Pesona Sigura-gura Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Pesona Sigura-gura Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Diposting pada

Hobi Wisata | Berwisata alam tidak harus melulu mendaki gunung atau melancong ke pantai. Berwisata alam menjadikan air terjun sebagai objeknya juga wajib di coba. Banyak destinasi wisata air terjun di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Sigura-gura di pulau Sumatera.

Pesona Sigura-gura sebagai air terjun tertinggi di Indonesia yang tingginya mencapai 250 meter ini sudah terbukti menkajubkan, banyak wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia yang telah membuktikannya secara langsung. Dan faktanya memang benar menakjubkan.

Daya Tarik Air Terjun Sigura-gura

Pesona Sigura-gura Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Objek wisata air terjun Sigura-gura adalah salah satu objek wisata unggulan masyarakat Sumatera utara. Lokasinya berada di Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi ini tidak berada jauh dari objek wisata fenomenal lainnya di Sumatera yaitu Danau Toba.

Airnya yang tidak pernah lelah untuk jatuh, walupun sudah jatuh berkali-kali, diselimuti suasana alam yang asri dan tebing-tebing terjal itulah sedikit gambaran tentang Air Terjun Sigura-gura. Keindahan air terjunnya yang eksotis ini mampu menggait banyak wisatawan, sehingga air terjun ini tak pernah sepi, selalu saja diramaikan wisatawan yang berkunjung.

Sedari jauh saja, air terjun ini sudah terlihat gagah, apalagi dari dekat, pastinya membuat Anda merasa bangga telah mengunjunginya. Sebelum sesampainya di titik lokasi air terjun, Anda akan disambut dengan gemuruh riuh bunyi air terjun yang mengalir. Masuk lebih jauh lagi makan nuansa alam yang luar biasa indah nan sejuk semakin akan terasa.

Air terjunnya yang mengalir jernih seindah air terjun Sigura-gura ini sangat memanjakan mata, bahkan hati dan  pikiran pun juga kan ikut segar ketika menyaksikan pesonannya. Tempat ini recomendeed banget buat Anda. Pesona air terjun Sigura-gura dijamin merefresh suasana penat Anda.

Keberadaan air terjun ini tak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata andalan, tapi juga memiliki manfaat lebih untuk penduduk sekitar yakni dibangunnya waduk/ bendungan sebagai tempat penampungan air terjun yang nantinya digunakan sebagai sumber irigasi lahan-lahan penduduk sekitar.

Selain itu juga, bendungan tersebut juga digunakan sebagai PLTA alias Pembangkit Listrik Tenaga Air. Bendungan ini dibangun pada bulan Mei 1978 dan selesai pada bulan Desember 1981.

Bendungan ini diberinama “Bendungan Sigura-gura”. Bendunagn ini juga termasuk bendungan terbesar di Indonesia juga lho!. Selain berbasah-basahan atau bermain arung jeram, di tempat ini pula wisatawan mendirikan tenda untuk berkemah di sekitar lokasi air terjun.

Tapi, apa Anda tahu air terjun tersebut sumbernya dari mana?

Sumber air terjun Sigura-gura berasal dari Sungai Asahan yang aliran airnya berasal dari Danau Toba. Sungai-sungai tersebut memiliki arus air yang cukup deras. Selain itu, banyaknya bebatuan yang terjal mengingatkan setiap pengunjung untuk tetap berhati-hati, karena bebatuan yang licin dapat membahayakan Anda.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Sigura-gura

Berbagai aktivitas seru dapat Anda lakukan di Air Terjun Sigura-gura, di antaranya:

  • Berendam di air terjun Sigura-gura membuat tubuh lebih rileks dan segar.
  • Berfoto | Aktivitas yang satu ini wajib banget jangan sampai ketinggalan mengabadikan moment langka berfoto dengan latar belakang air terjun tertingi di Indonesia ini. Air terjun Sigura-gura tentunya akan membuat foto Anda dibanjiri like dari para follower Anda.
  • Arung jeram | Anda dapat melakukan kegiatan yang menguji adrenalin yaitu kegiatan arung jeram (rafting). Seperti yang dikatakan sebelumnya, sungai-sungai yang berada di kawasan air terjun ini memiliki arus yang cukup deras serta kontur bebatuannya sangat cocok untuk dijadikan lokasi arung jeram. Meskipun begitu, Anda harus tetap hati-hati karena bebatuannya cukup licin. Bersenang-senang boleh saja, tetap harus perhatikan keselamatan Anda.
  • Panjat tebing | Olahraga panjat tebing pun dapat Anda lakukan di kawasan Air Terjun Sigura-gura. Kegiatan yang  menguji adrenalin ini terbilang cukup berbahaya. Jika Anda merasa kurang yakin sebaiknya tunda dulu keinginan untuk berolahraga panjat  tebing. Karena aktivitas ini hanya boleh dilakukan oleh setiap orang yang sudah terlatih dan memiliki kemampuan khusus dalam bidang ini.
  • Berkemah (camping) | Untuk Anda yang ingin bermalam di sini sangatlah mudah. Di tempat ini terdapat beberapa area yang dijadikan tempat untuk mendirikan kemah. Areanya cukup memadai untuk membangun beberapa tenda. Dengan bermalam di sana, pastinya ada pengalaman baru yang akan Anda temukan, serta dapat menikmati suasana Air Terjun Sigura-gura kala dikerumuni gelapnya malam.

Lokasi  dan Rute Menuju Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura ini berlokasi di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Lokasinya cukup mudah untuk dijangkap setiap wisatawan. Akses menuju Air Terjun Sigura-gura tidak terlalu sulit. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di kawasan Toba Samosir. Air terjun ini berjarak sekiatr 250 kilometer dari kota Medan.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, atau pun kendaraan yang disewakan. Perjalanan yang cukup jauh ini, tidak akan membuat Anda bosan. Kenapa? Karena sepanjang perjalanan Anda ditemani pesona objek wisata Danau Toba yang memukau.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Sigura-gura

Agar perjalan wisata Anda di tempat wista unggulan di Sumatera Utara ini berjalan seru dan berkesan, ada bebrapa tips wisata di Air Terjun Sigura-gura yang wajib Anda pakai.

Jangan buang sampah sembarangan dan jangan meninggalkan coretan di batu, pohon atau sebagainnya Ini buka hanya sekedar tips, tapi juga peraturan yang wajib ditaati setiap pengunjung. Demi menjaga kebersihan dan keasrian tempat wisata hal tersebut wajib dipatuhi.

Tetap perhatikan keselamatan dan keamanan Anda

Anda yang ingin bermain air atau pun hanya sekedar berfoto. Sebainya perhatikan terlebih dahulu tingkat keamanannya. Itu kan demi keselamatan Anda sendiri.

Pastikan fisik, pesak (dompet), dan mental Anda dalam kondisi yang fit dan memungkinkan untuk melakukan perjalanan wisata alam.

Itulah review singkat Pesona Sigura-gura Air Terjun Tertinggi di Indonesia.jangan tunggu apa-apa lagi segera rencanakan perjalanan wisata Anda menuju tempat secantik, seindah, semenarik air terjun Sigura-gura ini. Happy travelling!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *