9 Tempat Wisata di Lombok Yang Menjadi Daya Tarik Pulau Lombok

Diposting pada

Tempat Wisata di Lombok akan kami bahas dalam artikel kali ini. Setelah mendapatkan kesempatan mengunjungi dan melihat secara lansung keindahan tempat wisata Lombok beberapa waktu lalu. Kami akan merangkum 9 tempat yang kami jelajahi selama di pulau ini.

Pulau Lombok adalah sebuah pulau yang juga memiliki yang tidak kalah dengan tempat wisata Bali. Lombok merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah timur pulau Bali. Tempat wisata di Lombok tidak kalah indahnya dengan tempat wisata Bali. Oleh karena itu pulau ini memiliki sumber pendapatan yang paling besar karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pulau ini setiap harinya.

Walaupun Pulau Lombok sering dijadikan sebagai tempat wisata alternatif bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Bali namun keindahan tempat wisata Lombok yang disuguhkan tidak kalah indahnya dari Bali.

Daftar Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Nah, penasaran kan apa saja tempat wisata di Lombok yang harus anda kunjungi saat berlibur ke tempat ini. Yuk, simak daftar tempat wisata Lombok berikut ini.

Pantai Senggigi

Wisata Lombok Pantai Senggigi
Hamparan pasir putih di Pantai Senggigi

Salah satu pantai sebagai tempat wisata Lombok yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara adalah Pantai Senggigi. Pantai senggigi terletak di bagia barat Pulau Lombok. Dengan suasana yang mirip dengan pantai kuta Bali.

Pantai ini sering disamakan dengan pantai Kuta Bali namun bedanya, pantai senggigi memiliki ombak yang cukup tenang jika dibandingkan dengan Pantai Kuta Bali. Pantainya yang tenang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat snorkling dan berenang. Keindahan bawah laut pantai senggigi cukup indah karena air lautnya yang jernih.

Baca Juga : wisata Pantai Senggigi Yang Menawan hanya ada di Indonesia.

Pantai senggigi memiliki garis pantai yang panjang dengan keindahan pasir pantai dan air lautnya yang berwarna biru dan jernih. Bagi anda yang ingin berkunjung dan menginap di pantai senggigi sebagai salah tempat wisata Lombok ini. Anda tidak perlu khawatir karena pantai ini dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti hotel, restoran, bar, sarana transportasi dan yang lainnya.

Taman Narmada

Tempat wisata di lombok taman Narmada
Peninggalan Bersejarah Taman Narmada

Tempat wisata di Lombok ada juga yang berupa taman yang indah yaitu Taman Narmada. Taman Narmada berada di Desa Lembuak yakni sekitar 10 Kilometer di sebelah timut kota Mataram. Taman Narmada memiliki luas sekitar 2 hektar. Konon taman ini dibangun oleh Raja Mataran Lombok pada tahun 1727 silam. Pada awalnya, taman ini digunakan sebagai tempat beristirahat dan tempat digelarnya upacara adat. Pada saat ini taman ini sudah beralih fungsi menjadi salah satu tempat Wisata Lombok yang indah.

Salah satu hal yang unik dan menarik dari Taman Narmada ini adalah desain tamannya. Merupakan replikas mini dari Gunung Rinjani yang terkenal di pulau Lombok. Selain itu, di taman ini juga terdapat sumber mata air yang berasal dari gunung Rinjani. Dipercaya bisa membuat Anda menjadi awet muda jika meminum dan membasuh muka dengan menggunakan sumber mata air tersebut.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani
Keindahan tempat wisata alam di Lombok ada di gunung Rinjani

Tempat wisata Lombok yang menjadi Ikon dari pulau Lombok itu sendiri adalah Gunung Rinjani. Gunung rinjani merupakan tempat wisata Lombok yang populer dan terkenal khususnya dimata para pecinta alam yang suka mendaki. Gunung Rinjani memiliki ketinggian sekitar 3.700 meter yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua setelah gunung semeru yang ada di Indonesia. Bagi para penduduk atau masyarakat sekitar yang beragama hindu, Gunung Rinjani memiliki nilai spiritual tersendiri karena dianggap sebagai tempat tinggal bagi para Dewa.

Wisata favorit dari Gunung Rinjani adalah wisata pendakian yang banyak menarik minat para pendaki gunung untuk mengunjungi tempat wisata Lombok ini. Hal ini karena Gunung Rinjani merupakan gunung yang memiliki pemandangan yang paling indah di Asia. Hal ini yang membuat banyak pendaki ingin mendaki hanya untuk melihat keindahan alamnya. Bagi anda yang ingin mendaki Gunung Rinjani, anda harus mempersiapkan kebutuhan anda dengan matang. Karena anda membutuhkan waktu beberapa hari untuk mencapai puncak Gunung Rinjani.

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta adalah salah satu Tempat wisata Lombok
Satu lagi pantai indah di Lombok

Tidak hanya pulau bali yang memiliki pantai kuta, tempat wisata lombok juga memiliki pantai kuta yang dikenal dengan sebutan pantai Kuta Lombok. Sesuai dengan namanya pantai kuta lombok berada di Desa Kuta yang berjarak sekitar 56 Kilometer dari kota Mataram. Tidak kalah indahnya dengan pantai Kuta Bali, pantai Kuta Lombok juga memiliki pantai yang sangat halus seahulus merica. Oleh karena itu banyak penduduk yang menyebut pantai ini dengan julukan pantai merica.

Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang paling indah dan bahkan menjadi salah satu pantai terindah di Indonesia. Karena masih jarang dijamah oleh tangan dan kaki manusia. Jika anda mengunjungi pantai ini, anda bisa menikmati pesona laut dengan berselancar. Karena ombaknya merupakan salah satu ombak terbaik di dunia untuk berselancar. Anda juga bisa menikmati keindahan laut di pantai kuta Lombok dengan cara memancaing, snorkling, menyelam, berkuda dan lainnya.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Segarnya bermain air di sini

Tidak hanya memiiliki wisata alam berupa pantai dan taman, tempat wisata lombok juga memiliki pesona alam berupa air terjun sendang Gile. Air terjun sendang Gile terletak di pulau Lombok bagian utara yang berjarak sekitar 60 Kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan jika ditempuh dari kota Mataram.

Air terjun sendang Gile berada di kawasan Desa Senaru. Yang merupakan pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani. Jadi bagi anda yang ingin mendaki Gunung Rinjani anda bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata di Lombok yang bernama air terjun sendang gile ini.

Sumber air terjun Sendang Gile dipercaya dapat membuat awet muda saat digunakan untuk mandi dan membasuh muka. Karena memiliki sumber air yang sama dengan taman Narmada yang berasal dari Gunung Rinjani. Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga untuk menikmati keindahan air terjun sendang gile ini.

Pura Miru

Kunjungi tempat wisata di lombok satu ini
Pintu masuk menuju pura Miru

Pulau lombok sempat menjadi kawasan dari kerajaan Karangasem Bali. Sehingga masyarakat sekitar yang menganut agam Hindu juga cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari adanya keberadaan tempat wisata Lombok yang berupa Pura Miru yang berada di Cakranegara. Yang merupakan pura terbesar yang berada di Pulau Lombok. Pura ini dibangun pada abad ke 18 sehingga usianya sudah cukup tua.

Bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata Lombok ini, anda bisa menyaksikan keunikan dari desain arsitektur pura. Saat anda melintasi jalan menuju Pura ini, anda akan dihadapkan dengan adanya Miru bertingkat yang dibuat dengan menggunakan atap dari bahan ijuk yang sangat unik dan menarik sekali.

Kampung Rambitan – Sade

Menjelajah budaya wisata lombok
Budaya dipertahankan di kampung Rambitan Sade

Tempat wisata di Lombok berikutnya adalah sebuah tempat wisata yang menyuguhkan budaya yang berada di desa Sade. Desa Sade memiliki jarak yang tidak jauh dengan Desa Kuta. Dengan mengunjungi kampung Rambitan di desa Sade ini anda bisa menyaksikan secara langsung kehidupan dari suku sasak. Suku ini merupakan penduduk asli Pulau Lombok. Penduduk yang bertempat tinggal di Desa Sade hingga saat ini masih berusaha untuk melestarikan budaya dan tradisi turun temurun.

Jika anda berada di desa ini, anda akan melihat banyak rumah tradisional yang dimiliki oleh penduduk. Penduduk desa Sade masih menggunakan bahan-bahan tradisional seperti tiang yang yang berasal dari kayu dan atap dengan menggunakan ilalang kering. Hingga dinding bambu saat membangun tempat tinggalnya.

Terdapat adat atau kebiasaan yang cukup unik yang sering dilakukan oleh penduduk desa Sade. Yakni penggunaan kotoran kerbau. Kotoran kerbau ini digunakan untuk membersihkan rumah. Karena kotoran kerbau ini dipercaya sangat berguna untuk mengusir serangga dan serangan magis yang dipercaya oleh masyarakat setempat.

Wisata ke 3 Gili yang paling terkenal di Lombok

Lombok tidak akan pernah ada habisnya untuk masalah wisata. Tidak sedikit wisata-wisata terpopuler di Lombok yang bisa di ulas, ada banyak sekali. Mulai dari wisata laut dan wisata darat. Lombok benar-benar surganya para wisatawan. Kali ini kita akan membahas mengenai 3 Gili yang paling terkenal dan menjadi destinasi wisata favorit oleh wisatawan

Gili Air Salah Satu Tempat Wisata di Lombok

Tempat wisata di Lombok Gili Air
Biota laut di Gili Air

Gili yang pertama yaitu Gili Air, menjadi salah satu dari 3 Gili yang paling populer di Lombok, tentunya tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa. Gili Air merupakan satu diantara tiga Gili yang lokasinya sangat dekat dengan pulau Lombok. Berlokasi tepatnya di Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Para pengunjung Gili Air akan menemukan beberapa titik yang terdapat di Gili ini untuk menikmati langsung keanekaragaman biota laut Indonesia. Ada kumpulan kuda laut, kura-kura, terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan dengan berbagai macam warna.

Bagi masyarakat sekitar Gili Air disebut dengan “Tengaq Aiq” yang memiliki arti di tengah-tengah laut, mayoritas penduduk Gili ini ialah suku Bugis dan suku Sasak. Dan mata pencarian masyarakat Gili Air adalah menjadi nelayan, pedagang dan juga sebagai Tour Guide.

Waktu Yang Tepat Mengunjungi Gili Air

Karena memiliki pemandangan yang begitu luar biasa indahnya, Gili Air merupakan wisata favorit dan paling sering dikunjungi oleh wisatawan luar negeri seperti dari Inggris, Belanda, Australia, Italia dan banyak negara lainnya. Gili Air akan sangat ramai oleh wisawatawan pada bulan Juli sampai dengan Agustus.

Bagi kamu yang berencana akan berlibur ke Gili Air, ditempat ini sudah sangat lengkap sekali. Ada fasilitas Hotel atau Penginapan, restoran/cafe hal ini akan memudahkan pengunjung yang datang untuk berwisata ke Gili Air. Untuk sampai di Gili Air kamu menempuh perjalanan selama 30 menit dengan menggunakan perahu boat dari Pelabuhan Bangsal.

Rute Menuju Gili Air

Bagi kamu yang pertama kali datang ke Lombok tentu akan bertanya, bagaimana rute untuk sampai di Pelabuhan Bangsal? Ada 2 rute yang bisa kamu lalui untuk sampai di Pelabuhan Bangsal menggunakan angkutan pribadi atau angkutan umum. Rute pertama ialah melalui Mataram – Rembiga – Gunung Sari – Kekait – Pusuk – Pemenang – Pelabuhan Bangsal. Rute kedua ialah dari Mataram – Meninting – Batu Bolong – Senggigi – Kerandangan – Melimbu – Pemenang – Pelabuhan Bangsal.

Dari kedua pilihan rute perjalanan tersebut, kamu dapat menikmati keindahan alam Lombok, pada rute pertama saat melewati Pusuk kamu berada dalam kawasan Gunung Rinjani yang terkenal itu. Dan di rute kedua kamu akan menyaksikan garis pantai Lombok di sepanjang perjalanan nanti.

Saat akan menyeberang dari Pelabuhan Bangsal Ke Gili Air kamu akan menggunakan perahu boat dengan biaya sekitar 8 ribu hingga 25 ribu per orang, tergantung dari jenis perahu yang digunakan. Gili Air terkenal dengan tempatnya yang sangat sunyi, sepi dan damai. Benar-benar khas pedesaan Lombok, kamu juga bisa mengelilingi pulau ini menggunakan sepeda dengan menyewanya dari masyarakat setempat dengan biaya sekitar 30 ribuan.

Daya tarik lainnya dari Gli Air ialah spot untuk diving dan snorkeling yang keren, bagi kamu yang tidak memiliki peralatan diving/snorkeling ditempat ini juga menyediakan penyewaan peralatan menyelam tersebut. Bagi kamu yang akan datang ke Lombok dan mencari tempat yang nyaman dan keren, maka Gili Air adalah tempat terbaiknya.

Gili Trawangan

Wisata Gili Trawangan Lombok
Keindahan pantai di Gili Trawangan

Gili yang satu ini merupakan Gili yang terbesar diantara ketiga Gili Lainnya di Barat Laut Lombok dengan panjang 3 Km dan lebar 2 Km, Gili Trawangan dihuni oleh penduduk sebanyak 800 jiwa. Tidak hanya itu Gili Trawangan adalah satu-satunya Gili yang mempunyai ketinggian signifikan diatas permukaan laut. Fasilitas yang tersedia di Gili Trawangan juga lengkap, sedangkan bagian pulau ini yang sangat padat penduduk yaitu sebelah timur Gili Trawangan.

Gili Trawangan Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Favorit di Lombok

Aktivitas di Gili Trawangan

Banyak sekali aktivitas dan kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di Gili Trawangan, bahkan pulau ini terkenal dengan nuansa pesta karena sepanjang hari bahkan setiap malamnya selalu ada acara pesta. Selain itu Gili Trawangan juga memiliki spot untuk melakukan scuba diving, snorkeling, berselancar dan banyak kegiatan menarik lainnya. Tidak sedikit juga pengunjung memilih belajar berkuda di Gili Trawangan sambil berkeliling pulau ini.

Sangat banyak sekali hal menarik yang akan kamu temukan saat berada di Gili Trawangan, kamu juga bisa menyaksikan pentas seni beladiri tradisional khas Gili Trawangan yang bernama Presean. Hal unik lainnya para pengunjung yang berada di Gili Trawangan bisa menikmati sunset dan sunrise di pulau ini. Kenapa? Karena Gili Trawangan mempunyai pantai yang mengahdap ke arah timur dan ke arah barat.

Satu hal menarik lagi yaitu di Gili Trawangan tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor, ternyata hal tersebut juga berlaku untuk kedua Gili Lainnya. Peraturan ini dibuat oleh pemerintah lokal dan sebagai transportasi penggantinya ialah sepeda, kuda, dan cidomo.

Itulah beberapa daftar tempat wisata Lombok yang bisa anda kunjungi saat akhir pekan atau hari libur bersama dengan keluarga, teman dan kerabat serta rekan kerja untuk menyegarkan otak. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *