Destinasi Wisata Air Terjun Dua Warna

Diposting pada
Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Utara, salah satu bagian dari kota Medan ini memiliki keanekaragaman sumber daya alam sehingga memiliki peluang investasi yang cukup menjanjikan. Bukan hanya sumber daya alam yang besar, kabupaten Deli Serdang juga memiliki keanekaragaman budaya, yang diramaikan oleh hampir semua suku yang ada di nusantara. Suku asli penghuni Deli Serdang adalah Suku Melayu yang penamaan kabupaen ini juga di ambil dari dua kesultanan Melayu yakni Deli Sn Serdang Suku Karo dan Simalungun, serta beberapa suku pendatang lain yang dominan seperti suku Batak, Jawa, Minang, Banjar, dan lain-lain.

Destinasi Wisata Air Terjun Dua Warna

Jika berbicara tentang kekayaan Pulau Sumatera memang tidak ada habisnya jika kita kupas, Sumatra memiliki ekosistem alam yang terus menerus menawarkan tempat-tempat indah untuk anda kunjungi salah satunya adalah wisata air terjun Dua Warna. Air terjun yang berada di Kecamatan Sibolangit Sumatera Utara. Bukan hanya terdapat satu air terjun saja yang ada di lokasi air terjun Dua Warna ini, melainkan ada tiga sehingga anda akan terkagum-kagum melihatnya. Memang keajaiban Sang Pencipta yang patut kita syukuri, bahkan wisatawan dari ras Tionghoa juga sering mengunjungi tempat wisata ini karena mereka meyakini bahwa Air Terjun Dua Warna akan memberi keuntungan bagi mereka.
Mengenal Lebih DalamAir Terjun Dua Warna
Wisata Air Terjun satu ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Telaga Bitu Sibolangit, merupakan salah satu wisata yang terletak tepat di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Proses terbentuknya air terjun ini adalah dari letusan letusan Gunung Sibayak ratusan tahun silam. Sedangkan dari segi nama dikatakan Dua Warna karena air terjun ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda.

Mengenal Lebih Dalam Air Terjun Dua Warna

Ada dua jenis air yang ada disini, yakni air yang tertampung dari pancurannya di bawah berwarna putih keabu-abuan sedangkan air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda dengan tebing-tebing berlumut hijau disekitarnya. Terdapat air terjun kecil penghias tebing di tengah kedua air terjun ini.

Jika dilihat dari segi ilmiah, warna yang berbeda tersebut disebabkan oleh air nya yang mengandung fosfor dan belerang. Ketika anda sedang bermain-main di air terjun ini maka anda dilarang untuk meminum airnya. Bukan hanya warna air, suhu air terjun disini pun sangat unik karena suhu dingin pada air yang berwarna biru dan suhu hangat pada air berwarna putih keabu-abuan. ketinggian air terjun sekitar 75 meter dan berada pada ketinggian 1475 mdpl. Hingga saat ini masih belum diketahui pasti mengapa air terjun ini berubah menjadi biru.Air terjun Dua Warna ini tersembunyi di dalam hutan hujan tropis di tengah hutan Sibayak I dan Sibayak II dengan ketinggian 1475 meter dari permukaan laut.

Harga Tiket MasukKe Air TerjunDuaWarna
Jika anda ingin memasuki kawasan air terjun maka anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 25.000, biaya tersebut digunakan sebagai biaya retribusi untuk perawatan sekitar lokasi air terjun Dua Warna karena jika dilihat jaluk masuk menuju lokasi menyerupai arena petualangan di dalam hutan.

Harga Tiket Masuk Ke Air Terjun Dua Warna

Lokasi dan AksesAir TerjunDuaWarna
Jarak yang harus anda tempuh dari kota Medan adalah 75 km. Anda dapat menyewa pemandu lokal dengan biaya sekitar Rp 100.000 sampai Rp 300.000 tergantung dari penawaran anda untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk seperti tersesat atau kehilangan arah.

Lokasi dan Akses Air Terjun Dua Warna

Anda dapat menggunakan Bus antar kota jurusan Kabanjahe dari Medan, atau jika ingin lebih nyaman maka anda dapat menggunakan mobil pribadi atau rental mobil. Jika sudah tiba di Bumi Perkemahan, maka anda akan melakukan penjelajahan selanjutna dengan akases untuk masuk ke air terjun ini cukup jelas dan sudah banyak orang yang berkunjung tetap saja anda haus menyimpan banyak tenaga ekstra mulai dari perjalanan awal hingga perjalanan pulang. Hal itu sebabkan karena anda harus melewati hutan lebat selama 2-4 jam, namun anda tidak perlu khawatir jiak tersasar karena di sepanjang jalan anda akan dibantu dengan petunjuk-petunjuk arah yang sengaja dipasang untuk para wisatawan demi mempermudah perjalanan anda. adrenalin anda akan semakin tertantang dengan jalur yang menantang seperti tanjakan, turunan sampai melintasi beberapa sungai kecil didalam hutan. Semua tenaga yang anda miliki akan terkuras dan terbayar lunas ketika tiba di Wisata Air Terjun Dua Warna.

Tips Berwisata di Air Terjun Dua Wana 

Daya Tarik Air Terjun Dua Warna
·      Suasana yang asri dan udara segar akan menyambut kedatangan anda
·     Lokasi ini menawarkan tiga buah air terjun, salah satunya adalah air terjun telaga Biru. Anda dapat berenang dan mandi dibawah air terjun ini
·      Pesona alam yang indah
·    Terdapat sebuah lembah buntu berbentuk pelataran luas seluas hampir lapangan sepak bola yang selama ini tersembunyi dibalik tebing-tebing tinggi disisi kanan dan kiri. Pada sisi kanan air terjun berwarna bening setinggi 10 meter dari salah satu pelataran diatas dinding. Air yang mengalir bergabung dengan aliran dari air terjun lain yang terletak disebelah kiri
·     Anda dapat menghabiskan waktu bermain dengan percikan air karena debit air tidak terlalu keras, selain itu anda dapat melakukan aktifikas lain sambil menikmati pesona alam air terjun dengan berenang, bersantai menghangatkan tubuh, anda juga dapat menyalakan api unggun.
·      Memiliki spot foto bagus nan alami sehingga anda dapat mengabadikan momen liburan anda
·      dapat mendirikan kemah untuk bermalam, dengan suasana menyatu dengan aura alam sekitar
·      Jika anda datang pada pagi hari yang cerah maka anda dapat menemukan udara yang masih segar , langit yang biru ditambah air yang jernih
·   Terdapat beberapa warung yang menjual aneka macam makanan seperti camilan, makanan instan dan juga aneka minuman, sehingga anda tidak perlu khawatir jika kelaparan

Daya Tarik Air Terjun Dua Warna

Tips Berwisata di Air Terjun Dua Wana
·      Bawalah makanan sendiri untuk menghemat biaya liburan anda
·      Bawalah barang-barang bawaan seperlunya agar tidak menumpuk dan keberatan
·      Sebelum berangkat, lihatlah perkiraan cuaca karena cuaca buruk akan mengganggu wisata anda
·      Datanglah pada hari biasa, karena jika hari libur akan sangat banyak pengunjung yang data ke Air Terjun Dua Warna sehingga akan mengganggu kebebasan iburan anda
·      Bawalah baju ganti minimal 2 pcs dan juga sunblock karena di air terjun ini anda akan bermain air dan berbasah-basahan.
·   Jangan lupa juga untuk membawa handuk, makanan dan minuman ringan karena belum banyak terdapat warung menuju ke lokasi ini, serta bawalah obat-obatan yang mungkin anda butuhkan.
·      Anda juga dapat membawa buku catatan untuk menulis jadwal kunjungan ke air terjun Dua Warna ini
·  Sebelum melakukan atau sedang melakukan trekking menuju air terjun, atur nafas dan jaga kecepatan serta lebar langkah kaki anda agar tidak mudah lelah namun hal ini dapat memperlambat perjalanan anda.
·   Perhatikan Peraturan yang ada di Air Terjun Dua Warna, pada kawasan air terjun biasanya ada beberapa aturan yang harus anda patuhi dan tidak boleh anda langgar, misalnya aturan membuang sampah pada tempatnya, dilarang buang kencing sembarangan, dan juga dilarang membuat aliran air menjadi kotor misalnya dengan buang sabun atau shampo. Peraturan dibuat bukan untuk dilanggar dan untuk menjaga kenyamanan anda
· Pergilah bersama keluarga atau bersama orang-orang tersayang agar wisata anda lebih menyenangkan
Itulah beberapa informasi tentang Wisata Air Terjun Dua Warna, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin liburan ke air terjun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *