Makanan Khas Bali yang Wajib Anda Coba

Diposting pada
Makanan Khas Bali yang Wajib Anda Coba Ketika berlibur di Bali tentu saja anda tidak akan melewatkan wisata kuliner di sana. Kebanyakan wisatawan pasti akan memilih makanan khas Bali karena memang ini tidak ditemui di daerah lain. Meskipun ada, tetapi sensasinya pasti berbeda.
Sebagai contoh anda makan masakan khas Bali ayam betutu di Jakarta, tentu rasanya akan berbeda jika anda bisa menikmatinya langsung di Pulau Dewata. Oleh karena itu, jika anda sedang merencanakan liburan di Bali, anda harus melihat beberapa daftar makanan khas di sana supaya nanti bisa langsung menuju ke wisata kuliner yang menjajakan makanan tersebut.

10 Daftar Makanan Khas Bali yang Harus Dicoba
Membahas Bali tidak melulu tentang tempat wisatanya saja tetapi makanan khasnya juga menarik untuk dibahas. Makanan khas Bali itu ada banyak dan jika anda bingung butuh referensi, berikut ini daftarnya.

1.      Babi guling
Babi guling merupakan makanan khas Bali yang selalu dicari oleh wisatawan, utamanya wistawan asing. Menu makanan yang satu ini juga menjadi favorit masyarakat Bali dan sering kali dijadikan persembahan untuk para dewa. Citarasa dari babi guling ini adalah renyah diluar dan empuk didalam.

Babi Guling adalah Makanan Khas Bali


Babi guling sendiri sangat kaya akan rempah-rempah, di bagian perut babi diisi dengan sayur daun ketela dan berbagai bumbu rempah. Kemudian di bagian kulitnya nanti akan dimasak hingga kecoklatan. Babi guling dimasak di atas bara api namun tidak dibakar tetapi seperti diasap. Bagi pecinta kuliner non halal mungkin bisa mencicipi makanan khas yang satu ini.

2.      Sate lilit
Indonesia memang memiliki banyak olahan sate. Di berbagai daerah pasti memiliki olahan sate dengan citarasa yang berbeda-beda dan salah satunya di Bali. Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang tak boleh dilewatkan. Makanan tersebut berupa daging yang dicincang kemudian dililit dengan batang daun serai. Sebelum dililit tentu saja daging cincang tersebut dibumbui dengan bumbu khas Bali.

Makanan khas Bali yaitu Sate Lilit

Sebelum anda berwisata kuliner sate lilit ada baiknya untuk bertanya terlebih dahulu daging apa yang digunakan. Ini untuk berjaga-jaga bagi anda wisatawan muslim jangan sampai keliru memilih makanan non halal. Sebab didalamnya terdapat daging babi yang menjadi bahannya.

3.      Ayam betutu
Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas yang satu ini? Semua orang di seluruh Indonesia pastinya sudah tahu dengan ayam betutu. Makanan khas Bali yang satu ini mudah dijumpai dan kebanyakan tempat makan di Pulau Dewata pasti banyak yang menjajakan menu tersebut. Ayam dimasak dengan citarasa pedas dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Ayam Betutu adalah Makanan Khas Bali

Untuk ayamnya sendiri yang dipakai adalah ayam kampung. Ayam kampung yang sudah dibumbui rempah nantinya dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar dengan bara api sekam. Memasak ayam betutu pun harus memakan waktu lama yakni selama 24 jam supaya bumbu meresap sempurna dan dagingnya gurih empuk. Selain ayam kampung, ada juga yang menggunakan daging bebek.

4.      Nasi Jinggo
Jika di Jogja ada nasi kucing atau nasi angkringan, di Bali ada nasi jinggo. Ya, nasi jinggo memang memiliki kemiripan dengan nasi kucing. Makanan yang satu ini sangat popular dan banyak dijual di warung atau tempat-tempat makan yang ada di Bali. Nasi jinggo sendiri dikemas dengan menggunakan daun pisang. Isi dari nasi jinggo sendiri terdiri dari nasi putih, sambal pedas khas Bali, mie goreng, tempe goreng, ayam suwir atau serundeng.

Nasi Jinggo adalah Makanan khas Bali

Nasi jinggo sendiri ukurannya hanya sekepalan tangan orang dewasa sehingga anda pasti tidak akan merasa puas jika menyantap satu bungkus saja. Untuk masalah harga, nasi jinggo terbilang murah karena hanya dipatok harga Rp 3000 hingga Rp 5000 saja per bungkus.

5.      Rujak Kuah Pindang
Selain masakan berat, di Bali juga memiliki kuliner khas yang popular yaitu rujak kuah pindang. Jika umumnya rujak disajikan dengan sambal rujak dan dikombinasikan dengan kacang, berbeda dengan rujak khas Bali yang satu ini. Anda bisa menikmati rujak buah yang menggunakan kuah pindang yang segar dan super pedas.

Rujak Kuah Pindang adalah Makanan Khas Bali

Rujak kuah pindang sendiri banyak dijual di warung-warung kecil di Bali dan tidak susah untuk menjumpainya. Selain buah-buahan, masyarakat Bali juga menggunakan rumput laut untuk isian dari rujak kuah pindang tersebut. Rujak rumput laut tersebut dinamakan dengan rujak buluk.

6.      Serombotan
Makanan khas Bali selanjutnya yang wajib dicoba adalah serombotan. Serombotan sendiri terdiri dari sayur-sayuran yang dicampur dengan sambal kelapa parut. Mungkin di daerah lain namanya adalah urap atau di daerah Jawa disebut dengan gudangan. Di Bali makanan tersebut dinamakan serombotan.

Serombotan adalah Makanan Khas Bali


Sayuran yang dipakai umumnya adalah bayam, kangkung, kacang panjang, tauge, pare, terong bulat dan lain-lain. Serombotan memiliki berbagai macam bumbu atau sering disebut dengan kalas. Ada yang menggunakan kelapa parut pedas seperti urap, ada juga yang menggunakan bumbu kacang dan bumbu khas Bali lainnya yang terbuat dari rempah-rempah.

7.      Jaja Bendu
Bagi anda yang ingin mencoba jajanan khas Bali anda bisa mencicipi jaja bendu. Jaja bendu merupakan jajanan jadul namun masih tetap eksis hingga sekarang. Jaja bendu merupakan kue tradisional khas Jembrana Bali yang terbuat dari tepung ketan, kelapa parut dan gula khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang.

Jaja Bendu adalah Makanan Khas Bali

Jaja bendu tersebut sangat popular dan sering kali muncul di acara-acara resmi seperti upacara adat dan acara pemerintahan. Bagi yang ingin mencicipi kue tradisional tersebut bisa membelinya di pasar-pasar tradisional.

8.      Lawar kuwir
Makanan khas Bali selanjutnya yang tak kalah enaknya adalah lawar kuwir. Lawar kuwir merupakan campuran sayuran dan daging cincang yang diramu dengan bumbu rempah khas Bali. Lawar kuwir sendiri biasanya menggunakan daging babi namun masyarakat Bali juga menggunakan daging entog.

Lawar Kuwir adalah Makanan Khas Bali

Lawar kuwir sendiri sangat cocok dimakan dengan nasi putih hangat, sate lilit dan jukut ares. Lawar kuwir banyak dijual di tempat-tempat makan yang ada di Bali, bagi anda yang muslim sebaiknya bisa bertanya daging apakah yang digunakan.

9.      Jaja wajik
Jaja wajik adalah makanan khas Bali yang sering dijadikan oleh-oleh. Makanan tradisional tersebut terbuat dari beras ketan, santan dan gula jawa. Wajik sendiri sering juga dijumpai di daerah Jawa. Jika ingin mencicipi jaja wajik bisa di toko pusat oleh-oleh.
Jaja Wajik adalah Makanan Khas Bali

10.  Nasi campur ayam Bali
Satu lagi makanan khas Bali yang wajib dicoba adalah nasi campur ayam Bali. Sama dengan namanya, nasi campur ini merupakan nasi yang dicampur dengan berbagai lauk pauk seperti sate lilit, suwiran ayam, lawar ayam, urap khas Bali dan lain-lain.

Nasi Campur Ayam adalah Makanan khas Bali

Kesepuluh daftar makanan khas Bali di atas wajib anda cicipi ketika berada di Pulau Dewata. Berlibur di sana jangan sampai terlewatkan tidak mencicipi berbagai makanan khas yang bisa membuat anda rindu ingin kembali ke sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *