Tempat Wisata Populer
HobiWisata » Destinasi Wisata Pantai Sorake Nias
Uncategorized

Destinasi Wisata Pantai Sorake Nias

Salah satu destinasi wisata yang menjadi incaran wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah Sumatera Utara. Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang sangat kental dengan adat bataknya yang sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi wilayah ini. Ada banyak destinasi wisata di Sumatera Utara yang dapat anda kunjungi.
Destinasi Wisata Pantai Sorake
Pulau Nias merupakan salah satu pulau yang berada di sebelah barat daya pulau Sumatera, Indonesia. Pulau Nias dibagi menjadi beberapa kawasan yaitu Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan, dan Kabupaten Nias. Di Pulau Nias masih terdapat budaya megalitik yang dilestarikan hingga sekarang oleh warga suku Nias atau Ono Niha. Kepulauan Nias sendiri memiliki luas 5.625 km dan dikelilingi Samudera Hindia berpenduduk 700.000 jiwa.
Pulau Nias merupakan kepingan surga yang terletak di Indonesia. Pulau yang terletak di kawasan Sumatera Utara ini menyimpan potensi wisata alam yang sangat menakjubkan dan unik. Kepulauan Nias memiliki banyak sekali potensi wisata budaya, wisata sejarah, dan wisata alam. Untuk wisata alam, Kepulauan Nias menyuguhkan pantai-pantai yang indah dan sangat cocok untuk melakukan aktivitas selancar atau surfing dan menyelam (diving).
Sedangkan untuk wisata sejarah dan budaya, anda dapat menemui rumah tradisional khas suku Nias, beberapa benda pusaka peninggalan dari leluhur masyarakat Nias di Museum Pusaka Nias, dan tradisi Fahombo atau Lompat Batu.
Nah, dalam artikel ini, penulis akan membahas mengenai wisata alam yang menakjubkan dan unik. Apabila anda berkunjung menjelajahi Pulau Nias, jangan lupa untuk meluangkan waktu sejenak untuk sekedar menikmati dan menyaksikan keindahan wisata pantai yang sangat terkenal di dunia yang terletak di Kepulauan  Nias yaitu Pantai Sorake.
Mengenal Pantai Sorake

Mengenal Pantai Sorake
Pantai Sorake adalah salah satu pantai yang menjadi maskot atau ikon pariwisata Indonesia yang terletak di Kepulauan Nias. Pantai Sorake merupakan nama dari sebuah pantai yang berada di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, pantai ini bersebelahan langsung dengan Pantai Lagundri.
Pantai Sorake populer di kalangan wisatawan karena ombaknya yang besar hingga mencapai 15 meter, sehingga pantai ini sangat cocok untuk digunakan dalam aktivitas selancar yang paling bagus setelah Hawaii. Oleh karena itu, Pantai Sorake merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat terkenal dan cocok untuk digunakan kegiatan selancar atau surfing.
Pantai Sorake mempunyai pesona keindahan yang sangat menakjubkan dan pastinya membuat anda penasaran dan ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Banyak wisatawan yang telah mengunjungi pantai ini dengan rasa terkagum-kagum dengan keindahan alam yang Pantai Sorake sajikan. Tidak hanya dari segi keindahan panorama pantainya saja, namun ombak yang ada dalam pantai ini membuat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara terpukau terutama bagi anda yang menyukai selancar. Dari tahun ke tahun jumlah wisatawan yang mengunjungi Pantai Sorake meningkat, terutama wisatawan mancanegara.
Selancar adalah olahraga yang dapat menguji adrenalin dan dikhususkan bagi anda yang pemberani. Pantai Sorake tidak sama dengan pantai-pantai lain yang ada di Kepulauan Nias karena pantai ini memiliki arus ombak yang sangat besar namun sesekali tampak sangat tenang.
Arus ombak yang terdapat di Pantai Sorake memiliki ketinggian maksimal sekitar 15 meter, jadi wajar saja jika pantai ini menjadi tempat favorit bagi peselancar-peselancar dari seluruh dunia. Pantai Sorake sering mengadakan kompetisi selancar yang dikenal dengan nama “Nias Open” dan biasanya peserta dari kompetisi ini berasal dari  peselancar lokal maupun mancanegara.
Kejuaraan “Nias Open” merupakan salah satu kejuaraan yang kerap diselenggarakan di Pantai Sorake dan diikuti oleh ratusan peselancar yang berasal dari berbagai Negara dengan pemenang yang biasanya didominasi oleh peselancar-peselancar yang berasal dari Australia. Kejuaraan selancar ini biasanya diadakan setiap tahun.
Apabila anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini, anda kan disuguhkan dengan jernihnya air laut yang terlihat membiaskan warna hijau kebiru-biruan, ditambah lagi dengan panorama laut lepas yang berdampingan langsung dengan Samudera Hindia sehingga tampak sangat indah dan eksotis. Sesekali akan tampak spesies biota-biota laut seperti ikan-ikan warna-warni yang berukuran kecil berenang kesana kemari, serta batu karang yang menghiasi dan terdapat di beberapa sisi pantai.
Lokasi Pantai Sorake
Mengunjungi Pantai Sorake kurang lengkap rasanya jika anda tidak berada di pantai ini hingga senja atau sore hari, karena anda dapat menyaksikan panorama matahari terbenam atau sunset dengan perpaduan bias-bias cahaya merah dengan warna jingga dan hitam. Panorama sunset tersebut tampak sangat indah dan cantik, biasanya panorama ini kerap dijadikan objek potret oleh para fotografer karena pemandangannya yang sangat unik dan luar biasa indahnya.
Lokasi Pantai Sorake
Pantai Sorake memiliki lokasi tepat di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Pantai Sorake berada tepat 125 km di sebelah barat Pulau Sumatera. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.
Cara Menuju Pantai Sorake
Untuk tiba di Pantai Nias, anda membutuhkan waktu selama 55 menit penerbangan dari Bandara Kualanamu yang terletak di Medan menuju ke Bandara Binaka yang terletak di Gunung Sitoli. Kemudian, setelah anda sampai di Bandara Binaka dilanjutkan perjalanan menuju ke Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam menggunakan kendaraan umum. Lalu, ikuti penunjuk jalan hingga tiba di lokasi Pantai Sorake.
Cara Menuju Pantai Sorake
Jika anda juga dapat menggunakan alternatif lain seperti bus, kira-kira membutuhkan waktu satu malam dari Medan menuju ke Sibolga. Anda dapat menggunakan kendaraan umum berupa mini bus dari Gunung Sitoli menuju ke Pantai Sorake dengan tarif yang sangat murah yaitu hanya Rp. 40.000. Karena terdapat 2 jalur menuju ke Pantai Sorake, anda dapat memilih jalur mana yang akan anda lewati, apabila anda menggunakan jalur pertama anda akan melewati Lahewa terus lurus menuju Pulau Nias hingga ke Teluk Dalam. Untuk jalur kedua anda akan menyusuri pantai dengan melewati kota dan kecamatan yang ada yaitu seperti Gido, Idangogawo, Lahusa, dan Bawolato.
Apabila anda ingin menuju Pulau Nias melalui jalur laut, anda juga dapat menggunakan kapal ferry selama semalam juga. Jarak tempuh menuju ke Pantai Sorake dari Bandara Binaka Gunung Sitoli, Nias, kira-kira membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan menggunakan angkutan umum. Setelah anda tiba di Bandar Binaka Gunung Sitoli naik minibus menuju ke Teluk Dalam. Dari Teluk Dalam kemudian mengikuti petunjuk jalan menuju ke Pantai Sorake.
kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Sorake

Kegiatan-kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Sorake
  • Selancar
  • Berenang
  • Menikmati pesona keindahan Pantai Sorake
  • Bermain air dan pasir
  • Berjemur

Fasilitas di Pantai Sorake
  • Penginapan berupa homestay
  • Kamar mandi umum
  • Area Parkir

Sekian ulasan mengenai Destinasi Wisata Pantai Sorake yang terletak di Kepulauan Nias. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda dalam memilih suatu wisata alam khususnya pantai. Bagaimanapun pantai ini menyimpan keunikan yang tidak ditawarkan oleh pantai-pantai lainnya dengan arus ombak yang besar dan tinggi sangat cocok untuk digunakan berselancar. Destinasi wisata alam ini wajib anda kunjungi bersama teman maupun keluarga anda saat anda mengunjungi Pulau Nias. Semoga bermanfaat.