Destinasi Wisata Pantai Foa Nias

Diposting pada
Indonesia adalah salah satu negara luas di dunia yang wilayahnya terdiri dari kepulauan. Total sebanyak 17.000 lebih pulau berjejer dari Sabang hingga Merauke. Dua pulau Indonesia telah berhasil masuk dalam 10 besar pulau terbesar di dunia. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kekayaan alam dan budaya yang mempunyai keunikan tersendiri. Karena kekayaan alam dan budaya itulah, Indonesia banyak dikenal oleh masyarakat luar negeri.
Mengenal Tentang Wisata Pantai Foa 
Pesona Indonesia mampu menyihir wisatawan luar negeri untuk berbondong-bondong datang mengunjungi Indonesia dan rela menghabiskan uang mereka untuk berwisata maupun berbelanja. Kekayaan alam dan budaya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Indonesia untuk merancang kemudian mengembangkan beragam destinasi pariwisata yang dapat mendorong dan meningkatkan perekonomian daerah bahkan negara. Pariwisata dapat menjadi alat yang sangat ampuh untuk mempromosikan Indonesia di dunia Internasional.
Karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang, tentu keindahan pantai dan lautan yang melimpah dapat menjadi andalan pariwisata. Salah satu provinsi di Indonesia yang saat ini terus menambah dan mengembangkan sektor pariwisatanya yaitu Provinsi Sumatera Utara. Apabila mendengar kata Provinsi Sumatera Utara pasti bayangan anda akan menuju ke salah satu wisata yang sudah lama terkenal di Indonesia maupun mancanegara karena ceritanya yang menjadi legenda, destinasi wisata tersebut yaitu Danau Toba.
Pantai Foa
Nampaknya anda harus menjelajahi Provinsi Sumatera Utara lebih jauh dan lebih luas lagi karena di dalam provinsi tersebut terdapat sebuah daerah yang sangat banyak menyimpan potensi wisata bahari yang keindahan dan eksotismenya tak kalah dari pulau-pulau cantik lainnya di Indonesia seperti Bali contohnya. Daerah tersebut bernama Kepulauan Nias.Pulau Nias memiliki beragam kekayaan alam dan budaya yang dikemas dalam sektor pariwisata. Menjelajahi Pulau Nias tak lengkap rasanya jika tidak menjelajahi keindahan pantai dan lautannya karena Pulau Nias ini terletak berbatasan langsung dengan samudera hindia.
Terdapat beberapa pantai yang terkenal di Pulau Nias dengan membawa keunikan masing-masing diantaranya yaituPantai Sorake yang terkenal dengan ombaknya yang bergulung tinggi dan sangat di dambakan oleh para peselancar nasional maupun Internasional; Pantai Lagundri juga terkenal dengan gulungan ombaknya yang tinggi bahkan mampu mencapai ketinggian 10 meter dan Pantai Lagundri ini telah dinobatkan sebagai 10 besar tempat selancar terbaik dunia sama dengan Pantai Sorake, tentu hal ini dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia khususnya Pulau Nias.
Destinasi Wisata Pantai Foa
Pantai Gawu Soyo yang terletak di utara Nias ini mempunyai keunikan di pasir pantainya yang berwarna kemerahan, Pantai Gawu Soyo ini juga memiliki keunikan lain yaitu terdapatnya habitat penyu langka yang seringkali dicari oleh para peneliti penyu dan pecinta penyu; Pantai Laowomaru terkenal dengan ombak tenang yang dimiliki walaupun letaknya berbatasan langsung dengan samudera hindia dan sangat cocok digunakan untuk aktivitas berenang dan menyelam selain itu Pantai Laowomaru ini masih sangat alami; Pantai Turetolo hadir dengan daya tariknya sendiri yaitu air laut yang berwarna biru tosca dan ombaknya yang tenang sangat cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga anda.
Pantai Bengkuang yang terkenal dengan daya pikat pasir pantainya yang sangat putih dan bersih membuat pantai ini terlihat sangat istimewa. Tidak hanya itu, masih banyak pantai-pantai lainnya di Pulau Nias yang sangat populer dan keren yang siap memanjakan mata anda dan menenangkan pikiran anda. Satu lagi pantai dengan keindahan dan eksotismenya yang wajib anda kunjungi selain daftar pantai-pantai diatas adalah Pantai Foa.
Mengenal TetangWisataPantai Foa
Pantai Foa merupakan pantai salah satu pantai di Kepulauan Nias yang sangat menakjubkan. Pantai Foa dapat anda jadikan pilihan untuk menghabiskan waktu libur anda. Pantai ini masih belum banyak tersentuh manusia sehingga masih sangat alami dengan suasana alam pantai yang asri dan sejuk. Anda dapat menikmati pemandangan laut dan deburan ombak pantai yang tidak terlalu besar dengan diiringi hembusan angin sepoi-sepoi yang dapat menenangkan hati dan menyegarkan pikiran anda. Selain itu hamparan pasir putih yang lembut akan memanjakan mata sehingga anda akan merasa nyaman berlama-lama di Pantai Foa ini. Pesona Pantai Foa selalu menyuguhkan daya tarik tersendiri kepada para pengunjungnya yang semakin membuat pantai ini semakin terlihat menawan.
Wisata Pantai Foa
Sebenarnya sejak tahun 2007 Pantai Foa ini semakin sepi wisatawan karena pengelolaan wisata yang kurang baik. Padahal sebelumnya Pantai Foa ini selalu menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan. Melihat kondisi Pantai Foa yang semakin memprihatinkan, seorang pemuda dengan latar belakang pendidikan sastra inggris dari salah satu Universitas di Medan memiliki keinginan yang besar untuk mengembalikan kepopuleran lokasi Pantai Foa yang sudah sepi tersebut.

Dengan bermodalkan studi banding tempat-tempat wisata yang sudah maju, pemuda ini semakin mantap untuk mengembangkan lokasi tersebut dan membeli sejumlah lahan seluas 1,3 hektar dari masyarakat setempat. Tetapi sangat disayangkan karena nama Pantai Foa akhirnya dirubah menjadi nama baru yaitu Pantai Nusa Lima yang mulai dioperasikan sejak juli 2008.
Lokasi dan Akses Menuju Pantai Foa
Sejak itulah kawasan lokasi ini kembali hidup dan mulai memberikan kontribusi berupa peningkatan perekonomian bagi masyarakat sekitar dan pemerintah daerah. Pantai Nusa Lima merupakan salah satu pantai dengan fasilitas terlengkap di Pulau Nias diantaranya yaitu pondok-pondok untuk tempat berteduh, aula terbuka, ruang rapat, sound system dan keyboard. Pantai ini sekarang sangat cocok digunakan untuk membuat suatu kegiatan bersama keluarga dan teman-teman kantor maupun organisasi sambil menyantap aneka masakan laut seperti ikan bakar, cumi goreng, udang goreng, kepiting, dan lain sebagainya.
Lokasi dan Akses Menuju Pantai Foa
Lokasi
Destinasi wisata Pantai Foa terletak di Desa Foa, Kecamatan Gunung Sitoli Idanoi, Kota Gunung Sitoli, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Indonesia.
Akses Masuk Menuju Pantai Foa
Untuk menuju beragam destinasi wisata di Sumatra utara khususnya Pulau Nias sangatlah mudah. Apabila anda dari luar kota, anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan 2 cara, diantaranya yaitu:
1.    Dengan menggunakan jalur udara dan diasumsikan berangkat dari Medan
Apabila anda memilih jalur udara, maka hal yang harus anda tuju pertama kali yaitu Bandara Kaulanamu Medan. Anda dapat menggunakan 2 pilihan maskapai penerbangan menuju Pulau Nias yaitu wings air dan merpati. Setelah itu anda akan tiba Bandara Binaka kota Gunung Sitoli. Dari Kota Gunung Sitoli anda dapat melanjutkan perjalanan menuju destinasi wisata Pantai Foa dengan menggunakan transportasi umum berupa minibus.
2.    Dengan menggunakan jalur darat dan diasumsikan berangkat dari Sibolga
Apabila anda ingin menggunakan jalur darat untuk menuju Pulau Nias, maka anda dapat mengawali perjalanan anda dari Kota Sibolga dengan alasan bahwa Kota Sibolga merupakan kota terdekat dan termudah untuk menuju Pulau Nias. Dari sibolga anda bisa membawa kendaraan pribadi ataupun menggunakan transportasi umum berupa bus antar kota. Setelah itu anda harus menyebrang laut menggunakan kapal feri menuju Kota Gunung Sitoli. Dari Kota Gunung Sitoli anda masih harus menempuh jarak 17 kilometer untuk sampai di destinasi wisata Pantai Foa.
Sekian ulasan mengenai Destinasi Wisata Pantai Foa. Jika tempat lain sudah sering anda kunjungi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Pantai Foa di Pulau Nias ini. Persiapkan dengan matang rencana liburan anda agar liburan anda terasa nyaman dan tak kurang sesuatu apapun. Bagaimanapun menjelajahi Pulau Nias adalah sesuatu hal yang menarik untuk anda coba karena anda akan disuguhkan beragam kekayaan alam dan budaya Nias yang unik. Tak heran jika Nias memiliki sebuah tagline andalan bertajuk “Nias Pesona Pulau Impian”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *