2 Tempat Wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan Ini Wajib Mampir

Diposting pada

Tempat Wisata di Banjarmasin | Pulau kalimantan memang cukup terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak hutan belantara serta sungai-sungai yang tersebar luas di penjuru pulau. Namun di balik kondisi alam yang maish sangat alami. Tersimpan banyak objek wisata yang cukup terkenal di masyarakat luas.

Saat Bekunjung ke Kalimantan terutama wilayah kalimantan selatan tepatnya di Banjarmasin, anda akan disuguhi dengan berbagai jenis tempat wisata yang menarik dan tak bisa ditemukan didaerah lain.

Kota Banjarmasin mendapat julukan sebagai kota dengan seribu sungai. Karena saat berada di kota ini anda akan melihat banyaknya sungai yang membelah kota banjarmasin. Diantara sekian banyaknya sungai yang terdapat di banjarmasin, ada beberapa sungai yang cukup terkenal yakni sungai barito, sungai sipandai dan sungai martapura.

Kota Banjarmasin Menjadi Daya Tari Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Kawasan Kota Banjarmasin sendiri memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 72 kilometer persegi yang terdiri atas 25 pulau-pulau kecil. Saat berada di kota Banjarmasin, sempatkan diri untuk datang berkunjung ke pasar terapung. Dimana segala aktifitas perekonomian seperti jual beli dilakukan diatas sungai dengan menggunakan perahu.

Sebuah pemandangan yang cukup unik tentunya karena di daerah lain anda tak akan menjumpai moment seperti itu. Banyaknya pedangang yang menjajakan segala jenis keperluan rumah tangga baik sayur mayur, bahan makanan pokok dan lainnya hanya dari atas perahu kecil atau biasa disebut dengan sampan.

Pasar ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke kota Banjarmasin. Di pasar itulah para pengunjung dapat melihat bagaimana para penjual dan pembeli melakukan berbagai transaksi jual beli.

Saat lelah mendera dan ingin melepas penat dari rutinitas harian, anda bisa datang untuk berekreasi ke beberapa tempat wisata di Bajarmasin yang cukup menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Selain pasar terapung masih ada beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di kota Banjarmasin.

Yuk kita menggali potensi wisata yang ada di Kalimantan agar terkenal oleh semua orang dari seluruh dunia.

Rekomendasi Tempat Wisata di Banjarmasin

Berjalan-jalan ke kota Banjarmasin tentu tak lengkap jika tak menyempatkan diri untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata yang cukup terkenal di daerah ini. Banyak objek wisata alam maupun buatan yang bisa dinikmati saat liburan bersama keluarga. Berikut beberapa tempat wisata di Kalimantan Selatan, Banjarmasin yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Mungkin pada saat hari libur atau akhir pekan.

Pulau Kembang Banjarmasin

tempat wisata di banjarmasin pulau kembang

Tempat wisata Banjarmasin yang wajib anda kunjungi bersama keluarga adalah pulau kembang. Yang berlokasi di tengah-tengah sungai Barito tepatnya di kabupaten bariot koala, kecamatan alalak, kalimantan selatan. Pulau kembang menjadi sebuah saya tarik bagi para wisatawan yang cukup fenomenal. Pasalnya disini anda akan melihat banyaknya kera ekor panjang dan bekantan yang hidup bebas.

Pulau kembang juga menjadi sebuah tempat konservasi fauna yang cukup terkenal di wilayah kalimantan. Dengan luas wilayah kurang lebih sekitar 60 hektar. Pulau ini memang tidak ditempati oleh manusia. Karena memang dikhususkan untuk tempat tinggal para kera ekor panjang serta bekantan.

Pulau kembang juga biasa disebut dengan kerajaan kera, karena memang tempat ini terdapat kera dengan jumlah yang sangat banyak. Habitat yang disediakan cukup memadai yakni kawasan hutan yang masih cukup alami sebagai tempat hidup para fauna tersebut. Untuk menuju objek wisata pulau kembang anda bisa mellalui sungai martapura  dan kampung muara kuin.

Harga Tiket Masuk Pulau Kembang

Untuk bisa sampai ke lokasi anda harus menggunakan klotok dengan biaya sekitar Rp.300.000. Satu klotok bisa digunakan oleh beberapa orang, jadi jika anda ingin berhemat bisa membawa rombongan. Untuk menuju ke pulau kembang di butuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Di dalam perjalanan anda akan disuguhi oleh keindahan sunga barito dan sungai martapura. Untuk tiket masuk ke pulau kembang setiap pengunjung akan diknakan tiket masuk sebesar Rp.7.500/ orang. Bagi anda yang ingin berkeliling menikmati suasana di pulau ini telah disediakan beberapa jembatan penghubung.

Banyak kera di Pulau Kembang

Di sekitar kawasan wisata pulau kembang terdapat banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung seperti kamar mandi, toilet, warung-warung makan. Namun anda patut berhati-hati ketika memasuki area wisata untuk tetap menyimpan makanan dan minuman yang anda beli.

Jika makanan dan minuman yang anda bawa terlihat oleh kera-kera maka akan mendekat dan meminta makanan serta minuman yang anda bawa tadi. Jika and adatang bersama  putra putri yang maish balita sebaiknya jaga dengan sebaik mungkin karena banyaknya kera kera yang tiba tiba datang untuk menyambut anda secara bergerombolan.

Sensasi yang luar biasa tentunya saat anda berwisata dan disambut oleh banyaknya kera yang hidup secara bebas dan berkelompok.

Masjid Sabilal Muhtadin

tempat wisata wisata kalimantan selatan masjid sahbilal muhtadin

Bosan dengan wisata yang itu itu saja? Saat berkunmung ke kota Banjarmasin anda bisa mengunjungi masjid Sabilal Muhtadin yang berlokasi di Jln. Jendral Sudirman. No. 1 Antasan Besar, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masjid ini menjadi salah satu tempat kebanggaan masyarakat Banjarmasin, pasalnya pembangunan masjid ini bertujuan untuk menghormati ulama besar alm. syeh Muhammad Arsyad Al Banjari.

Semasa hidupnya beliau mengabdikan diri untuk memperlajari dan mengembangkan ajaran agama silam disebuah kerajaan yakni kerajaan banjar. Bahkan beliau tak hanya tersohor diseantero negeri namun juag terkenal di negara lain seperti mekkah, madinah, filipina, mesir dan lainnya.

Masjid Sabilal Muhtadin berdiri diatas tanah dengan luas sekitar 100.000 meter persegi yang berlokasi ditengah-tengah kota Banjarmasin, tentu para wisatawan tak akan kesulitan untuk mengakses objek wisata religi ini.

Bangunan masjid sabilal muhtadin terdiri dari dua bangunan yakni bangunan utma dan bangunan menara. Pada bangunan utama memiliki luas kurang lebih sekitar 5250 meter persegi, yang terdiri atas tempat ibadah dengan luas 3250 meter persegi dan sebagai lagi adalah lantai dua dengan luas sekitar 2000 meter persegi.

Ini dia kumpulan Tempat wisata religi di Kalimantan Selatan yang perlu kamu tahu.

Menara Masjid Sabilal terkenal di Kalimantan Selatan

Untuk bangunan menara masjid terdiri atas 1 menara besar dnega  ketinggian 45 meter dan 4 menara kecil dengan tinggi 21 meter. Pada bagian atas masjid terdapat kubah-kubah yang terbuat dari bahan aluminium dan berwarna emas.

Pada bangunan masjid ini juga sama seperti masjid kebanyakan yang dihiasi dengan kaligrafi yang bertuliskan ayat-ayat al-quran serta asmaul husna.

Ada keunikan darai kaligrafi yang terpasang di setiap dinding masjid yakni terbuat dari bahan tembaga yang kemudian di hitamkan. Untuk lantai masjid sendiri secara keseluruhan terbuat dari bahan marmer sehingga menonjolkan sisi kemewahan dan kemegahan masjid tersebut. masjdi sabilal muhtadin mampu menampung kurang lebih sekitar 15.000 orang jamaah dan terdiri dari 7500 di bagian dalam masjid serta 7500 di bagian halaman masjid.

Selain menjadi sebuah tempat ibadah kaum muslim, masjid sabilal muhtadin ini juga kerap dijadikan sebagai tempat berwisata religi yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. dalam setiap harinya banyak pengunjung yang datang tak hanya untuk beribadah semata namun juga ingin melihat kemegahan dan keelokan masjid sabilal muhtadi yang menjadi kebanggaan masyarakat Banjarmasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *