. Siapkan bekal berupa camilan dan minuman yang menyegarkan. Udara panas mau tidak mau akan membuat Anda mudah dehidrasi.
  4. Selalu perhatikan barang-barang bawaan Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dan liburan Anda malah menjadi berantakan.
  5. Makanan kota Medan yang kebanyakan dari daging dan santan juga harus Anda perhatikan, apalagi jika kondisi kesehatan Anda sedang tidak fit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena disekitaran wisata Gedung London Sumatera terdapat berbagai jenis sehingga Anda dapat memilih sesuka selera dan kondisi Anda.
  6. Atur jadwal kunjungan Anda ke Gedung London Sumatera agar bisa mendapatkan hasil foto-foto yang menarik. Terutama pada saat musim penghujan seperti ini, memperhitungkan kapan dan jam kunjungan akan lebih mempermudah Anda untuk menikmati wisata Gedung London Sumatera ini.


Itulah tadi beberapa tips dan ulasan menarik tentang wisata Gedung London Sumatera yang agaknya harus Anda perhatikan baik-baik agar liburan Anda tidak terjadil hal-hal yang diluar rencana Anda. Sekian ulasan-ulasan menarik mengenai wisata Gedung London Sumatera untuk menjadi pertimbangan Anda mengahbiskan waktu liburan saat musim liburan tiba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.