14 Obyek Wisata Alam Mangunan Jogja Terbaru 2018

Mendatangi sebuah tempat wisata memberikan kenyamanan tersendiri bagi setiap orang. Pasalnya, dengan melakukan perjalanan liburan akan membuat pikiran jadi lebih tenang dan mengurangi stres. Apapun wisata yang ditawarkan, orang cenderung akan mendatanginya, baik itu sekedar ingin tahu, ingin menghilangkan penat, maupun ingin menambah wawasan.

Wisata alam Mangunan jogja adalah sebuah desa di bantul Jogja yang memiliki beberapa tempat wisata bernuansa alam yang menakjubkan. Banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan alam yang ditampilkan di Kabupaten ini. Berikut saya sajikan beberapa wisata alam mangunan yang akan membuat Anda tertarik untuk segera mendatanginya.

1.Hutan Pinus Mangunan

Banyak orang memanfaatkan pemandangan hutan pinus mangunan sebagai sarana foto prewedding calon pengantin. Wisata ini memberikan kesan klasik yang menarik. Bahkan pengelola setempat membangun spot-spot foto prewedding. Namun, bagi Anda yang datang berkunjung dan tidak sedang ingin berfoto prewedding, juga bisa menikmati pemandangan ini.

2.Gardu Pandang Pinus Asri

Selain pohon pinus yang tinggi kokoh, hutan pinus ini juga dibangun sebuah gardu yang sangat bagus dan menarik. Gardu ini terbuat dari papan kayu yang terlihat begitu klasik. Wisata yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak heran apabila mereka memilih spot wisata gardu pandang pinus asri untuk dikunjungi.

3.Pinus Pengger

Anda yang menyukai latar pemandangan yang unik untuk melengkapi koleksi foto, Anda bisa mengunjungi wisata yang terletak di Desa Terong, Dlingo, Bantul ini. Wisata ini menyediakan sarana berupa rumah pohon, sangkar burung raksasa, dan tentunya gemerlapnya kota Joga apabila Anda berkunjung pada malam hari. Tentu hal ini menambah suasana romantis bersama kekasih Anda.

4.Jurang Tembelan

Jurang Tembelan adalah salah satu wisata alam mangunan yang sekarang lagi ngehits. Wisata ini memberikan nuansa menantang dengan gardu yang terlihat menjorok. Lokasi tempat wisata ini terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Sama seperti tempat wisata lainnya, pengunjung memilih tempat wisata ini untuk mengambil beberapa gambar sebagai koleksi foto unik yang mereka kumpulkan. Tak jarang tempat wisata tersebut digunakan untuk melakukan uji nyali. Pasalnya, wisata ini memang terlihat sangat menantang.

5.Kebun Buah Mangunan

Wisata ini sering disebut sebagai Negeri di atas awan. Bagaimana tidak? Wisat ini memiliki pemandangan yang sangat menarik, yaitu banyaknya gumpalan awan yang melayang-layang di atas bukit. Untuk mencapai lokasi wisata, Anda harus berjalan ke atas bukit. Dimana wisata ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Dan untuk menikmati indahnya awan-awan lembut itu, Anda harus mendatangi lokasi sebelum matahari terbit.

6.Puncak Becici

Wisata yang satu ini memiliki nuansa alam yang begitu khas. Anda akan disuguhkan pemandangan kota jogja yang terletak di bawahnya. Selain itu, aroma hutan akan sangat terhembus. Sebab wisata ini masih termasuk area pengelolaan hutan pinus. Dahulu, banyak penduduk memanfaatkan getah dari pohon pinus ini. Dan hanya pohon pinuslah yang disadap. Namun pada tahun 2015 akhir, lokasi ini direnovasi dan dijadikan tempat wisata. Setelah itu, tidak ada lagi penyadapan pohon pinus.

Baca juga : Liburan Bersama Keluarga ke Wisata Ranca Upas Ciwidey

Lokasi Wisata Alam Mangunan yang satu ini terletak di daerah Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo. Pada sore hari, pengunjung berdatangan untuk menikmati pemandangan sunset. Karena puncak becici sendiri memang berada di tembing yang menjorok ke arah barat.

7.Rumah Hobbit Mangunan

Anda yang pernah menonton film barat yaitu Hobbit, tentu paham sekali dengan wisata yang satu ini. Wisata berbentuk sebuah rumah kecil yang menyatu dengan tanah sangat cocok untuk Anda kunjungi. Lokasi wisata ini terletak di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul. Kebanyakan orang menggunakan wisata ini sebagai arena berfoto ria.

8.Tebing Watu Mabur

Wisata Tebing Watu Mabur merupakan salah satu wisata Jogja yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, wisata ini digunakan oleh para wisatawan untuk berburu sunset ataupun sunrise. Tebing ini berlokasi di Desa Mangunan, RT. 28 Lemahbang, Dlingo, Bantul.

9.Bukit Panguk Kediwung

Latar pemandangan pegunungan yang dibalut dengan awan lembut membuat tempat ini banyak dijadikan sebagai tempat berfoto. Baik itu sekedar foto maupun untuk prewedding calon pengantin. Lokasi tempat wisata ini terletak di daerah Bukit Panguk Bantul di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul. Anda yang berniat untuk mengunjungi Jogja, disarankan untuk mendatangi tempat wisata yang satu ini. Anda akan dibuat takjub olehnya.

10.Bukit Mojo Gumelem

Ada beberapa tempat wisata yang dijadikan sebagai sarana untuk memburu sunset. Dengan keindahan yang dipancarkan, Anda juga bisa menikmati senja yang begitu memikat. Lokasi wisata ini terletak di daerah Gumelem, RT. 40, Mangunan, Dlingo, Bantul.

11.Bukit Lintang Sewu

Satu lagi wisata alam mangunan yang menakjubkan yaitu Bukit Lintang Sewu. Bukit Lintang Sewu juga di jadikan sebagai saranan untuk menikmati indahnya matahari terbenam atau yang sering disebut sebagai sunset. Apabila di Bukit Panguk, pengunjung menikmati indahnya sunrise, di bukit ini pengunjung berdatangan pada sore hari untuk menyaksikan terbenamnya matahari. Wisata Bukit Lintang Sewu terletak di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. untuk menuju kesana anda dapat melihat maps berikut :

12.Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari memiliki sebuah pemandangan yang sangat asri dengan hijaunya tumubuhan di sekitar air terjun. Wisata yang terletak di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi apabila sedang berada di daerah jogja. Jalan menuju wisata alam mangunan yang satu ini bisa dengan melewati rute Jalan Jogja-Wonosari atau melewati jalur ke Gunung Api Purba Nglanggeran.

13.Grojogan Lepo Dlingo

Selain wisata Air terjun Randusari, Wisata Grojan Lepo Dlingo juga menyuguhkan pemandangan air terjun. Namun, air terjun yang terletak di daerah Pokoh 1, Dlingo, Bantul, memiliki bentuk yang lebih sederhana. Air terjun ini memiliki ketinggian yang lebih pendek dari pada air terjun Randusari. Meski begitu, wisata ini tidak kalah menarik. Sebab, wisata ini terdapat sebuah kedung atau kolam cukup luas yang bisa digunakan untuk berenang.

14.Watu Ngadek

Watu ngadek adalah salah satu spot berfoto alami yang memiliki latar belakang pemandangan yang unik. Lokasi tempat wisata ini terletak di daerah hutan pinus Pengger tepatnya di Desa Terong, Dlingo, Bantul. Keindahan ini dapat dinikmati terutama saat malam hari. Karena lampu yang berkerlap-kerlip kota yang berada di bawah bukit membuat pemandangan menjadi lebih menarik.

Itulah penjabaran mengenai tempat-tempat wisata yang ada daerah Dlingo, Bantul, Jogja. Jika Anda berkunjung ke daerah Jogja, jangan lupa untuk menikmati wisata alam yang ada di Mangunan. Karena murahnya harga tiket wisata alam mangunan ini, akan membuat Anda menikmati keindahan pemandangan tanpa memikirkan biaya masuk.

Baca juga : Asyiknya Bermain Air di Wisata Umbul Ponggok

Bukan hanya sejuknya pemandangan yang akan Anda dapatkan, melainkan juga pikiran Anda akan lebih fresh Satu lagi, ajaklah serta keluarga tercinta Anda untuk menikmati pemandangan indah ini. Dengan begitu, tidak hanya Anda saja yang senang, melainkan keluarga Anda juga ikut bahagia efek dari pemandangan tersebut.

Sekian dan Terima kasih.