Wisata Menara Air Medan yang merupakan ikon kota Medan

Diposting pada

Seluk-beluk wisata Menara Air Medan yang merupakan salah satu ikon Kota Medan.Menara Air Tirtanadi yang kemudian lebih dikenal masyarakat dengan nama Menara Air Medan ini dibangun pada tahun 1896 pada masa kolonial Belanda. Memiliki nomer bangunan No. 3D-036 yang diselesaikan pada tahun 1908 berfungsi untuk menampung air yang kemudian disalurkan ke seluruh penjuru Kota Medan. 

Menara Air Medan

Wisata Menara Air Medan
Namun seiring perkembangan jaman dan perkembangan penduduk yang memerlukan ketersediaan air yangbanyak membuat masyarakat tidak lagi bisa hanya mengandalkan Menara Air Medan untuk bertahan hidup.
Berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No. 1 atau tepatnya di persimpangan Jl. Sisingamangaraja, Jl. Pandu, Jl. Cirebon, serta Jl. Hj. Ani Idrus. Sekarang Menara Air Tirtanadi dijadikan destinasi wisata oleh pemerintah Kota Medan dan masih digunakan untuk menampung air meskipun sudah tidak menjadi penyedia utama air di Kota Medan. Tidak sedikit para wisatawan yang berfoto dengan Manara Air Medan yang memiliki ketinggan 42 meter dan beart bangunan 330 ton tersebut.
Sampai sekarang, menara air ini masih terawat dengan sangat baik. Lokasi yang sangat strategis di pusat Kota Medan membuat Menara Air Medan mulai tertutupi oleh bangunan-bangunan dan kemacetan parah disekitarnya meskipun bwgitu Menara air ini masih tetap berdiri kokoh. Beberapa kali renovasi pernah dilakukan pada Menara Air Medan agar tetap terlihat terawat dan tidak usang habis dimakan jaman yang semakin gila ini.

Sejarah Menara Air Medan

Sejarah Menara Air Medan

Pembangunan Manara Air Medan ini dikarenakan perusahaan air milik pemerintah kolonial Belanda yang nama NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih pada 23 September 1905 yang memiliki perusahaan pusat di Amsterdam, Belanda. Anda pasti sangat familiar dengan kata “air ledeng” dan “air bersih” sebenarnya kedua istilah tersebut berasal dari bahasa belanda, dimana dalam bahasa Belanda biasa disebut leiding dan ajer beresih. 
Dulunya Menara Air Medan yang saat ini menjadi ikon Kota Medan digunakan untuk memenuhi persediaan air bersih, tetapi hanya kalangan menengah keatas saja yang bisa menikmati air dari menara ini. Sedangkan para golongan menengah kebawah tidak bisa menikmati air menari hanya, mereka hanya dapat menggunakan air melalui sumur-sumur biasa.
Akhirnya pada masa kemerdekaan Indonesia, pemerintah Kota Medan mengambil alih perusahaan air ini menjadi Menara Air Tirtanadi yang menjadi penyedia air utama di Kota Medan pada masa itu. Bahkan saat ini PDAM Tirtanadi menyediakan air minum yang dapat Anda minum langsung ditempat jika Anda sedang melintasi kawasan wisata Menara Air Medan. 
Pemerintah Kota Medan selalu berupaya sebaik mungkin agar peninggalan-peninggalan bersejarah di Kota Medan tetap terawat hingga nanti. Menara yang diberi nama Menara Air Tirtanadi ini pada jamannya dijadikan sebagai penanda Kota Medan. Inilah ikon dari Kota Medan yang sebenarnya.

Bermalam Disekitar Menara Air Medan

Bermalam Disekitar Menara Air Medan
Jika Anda ingin menghabiskan liburan di sekitaran Menara Air Medan, Anda tidak  perlu khawatir karena disekitaran menara terdapat hotel Novotel Soechi Internasional Medan yang berlokasi di Jl. Cirebon 67A, Medan. Jika Anda menginap disini, untuk menuju Menara Air Medan Anda cukup berjalan kaki saja. Bahkan, Anda dapat melihat Menara Air Medan dari depan hotel. 
Saat malam menjelang Anda bisa mengelilingi sekitaran Menara Air Medan sekaligus mencicipi beberapa kuliner khas Medan. Disana banyak penjual menjajakan aneka hidangan khas Kota Medan. Anda tentu juga akan menemui beberapa restoran modern, jadi tidak perlu khawatir perut Anda keroncongan.

Akses Menara Air Medan

Akses Menara Air Medan
Berlokasi di pusat kesibukan Kota Medan membuat Menara Air Medan mudah untuk dicari. Untuk menuju kesana ada banyak alternatif transportasi seperti becak dayung, becak motor, mini bus Kota Medan, taxi, atau Anda bisa menggunakan transportasi online yang saat ini sangat digandrungi masyarakat. Jika Anda berencana menginap di hotel disekitaran sekitar Menara Air Medan, Anda dapat meminta pihak hotel untuk mengantarkan Anda berkunjung ke Menara Air Medan ini. 
Atau mungkin saat Anda berkunjung ke Taman Sri Deli dan Istana Maimun, Anda bisa langsung mampir ke Menara Air Medan karena jaraknya yang berdekatan. Bahkan dari Taman Sri Deli atau Istana Maimun, Anda sudah bisa melihat penampakan dari Menara Air Medan yang menjulang tinggi dengan kokoh.

Tips Berkunjung ke Menara Air Medan

Tips Berkunjung ke Menara Air Medan

  1. Bagi Anda yang akan mengunjungi wisata Menara Air Medan saat musim liburan nanti, ada baiknya jika Anda memerhatikan beberapa tips ini.
  2. Siapkan bekal berupa camilan dan minuman yang menyegarkan. Udara panas mau tidak mau akan membuat Anda mudah dehidrasi.
  3. Siapkan kamera untuk membidik momen-momen indah Anda selama berkunjung di wisata Menara Air Medan.
  4. Terletak di sepanjang bibir pantai membuat Medan memiliki cuaca yang panas karena itu sebagiknya Anda menyiapkan tabir surya untuk melindungi kulit Anda atau Anda juga bisa memakali kacamata atau payung untuk melindungi tubuh. Terlebih lagi lokasi wisata yang diluar ruangan pasti mau tidak mau membuat kulit Anda terkena sengatan sinar matahari.
  5. Selalu perhatikan barang-barang bawaan Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dan liburan Anda malah menjadi berantakan.
  6. Makanan kota Medan yang kebanyakan dari daging dan santan juga harus Anda perhatikan, apalagi jika kondisi kesehatan Anda sedang tidak fit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena wisata Menara Air Medan terletak di pusat Kota Medan sangat mudah untuk menemukan berbagai jenis kuliner sehingga Anda dapat memilih sesuka selera dan kondisi Anda.
  7. Atur jadwal kunjungan Anda ke wisata Menara Air Medan agar bisa mendapatkan hasil foto-foto yang menarik. Terutama pada saat musim penghujan seperti ini, memperhitungkan kapan dan jam kunjungan akan lebih mempermudah Anda untuk menikmati wisata menara Air Medan ini.

Itulah tadi beberapa tips dan ulasan menarik tentang wisata Menara Air Medan yang agaknya harus Anda perhatikan baik-baik agar liburan Anda tidak terjadil hal-hal yang diluar rencana Anda. Sekian ulasan-ulasan menarik mengenai wisata Menara Air Medan untuk menjadi pertimbangan Anda mengahabiskan waktu liburan saat musim liburan tiba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *