Wisata Air Terjun Coban Talun Malang

Jika Anda sedang berlibur ke daerah Malang, Jawa Timur. Ada salah satu objek wisata menarik yang sungguh sayang jika Anda lewatkan. Objek wisata tersebut adalah kawasan wisata air terjun Coban Talun Malang. Kawasan wisata ini sungguhlah sejuk dan cocok untuk me-refresh pikiran dan semangat Anda. Ada beragam kawasan menarik dan berbagai fasilitas cantik yang siap memanjakan Anda. Lalu, apa saja ya kira-kira yang ada di dalamnya? Berikut sedikit ulasannya;

1.Mengenal Air Terjun Coban Talun Malang

Coban Talun Malang memiliki pesona air terjun yang sangat indah. Air terjun ini merupakan hulu dari Sungai Brantas. Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan letaknya 950 meter di atas permukaan laut. Tentu saja air terjun setinggi ini memiliki pesona yang sangat menarik. Selain itu, suhu di sekitar air terjun ini amtlah dingin sampai menusuk tulang. Suhu di kawasan ini bisa mencapai 18-23 derajat Celcius. Ini disebabkan oleh kawasan Coban Talun yang berada di are perbukitan. Apalagi kawasan ini juga memiliki curah hujan yang cukup tinggi, sekita 1.800 mm/tahun. Jadi, jangan lupa bawa jaket dan syal ya biar nggak kedinginan.

2.Mitos Coban Talun Malang

Selain air terjun yang indah, Coban Talun Malang juga memiliki mitos yang menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Mitos ini cukup populer dan melegenda di kalangan masyarakat. Kabarnya, setiap pasangan yang berhasil melewati Jembatan Asmara di daerah ini, hubungan pasangan tersebut akan langgeng. Bagi masyarakat, ini bukanlah mitos biasa. Mitos ini berasal dari kisah nyata di zaman dahulu, mengenai kisah tentang bertemunya Jaya Nalendra dan Dewi Seruni di jembatan tersebut. Jaya Nalendra dikisahkan sedang bertapa untuk mencari jodoh. Kemudian, jaya mendapat petunjuk untuk berjalan ke arah jembatan. Disanalah Jaya bertemu dengan Dewi Seruni yang cantik. Mereka saling jatuh cinta dan melangsungkan pernikahan. Legenda inilah yang membuat masyarakat meyakini mitos itu memang benar adanya. Maka, tak heran jika jembatan tersebut dinamakan sebagai Jembatan Cinta. Wah, cukup menarik ya untuk pergi kesana bersama pasangan.

3.Lokasi dan Akses Menuju Coban Talun Malang

Lokasi wisata air terjun Coban Talun Malang terletak di Desa Tulungrejo, Keamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Jalan menuju wisata air terjun Coban Talun Malang adalah jalan beraspal yang sudah cukup rusak. Namun, jalan tersebut masih bisa dilalui oleh berbagai kendaraan, termasuk sepeda motor. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju kesini. Letaknya tidak jauh dari Jatim Park dan sekitar 15 km saja dari pusat kota.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menemui pertigaan yang terdapat tugu Adipura di tengahnya. Kemudian, berbeloklah ke jalan Air Langga menuju ke arah Pacet. Di sepanjang perjalanan sudah terdapat banyak sekali papan petunjuk jalan. Anda akan bertemu dengan Coban Talun setelah berjalan sekitar 41 km dari arah tersebut.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda akan bergonta-ganti angkot sebanyak tiga kali. Pertama, Anda bisa naik angkot berwarna biru dengan kode AL(Arjosari-Landungsari) atau ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari). Setibanya di Landungsari, naiklah angkot warna pink atau ungu yang menuju arah Terminal Batu. Kemudian, naiklah angkot warna orange dengan tujuan talun ketika sudah sampai di Termina Batu. Dengan angkot orange ini, Anda akan diturunkan tepat di pintu masuk wisata air terjun Coban Talun Malang. Atau lebih jelasnya anda dapat mengaksesnya di Maps berikut :

4.Pesona Alam di Coban Talun Malang

Kawasan wisata Coban Talun Malang memiliki pesona air terjun dan taman bunga yang sangat cantik. Para pengunjung juga bisa melihat pemandangan pegunungan, lereng bukit yang eksotik dan lebatnya hutan pinus di area ini. Objek wisata Coban Talun dikelola dengan baik oleh Perhutani dan perusahaan swasta. Jadi selain wisata alam, terdapat berbagai wisata buatan yang akan memanjakan para wisatawan. Diantaranya, terdapat area camping ground dan berbagai penginapan cantik yang disediakan di kawasan ini.

Baca juga : Info Wisata Pantai Tiga Warna Malang Terbaru 2018

Untuk menemukan air terjun, Anda hanya harus berjalan sekitar 1 km dengan jalan setapak menuju air terjun. Namun, Anda haruslah berhati-hati karena jalanan yang licin. Apalagi ditambah berbagai tebing dan jurang di sekitarnya. Namun, Anda masih bisa mendapatkan sot dan foto-foto cantik di area ini. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menarik. Para pengunjung juga akan ditemani oleh suara-suara satwa yang cukup membuat penasaran.

5.Kawasan Taman Bunga

Salah satu wahana menarik yang ditawarkan oleh Coban Talun Malang adalah kawasan taman bunga nya yang sangat indah. Para wisatawan bisa berkunjung dan menemukan beragam jenis bunga disini. Selain Anda bisa menikmati keindahan bunga nya, tentu saja ini menjadi spot foto yang sangatlah menarik. Banyak juga pasangan yang melakukan foto pre-wedding dan beberapa majalah yang melakukan shooting video di taman bunga ini. Sayangnya, Coban Talun hanya menawarkan keindahan beragam jenis bunga tanpa adanya informasi dan edukasi di dalamnya. Jadi, informasi mengenai jenis dan nama bunga belum dapat ditemui di kawasan yang indah ini.

6.Penginapan Apache Camp

Coban Talun Malang memiliki berbagai penginapan, dan salah satu yang populer adalah Penginapan Apache Camp. Para pengunjung akan mendapati penginapan dengan konsep perkampungan dan suasana Indian. Rumahrumah Indian memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik. Para pengunjung bisa merasakan suasana Indian yang sangat kental disini. Pengunjung juga bisa menyewa beberapa atribut dan kostum Indian disini, seperti topi kepala suku Indian dan lain-lain. Namun, sayangnya kamar mandi di penginapan ini terpisah dari rumah-rumah Indian. Jadi, pengunjung harus bergerak dan berjalan ke luar rumah penginapan untuk jika ingin pergi ke toilet.

7.Fasilitas di Coban Talun Malang

Kawasan wisata Coban Talun sudah memiliki beragam fasilitas lengkap yang memadai. Diantaranya, terdapat musholla, kantin, gedung balai serbaguna, beragam penginapan dan area parkir yang sangat luas. Ada juga fasilitas rafting yang sangat menantang dan asyik untuk dicoba. Jika ingin berkeliling , sudah terdapat persewaan ATV (motor roda empat) dan motor trail. Tentunya, setiap sudut Coban Talun juga memiliki beragam spot foto cantik yang bisa Anda manfaatkan. Jadi, Anda tidak akan mati gaya jika berkunjung kawasan wisata air terjun yang satu ini.

8.Harga Tiket di Coban Talun Malang

Harga tiket wisata air terjun Coban Talun Malang cukuplah terjangkau. Anda hanya tinggal merogoh kocek sebesar 10ribu saja untuk membayar tiket masuk. Jika ingin masuk ke area Apache Camp, Anda akan dikenakan biaya 5ribu rupiah. Kemudian, Anda juga akan dikenakan biaya sendiri jika ingin berkemah dan camping di daerah ini. Letaknya bisa di daerah camping ground atau di sekitar hutan pinus. Para pengunjung bisa masuk kedalam kawasan wisata ini dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Meskipun tutup pada sore hari, para pengunjung yang berkemah akan tetap didampingi di malam hari.

Baca juga : Wisata Pantai Goa Cina Malang Yang Eksotis

Nah, itulah sekilas ulasan menarik tentang wisata air terjun Coban Talun Malang. Tentunya, sensasi alam yang teduh sekaligus unik bisa Anda dapatkan disana. Berbagai suguhan spot foto dan fasilitas cantik juga sudah disediakan khusus bagi para pengunjung. Sungguh menarik dan sayang bukan jika Anda lewatkan? Selamat berkunjung dan menikmati keindahannya.