Destinasi Wisata Pantai Carita

Diposting pada
Wisata Pantai Carita. Saat ini salah satu destinasi wisata yang menjadi incaran wisatawan adalah Provinsi Sumatera Utara. Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang sangat kental dengan adat istiadatnya yang sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi kawasan ini. Ada banyak destinasi wisata di Sumatera Utara yang dapat anda kunjungi.
Destinasi Wisata Pantai Carita
Ya’awo, begitulah biasanya bentuk sapaan masyarakat suku Nias saat bertemu dengan seseorang. Pulau Nias merupakan salah satu pulau yang berada di sebelah barat daya pulau Sumatera, Indonesia. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 5.318 km persegi. Pulau Nias dibagi menjadi beberapa kawasan yaitu Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan, dan Kabupaten Nias.
Pulau Nias menyimpan sejumlah misteri, keunikan serta panorama keindahan alam dan pantai yang dapat membuat anda terkagum-kagum dengan pesona dari pulau ini. Pulau yang terletak di kawasan Sumatera Utara ini menyimpan potensi wisata alam yang sangat menakjubkan dan unik. Pulau Nias memiliki banyak sekali potensi wisata budaya, wisata sejarah, dan wisata alam. Untuk wisata alam, Kepulauan Nias menyuguhkan pantai-pantai yang indah dan sangat cocok untuk melakukan aktivitas selancar. Sedangkan untuk wisata sejarah dan budaya, anda dapat menemui rumah tradisional khas suku Nias, dan beberapa benda pusaka peninggalan dari leluhur masyarakat Nias yang dapat anda temui di Museum Pusaka Nias, dan tradisi Fahombo.
Mengenal Wisata Pantai Carita
Jadi, tidak heran jika Pulau Nias kerap disebut-sebut sebagai kepingan surga yang terletak di Indonesia. Dengan adanya berbagai panorama keindahan alam yang merupakan suatu potensi Pariwisata Bahari di Pulau Nias telah tersebar hampir diseluruh tempat sehingga pulau ini mendapatkan julukan 1000 pulau.
Gunung Sitoli merupakan salah satu kawasan wisata alam di Pulau Nias yang paling ramai dikunjungi wisatawan untuk melepaskan kepenatan atau sekedar menikmati panorama laut lepas dari bilik pondok yang telah berjejer langsung menghadap ke samudra. Nah, Apabila anda berkunjung menjelajahi Pulau Nias khususnya di Kabupaten Nias atau Gunung Sitoli, anda wajib dan patut untuk mengunjungi dan menyaksikan keindahan wisata pantai yang sangat indah di kawasan Pulau Nias yaitu Pantai Carita.
Mengenal Wisata Pantai Carita
Pantai Carita adalah salah satu pantai yang terletak di Kota Gunung Sitoli dengan kawasan pantai seluas 8,5 hektar. Pantai ini berada di Desa Afia, Kecamatan Gunung Sitoli Utara, memiliki jarak sekitar 14 km dari pusat kota Gunungsitoli. Pantai Carita memiliki hamparan pantai pasir putih yang luas membentang, air laut yang tenang dan berwarna biru, dan terdapat pepohonan teduh yang mengelilingi sisi pantai.
Lokasi Pantai Carita
Asal mula nama Carita sendiri berasal dari nama anak pertama dari anak pemilik dari destinasi wisata ini yaitu Carita Zega atau yang sering juga disingkat menjadi Carla Zega. Destinasi wisata Pantai Carita berdiri pada tahun 2006, berawal dari sebuah wilayah tepi pantai yang sepi pengunjung. Namun berkat dikelola oleh Anita Yuniar Telaumbanua, kawasan pantai yang semula sepi pengunjung menjadi sebuah kawasan yang ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari penginapan hingga kolam renang.
Lokasi Pantai Carita
Pantai Carita terletak tepat di Desa Afia, Kecamatan Gunung Sitoli bagian Utara, memiliki jarak sekitar 14 km dari pusat kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.
Cara Menuju ke Pantai Carita
Cara Menuju ke Pantai Carita
Apabila anda berniat untuk mengunjungi Pulau Nias, anda dapat melalui 2 jalur, yaitu:
Jalur Udara
Jika anda menggunakan jalur Udara, anda harus melakukan penerbangan ke Pulau Nias, saat ini sudah banyak penerbangan yang dapat take off di Pulau Nias. Pilihlah maskapai penerbangan yang melayani rute dari Medan menuju ke Pulau Nias atau sebaliknya Pulau Nias menuju ke Medan. Untuk waktu penerbangan dari Medan menuju ke Pulau Nias yang berangkat melalui Bandara Polonia ke Bandara Binaka Gunung Sitoli membutuhkan waktu sekitar 55 menit saja.
Apabila anda telah tiba di Bandara Binaka Gunung Sitoli naiklah ojek atau angkutan umum menuju ke Desa Afia, Kecamatan Gunung Sitoli bagian Utara, memiliki jarak sekitar 14 km dari pusat kota Gunung Sitoli. Setelah tiba di Desa Afia anda akan melewati jalan setapak yang memiliki jarak sekitar 100 meter dari jalan raya. Kemudian anda akan menemui persimpangan jalan, pilihlah belokan dengan arah ke kanan menuju Pantai Carita. Terus saja mengikuti jalan, maka anda akan tiba di Pantai Carita.
Jalur Laut
Jika anda memilih untuk menggunkan jalur Laut, anda bisa memilih transportasi laut apa yang akan anda tumpangi, anda dapat menumpang KMP dari Sibolga menuju Gunung Sitoli membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar  8 sampai 10 jam. Apabila tujuan anda menuju ke Kabupaten Nias Selatan hanya membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam saja. Apabila anda telah tiba di Gunung Sitoli naiklah ojek atau angkutan umum menuju ke Desa Afia, Kecamatan Gunung Sitoli bagian Utara, memiliki jarak sekitar 14 km dari pusat kota Gunung Sitoli. Setelah tiba di Desa Afia anda akan melewati jalan setapak yang memiliki jarak sekitar 100 meter dari jalan raya. Kemudian anda akan menemui persimpangan jalan, pilihlah belokan dengan arah ke kanan menuju Pantai Carita. Terus saja mengikuti jalan, maka anda akan tiba di Pantai Carita.
Kegiatan-kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Carita
Kegiatan-kegiatan yang Dapat Dilakukan di Pantai Carita
  • ·         Berenang
  • ·         Menyelam
  • ·         Menikmati pesona keindahan Pantai Carita
  • ·         Bermain air dan pasir
  • ·         Berjemur

Fasilitas di Pantai Carita

Penginapan berupa homestay
Untuk penginapan di Pantai Carita, menyediakan 10 kamar yang memiliki tarif mulai Rp. 125.000 hingga Rp. 250.000 per hari.
Hiburan karaoke TV
Tersedia 2 KTV yang mematok tariff Rp. 80.000 per jam dengan kapasitas 6 orang dan harga Rp. 50.000 untuk KTV yang memiliki kapasitas 4 orang saja.
Aula yang memiliki kapasitas 200 hingga 300 orang 
Bagi anda yang ingin mengadakan sebuah acara yang antimainstream, anda dapat mencoba membuat acra di Pantai Carita. Di pantai ini terdapat fasilitas berupa Aula yang dapat menmapung sekitar 200 hingga 300 orang. Anda juga tidak perlu khawatir karena di tempat ini terdapat 2 gedung aula.
Restoran khas Indonesia dan restoran seafood
Menu-menu yang ditawarkan sangat beragam dari makanan Indonesia seperti gado-gado, nasi goring, mie ayam dan lalin-lain hingga seafood seperti ikan bakar, udang saus tiram dan cumi goreng. Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan, karena cukup terjangkau. Anda cukup menyediakan budget mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp.100.000 saja per orang.
Gazebo atau pondok.
Terdapat 10 pondok yang memiliki kapasitas dari 4 sampai 10 orang. Maing-masing pondok tersebut diberi nama berupa nama-nama bunga seperti teratai dan mawar
Kolam renang semi waterboom dengan luas 800 meter persegi.
Di pantai ini juga terdapat semi waterboom yang terbilang unik, pasalnya air kolam yang digunakan disini menggunakan air laut.
Kamar mandi umum
Area Parkir
Lapangan untuk bermain badminton
Hiburan musik di malam hari
Sekian ulasan mengenai Destinasi Wisata Pantai Carita yang terletak di Kepulauan Nias tepatnya di Kabupaten nias atau Gunung Sitoli. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda dalam memilih suatu wisata alam khususnya pantai. Bagaimanapun pantai ini menyimpan keunikan yang tidak ditawarkan oleh pantai-pantai lainnya. Destinasi wisata alam ini wajib anda kunjungi bersama teman maupun keluarga anda saat anda mengunjungi Pulau Nias. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *