Wisata Alam Pantai Suluban Bali Blue Point

Wisata alam pantai suluban Bali – Berlibur ke Bali adalah hal yang istimewa bagi beberapa orang. Mendengar kata Bali saja sudah terbayang beragam keindahan dan keasyikan wisata di sana. Bali di kenal sebagai surga dunianya Indonesia. Salah satunya adalah pantai Suluban, namun pantai suluban ini lebih dikenal dengan nama blue point. Nama tersebut berdasar pada warna air lautnya yang biru bersih.

Ada banyak sekali alternatif jalan menuju pantai suluban Bali Blue Point. Pantai suluban adalah salah satu pantai yang cukup indah, memiliki pasir putih dan ombak yang cocok untuk dijadikan tempat berselancar. Di pantai ini terdapat tebing yang memiliki celah-celah tinggi. Terlebihnya lagi dapat dijadikan sebagai tempat untuk berfoto dan mengeksplorasi lokasi pantai.

Sekilas tentang pantai Suluban

Asal muasal nama pantai suluban adalah berasal dari kata sulub, dalam bahasa bali memiliki arti lewat di bawah sesuatu. Kalau di Jawa sulub atau slulub adalah menyelam di bawah air. Pantai suluban terletak di bawah tebing yang tinggi menjulang, kasarannya air dari pantai sulub lewat di bawah tebing tersebut. Lokasi pantai suluban sendiri agak tersembuni, awalnya belum banyak yang tahu mengenai pantai ini. Namun lama kelamaan akibat dari kecanggihan teknlogi dan banyaknya orang yang membagikan mengenai keindahan pantai ini, perlahan-lahan pantai suluban tersebut menjadi banyak diketahui oleh orang. Banyak orang yang terpikat dengan keindahan pantai suluban yang bagus, asri, indah dan memiliki pemandangan yang bening.

Baca juga : Akses Jalan Tercepat Menuju Wisata Pantai Nusa Dua Bali

Pantai yang terletak di bawah tebing ini juga dikenal dengan nama pantai blue point. Selain karena airnya yang berwarna biru bening, di atas pantai ini juga ada sebuah hotel bernama sama yakni hotel blue point. Banyak sekali pengunjung yang berlibur ke pantai ini, entah itu wisatawan lokal maupun internasional.

Lokasi pantai suluban

Lokasi wisata alam pantai suluban Bali berada di Uluwatu. Ada pura luhur di sana. Pura sekaligus kawasan pantai blue point uluwatu terletak di desa Pecatu, Kuta, Kabupaten Badung. Mengulas mengenai sejarah singkat uluwatu, maka tak bisa lepas dari sejarah pura yang letaknya ada di ujung barat daya pulau Bali yang kecil. Tepatnya ada di atas anjungan bebatuan karang yang tinggi dan terjal untuk dinaiki. Bentuknya menjorok ke laut, orang Hindu Bali percaya bahwa pura uluwatu adalah adalah pura sad kayangan yang memiliki fungsi sebagai penyangga 9 arah mata angin.

Pura uluwatu digunakan untuk memuja seorang pendeta pada waktu itu, mulanya pada abad 11 seorang pendeta suci bernama empu kuturan yang menurunkan segala ajaran dan aturan adat pada masyarakat Pecatu dan sekitarnya. Pemujaan terhadap pendeta tersebut terus dilakukan, hingga saelanjutnya pendeta yang dipuja bernama Dang Hyang Niratha yang mendatangi Bali pada tahun 1550 akhir. Pendeta tersebut melakukan ajaran moksa sebagai akhir dari perjalanan spiritual sekaligus perjalanan hidup. Ajaran moksa juga dikenal dengan nama ngeluhur, dari kata ngeluhur itulah muncul nama ‘Pura Luhur Uluwatu’. Pura ini terletak di atas tebing karang, memiliki ketinggian 97 meter di atas permukaan laut. Ada yang menarik sebab di depan pura ada sebuah hutan kecil yang disebut warga lokal sebagai alas kekeran. Hutan kecil tersebut dipercaya sebagai penyangga kesucian pura uluwatu. Selanjutnya wisata alam pantai suluban Bali ini menjadi terkenal dan banyak diminati pengunjung.

Jika anda ingin berwisata kesana dan belum tau arah atau rutenya jangan khawatir, karena anda dapat menggunakan kecanggihan smartphone anda untuk melihat rute pantai ini di Google Maps berikut :

Keindahan blue point

Menemukan pantai yang sepi dan nyaman di Bali bukanlah hal yang mudah. namun, meskipun begitu pantai uluwatu atau point beach adalah pantai yang nyaman untuk dijadikan tempat berlibur di Bali. Ombak di pantai ini adalah salah satu ombak yang bagus dan sangat cocok untuk dijadikan lokasi surfing. Di uluwatu sendiri selain pecatu, ada banyak pantai yang dapat dikunjungi. Ada pantai suluban yang lebih banyak dikenal dengan nama pantai blue point beach. Ada pantai balangan, pantai dreamlanda, pantai padang padang dan banyak lagi.

Terlebih dahulu mari kita bahas mengenai blue point terlebih dahulu. Akses wisata alam pantai suluban Bali untuk menuju pantai blue point adalah dengan menuruni tangga yang jumlahnya puluhan terlebih dahulu. Pemandangan pantai yang menakjubkan akan Anda dapati ketika melewati anak-anak tangga tersebut. Di pantai blue point ada kafe yang bersisian dengan laut yangs sangat indah. Dari atas akan terlihat pemandangan laut yang memiliki 2 warna. Warnanya sangat bening dan indah.

Terdapat tebing-tebing yang dapat dijadikan tempat untuk bersembunyi atau berfoto ria di pantai tersebut. Tebing karang berdiri kokoh dan memiliki warna alami khas alam. Banyak turis baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke pantai di cupuwatu ini. Letak pantai ini yang berada di bawah tebing membuat pengunjung yang tiba harus menuruni anak tangga yang lumayan tinggi terlebih dahulu, sekitar 200 meter tingginya. Antara pantai dan parkiran, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang sangat indah. Pantai suluban akan terlihat dengan sangat maksimal dari arah atas. Ada pula kafe yang dapat disinggahi sambil menikmati pemandangan pantai. Ketika air laut surut, terdapat anak tangga yang dapat dilewati melaui celah-celah terowongan untuk melihat lebih dalam keindahan pantai blue point atau suluban. Namun tentu saja anak tangga akan lebih licin dan sempit, pengunjung harus berhati-hati.

Ada banyak sekali spot foto yang instagramable atau sangat kekinian di lokasi pantai cupuwatu. Mulai dari airnya yang sangat bening, tebingnya yang kokoh dan pasir lautnya yang sangat memikat, bersih dan indah. Satu hal yang sangat mengesankan dari wilayah pantai cupuwatu adalah pantainya yang bebas dari sampah. Pengunjung sudah paham betul mengenai arti penting buang sampah pada tempatnya alias tidak boleh sembarangan. Hal itu juga berkat pengelola pantai yang selalu memberi himbauan dan merawat dengan baik pantai tersebut.

Kalau beruntung, pengunjung pantai akan bertemu dengan atlit papan seluncur profesional mancanegara ketika berkunjung ke uluwatu. Tentu saja yang tidak lupa untuk berfoto bersama. Orang jaman sekarang apalagi anak muda sangat suka berswafoto dan mengabadikan segala momen yang dijumpai. Beberapa pasangan pengantin juga mengadakan sesi foto prawedding di uluwatu. Angin, mbak,pasir dan segala yang ada di dalamnya adalah kombinasi yang sangat pas untuk mendapatkan foto yang bagus.

Harga tiket masuk pantai suluban

Harga tiket wisata alam pantai suluban Bali adalah gratis, pengunjung tidak perlu membayar uang sepeserpun untuk memasuki area pantai. Sungguh hal yang sangat menguntungkan bagi turis yang memiliki ongkos terbatas, apalagi bagi backpacker. Bali memang banyak dikunjungi olh backapcker yang memiliki ongkos tipis. Keramahan serta kekentalan budayanya membuat para wisatawan betah berlama-lama.

Baca juga : Menjajal Gelombang Ombak Wisata Alam Pantai Uluwatu Bali

Itulah sedikit informasi mengenai wisata alam pantai suluban Bali baik dari harga sampai keadaan di sana. Banyak sekali destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Bali. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar liburan menjadi menyenangkan.