Wisata Rumah Tjong A Fie di Medan

Medan selalu menawarkan destinasi-destinasi wisata baru yang tidak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Selain itu, alam Sumatera yang mendukung menjadi daya pikat lain kota ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih dalam seluk-beluk dari wisata Rumah Tjong Fie.

Rumah Tjong A Fie

Wisata Rumah Tjong A Fie di Medan

Rumah Tjong A Fie merupakan salah satu ikon wisata di Kota Medan yang berupa rumah tua yang kini telah berfungsi sebagai sebuah museum. Rumah Tjong A Fie yang saat ini menjadi museum pun tak luput dari kunjungan para wisatan dan saat ini dikenal sebagai wisata Rumah A Fie yang masih terdapat banyak barang-barang bersejarah yang disimpan rapi dalam rumah tua ini.

Rumah ini dulunya dibangun oleh seorang saudagar kaya raya yang bersuku Tionghoa bernama Tjong A Fie. Beliau memilki riwayat hidup antara tahun1860 – 1921. Dalam masa hidupnya Tjong A Fie merupakan seorang pengusaha, banker, dan kapitan yang sangat sukses dan termasyur. 

Karena kemasyurannya beliau pun mendapatkan kenalan dekat dengan orang-orang penting baik di pemerintahan kerajaan maupun pemerintahan kolonialBelanda pada saat itu. Akhirnya Tjong A Fie pun berkesempatan menjadi ketua etnis Tionghoa di Indonesia menggantikan sang kakak Tjong Yang Hian.
Wisata Rumah Tjong A Fie Medan


Kesuksesan Tjong A Fie ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi, hal ini merupakan hasil dari sikap dan sifatnya yang mudah bergaul dengan semua kalangan dan etnis serta kepandaiannya dalam berdagang. Selain dikenal sebagai sudagar kaya raya, beliau juga terkenal dengan sifat dermawannya. Beberapa tempat bersejarah di kota Medan tak luput dari campur tangannya seperti Masjid Raya Medan, Gereja Uskup, Kuil Budha, Kuil Hindu, bank, dan berbagai macam pembangunanlayanan transportasi.

Desain rumah yang mulai dibangun tahun 1900 ini terbilang sangat bagus dan unik. Memadukan gaya Tiongkok dan gaya Eropa serta Melayu membuat rumah besar ini terlihat berbda dan menonjol dibanding rumah-rumah yang ada disekitarnya. Sepeninggalan Tjong A Fie rumah peninggalannya dikelola oleh keturunannya dan kini menjadi sebuah museum yang terbuka untuk bagi siapa saja yang ingin singgah. Dibuka pertama kali untuk umum tepat pada peringatan 150 tahun umur beliau dan ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah kota Medan.

Megahnya Rumah Tjong A Fie


Sebelum dijadikan museum dan cagar budaya, rumah ditinggali oleh para keturunan Tjong A Fie. Di dalam rumah terdapat banyak sekali ruangan dan berbagai barang peninggalan Tjong A Fie. Saat pertama memasuki kawasan wisata Rumah Tjong A Fie, Anda akan melewati gapura besar dan masuk ke halaman rumah yang cukup luas.
Wisata Rumah Tjong A Fie Medan

Lebih dalam masuk ke rumah Tjong A Fie terdapat ruang tamu, disana Anda akan melihat kursi-kursi tempo dulu, berbagai foto Tjong A Fie berserta keluarganya, serta pernak-pernik rumah seperti vas bunga, lemari, dan keramik-keramik antik semua cantik dipajang. Bergeser sedikit terdapat ruang makan yang berupa sebuah meja besar lengkap dengan peralatan makan yang tersusun rapi.

Masuk ke area ruang tidur Tjong A Fie, Anda akan menemui berbagai benda kono dan antik peninggalan sang pemilik rumah. Dalam ruangan ini  menyimpan berbagai kenangan dari Tjong A Fie. Disisi lain Anda dapat menjumpai tempat ibadah Tjong A Fie. Semua peralatan seperti persembahan, hio, dan pernak-pernik lain dapat Anda temukan di sini.
Wisata Rumah Tjong A Fie Medan

Memiliki luas sekitar 8000 meter persegi membuat rumah ini memiliki banyak ruangan dan dapat menyimpan banyak barang antik. Anda juga masih bisa menemui para keturunan Tjong A Fie. Mereka tinggal di bagian belakang rumah ini. Wisata Rumah Tjong A Fie ini sangat cocok untuk Anda kunjungi terlebih bagi Anda yang menyukai sejarah dan berbagai barang antik.

Harga Tiket Masuk


Harga tiket yang harus Anda bayarkan ketika ingin menikmati megahnya rumah Tjong A Fie ini harus menyiapkan uang sebesar Rp 35.000 / orang. Cukup mahal memang untuk tiket masuk sebuah museum, tapi saat Anda memulai menjelajah rumah ini, akan ada tour guide yang akan menemani dan menjelaskan berbagai bagian dari rumah Tjong A Fie.

Lokasi Wisata Rumah Tjong A Fie


Wisata Rumah Tjong A Fie ini berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani, Medan, Provinsi Sumatera Utara. Untuk mencari destinasi wisata ini cukup mudah, jika Anda kenal dengan restoran besar Tiptop, Rumah Tjong A Fie sudah tidak jauh dari restoran tersbut. Ciri lainnya yaitu Rumah Tjong A Fie tidak jauh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan.

Lokasi Wisata Rumah Tjong A Fie
Jika Anda berencana untuk menginap bukan masalah besar karena lokasi Rumah Tjong A Fie di pusat kota Medan  sehingga tersedia berbagai hotel dengan kelas dan fasilitas yang bisa menyesuaikan dengan dana liburan yang Anda siapkan. Beberapa hotel yang bisa Anda pertimbangkan sebagai tempat menginap antara lain Kesawan Hotel, Royal Suit Condotel, dan Hermes Palace Hotel. Anda juga dapat melakukan reservasi terlebih dahulu di salah satu hotel tersebut.

Tips Mengunjungi Wisata Rumah Tjong A Fie



Bagi Anda yang mengunjungi wisata Rumah Tjong A Fie saat musim liburan nanti, ada baiknya jika Anda memerhatikan beberapa tips ini.
  1. Siapkan kamera untuk membidik momen-momen indah Anda selama berkunjung di wisata Rumah Tjong A Fie.
  2. Siapkan bekal berupa camilan dan minuman yang menyegarkan. Udara panas mau tidak mau akan membuat Anda mudah dehidrasi
  3. Terletak di sepanjang bibir pantai membuat Medan memiliki cuaca yang panas karena itu sebagiknya Anda menyiapkan tabir surya untuk melindungi kulit Anda atau Anda juga bisa memakali kacamata atau payung untuk melindungi tubuh.
  4. Selalu perhatikan barang-barang bawaan Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dan liburan Anda malah menjadi berantakan.
  5. Makanan kota Medan yang kebanyakan dari daging dan santan juga harus Anda perhatikan, apalagi jika kondisi kesehatan Anda sedang tidak fit.
  6. Siapkan beberapa uang kecil untuk memberikan uang tambahan kepada pemandu Anda saat mengelilingi Rumah Tjong A Fie.

Beberapa tips diatas agaknya harus Anda perhatikan baik-baik agar liburan Anda tidak terjadil hal-hal yang diluar rencana Anda. Demikianlah ulasan-ulasan menarik mengenai wisata Rumah Tjong A Fie untuk menjadi pertimbangan Anda saat musim liburan tiba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk referensi liburan dan pembaca sekalian.