Asyiknya Bermain Air di Wisata Umbul Ponggok

Klaten merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Menjadi penghubung antara Kota Yogyakarta dan Kota Solo, menjadikan Klaten merupakan kota yang tempat untuk bersinggah. Bagi wisatawan yang sedang singgah di Kota Klaten, mereka dapat menikmati berbagai fasilitas wisata yang ada di kota tersebut. Obyek wisata yang terkenal di kota tersebut adalah Candi prambanan. Namun, saat ini muncul obyek wisata yang tak kalah menarik dengan candi prambanan dan menjadi salah satu daya tarik wisata kota klaten. Obyek tersebut dikenal dengan wisata umbul ponggok. Bagi wisatawan yang masih asing dengan nama tersebut, umbul ponggok merupakan obyek wisata air yang ada di Klaten. Muncul dengan icon kolam renang alami merupakan daya tarik yang di tawarkan oleh umbul ponggok bagi para wisatawan.

Fasilitas yang ada di umbul ponggok

Terkenal sebagai salah satu obyek wisata air di Klaten, umbul ponggok menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan

1. Kolam renang alami

Kolam renang alami merupakan aset utama yang ditawarkan oleh pengelola wisata umbul ponggok bagi karyawan. Memiliki kedalaman yang terbilang sedang sehingga bisa digunakan berenang oleh orang dewasa. Air yang jernih khas kolam renang alam adalah salah satu keunggulan umbul ponggok. Selain itu, kolam renang alami tersebut juga dihuni berbagai macam ikan yang menarik perhatian para wisatawan. Bisa dibilang, berenang di umbul ponggok serasa berenang di aquarium raksasa yang dipenuhi dengan ikan hias.

2. Snorkling

Anda yang ingin bersnorkling tapi enggan untuk pergi ke pantai jawabannya adalah umbul ponggok. Snorkling merupakan salah satu wisata bahari yang bisa anda nikmati jika berwisata di pantai. Tapi hal tersebut tidak berlaku di umbul ponggok. Anda bisa menikmati bersnorkling tanpa harus pergi ke pantai. Kolam renang alami yang ada di umbul ponggok memiliki kedalaman yang bisa anda manfaatkan untuk bersnorkling. Selain itu, banyak pula ikan hias yang ada di umbul ponggok. Bedanya hanya jika di pantai anda bersnorkling di air asin tetapi jika di umbul ponggok anda bersnorkling di air tawar. Bagi anda yang gemar bersnorkling, umbul ponggok merupakan opsi lain untuk bersnorkling jika anda sedang jenuh dengan pantai. Jika anda lupa membawa peralatan anda untuk bersnorkling, tak perlu khawatir. Pihak pengelola wisata umbul ponggok sudah menyediakan peralatan untuk bersnorkling. Anda hanya cukup menyewa peralatan kepada pihak pengelola.

3. Foto underwater

Salah satu fasilitas andalan yang ditawarkan oleh pihak pengelola bagi wisatawan adalah foto underwater. Wisatawan bisa melakukan foto underwater di umbul ponggok. Tak hanya berfoto dengan ikan-ikan yang ada disana, di umbul ponggok terdapat properti lain yang bisa digunakan untuk berfoto underwater. Ada banyak properti yang ada di umbul ponggok, dan properti tersebut merupakan properti yang unik seperti becak, tv, sepeda, kursi dan masih banyak properti lainnya. Harga setiap properti memiliki patokan yang berbeda. Wisatawan perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan properti tersebut. Biaya yang dikeluarkan oleh wisatawan tak hanya untuk menyewa peralatan kamera underwater. Apabila wisatawan sudah membawa kamera underwater sendiri, mereka tidak akan dikenai biaya sewa kamera.

Harga tiket wisata umbul ponggok

Harga tiket wisata umbul ponggok adalah Rp 5.000 per orang. Tiket termasuk biaya untuk masuk ke kolam renang di umbul ponggok. Selain itu ada biaya lain yang perlu dikeluarkan oleh wisatawan jika mereka menyewa peralatan. Harga sewa masker untuk snorkling sebesar Rp 10.000 per orang. Ada pula pelampung yang dihargai Rp 5.000 untuk sekali sewa. Bagi yang ingin menggunakan alat bantu kaki katak untuk berenang bisa menyewa kepada pengelola dengan harga Rp 5.000. Untuk kalian yang ingin berfoto underwater tapi tidak memiliki kamera under water, tidak perlu risau. Pihak pengelola menyediakan jasa penyewaan kamera under water yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan.

Baca juga : Mau Liburan Mengasyikkan? Datanglah ke Wisata Trans Studio Bandung!

Untuk sewa kamera underwater dengan durasi 30 menit, pengelola mematok harga Rp 60.000 dan untuk durasi 1 jam seharga Rp 100.000. Harga yang bisa dikategorikan terjangkau untuk jenis wisata air dan snorkling. Untuk harga sewa properti foto underwater, pengelola menyediakanberbagai variasi harga tergantung jenis properti yang digunakan. Untuk properti sepeda, wisatawan dikenai biaya Rp 30.000. untuk properti seperti motor, becak dan ayunan berkisar pada harga Rp 100.000. yang termahal adalah biaya sewaproperti jet ski yang dipatok pada harga Rp 150.000. Untuk tv dan laptop dihargai sebesar Rp 60.000

Jalan menuju wisata umbul ponggok

Lokasi wisata umbul ponggok yang berada di Jalan Raya Desa Ponggok, Ponggok, Polanharjo, Klaten Jawa Tengah. Ada berbagai jalan menuju wisata umbul ponggok yang bisa kalian tempuh.

1. Bagi wisatawan dari arah timur.

Bagi wisatawan yang memulai perjalanan dari arah timur yaitu solo, karanganyar, wonogiri, ngawi dan sekitarnya anda bisa menempuh jalur jalan raya Solo-Yogyakarta. Rute tersebut merupakan rute terdekat menuju umbul ponggok. Anda bisa berhenti di Terminal Penggung setelah melewati daerah Delanggu. Setelah bertemu terminal tadi, anda bisa berbelok kanan dan kemudian cukup menyususri jalan tersebut hingga bertemu Koramil. Setelah bertemu koramil, berbeloklah ke kanan dan ambil jalan menuju umbul ponggok.

2. Bagi wisatawan dari arah barat

Bagi wisatawan yang berasal dari daerah prambanan, jogja dan sekitarnya bisa melewati akses jalan raya Yogyakarta-Solo untuk menuju umbul ponggok. Anda cukup mengikuti jalan lurus dari RSUD Suradji Tirtonegoro hingga Gor Gelarsena Klaten. Setelah itu, berbelok ke kiri dan mengambil jalur menuju Jatinom atau Polanharjo hingga bertemu koramil. Dari sana anda bisa belok kanan dan mengambil jalur menuju umbul ponggok.

3. Bagi wisatawan dari arah utara

Wisatawan yang berasal dari boyolali, semarang dan salatiga lebih baik menempuh jalur utara untuk menuju umbul ponggok. Dari boyolali, anda cukup mengikuti ruas jalan yang menuju klaten melalui jatinom. Setelah berjumpa dengan pasar jatinom, ambil arah menuju terminal penggung. Ditengah perjalanan menuju terminal, anda akan menjumpai markas koramil. Nah, anda cukup berbelok ke kiri dan mengikuti jalan yang ada hingga tiba di umbul ponggok.

Jika anda masih bingung dengan petunjuk arah tersebut, anda dapat mencarinya atau melihat petunjuk dari maps berikut :

Tips untuk berfoto underwater di umbul ponggok

Foto underwater umbul ponggok, merupakan fasilitas yang sangat diminati oleh berbagai wisatawan. Namun, ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat hendak berfoto underwater

Perhatikan kondisi sekitar anda. Di dalam kondisi yang ramai, foto underwater anda tidak akan bisa sempurna karena banyak gangguan saat proses pengambilan foto underwater

Baca juga : Liburan Bersama Keluarga ke Wisata Ranca Upas Ciwidey

Pemilihan waktu yang tepat. Pihak pengelola menyarankan bagi wisatawan yang hendak menggunakan fasilitas foto underwater, pilihlah waktu yang tepat. Menurut pihak pengelola, waktu yang tepat untuk melakukan foto underwater adalah pukul 07.00-10.00 pagi dan pukul 14.00-16.00 siang. Hal tersebut dikarenakan pencahayaan yang ada di umbul ponggok pada waktu tersebut. pada saat yang tepat, wisatawan akan mendapatkan pencahayaan yang cukup sehingga hasil foto underwater akan lebih jernih.