Makanan Khas Lombok di Buru Wisatawan Yang Berkunjung Ke NTB

Diposting pada

Makanan Khas Lombok | Wow, kali ini team Hobi Wisata masih berada di Pulau Lombok Nusa tenggara Barat. Setelah lelah menjelajahi keindahan tempat wisata di Lombok, saat nya team menjelajahi makanan khas Nusa Tenggara Barat yang enak banget.

Lombok tidak hanya surganya wisata denganĀ  pemandangan yang alami, laut yang cantik dan banyak pesona-pesona lainnya. Pulau Lombok juga kaya dengan wisata kuliner, masakan yang kamu temui di Lombok juga beragam dan luar biasa enaknya. Banyak kuliner yang ada memang benar-benar makanan khas pulau Lombok.

Makanan yang ada di Lombok beragam jenisnya, ada yang berasal dari kekayaan laut Lombok dan ada juga dari berbagai jenis pangan lainnya. Jadi tidak hanya membuat mata kembali segar setelah memandang keindahan alam Lombok, namun kamu akan merasakan kenikmatan dengan sajian makanan khas Lombok.

10 Makanan Khas Lombok Bikin Ketagihan

Berikut rangkuman beberapa makanan khas di Lombok dan yang paling favorit diburu oleh para wisatawan. Pastikan buat kamu yang sudah berencana akan ke pulau Lombok, wajib merasakan kelezatan makanan khas NTB dibawah ini.

Nasi Kotaraja Makanan Khas NTB

Nasi Kotaraja Lombok - Makanan Khas Lombok
Menikmati nasi kotaraja dengan sambal sabie

Kuliner yang satu ini adalah yang paling khas dari pulau Lombok, Nasi Kotaraja memiliki tampilan yang sangat sederhana berbeda dengan kuliner lainnya yang sering kamu temui. Akan tetapi meskipun tampilannya yang sangat sederhana cita rasa dari Nasi Kotaraja sangat lezat.

Nasi Kotaraja adalah nasi yang di hidangkan dengan Jangan Arit serta Sambal Sebie. Jangan Arit itu sendiri merupakan makanan yang diolah dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu yang khas. Selain itu bumbu khas yang digunakan telah dijemur terlebih dahulu sebelum digoreng.

Bagaimana dengan Sambal Sebie? Sambal Sebie ialah bumbu khas Lombok yang berbahan dasar dari cabe rawit hijau. Lalu dimana kita bisa menemukan makanan khas NTB satu ini? Kamu bisa menikmati kuliner yang satu ini di Desa Kotaraja, Lombom Timur.

Kelaq Kelor Makanan Khas Lombok Timur

Kelaq Kelor - Makanan Khas Lombok Timur
Kelaq Kelor asli bikin seger tubuh mu

Nama Kelor mungkin tidak terdengar asing bagi beberapa orang bukan? Ya Kelor disini ialah daun Kelor. Jenis sayuran ini yang dijadikan sebagai bahan olahan makanan yang sangat enak. Sayuran ini mungkin memang sudah sangat jarang ditemui di kota-kota besar, namun untuk di daerah Lombok Daun Kelor masih mudah didapatkan.

Masyarakat Lombok sangat menyukai sayuran Kelor ini. Makanan yang berasal dari olahan Daun Kelor merupakan salah satu makanan khas Lombok Timur. Kamu yang berada di Lombok Timur akan banyak menemukan kuliner yang satu ini.

Ikan bakar Pantai Nipah

Ikan bakar di Pantai Nipah Lombok NTB
Langsung lapar kalau mencium aroma ikan bakar Nipah

Kuliner yang satu ini benar-benar wajib kamu nikmati saat berada di Lombok. Ikan Bakar Pantai Nipah merupakan salah satu makanan khas Lombok yang populer bagi wisatawan dan masyarakat lokal sendiri.

Ikan bakar ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal plencing. Tidak hanya itu beberapa penjual ada yang menyajikannya bersama beberuk. Kamu akan banyak menemui pedagang Ikan Bakar ini didaerah jalan perbukitan Malimbu hingga ke Pantai Nipah. Pengunjung bisa menyantap Ikan Bakar sambil menikmati pemadangan yang indah di sekeliling mereka.

Beberuk Terong

Makanan Khas NTB - Beberuk Terong
Beberuk Terong yang bergizi makanan khas warga NTB

Makanan khas di Lombok yang satu ini berbahan dasar olahan terong. Ada dua jenis terong yang bisa diolah menjadi Beberuk Terong yaitu terong bulat dan terong panjang. Biasanya terong bulat mentah akan langsung dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan bumbu dan sambal khas Lombok. Untuk terong panjang harus dibakar terlebih dahulu.

Terong tersebut akan disuir-suir untuk kemudian dicampurkan dengan sambal plecing. Makanan khas NTB ini tidaklah sulit untuk kamu temukan. Karena sebagian besar warung makan yang ada di Lombok menjual makanan yang satu ini.

Kelaq Lebui

Makanan Khas di Lombok Kelaq Lebui
Menikmati olahan kacang kedelai di Lombok NTB

Kelaq Lebui, nama yang unik bukan dan juga sangat terdengar asing bagi kita yang bukan asli Lombok. Makanan khas dari Lombok yang satu ini sangat pas disantap dengan nasi yang masih hangat, selain itu Kelaq Lebui memiliki rasa pedas dan juga asam. Kelaq Lebui berasal dari olahan biji kedelai hitam yang kemudian diolah dengan menggunakan bumbu kuah yang memiliki rasa asam.

Tidak hanya berbahan dari kedelai hitam, Kelaq Lebui yang mirip dengan makanan dari kacang hijau ini juga dimasak bersama dengan sayuran seperti daun kemangi yang mengeluarkan bau yang wangi. Untuk bumbu pelengkap lainnya ada tomat, bawang merah, bawang putih, dan juga terasi.

Sate Rembiga

Deretan kuliner khas Lombok yang wajib dicoba ialah Sate Rembiga. Makanan ini berbahan dasar daging yang kemudian diolah menggunakan cara unik Kota Mataram. Pilihan untuk Sate Rembiga ada 3 jenis yaitu sate daging, sate pusut, dan ada juga sate hati babi.

Jenis kuliner yang satu ini penyajiannya dengan lontong tidak dengan nasi. Sate Rembiga ini dapat kamu temui di darah Rembiga tepatnya berada di wilayah Mataram.

Ayam Taliwang Salah Satu Makanan Khas Lombok Yang Terkenal

Ayam Taliwangan Makanan Khas Dari Lombok
Terkenal hingga luar negeri – Ayam Taliwang

Makanan yang satu ini kemungkinan sudah ada tersebar diberbagai kota-kota yang ada di Indonesia, kuliner khas Lombok yang satu ini juga sangat wajib kamu coba saat berlibur di pulau Lombok. Ayam Taliwang ini ialah ayam yang dimasak menggunakan bumbu-bumbu khas Lombok dan kemudian dibakar, tetapi ada juga beberapa pedang yang menggorengnya.

Ayam Taliwang berasal dari Kota Mataram, lokasinya tepatnya berada didaerah Saying-Sayang.

Kelaq Sebie

Sebelumnya ada kuliner khas Lombok bernama Kelaq Lebui dan sekarang kuliner lainnya bernama Kelaq Sebie. Kuliner yang satu ini terkenal dengan makanan paling pedas yang ada di Lombok. Kenapa? Bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ialah cabe rawit hijau, bahkan cabe yang akan digunakan untuk membuat makanan ini bisa menghabiskan 1 Kg cabe rawit. Cabe rawit tersebut akan diiris-iris kemudian dicampur bersama dengan bumbu lain seperti bawang, terasi, dan juga tidak lupa santan.

Biasanya Kelaq Sebie disantap bersamaan dengan ikan tongkol dan beberapa sayuran lainnya. Karena kuliner yang satu ini sangat terkenal sebagai makanan khas NTB, maka kamu tidak akan kesusahan menemukannya. Berani untuk mencoba Kelaq Sebie? Langsung saja.

Ares

Selanjutnya makanan khas Lombok lainnya ialah Aren. Kuliner yang satu ini menggunakan bahan dasar yang berbeda dengan makanan khas lainnya. Ares dibuat dari olahan batang pohon pisang. Pada zaman dahulu Ares hanya akan dihidangkan saat acara adat tertentu, namun seiring perkembangan zaman Ares sudah banyak tersebar di pulau Lombok.

Lombok benar-benar mengejutkan bukan? Untuk membuat Ares pohon pisang yang digunakan ialah pohon pisang kapok dan batang pohon yang akan digunakan ialah batang yang masih muda. Selain itu Ares ini juga diolah bersama bumbu khas lainnya.

Nasi Puyung

Berikutnya kuliner khas dari pulau Lombok ialah Nasi Puyung. Makanan ini merupakan nasi campur dan memiliki ciri yang sangat pedas. Dalam Nasi Puyung ini terdapat kentang yang digoreng kremes, sambal, biji kedelai goreng serta sambal daging. Sambal yang digunakan untuk Nasi Puyung adalah sambal khas dari suku Sasak yang ada di Lombok.

Nasi Puyung paling banyak terdapat didaerah Lombok Tengah, namun jika kamu tidak berencana berwisata ke Lombok tengah Nasi Puyung ini bisa ditemukan pada beberapa warung makan sekitaran Bandara Internasional Lombok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *