Destinasi Wisata Pantai Muara Indah

Destinasi Wisata Pantai Muara Indah Nias

Diposting pada

Pariwisata merupakan salah satu bidang yang dapat diunggulkan dari sebuah negara. Indonesia adalah negara yang memiliki potensi pariwisata yang sudah dikenal di hampir banyak negara. Jutaan wisatawan luar negeri setiap tahunnya berbondong-bondong mengunjungi Indonesia dengan tujuan untuk berwisata menikmati keindahan dan kekayaan alam serta budaya Indonesia.

Selain itu, pariwisata juga dapat mendongkrak perekonomian negara menjadi lebih baik. Perekonomian masyarakat sekitar destinasi wisata pun juga akan terdampak positif. Daerah-daerah dengan pariwisata unggulan seperti Bali, Yogjakarta, dan Bandung mampu memberikan hasil kemajuan ekonomi yang sangat pesat untuk masyarakat. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi destinasi wisata-wisata unggulan adalah Kepulauan Nias.

Beragam destinasi wisata di Kepulauan Nias perlahan-lahan semakin dikenal luas oleh masyarakat lokal maupun nasional bahkan wisatawan mancanegara. Sebut saja diantaranya yaitu Pantai Laowomaru, Pantai Foa, Pantai Sorake, Pantai Gawu Soyo, Kepulauan Hinako atau Pulau Asu, Museum Pusaka, Lompat Batu, Museum Pusaka Nias, Desa Wisata Orahili, Goa Togindrawa, Taman Ya’ahowu, dan Pantai Muara Indah. Beragam destinasi wisata tersebut semakin hari semakin dikembangkan sehingga dapat dinikmati oleh wisatawan dengan maksimal.

Seperti halnya sebuah kepulauan, Nias juga banyak menyuguhkan destinasi-destinasi wisata pantai dengan panorama yang indah. Tak heran slogan bertajuk “Nias Pesona Pulau Impian” layak disandang oleh Kepulauan Nias. Salah satu pantai yang terkenal di Kepulauan Nias adalah Pantai Muara Indah.

Pantai Muara Indah dapat anda jadikan sebagai alternatif pilihan untuk liburan anda ketika lelah beraktivitas. Anda juga dapat menghabiskan waktu liburan anda di Pantai Muara Indah ini dengan keluarga, pasangan, maupun teman-teman anda.

Destinasi Wisata Pantai Muara Indah

Mengenal Pantai Muara Indah

Sebelumnya Pantai Muara Indah ini terkenal dengan sebutan Pantai Muara Busuk. Dikarenakan banyak terdapatnya timbunan sampah-sampah yang berserakan dan adanya perkampungan yang kumuh di sekitar pantai. Hal tersebut membuat orang enggan untuk mengunjungi pantai tersebut. Namun saat ini Pantai Muara Indah telah banyak mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Timbunan sampah-sampah dan perkampungan yang kumuh kini telah dibersihkan. Serta ditata sedemikian rupa dan menjadikan Pantai Muara Indah layak dikunjungi oleh wisatawan karena sebernarnya Pantai Muara Indah menyimpan potensi pariwisata yang dapat diunggulkan. Pantai Muara Indah menawakan keindahan dan keunikan tersendiri diantara pantai-pantai lainnya yang berada di Kepulauan Nias.

Titik pertemuan antara air laut dan air sungai membuat Pantai Muara Indah ini terlihat eksotis dan sangat menakjubkan. Seperti namanya yaitu muara, di Pantai ini anda akan menemukan sebuah fenomena dimana air tawar bercampur dan memenuhi air asin. Tentu hal tersebut akan menjadi keunikan tersendiri yang disuguhkan oleh Pantai Muara Indah. Dan membuat wisatawan beramai-ramai datang mengunjungi Pantai Muara Indah untuk mengeksplor muara dan menikmati indahnya pemandangan laut.

Berbicara mengenai keindahan, Pantai Muara Indah memiliki keindahan yang sangat memukau. Satu hal yang kurang dari Pantai Muara Indah ini adalah tidak adanya hamparan pasir putih yang biasanya dimiliki oleh pantai-pantai indah lainnya. Tetapi anda jangan khawatir, Pantai Muara Indah masih memiliki beragam kekayaan alam dan bahari yang dapat anda nikmati seperti pasir cokelat muda yang nampak eksotis, deretan pohon kelapa yang melambai-lambai dengan angin sepoi-sepoi yang dapat menyegarkan anda, dan semak-semak yang tertata dengan rapi.

Aktivitas Menarik di Pantai Muara Indah

Penginapan di Sekitar Pantai Muara Indah

Ketika anda memasuki Pantai Muara Indah, anda akan langsung disambut dengan sejuk segarnya angin pantai dari deretan pohon-pohon kelapa yang akan membuat anda mendapat ketenangan tersendiri. Pantai Muara Indah ini sangat cocok untuk anda jadikan sebagai pelarian dari padatnya aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Pantai Muara Indah juga terdapat banyak gazebo yang telah ditata dengan rapi. Untuk anda gunakan bersantai dengan keluarga, pasangan, maupun teman-teman sambil menyantap bekal makanan yang dibawa dari rumah.

Untuk anda yang tidak membawa bekal, jangan khawatir di Pantai Muara Indah juga tersedia banyak aneka masakan laut yang dapat anda pesan seperti ikan bakar, cumi bakar, kepiting, udang, dan yang lainnya. Hal yang paling istimewa dari Pantai Muara Indah ini ialah adanya sebuah muara yang membuat wisatawan semakin tertarik berkunjung. Karena muara di Pantai Muara Indah ini merupakan sebuah tempat dimana tiga arus sungai bertemu dan lokasi ini disebut dengan sebutan Luaha Talu. Dimana wisatawan dapat dengan bebas menikmati suatu fenomena unik tersebut sambil berfoto ria.

Untuk anda yang ingin mencari ketenangan dan kedamaian, datanglah pada saat hari kerja. Karena suasana Pantai Muara Indah relatif sepi sehingga anda dapat menikmati suasana pantai dengan santai. Tetapi apabila anda ingin suasana pantai yang ramai datanglah pada saat hari libur dimana wisatawan lebih banyak yang datang untuk menghabiskan waktu liburan.

Di Pantai Muara Indah, anda juga dapat menikmati beberapa pagelaran seni budaya yang diadakan pada waktu-waktu tertentu. Tentu hal tersebut dapat anda jadikan sebagai pilihan waktu saat anda ingin berwisata ke Pantai Muara Indah. Ke depannya pemerintah juga akan membangun sebuah patung ikan lumba-lumba dengan tinggi 10 meter serta terbesar di Kabupaten. Dan nantinya akan menjadi ikon dari Pantai Muara Indah.

Lokasi Pantai Muara Indah

Mengenal Pantai MuaraIndah

Pantai Muara Indah ini berada di dekat pusat kota tepatnya di Desa Alfia, Jalan Ahmad Yani No. 6, Kecamatan Gunung Sitoli Utara, Sumatra Utara. Apabila anda berangkat dari Kota Gunung Sitoli anda hanya perlu memakan waktu kurang lebih sekitar 15 menit untuk sampai di lokasi Pantai Muara Indah ini. Apabila anda bingung, gunakanlah aplikasi google maps untuk membantu dan menuntun perjalanan anda menuju Pantai Muara Indah dengan mudah dan lancar.

Anda juga bisa memanfaatkan petunjuk arah yang terdapat di jalan, karena saat ini pemerintah sudah mengembangkan dan memberikan banyak petunjuk yang mempermudah wisatawan mengakses wisata-wisata yang ada di Kepulauan Nias. Kondisi jalan menuju Pantai Muara Indah juga bagus dan relatif aman.

Penginapan di Sekitar Pantai Muara Indah

Aktivitas Menarik di Pantai Muara Indah

Di sekitar Pantai Muara Indah terdapat banyak jasa penginapan yang dapat anda manfaatkan ketika anda ingin menghabiskan malam di Pantai Muara Indah. Beberapa penginapan yang tersedia diantaranya yaitu Charlita Hotel, Nias Palace Hotel, Tinca Hotel, Vera Hotel, dan Binaka Hotel. Anda dapat memilih dengan bebas penginapan mana yang akan anda sewa dan pastikan sesuai dengan kantong anda.

Waktu Berkunjung dan Tiket Masuk Pantai Muara Indah

Lokasi Pantai Muara Indah

Anda dapat dengan bebas keluar masuk Pantai Muara Indah ini kapan pun dan tanpa dipungut biaya. Pantai Muara Indah memiliki lahan seluar 8.000 meter persegi yang masih dalam tahap pengembangan secara berkelanjutan agar semakin layak dijadikan sebagai destinasi wisata unggulan. Tiket masuk yang gratis ini harus anda manfaatkan untuk mengunjungi Pantai Muara Indah. Tetapi jangan lupa untuk tetap selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tidak merusak fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia maupun yang masih dalam tahap pembangunan.

Sekian ulasan mengenai Pantai Muara Indah, semoga dapat anda jadikan sebagai alternatif pilihan liburan anda bersama keluarga, pasangan, maupun teman-teman. Bagaimanapun Destinasi Wisata Pantai Muara Indah merupakan wisata baru yang masih terus dikembangkan oleh pemerintah. Dan kunjungan anda ke Pantai Muara Indah tentunya akan sangat membantu untuk mempromosikan Pantai Muara Indah di kalangan wisatawan khususnya wisatawan dari nasional maupun mancanegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *