Berburu Tempat Wisata di Padang Sidempuan

Padang Sidempuan berada Sumatera utara tepatnya di Tapanuli Bagian selatan. Mungkin anda masih belum familiar dengan nama tempat wisata padang sidempuan dan tapanuli selatan. Namun, ternyata keindahan bumi Tapanuli ini juga tidak perlu diragukan lagi dan bisa menjadi tujuan wisata anda selanjutnya saat anda sedang berada di Sumatera Utara.

Tapanuli Selatan atau biasa disebut dengan Tapsel adalah sebuaah kabupaten yang berada di Sumatera Utara dengan ibukota bernama Sipirok. Jarak tempuhnya dari Medan sekitar 322 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 8 hingga 9 jam jika dilakukan dengan perjalanan darat.


Keindahan Tempat Wisata di Padang Sidempuan
Terdapat banyak keindahan alam yang berada di Tapanuli Selatan tepatnya di daerah Padang Sidempuan yang menarik sekali untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata Padang Sidempuan ini tentunya akan memberikan kesan mendalam bai anda yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut ini tempat wisata padangsidempuan paling indah dan menarik untuk anda kunjungi :

1.       Air Terjun Sampuran Sisoma
Tempat wisata padang sidempuan yang pertama adalah wisata alam air terjun Sisoma. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang amat indah yang ada di Sumatera Utara. Walaupun anda memerlukan perjuangan yang begitu ekstra untuk mencapai air terjun ini, namun perjuangan anda akan terbayar dnegan potret keindahan alam tapanuli selatan yang begitu mengagumkan.

Air Terjun Sampuran Sisoma

Air terjun ini terletak di Marancar dan berada di tengah hutan, anda harus melakukan trekking skitar 2 kilometer untuk bisa sampai di air terjun yang sangat indah ini. Sesampainya di air terjun rasa lelah anda akan hilang dan terbayar dengan view keindahannya.

2.       Kaisar Water Park
Padangsidempuan ternyata juga memiliki wahana kaisar water park. Wahana untuk berlibur ini bisa menjadi pilihan seru bagi anda untuk berlibur bersama dengan keluarga. Pemandian kaisar water park merupakan tempat rekreasi yang tergolong baru yang ada di kawasan Padangsidompuan. Walaupun tergolong baru, wahana ini menawarkan fasilitas yang berbeda dibandingkan dengan lokasi rekreasi lainnya. Anda bisa bermain dan berenang bersama dengan kelurga anda. tertarik untuk berlibur ke tempat wisata padangsidempuan? Jangan lupa tambahkan tempat rekreasi kaisar water park ke agenda destinasi wisata anda yah.
Kaisar Water Park

3.       Candi Bahal
Banyak sekali tempat wisata Padangsidempuan yang menarik dan bisa dikunjungi, salah satunya adalah Candi Bahal yang terbuat dari batu merah yang konon berasal dari Kerajaan Pannai sekitar abad ke 11. Candi Bahal atau biasa disebut dengan Candi Portibi terletak di daerah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Jarak dari desa Padangsidempuan sekitar 3 jam perjalanan.

Candi Bahal
Candi Bahal berada di Gunung Tua dengan pintu masuk yan berada di Desa Bahal kecamatan Padang Bolak. Candi Bahal terdiri dari 3 canri yakni candi bahal I, candi Bahal II dan candi Bahal III. Sebelum mencapai candi Bahal I anda akan bertemu dengan candi yang bernama candi Pulo namun sayangnya candi ini sudah runtuh dan rusak dan hanya tersisa puing-puing saja.

Memasuki area Candi Bahal anda akan merasa terkagum-kagum dengan warna candi yang berwarna merah bata, berbeda dengan candi-candi lainnya. Di candi Bahal I ini anda akan menemukan ukiran unik yang berada di dinding serta reruntuhan dan dipuncaknya terdapat patung seperti badang orang. Warna hijau dari rerumputan dan warna biru langit membuat candi Bahal ini semakin terlihat keren.

4.       Air Terjun Napa
Tempat wisata Padangsidempuan yang lainnya adalah air terjun Napa yang berada di desa Padangsidempuan. Akses menuju air terjun Napa sangat mudah untuk dijalani karena letaknya yang sangat dekat dengan Desa Padangsidempuan dengan jarak tempuhnya sekitar 30 menit jika anda menggunakan motor. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Napa anda akan merasakan sejuknya hawa pegunungan dengan hamparan sawah yang hijau.
Air Terjun Napa
Air terjun napa sangat cocok digunakan untuk bersantai dan mudah untuk ditemukan. Sesampainya di air terjun Napa anda akan menemukan sebuah warung untuk bersantai dengan melewati jembatan, disekitar jembatan anda akan menemukan selokan mini dengan view pegunungan yang memanjakan mata.Menelusuri air terjun Napa Padangsidempuan sangat menyenagkan karena letaknya berada di tengah hutan mini.

5.       Air Panas Alami Aek Nabara
Satu lagi tempat wisata Padangsidempua yang indah yang berada di kecamatan Marancar yaitu Air panas alami Aek Nabara. Aek nabara merupakan pemandian panas alami yang memiliki pemandangan yang sangat asri dan alami. Adanya aliran sungai dengan beberapa dinding dan adanya bagian berasap ini adalah pemandian yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Hal ini karena adanya kandungan belerang yang ada di air panas alami Aek Nabara.
Air Panas Alami Aek Nabara
Bagi anda yang ingin mencapai tempat ini, anda harus melintasi sungai bebatuan. Udaranya yang sejut dan menyatu dengan panas di tempat ini akan membuat anda merasa sangat rileks. Sangat disayangkan jika anda melewatkan tempat indah dan begitu alami yang satu ini.

6.       Aek Sijorni
Tempat wisata padangsidempuan yang lainnya adalah pemandian alam aek sijorni. Aek sijorni disebut-sebut sebagai waterpark yang terbentuk secara alami. pemandian alam aek sijorni memiliki view keindahan yang luar biasa yang berada di Tapanuli Selatan.

Aek Sijorni
Air aek sijorni begitu segar mengalir layaknya waterpark buatan yang biasa berada di kota-kota. Indahnya pemandangan dan kesejukan udara yang ada di tempat ini akan membuat anda merasa betaj untuk berlama-lama berada di tempat ini. Pemandian Alami Aek Sijorni ini dikelilingi oleh bebukitan dan pohon-pohon kelapa yang membuatnya terlihat sangat eksotis. Air terjun ini berjarak sekitar 35 kilometer dari arah timur dari Kota Padang Sidempuan.

Air terjun yang bertingkat-tingkat ini sangat jernih dan berada di Desa Aek Libung Kabupaten Tapanuli Selatan. Terdapat banyak tempat yang bisa anda lakukan seperti berfoto hingga berenang. Mengenai fasilitas anda tidak perlu khawatir, di tempat ini terdapat sebuah resort yang menyediakan kolam renang yang sangat luas yang bisa anda jadikan sebagai pilihan jika anda ingin bermalam di tempat ini.

7.       Panorama Danau Siais
Tempat wisata padangsidempuan selanjutnya adalah danau siais yang akan memberikan keindahan yang tak terlupakan bagi anda. Danau Siais merupakan danau terbesar kedua yang berada di Sumatera Utara memiliki pemandangan alam yang tidak kalah indah dengan tempat wisata padangsidempuan lainnya.
Danau Siais
Danau ini berada di desa Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur kabupaten Tapanuli Selatan. Sejauh mata memandang, anda akan terpana dengan keindahan danauyang sangat amat mempesona dan menakjubkan ini.
Itulah beberapa tempat wisata padangsidempuann yang wajib anda jadikan tujuan utama saat anda berkunjung ke Tapanuli Selatan. Keindahan yang luar biasa dari tempat wisata padangsidempuan ini akan menjadi hal pertama yang akan memberikan kesan yang mendalam bagi anda. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.