Destinasi Wisata Pantai Lagundri Nias

Diposting pada
Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah ruah, pemandangan yang sangat indah dan mempesona, bahasa yang beraneka ragam, serta agama dan tradisinya yang beragam. Segala keindahan alam, budaya, sejarah dan tradisi bergabung menjadi satu di Indonesia. Tidak heran apabila Indonesia disebut-sebut sebagai bongkahan surga yang Tuhan turunkan ke bumi.
Destinasi Wisata Pantai Lagundri
Salah satu obyek wisata yang saat ini sedang menjadi incaran wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah Sumatera Utara. Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang sangat kental dengan adat bataknya sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi wilayah ini. Ada banyak destinasi wisata di Sumatera Utara yang dapat anda kunjungi, terutama di Pulau Nias.
Pulau Nias merupakan salah satu pulau yang berada di sebelah barat daya pulau Sumatera, Indonesia. Pulau Nias memiliki luas sekitar 5.625 km dan dikelilingi oleh Samudera Hindia, serta memiliki jumlah penduduk kira-kira 700.000 jiwa. Pulau Nias dibagi menjadi beberapa kawasan yaitu Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan, dan Kabupaten Nias. Di Pulau Nias masih terdapat budaya megalitik yang dilestarikan hingga sekarang oleh warga suku Nias atau Ono Niha.
Mengenal Pantai Lagundri
Pulau yang terletak di kawasan Sumatera Utara ini menyimpan potensi wisata alam yang sangat menakjubkan dan mempesona. Kepulauan Nias memiliki banyak sekali potensi wisata budaya, wisata sejarah, dan wisata alam. Untuk wisata alam, Kepulauan Nias menyuguhkan pantai-pantai yang indah dan sangat cocok untuk melakukan aktivitas selancar. Sedangkan untuk wisata sejarah dan budaya, anda dapat menemui rumah tradisional khas suku Nias, beberapa benda pusaka peninggalan dari leluhur masyarakat Nias yang dapat anda temui di Museum Pusaka Nias, dan tradisi Lompat Batu.
Nah, dalam artikel ini, penulis akan membahas mengenai wisata alam yang menakjubkan, indah  dan unik pastinya. Apabila anda berkunjung menjelajahi Pulau Nias, jangan lupa untuk meluangkan waktu sejenak untuk sekedar menikmati dan menyaksikan keindahan wisata pantai yang sangat terkenal di dunia yang terletak di Kepulauan  Nias yaitu Pantai Lagundri.
Mengenal Pantai Lagundri

Pantai Lagundri
Pantai Lagundri adalah salah satu pantai terbaik yang terletak di Kepulauan Nias selain Pantai Sorake. Pantai Lagundri merupakan nama dari sebuah pantai yang berada di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, pantai ini bersebelahan langsung dengan Pantai Sorake.
Pantai Lagundri memiliki arus ombak yang tidak begitu besar dan cenderung sangat tenang dibandingkan dengan Pantai Sorake yang memiliki arus ombak yang sangat besar. Jika di Pantai Sorake digunakan oleh para peselancar-peselancar yang sudah ahli, namun di Pantai Lagundri sangat cocok untuk digunakan bagi anda yang baru saja belajar berselancar, atau dikhususkan bagi para pemula. Ombak di Pantai Lagundri mencapai 7 sampai 10 meter dengan lima tingkatan serta daya dorong arus ombak yang dapat mencapai 200 meter.
Pantai Lagundri memiliki pasir putih yang terletak di sebuah laguna. Pantai ini terletak sekitar 13 km di sebelah selatan kota Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake adalah 2 pantai yang terletak di Pulau Nias dan berada dalam satu garis pantai yang sama dengan jarak sekitar 2 km saja. Apabila anda mengunjungi wilayah ini, maka anda akan sekaligus mengunjungi 2 pantai yang berbeda.
Lokasi Pantai Lagundri
Pantai ini merupakan magnet bagi para wisatawan terutama wisatawan yang menyukai selancar. Dengan keindahan panorama dari Pantai Lagundri yang sangat menarik dan arus ombaknya yang terbilang tinggi membuat para peselancar kelas dunia berbondong-bondong mengunjungi pantai yang satu ini. Di Pantai Lagundri pernah diadakan sebuah lomba selancar tingkat dunia dengan latarbelakang memiliki ombak yang besar dan tak kalah dengan pantai yang terletak di Hawaii. Pantai ini memiliki ombak yang tampak sangat tenang, hamparan pasir putih yang landai nan indah, dan air laut berwarna tosca semakin menambah kesan eksotik saat anda berada di sisi Pantai Lagundri ini.
Apabila anda mengunjungi Pantai Lagundri, kurang lengkap rasanya jika anda tidak berada di pantai ini hingga senja atau sore hari, karena anda dapat menyaksikan panorama matahari terbenam atau sunset dengan perpaduan bias-bias cahaya merah dengan warna jingga dan hitam. Panorama sunset tersebut tampak sangat indah dan cantik, biasanya panorama ini kerap dijadikan sebagai objek potret oleh para fotografer karena memiliki pemandangan yang sangat unik dan luar biasa indahnya. Pemandangan sunset tersebut dapat menghilangkan stress dan penat yang anda rasakan selama berada di hiruk pikuk perkotaan.
Lokasi Pantai Lagundri
Pantai Lagundri berada tepat di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Pantai Lagundri terletak tepat sekitar 125 km di sebelah barat Pulau Sumatera. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.
Cara Menuju Pantai Lagundri
Untuk tiba di Pulau Nias, anda membutuhkan waktu selama 55 menit penerbangan dari Bandara Kualanamu yang terletak di Medan menuju ke Bandara Binaka yang terletak di Gunung Sitoli. Kemudian, setelah anda sampai di Bandara Binaka dilanjutkan perjalanan menuju ke Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam menggunakan kendaraan umum. Lalu, ikuti penunjuk jalan hingga tiba di lokasi Pantai Lagundri.
Cara Menuju Pantai Lagundri
Jika anda juga dapat menggunakan alternatif lain seperti bus, kira-kira membutuhkan waktu satu malam dari Medan menuju ke Sibolga. Anda dapat menggunakan kendaraan umum berupa mini bus dari Gunung Sitoli menuju ke Pantai Lagundri dengan tarif yang sangat murah yaitu hanya Rp. 40.000. Karena terdapat 2 jalur menuju ke Pantai Lagundri, anda dapat memilih jalur mana yang akan anda lewati, apabila anda menggunakan jalur pertama anda akan melewati Lahewa terus lurus menuju Pulau Nias hingga ke Teluk Dalam.
Untuk jalur kedua anda akan menyusuri pantai dengan melewati kota dan kecamatan yang ada yaitu seperti Gido, Idangogawo, Lahusa, dan Bawolato. Setelah anda tiba di Pantai Sorake, lanjutkan lagi perjalanan anda menuju ke Pantai Lagundri, kira-kira memiliki jarak tempuh sekitar 2 km.
Apabila anda ingin menuju Pulau Nias melalui jalur laut, anda juga dapat menggunakan kapal ferry selama semalam juga. Jarak tempuh menuju ke Pantai Lagundri dari Bandara Binaka Gunung Sitoli, Nias, kira-kira membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan menggunakan angkutan umum. Setelah anda tiba di Bandar Binaka Gunung Sitoli naik minibus menuju ke Teluk Dalam. Dari Teluk Dalam kemudian mengikuti petunjuk jalan menuju ke Pantai Sorake. Lalu lanjutkan perjalanan lagi kira-kira sekitar 2 km dari Pantai Sorake anda akan sampai di Pantai Lagundri.
Kegiatan-kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Lagundri
  • –          Selancar
  • –          Berenang
  • –          Menikmati pesona keindahan Pantai Lagundri
  • –          Bermain air dan pasir
  • –          Berjemur

Fasilitas di Pantai Lagundri
  •         Penginapan berupa homestay
  •         Kamar mandi umum
  •           Area Parkir

Sekian ulasan mengenai Destinasi Wisata Pantai Lagundri yang terletak di Kepulauan Nias. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda dalam memilih suatu wisata alam khususnya pantai yang terletak di Pulau Nias. Bagaimanapun pantai ini menyimpan keunikan yang tidak ditawarkan oleh pantai-pantai lainnya berupa pantai yang cocok untuk dilalukan aktivitas selancar bagi para pemula. Destinasi wisata alam ini wajib anda kunjungi bersama teman maupun keluarga anda saat anda mengunjungi Pulau Nias. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *