Wisata Sampuran Putih Negeri Sua

Diposting pada
Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Utara, salah satu bagian dari kota Medan ini memiliki keanekaragaman sumber daya alam sehingga memiliki peluang investasi yang cukup menjanjikan. Bukan hanya sumber daya alam yang besar, kabupaten Deli Serdang juga memiliki keanekaragaman budaya, yang diramaikan oleh hampir semua suku yang ada di nusantara. Suku asli penghuni Deli Serdang adalah Suku Melayu yang penamaan kabupaen ini juga di ambil dari dua kesultanan Melayu yakni Deli Sn Serdang Suku Karo dan Simalungun, serta beberapa suku pendatang lain yang dominan seperti suku Batak, Jawa, Minang, Banjar, dan lain-lain.

Wisata Sampuran Putih Negeri Sua

Jika kita berbicara tentang Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, maka ada begitu banyak objek wisata yang ada di kabupaten ini yang masih belum disentuh secara profesional oleh dinas terkait. Objek wisata itu salah satunya adalah Air Terjun Sampuran Putih dan Sungai Dua Rasa. Berdasarkan informasi air terjun yang masih natural ini selama ini keberadaannya diketahui masyarakat kota Medan dan Deli Serdang hanya dari ‘mulut ke mulut’ saja.letak dari Objek Wisata Air Sampuran Putih dan Sungai Dua Rasa ini berdekatan dalam satu lokasi, lebih tepatnya terletak di Desa Cinta Rakyat/Basukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara (Sumut)
Air Terjun Negeri Suah Sampuran Putih
Air Terjun Negeri Suah Sampuran Putih
Tempat wisata Air Terjun Sampuran Putih atau lebih sering dikenal dengan Air Terjun Negeri Suah ini konon ceritanya berdasarkan cerita masyarakat tercipta dari perseteruan dua abang beradik yang sedang jatuh cinta dengan seorang gadis. Karena sang abang iri melihat adiknya, dia lalu membawa adiknya ke atas gunung. Setelah sampai diatas gunung, abang meminta sang adik untuk turun dengan menggunakan tali. Namun ketika sang adik turun, dengan tega sang abang memutus tali tersebut hingga sang adik jatuh dan mati ditempat. Lalu diketahui bahwa letakjatuhnya sang adik itu akhirnya membentuk tujuh tingkatan air terjun dan diberi nama sampuran putih, yakni air terjun berwarna putih.

Daya Tarik Wisata Sampuran Negeri Putih Sua

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter dan memiliki tujuh tingkatan air namun hanya dapat dilihat satu tingkatan saja karena sisanya tertutup oleh bebatuan. secara keseluruhan tinggi dari air terjun ini adalah mencapai 150 meter melewati tebing curam dan berkelok membentuk aliran sungai Lau Jabi yang banyak mengandung belerang. Kemudian pada tingkatan terakhir sebelum jatuh ke tanah, air terjun seperti keluar dari mulut goa yang memiliki diameter 10 meter. Dan ketika air jatuh dari ketinggian membentuk buih berwarna putih.

Daya Tarik Wisata Sampuran Negeri Putih Sua
  • Jalur perjalanan dan lokasi ke air terjun ini masih sangat asri dan sejuk karena banyak hutan disekitarnya.
  • Air terjun Sampuran ini merupakan kawasan hutan tropis Bukit Barisan yang akan memberi efek sejuk dan terasa menyegarkan.
  • Pemandangan yang hijau sejauh mata anda memandang akan membuat anda selalu bersyukur terhadap sang pencipta.
  • Belerang yang terkandung di Air Terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit, hal ini menyebabkan banyak pengunjung yang tak ingin menyia-nyiakan kesempatan dengan berendem di aliran sungai.
  • Anda harus melewati hutan lebat untuk menuju lokasi ini, namun anda tidak perlu khawatir karena keasrian pemandangan yang ada masih terjaga sehingga membuat perjalanan sepanjang menyusuri hutan menjadi menyenangkan.
  • Karena lokasi nya yang sulit dijangkau menjadikan tempat ini masih asri, jauh dari sampah yang disebabkan oleh wisatawan yang tidak bertanggung jawab.
  • Air terjun ini memiliki keunikan yakni jika anda ingin mandi dan merasakan sensasi air terjun maka anda harus berhati-hati ketika air sudah mencapai pinggang anda. karena hal ini dapat menyebabkan seseorang masuk kedalam air yang lebih dalam
Transportasi dan Akses Menuju Sampuran Putih Negeri Sua

Transportasi dan Akses Menuju Sampuran Putih Negeri Sua
Wisata Sampuran Putih Negeri Sua terletak 2 jam dari kota Medan berjarak sekitar 50 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam melewati Patumbak atau lewat Bandar Baru atau sekitar 45 menit dari kecamatan Sibolangit. Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor dengan melewati sekitar 3 desa dengan kondisi jalan menuju ke lokasi yang cukup baik. Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum naik angkutan dari arah Simpang Bukum, Bandar Baru menuju Desa Suka dengan waktu sekitar setengah jam.

Setelah anda sampai di lokasi desa Cinta Rakyat anda akan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak di bibir jurang di tepi sungai Lau Seruway dengan menelusuri hutan dan perkebuna kurang lebih 300 meter hingga anda tiba di pintu masuk.

Fasilitas dan Akomodasi
Tersedia banyak warung makan yang lokasinya tak jauh dari lokasi air terjun, serta ada pondok untuk beristirahat dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 150.000 ribu per malam.

Tips Berwisata di Wisata Sampuran Putih Negeri Sua

Tips Berwisata di Wisata Sampuran Putih Negeri Sua

·   Hal pertama yang harus anda perhatikan jika berkunjung ke wisata ini adlaah anda harus menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh karena akan mempengaruhi proses tracker. Perjalanan yang anda lewati merupakan jalan yang curam dan menakutkan, sehingga jika anda tidak berhati-hati maka anda akan jatuh ke bawah.
·      Bawalah makanan sendiri untuk menghemat biaya liburan anda
·      Bawalah barang-barang bawaan seperlunya agar tidak menumpuk dan keberatan
·      Sebelum berangkat, lihatlah perkiraan cuaca karena cuaca buruk akan mengganggu wisata anda
·     Datanglah pada hari biasa, karena jika hari libur akan sangat banyak pengunjung yang data ke Air Terjun Sampuran Putih Negeri Sua sehingga akan mengganggu kebebasan iburan anda
·      Bawalah baju ganti minimal 2 pcs dan juga sunblock karena di air terjun ini anda akan bermain air dan berbasah-basahan.
·   Jangan lupa juga untuk membawa handuk, makanan dan minuman ringan karena belum banyak terdapat warung menuju ke lokasi ini, serta bawalah obat-obatan yang mungkin anda butuhkan.
·   Keamanan juga harus anda perhatikan seperti sepatu yang kuat serta tidak licin, jaket, baju ganti dan juga kayu sebagai penopang anda untuk berjalan.
·      Anda juga harus membawa perlengkapan P3K, karena cedera kecil seperti luka akibat ranting atau kayu kecil serta bebatuan tajam yang biasanya sering terjadi. Anda juga harus tetap waspada pada gigitan binatang kecil seperti lintah dan pacet yang harus segera ditangani.
·   Jika anda ingin berhemat, anda harus membawa bekal sendiri saat trecking. Karena setelah anda lama berendam di Air Terjun maka anda akan merasakan lelah, nah untuk mencegah kehabisan tenaga, ada baiknya jika anda menyiapkan bekal dari rumah. Jika anda membeli makan di daerah sekitar maka anda akan menghabiskan banyak uang.
·  Ketika anda sedang berenang atau berendam di sekitar air terjun, cobalah untuk tetap berkomunikasi dengan teman-teman anda. jika tidak ada pantauan, maka kemungkinan anda akan terseret oleh arus

Itulah beberapa informasi tentang Wisata Sampuran Negeri Suah, nikmatilah keindahan yang diciptkan Tuhan dengan berwisata di Sumatera Utara. semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *