Tempat wisata alam di Bandung Instagramable

8 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Diposting pada

Berlibur ke Bandung saat ini menjadi pilihan menarik untuk masyarakat Indonesia, tidak jarang banyak juga wisatawan mancanegara yang tertarik mengunjungi bumi parahayangan ini. Berbagai wisata alam di Bandung menjadi daya pikat para wisatawan. Saat ini sedang trendwisata-wisata yang berbau alam. Entah karena wilayah hijau di Indonesia semakin berkurang atau bagaimana, yang pasti wisata alam beberapa tahun terakhir ini sedang naik daun.

Tentu tidak mau ketinggalan dengan daerah-daerah lain, Bandung berupaya sebaik mungkin mempercatik kawasan-kawasan yang berpotensi menjadi wisata alam di Bandung yang terkenal dan dikandrungi masyarakat luas. Beberapa destinasi wisata alam di Bandung ini bisa menjadi tujuan wisata Anda.

Tempat Wisata Alam di Bandung yang Instagramable

Kawah Putih

Destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey km 11 ini menempati pusat kawasan wisata Ciwidey dan menjadikan kawah ini menjadi kawasan favorit para pelancong. Kawah putih ini merupakan kawah bekas letusan gunung purba Sunda dengan panorama alam yang sangat indah. Panorama yang disuguhkan berupa hamparan pasir putih yang mengelilingi kawah putih. Misteriusnya air di kawah ini selalu berubah warna.

Keunikan dan keeksotisan kawah putih ini malah menjadikan wisata ini sebagai destinasi favorit. Banyak para wisatawan berlomba-lombamembidik pemandangan kawah putih untuk dibagikan pada teman-teman media sosialnya. Bahkan saat ini, banyak fotografer dari amatir sampai profesional menjadikan kawah putih sebagai objek portofolionya. Tidak jarang tempat ini juga dijadikan tempat melakukan sesi foto ­prewedding.

Wisata alam di Bandung ini saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat penginapan  sebagai tempat istirahat para wisatawan yang ingin bermalam. Menarik untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga maupun orang terdekat bukan?

Kawah Rengganis

Bergeser sedikit dari Kawah Putih terdapat destinasi yang patut Anda kunjungi juga yaitu, Kawah Rengganis. Kawah ini tak kalah memukau dengan Kawah Putih. Terletak berdekatan Situ Patengan, destinasi ini terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba. Sebelum dikenal sebagai Kawah Rengganis, kawah ini dikenal sebagai Kawah Cibuni karena letaknya yang masuk Desa Cibuni.

Berbeda dengan Kawah Putih, wisata alam di Bandung ini terdapat banyak bebatuan. Kawah ini juga digunakan untuk mandi dan berendam. Pihak pengelola telah melngkapi fasilitas wisata dengan adanya kolam rendam seperti kolam rendam air panas di kaki Gunung Fuji Jepang yang dimanfaatkan oleh beberapa wisatawan untuk pengobatan alternatif. Biasanya kolam ini akan dipenugi oleh orang tua. Ternyata selain adanya kolam air panas, di Kawah Rengganis juga terdapat makam sehingga tak jarang para wisatawan berpapasan dengan para peziarah.

Untuk Anda yang ingin mandi di kolam air hangat tidak perlu khawatir untuk tempat berganti pakaian karena pengelola telah melengkapi fasilitas toilet selain itu Anda juga tidak perlu mengkawatirkan perut jika sewaktu-waktu kelaparan karena sudah disediakan beberapa resto dan cafe di kawasan wisata ini. Untuk Anda yang beragama Islam, pengelola juga sudah menyediakan tepat ibadah yaitu beruapa Musholla.

Jika Anda kesulitan mencari lokasi wisata ini, silahkan gunakan sewa mobil Bandung saja untuk mempermudahnya.Tujuan wisata ini dibuka 24 jam no-stop karena banyak wisatawan yang berdatangan dari jauh dan baru sampai di lokasi saat malam atau pagi buta. Dari mulut ke mulut kawasan ini dipercaya bisa sebagai obat alternatif jadi wisata inipun semakin banyak menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Gunung Tangkuban Perahu

Tempat wisata alam di Bandung lainnya yaitu Gunung Tangkuban Perahu, destinasi ini sudah menjadi favorit wisatawan saat musim liburan tiba. Ada beberapa orang yang beranggapan belum lengkap rasanya melancong ke Bandung tanpa mengunjungi destinasi wisata alam ini.

Gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat ini terletak sekitar 20 km menuju ke arah Utara Kota Bandung. Di Gunung Takuban Perahu masih ditemui banyak pohon pinus serta hamparan luas kebun teh. Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian sekitar 2.084 m dari permukaan laut. Daerah kawasan ini dibilang cukup dingin karena setiap harinya memiliki suhu sekitar 17 derajat Celcius pada siang hari dan dapat mencapai suhu 2 derajat Celcius saat malam hari.

Pihak Perum Perhutani selaku pengelola wisata alam di Bandung ini sudah menyediakan transportasi menuju puncak Gunung Tangkuban Perahu. Disekitaran tempat parkir kendaraan sudah banyak angkutan khususwisatan Tangkuban Perahu. Dengan sekali bayar saja Anda sudah dapat menikmati fasilitas pulang-pergi. Saat sudah di atas Anda akan dibuat terpana dengan keindahan alam Tangkuban Perahu. Penampakan kawah nan cantik semakin memanjakanmata wisatawan.

Disana Anda juga dapat menyewa kuda dengan pemandunya, jadi jangan takut terjatuh saat menunggangi kuda. Saat ini pengelola juga semakin berbenah untukmempercantik spot-spot menarik Tangkuban Perahu untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan akan hasil jepretan foto yang bagus.

Untuk Anda yang akan memasukan Tangkuban Perahu dalam daftar kunjungan wajib Anda,agaknya Anda harus menyimpan alamat destinasi ini. Gunung Tangkuban Perahu terletak di Gunung Tangkuban Perahu, Sukajaya, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Curug Maribaya

Kumuh, kotor, dan suka menjadi tempat untuk memadu kasih. Itulah yang identik dari Curug Maribaya, tapi tenang saja itu dulu. Sekarang Curug Maribaya semakin mempercantik tampilannya. Setelah melalui proses renovasi yang cukuplama,kawasan ini sekarang berganti pengeloladan berubah menjadi Maribaya Resort Bandung.

Destinasi ini berada sekitar 15 km dari pusat Kota Bandung. Wisata alam di Bandung ini sebenarnya sudah lama ada bahkan sudah berumur pulahan tahun. Disini Anda dapat menikmati keindahan air terjun sekaligus menikmati fasilitas penginapan yang disediakan oleh pihak resort.

Wisata ini masuk dalam kawasan hutan konservasi Raya Juanda. Curug Maribaya ini bagaikan paket lengkap karena pengelola semakin menambah fasilitas untuk memanjakan para wisatawan seprti adanya resto, cafe, taman-taman, toilet, musholla, bahkan kebun bintang mini ada semua disini. Bukannya ini akan menjadi liburan mengasikan untuk Anda dankeluarga?

Perkebunan Teh

Sudah kita ketahui bahwa Bandung identik dengan hamparan luas perkebunan teh, dipinggir-pinggir jalan banyak warung yang menyediakan teh tawar (tanpa gula) secara gratis cuma-cuma. Saat ini spot foto dengan pemandangan hamparan kebun teh sedang naik daun. Hanya dengan modal kamera tanpa harus merogoh kocek untuk tiket masuk wisatawan sudah bisa mendapatkan foto-foto bagus baik untuk koleksi pribadi ataupun dibagikan ke akun sosial media mereka. Dari sekian banyaknya wisata alam di Bandung, bebapa perkebunan teh ini bisa menjadi destinasi wisata Anda.

Perkebunan Teh Rancabali

Di Bandung Selatan memiliki banyak destinasi wisata alam. SelainKawah putih dan pemandian air panas, di Bandung Barat juga terdapat Perkebunan Teh Rancabali. Berlokasi sekitar 50 km sebelah Selatan Kota Bandung dengan ketinggian kurang lebih 1.628 km diatas permukaan air laut.

Di Perkebunan Teh Rancabali ini memiliki beberapa titik air terjun bertingkat disekitaran pohon teh. Para wisatawan yang berkunjung dapat melakukan beberapa aktifitas hiburan seperti melihat proses penanaman, pembibitan, pemetikan, pemangkasan, hingga pengolahan daun teh. Akan menjadi liburan yang seru tanpa harus menyiapkan dana besar.

Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan yang dikelola oleh PTPN VII Wisma Malabar ini berlokasi di ketinggian 1.550 diatas permukaan laut. Dengan suhu rata-rata diatas 20 derajat Celcius ini semakin membuat nyaman para wisatawan yang berkunjung. Wisata alam di Bandung ini memiliki sejarah cukup berarti karena ada makan dan rumah peninggalan Meneer Bosscha yang terletak di tengah-tengah perkebunan teh yang ditutupi hutan kecil. Kondisinya cukup terawat dengan dikelilingi pagar tanaman. Disini pihak pengelolajuga menyediakan wisma-wisma untuk penginapan wisatawan.

Perkebunan Teh Patuha

Laham hasil dari letusan gunung berapa pada sekitar abad 10-12 menjadikan kawasanini cocok untuk ditanami pohon teh. Aroma khas teh yang dihasilkan oleh Perkebunan Teh Patuha ini menjadi daya pikat wisatawan. Daun teh yang sudah dipanen para pekerja dioleh langsung di sekitar kawasan perkebunan sehingga para wisatawan dapat melihat langsung proses pengolahan teh dan dapat langsung menyeduh teh panas khas Patuha.

Itulah beberapa informasi tempat wisata alam di Bandung yang bisa Anda masukan kedalam daftar liburan impian Anda. Lebih baik mencari banyak informasi terlebih dahulu sebelum mengunjungi destinasi-destinasi impian Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *