Tempat Wisata Populer
Image default
HobiWisata » Wisata Sungai Sembahe Deli Serdang
Uncategorized

Wisata Sungai Sembahe Deli Serdang

Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Utara, salah satu bagian dari kota Medan ini memiliki keanekaragaman sumber daya alam sehingga memiliki peluang investasi yang cukup menjanjikan.
Tiga kotamadya yang dulu melingkari wilayah ini yakni kota Medan ibukota Provinsi Sumatera Utara, kota Bijai dan kota Tebing Tinggi disamping perbatasan dengan beberapa kabupaten Langkat, Karo, Simalungun. Kabupaten Deli Serdang memiliki motto seperti Lambang Daerahnya yakni “Bhinneka Perkasa Jaya” yang berarti “dengan masyarakat yang beraneka ragam suku, agama, ras dan golongan bersatu dalam kebhinekaan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia sehingga menjadi keperkasaan dan kekuatan untuk mengantarkan masyarakat kejayaan dan kesejahteraan sepanjang masa”.
Bukan hanya sumber daya alam yang besar, kabupaten Deli Serdang juga memiliki keanekaragaman budaya, yang diramaikan oleh hampir semua suku yang ada di nusantara. Deli Serdang memilikibeberapasukasliantaranyaadalah Suku Melayu yang penamaan kabupaen ini juga di ambil dari dua kesultanan Melayu yakni Deli Sn Serdang Suku Karo dan Simalungun, serta beberapa suku pendatang lain yang dominan seperti suku Batak, Jawa, Minang, Banjar, dan lain-lain. Kota Medan juga memiliki banyak destinasi wisata terutama di Kabupaten Deli Serdang ini.Tentang Wisata Sungai Sembahe

Salah satu destinasi wisata yang harus anda coba adalah Wisata Sungai Sembahe, tempat wisata yang cocok bagi anda penggemar wisata air. Sungai Sembahe merupakan tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan jika anda sedang berkunjung di kota Medan. Sungai Sembahe terletak di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang yang jaraknya tidak jauh dari kota Medan dan dapat anda tempuh menggunakan kendaraan bermotor dari Medan menuju Berastagi.
Mengenal Tentang Wisata Sungai Sembahe
Nama Sembahe merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara yang merupakan lokasi dari tempat wisata pemandian sungai yang besar dan aliran yang panjang. Tempat wisata sungai Sembahe ini dikenal sebagai pemandian aliran Alam Sembahe yang akan menawarkan suasana yang sejuk, pemandangan batu-batu besar, dan air yang dingin. Desa Sembahe ini telah menjadi sebuah desa wisata saat ini, karena ditengah desa ini telah mengalir sungai Lau Biang yang berhulu dari Pegunungan Bukit barisan di kabupaten Karo dan sekitarnya sehingga menjadikan desa ini menjadi objek wisata alam yang banyak dikunjungi oleh masyarakat.Fasilitas Wisata Sungai Sembahe

Lokasi Sungai Sembahe ini biasanya ramai dikunjungi pada hari ibur biasa seperti hari sabtu minggu atau pada hari libur nasional, seperti pada hari libur tahun baru kemaren misalnya. Banyak pengunjung yang datang umumnya adalah rombongan keluarga, komunitas-kumintas mobil motor bahkan keagamaan juga berwisata ke tempat ini, tidak sedikit pula para remaja ABG yang ingin menghabiskan waktu di Sungai Sembahe ini. Harga tiket masuk pengunjung adalah sekitar Rp 5000 per orang, merupakan harga yang murah bukan untuk fasilitas berenang dan menikmati wisata air sungai sembahe.Daya Tarik Wisata Sungai Sembahe

Daya Tarik Wisata Sungai Sembahe
  • Sungai atau pemandian alam Sembahe ini memiliki kesamaan dengan sungai lain yang pernah anda kunjungi, namun karena letaknya di daerah pegunungan menjadikan tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri oleh para pengunjung.
  • Air yang mengalir memiliki arus yang tidak terlalu besar dan suhu air juga yang dingin membuat tubuh anda akan terasa segar dan semangat kembali untuk menjalani kehidupan.
  • Sungai Sembahe merupakan kawasan pedesaan sehingga udara yang terasa masih asri dan alami
  • Memiliki pemandangan sekitar sungai yang indah berupa pepohonan hijau nan rindang dan bebatuan besar.
  • Karena arus air sungai yang sedang dan tidak terlalu deras sehingga cocok bagi anak-anak yang ingin bermain arung jeram
  • Tak jarang masyarakat sekitar yang memancing ikan di Sungai Sembahe ini, namun jika anda ingin memnacing maka anda harus membawa peralatan sendiri karena disana tidak menjual atau menyewakan alat pancing
  • Jika anda memiliki hobi berenang atau tidak bisa berenang,anda tidak perlu khawatir karena di Sungai Sembahe ini juga ada penyewaan ban.
  • Anda dapat berendam di sungai ini, tepatnya di pagi hari karena matahari baru menyingsing sehingga bagus dan cocok untuk kulit anda. tidak hanya berendam anda dapat berjemur di atas bebatuan yang ada disungai ini sambil menikmati hangatnya sinar matahari.
  • Anda dapat duduk-duduk di pondok yang ada di tepi sungai.
  • Keamanan di sungai Sembahe ini juga terjamin, karena telah diberi pembatas arus berupa tali dan bambu sehingga aman untuk keluarga anda, terutama untuk anak-anak.
  • Karena merupakan sumber air bagi warga sekitar Sembahe dan sering dimanfaatkan untuk kebutuhan air sehari-hari mereka.
  • Sungai ini memiliki air yang mengalir dengan tenang ditambah riak-riak air sehingga terasa sangat menggoda anda untuk melompat terjun ke dalam sungai Sembahe.
  • Bebatuan yang ada di Sungai Sembahe merupakan gambaran manusia, berdasarkan asumsi masyarakat menyatakan bahwa objek tersebut merupakan relief dari makhluk yang masih menjadi fenomena dan mengundang pro dan kontra dari kalangan masyarakat luas. Bentuk batu kerucut berukuran 5×3 meter dan terdapat mulut goa yang berukuran 50×60 cm.
  • Jika anda mengintip kedalam isi gua kecil tersebut, anda dapat melihat singgasana kecil yang ada meskipun areanya tidak terlalu luas
Destinasi Wisata Sungai Sembahe
Fasilitas Wisata Sungai Sembahe

  • Sungai ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang mendukung liburan anda, seperti mushola, WC atau toilet umum dan tempat ganti jika ingin berenang.
  • Area parkir yang luas.
  • Ada banyak warung makan yang menyediakan banyak menu makanan.
  • Jika anda ingin menginap, di Wisata Sungai Sembahe juga menyediakan pondok-pondok untuk istirahat dengan harga yang terjangkau. Harga pondok yang ada pintu nya sekitar Rp 35.000, harga pondok yang dinding pembatasnya pendek dan tidak ada pintunya sekitar Rp 25.000, dan untuk harga pondok tikar adalah Rp 15.000

Mengenal Tentang Wisata Sungai Sembahe

 

Transportasi dan Akses ke Wisata Sungai Sembahe
Tempat wisata Sungai Sembahe ini terletak di pinggir jalan lintas Medan-Berastagi sehingga untuk sampai kesini tidaklah sulit. Waktu yang andabutuhkanadalahsekitar 1 jam dari kota Medan untuk sampai di sungai ini, anda dapat menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, ataupun angkutan umum seperti Bus jurusan Medan-Berastagi dengan harga Rp 15.000.
Tips Berwisata di SungaiSembahe
  • Melakukan wisata di sungai merupakan liburan yang beraneka aktivitas, berikut beberapa tips liburan di sungai agar semakin seru :
  • Ada baiknya jika anda mencari tahu informasi tentang objek wisata sungai yang anda tuju
  • Anda harus selalu mengutamakan keselamatan, jika anda menikmati sungai dengan naik perahu maka anda harus memastikan bahwa perahu tersebut aman, jika anda bermain air anda juga harus melihat kondisi sungai dimana bagian sungai yang dangkal dan dimana bagian yang dalam untuk mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan
  • Bawalah sunblock atau tabir surya untuk mencegah masuknya terik matahari ke kulit anda
  • Buanglah sampah pada tempatnya
  • Selalu awasi anak-anak jika anda bermain bersama keluarga
Itulah beberapa informasi tentang Wisata Sungai Sembahe, jika anda berkunjung ke Medan maka sempatkan diri anda untuk mencoba dinginnya air di Sungai Sembahe ini. semoga artikel ini bermanfaat