12 Wisata Bawah Laut Indonesia yang Bikin Kagum Dunia

Diposting pada

Wisata Bawah Laut Indonesia | Indonesia sebagai negara perairan (maritim) terbesar di dunia. Tentu tidak mengherankan apabila memiliki banyak destinasi wisata pantai dan bawah lautnya yang sungguh “aduhai cantiknya”. Banyak tempat wisata pantai di Indonesia yang mampu bersaing di kancah dunia.

Keindahan pantai maupun bawah lautnya sama-sama menakjubkan. Pemandangannya yang luar biasa indah itu tidak hanya membuat kagum warga lokal. Tapi juga warga dunia ikut terkagum-kagum. Berikut ini destinasi wisata di Indonesia dengan pesona bawah lautnya yang memukau. Inilah Daftar 12 Wisata Bawah Laut Indonesia yang Bikin Kagum Dunia.

Daftar Wisata Bawah Laut Indonesia Yang Mendunia

Wisata Air Bawah Laut Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan yang dikelilingi berbagai pulau kecil ini memiliki daya tarik tersendiri dalam memikat hati setiap wisatawan yang berkunjung. Salah satunya adalah pesona bawah lautnya yang memanjakan mata. Anda dapat melakukan diving atau pun snorkeling ria, airnya sangat jernih dan bersih, kumpulan biota laut langka akan Anda jummpai di sana.

Untuk mengunjunginya, Anda disarankan datang pada permulaan Oktober karena air lautnya lebih tenang. Destinasi wisata yang ada di Papua Barat ini memang terbilang jauh, tapi perjuangan Anda akan terbayar dengan sejuta pesona yang disajikan Raja Ampat.

Tempat Wisata Air Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Tak perlu jauh-jauh, ternyata di kepulauan Seribu kota Jakarta pun terdapat suguhan pesona bawah laut yang elok dan cantik. Berjarak 45 kilometer dari kota Jakarta. Tempat ini banyak dikunjungi berbagai wisatawan baik yang domestik maupun mancanegara.

Pulau Sangiang Yang Indah

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang bak mutiara berharga di kota Banten. Tak hanya pesona pesisirnya yang eksotis tapi juga pemandangan bawah lautnya yang memukau. Anda dapat menikmati berbagai biota laut yang indah nan mempesona ketika melakukan snorkeling. Terdapat beberapa spot yang bagus untuk kegiatan snorkeling di Pulau Sangiang, di antaranya:

  • Lagon Bajo, dari bibir pantai saja terumbu karang sudah terlihat jelas, mungkin dikarenakan airnya yang sangat jernih dan bersih
  • Spot selanjutnya yang tak jauh dari spot pertama ialah Lagon Waru. Di spot ini, airnya lebih dangkal dan pemandangan karang-karang pun semakin terlihat jelas, meskipun dari permukaan air saja.
  • Tak perlu takut snorkeling, karena Anda akan ditemani beberapa guide yang mengawasi dan memandu kegiatan Anda. Pulau Sangiang ini memiliki pemandangan bawah laut yang indah serta terumbu karang yang terjaga kelestariannya. Pokoknya pulau ini cocok banget buat yang suka snorkeling atau pun diving.

Wisata Air Bawah Laut Tulamben Bali

Tulamben, Bali

Pesona bawah laut yang ditawarkan pantai Tulamben Bali ini ada yang unik lho! Salah satunya yaitu adanya bangkai kapal yang mengaram saat Perang Dunia II terjadi. Kapal ini disebut-sebut milik Amerika Serikat yang sudah berevolusi menjadi tempat tinggal berbagai biota laut.

Bangsring Underwater

Keindahan bawah air selanjutnya adalah bangsring underwater yang lokasinya tak jauh dari kota Banyuwangi, jaraknya hanya sekitar 9 kilometer dari pusat kota. Tempat yang sudah hampir empat tahun dibuka ini menawarkan pesona bawah laut yang tak kalah cantik.

Tak hanya pesona terumbu karangnya, melainkan ikan hias yang bertebaran di perairan bangsring underwater ini juga memikat hati untuk menyelam dan menyaksikannya langsung.

Sekurang-kurangnya terdapat 500 jenis ikan yang berasal dari 15 spesies tersebar menghiasi perairan ini. Untuk melakukan snorkeling cukup siapkan tekad dan mental yang kuat, kalau mengenai peralatannya di tempat ini sudah tersedia secara lengkap, bahkan kamera pun tersedia di tempat ini.

Taman Nasional Bunaken

Siapa sih yang tidak kenal dengan Taman Nasioanal Bunaken. Taman Bunaken ini adalah salah satu wisata bawah air terbaik di Indonesia. Pemandangan bawah lautnya tidak dapat diragukan lagi, keindahannya senantiasa terjaga dengan lestari.

Taman laut yang telah mendunia ini teletak di Sulawesi Utara. Karena keindahannya dan kekayaan bawah lautnya tersbutlah Taman Nasional Bunaken tercatat dalam daftar UNESCO.

Taman Laut Wakatobi Andalan Indonesia

Taman Laut Wakatobi

Wakatobi. Nama ini, pasti terdengar akrab di telinga para pecinta wisata pantai. Salah satu pantai yang berada di Sulawesi Tenggara ini memiliki pesona keindahan alam yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Untuk Anda yang pertama kali berkunjung, jangan heran kalau kecantikan bawah lautnya membuat Anda jatuh hati dan kecanduan untuk kembali berkunjung ke Taman Laut Wakatobi ini.

Wisata Karimun Jawa

Taman Laut Karimun Jawa

Pemandangan bawah laut yang langka dan unik akan Anda temui di taman Laut Karimun Jawa. Daya tarik utamanya adalah adanya karang merah dan karang hitam yang tersebar rapi bak disusun. Taman laut karimun Jawa ini sangat eksotis banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang terpikat panoramanya.

Taman Laut Kepulauan Togean

Kepulauan ini termasuk dalam kawasan coral triangle atau wilayah segitiga perairan laut tropis terbesar di dunia yang memiliki aneka terumbu karang lebih dari 500 spesies.

Pecinta wisata bahari, tak perlu berpikir panjang lagi untuk mengunjungi Taman laut Kepulauan Togean ini.

Taman Laut Takabonerate

Sulawesi memang tidak ada habisnya, selalu saja ada destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi. Taman Laut Takabonerate Di Sulawesi Selatan adalah salah satu diantaranya.

Jaraknya hanya 300 kilometer dari kota Makassar. Di sana pemandangan pantai yang sama indahnya dengan bawah lautnya akan menjadi teman Anda berwisata yang paling setia.

Taman Laut Kepulauan Derawan

Sebagian besar pecinta kegiatan diving pasti sudah mengetahui kabar baik yang satu ini. Taman Laut Kepulauan Derawan ini mendapat peringkat ketiga sebagai destinasi wisata menyelam bertaraf internasional.

Wah, lagi-lagi Indonesia dibuat bangga dengan pesona alamnya ya. Selain itu, Anda juga bisa bersnorkeling ria menikmati keindahan terumbu karang yang dihiasi iakn karang dalam jumlah yang banyak yakni sekitar 832 spesies.

Taman Laut Banda

Beranjak ke Maluku, di sana terdapat taman laut yang memukau yaitu Taman Laut Banda. Taman ini termasuk taman laut terindah di Indonesia dengan beragam biota laut yang dapat membuat penontonnya “ternganga” kagum.

Taman Laut Banda terkenal dengan aneka ikan kecil warna-warni cantik yang menghiasi bawah lautnya. Setidaknya laut ini dihiasi dengan 871 spsies ikan termasukpopulasi hiu dan ikan kerapu yang langka. Taman Laut Banda ini adalah surga bawah lautnya Indonesia yang tak bisa Anda lewatkan keindahannya.

Deretan 12 wisata bawah laut Indonesia di atas adalah surga tersembunyi di Indonesia yang mulai eksis dan membawa nama baik Indonesia di taraf Internasional. Jadikan liburan Anda lebih berkesan dan penuh makna dengan menikmati keindahan alam dari Sang Pencipta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *