Wisata Alam Air Terjun Coban Sewu Malang yang Menakjubkan

Berada di daerah lereng berdampak pada suasana Malang yang cukup sejuk dan menarik dikunjungi. Salah satu opsi liburan yang bisa dipilih oleh wisatawan ketika berkunjung ke Kota Malang adalah wisata alam air terjun coban sewu Malang. Malang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Memiliki potensi alam yang terkenal dengan Apel Malang. Ya, Apel Malang merupakan icon dari kota malang hingga saat ini.

Namun tak hanya buah tersebut yang menjadikan kota malang terkenal. Mempunyai banyak opsi destinasi wisata alam maupun kota merupakan salah satu pendongkrak ketenaran Kota Malang. Sebut saja museum angkut, merupakan salah satu wisata yang sedang booming saat ini di Kota Malang. Tidak berhenti disitu, Malang menawarkan berbagai wisata alam lain yang tak kalah menarik. Mungkin beberapa orang masih asing mendengar nama tujuan wisata tadi, tetapi wisata air terjun tersebut sangat disayangkan untuk dilewatkan bagi anda yang berkunjung ke Malang. Perlu anda tahu, nama coban adalah istilah untuk sebuah air terjun.

Lokasi wisata alam Air Terjun Coban Sewu Malang berada di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang Jawa Timur. Sebenarnya, air terjun coban sewu diapit oleh dua kabupaten berbeda yaitu Malang dan Lumajang. Jadi wisatawan bisa menikmati dua spot pemandangan air terjun dari sisi Malang dan dari sisi Lumajang. Jika dari sisi Lumajang air terjun tersebut terkenal dengan nama air terjun coban tumpak sewu, dari sisi Malang air terjun dikenal dengan air terjun coban grojokan sewu Malang. Nah, disana lah titik keunikan air terjun yang berada di Kota Malang. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi informasi tentang air terjun coban grojokan sewu Malang terlebih dahulu.

Rute menuju lokasi air terjun

Jalan menuju wisata alam Air Terjun Coban Sewu Malang sangat mudah untuk dilalui. Wisatawan tidak perlu khawatir kesasar saat hendak mengunjungi tempat tersebut. Banyak papan penunjuk arah yang bisa menjadi patokan anda ketika memulai perjalanan menuju lokasi air terjun. Tidak hanya itu, warga sekitar juga turut membantu anda yang bingung ketika telah mendekati area lokasi wisata.

Pemerintah daerah dan warga sekitar telah saling membahu mempersiapkan akses jalan demi kemudahan wisatawan saat berkunjung ke air terjun coban sewu. Masyarakat sekitar juga ikut serta menjadi penunjuk arah bagi para pengunjung tempat tersebut, jadi anda tidak perlu takut untuk tersesat. Jika anda masih takut tersesat, anda juga bisa melihat rutenya di Maps :

Tidak perlu khawatir bagi wisatawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Untuk menuju air terjun coban sewu, anda bisa menggunakan akses kendaraan umum. Bagi anda yang menggunakan pribadi dan berangkat dari pusat Kota Malang, anda bisa mengambil jalur menuju Lumajang. Di perjalanan anda akan melewati beberapa kecamatan yang ada di Malang seperti Bululawang, Dampit dan Ampelgading. Selain itu, panorama alam berupa Gunung Semeru merupakan suguhan menarik yang bisa dinikmati wisatawan saat perjalanan menuju air terjun coban sewu.

Baca juga : Wisata Museum Angkut Malang, Wisata Untuk Liburan Mengasyikkan

Nah, air terjun coban sewu berada di batas terakhir Kabupaten malang yang berlokasi di Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading. Setelah tiba disana, anda cukup memarkir kendaraan anda di tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelolaa dan memulai perjalanan anda untuk menyusuri air terjun coban sewu. Saran bagi anda yang memulai perjalanan dari luar kota, anda bisa memilih jalur terdekat dengan melihat akses terdekat anda saat mulai memulai perjalanan dengan Kota Malang atau Kota Lumajang. Bukan tanpa alasan, karena obyek wisata yang satu ini berada di perbatasan antara Kota Lumajang dan Kota malang. Melalui Lumajang ataupun Malang, papan penunjuk arah menuju lokasi wisata tersebut telah disiapkan oleh pemerintah daerah terkait.

Harga tiket masuk

Harga tiket wisata alam Air Terjun Coban Sewu Malang sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 5.000 per orang ditambah dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000. Dengan harga tiket yang murah tak berarti wisata yang dihadirkan murahan. Pemandangan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini tak main-main, bahkan beberapa orang menjuluki air terjun coban sewu sebagai niagaranya Indonesia.

Akses menuju air terjun coban sewu

Setelah tiba diparkiran, anda bisa memulai perjalanan menuju air terjun coban sewu. Dengan membayar tiket, perjalanan anda menuju air terjun coban sewu telah dimulai. Dari pos pembelian tiket, berjarak 50 meter anda akan bertemu dengan persimpangan. Terdapat dua arah di persimpangan tersebut, yang pertama akan menuntun anda menuju tempat menikmati air terjun dari ketinggian yang berarti menikmati pemandangan air terjun coban sewu via spot Lumajang. Sedangkan arah yang lain akan menuntun anda untuk menyusuri perjalanan menuruni lembah yang lebih ekstrem untuk menikmati air terjun coban dari bawah yaitu melalui spot Malang.

Bagi yang hendak memilih perjalanan menuruni lembah menuju bawah air terjun, jarak yang dilalui berkisar 500 meter. Namun perjalanan tersebut bukanlah perjalanan yang mudah. Anda harus menyusuri anak tangga tanah untuk menuruni lembah. Tetapi kegilaannya bukan berada pada saat menyusuri anak tangga tanah. Anak tangga tanah hanya sebagai pengantar anda untuk memulai petualangan yang lebih ekstrem. Setelah itu anda harus menuruni lembah menggunakan anak tangga dari bambu dengan berpegang pada tali yang terpasang di setiap sisinya.

Terdapat tempat peristirahatan yang digunakan oleh pengelola untuk bergantian antara pengunjung yang hendak turun ataupun pengunjung yang hendak naik. Jalur tersebut merupakan jalan satu-satunya bagi wisatawan untuk turun ataupun naik dari air terjun coban sewu. Setelah tiba di dasar air terjun, anda akan disuguhkan dengan aliran sungai deras. Anda bisa menikmati bermain air disungai, atau bermain dibalik air terjun. Tapi tetaplah waspada karena arus sungai yang cukup deras dan di beberapa titik sungai sangat licin.

Fasilitas Air Terjun Coban Sewu

Fasilitas yang diberikan oleh pengelola wisata air terjun coban sewu masih tergolong sederhana. Hal tersebut dikarenakan obyek wisata air terjun coban sewu masih dalam tahap pengembangan. Ada beberapa fasilitas penting yang disediakan oleh pengelola wisata

1.Parkir.

Area parkir yang cukup luas memungkinkan kendaraan roda empat hingga bus pariwisata untuk parkir di area air terjun coban sewu.

2.Gazebo

Bagi yang lelah bermain air, anda bisa naik untuk menikmati air terjun coban sewu dari atas. Pengelola menyediakan gazebo untuk beristirahat. Wisatawan juga bisa memesan makanan untuk dinikmati di gazebo tersebut.

3.Penginapan

Bagi yang tidak suka berkemah, anda bisa memanfaatkan penginapan yang telah disediakan oleh pengelola. Penginapan tersebut berupa homestay milik warga sekitar, jadi wajar jika penginapan tersebut hanya sederhana. Hanya ada kamar tidur dan kamar mandi yang bisa wisatawan gunakan.

Baca juga : Pesona Menarik Wisata Alam Waduk Selorejo Malang

4.Mushola

Bagi umat muslim yang hendak beribadah, pengelola juga menyediakan mushola yang bisa digunakan untuk sholat berjamaah bersama keluarga. Liburan tidak meninggalkan kewajiban kita untuk tetap beribadah dan meminta keselamatan saat berlibur bersama keluarga.