Menikmati Wisata Alam Tanah Lot Bali

Bali merupakan salah satu daerah yang sangat mengedepankan industri wisata untuk perekonomian masyarakatnya. Hal tersebut dikarenakan hampir setiap sudut di Pulau Bali memiliki obyek wisata masing-masing. Tak pelak jika bali dijuluki sebagai surganya wisatawan. Pulau yang memiliki julukan pulau dewata ini merupakan destinasi andalan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu icon pariwisata di Bali adalah wisata alam tanah lot. Siapa yang tidak mengenal obyek wisata tersebut? Semua orang pasti sudah mengenal obyek wisata andalan ini. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi tempat wisata tanah lot yang tidak pernah sepi pengunjung. Ada saja aktifitas yang dilakukan oleh wisatawan ketika mengunjungi tanah lot.

Sejarah Tanah Lot

Mungkin banyak yang bertanya mengapa ada pura diatas batu karang? Sebuah keputusan yang cukup dipertanyakan beberapa orang jika melihat lokasi pura yang ada di tanah lot. Belum lagi saat pasang tiba, pura tersebut seakan-akan dikelilingi oleh air laut sehingga kita tidak bisa mengakses jalan menuju pura tersebut. Terdapat sejarah yang menceritakan alasan mengapa pura tanah lot berada di atas batu karang. Pada zaman dahulu, saat masa penyebaran agama hindu di bali terdapat seorang yang bernama Dang Hyang Nirartha. Beliau adalah orang yang sakti pada masa itu. Hingga suatu waktu beliau melihat cahaya suci dari laut selatan Bali. Kemudian beliau mengikuti cahaya tersebut hingga tiba di Desa Beraban Tabanan. Pada saat itu, desa dipimpin oleh seorang yang menentang ajaran yang disebarkan oleh Dang Hyang Nirartha. Akhirnya Dang Hyang Nirartha memutuskan untuk bersemedi di daratan. Tetapi karena gangguang yang dilancarkan oleh pemimpin Desa Beraban, akhirnya Dang Hyang Nirartha memutuskan untuk memindahkan batu karang yang ia gunakan untuk bersemedi ke tengah pantai dengan kekuatan yang ia miliki. Pada akhirnya batu karang tersebut dinamai tanah lot yang berarti batu karang ditengah lautan.

Fasilitas obyek wisata tanah lot

Bagi wisatawan yang mengunjungi tanah lot, mereka bisa berkunjung ke pura yang berada di tengah laut apabila kondisi sedang memungkinkan. Selain itu, sepanjang perjalanan dari tempat parkir hingga tanah lot terdapat banyak pedagang yang menjajakan berbagai cinderamata khas bali. Hal tersebut bisa anda gunakan untuk memilih oleh-oleh yang bisa anda berikan kepada teman atau saudara sepulangnya berlibur di pulau dewata. Tanah lot juga memiliki pesisir pantai yang bisa dinikmati oleh wisatawan untuk sekedar berjalan-jalan.

Baca juga : Wisata Alam Air Terjun Coban Sewu Malang yang Menakjubkan

Bagi anda para pemburu sunset, spot tanah lot adalah tempat yang tepat untuk anda menikmati matahari terbenam di pulau dewata. Banyak wisatawan asing yang memilih tanah lot sebagai tempat untuk menikmati momen terbenamnya matahari. Anda juga bisa mengakses penginapan dari jenis villa hingga hotel mewah. Di tanah lot, terdapat banyak penginapan dengan berbagai kelas. Mereka juga membuat sebuah acara untuk menikmati momen matahari tenggelam. Dari acara makan malam romantis, hingga pagelaran tari khas bali yaitu tari kecak.

Lokasi tanah lot dan akses jalannya

Lokasi wisata alam tanah lot terletak di Jalan Tanah-Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan Bali. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali melalui jalur udara, perjalana bisa dimulai dari Bandara Ngurah Rai di Kota Denpasar. Jarak yang harus ditempuh wisatawan dari bandara hingga tanah lot adalah sejauh 29 Km. Jalan menuju wisata alam tanah lot sudah sangat memadai. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali menggunakan pesawat ataupun kapal, anda bisa memulai titik perjalanan dari pertama kali anda menginjakkan kaki di Bali. Dari Bandara Ngrah Rai, anda bisa menyusuri Jalan Raya Canggu untuk menuju ke Kabupaten Tabanan. Tak perlu khawatir, penunjuk jalan di bali sudah sangat memadai jadi bagi wisatawan tidak akan tersesat. Jarak yang harus ditempuh sejauh 29 Km dengan waktu tempuh normal selama 1,5 jam jika kondisi jalanan lancar.

Sedangkan melalui jalur darat, penyebrangan kapal akan menuju Pelabuhan Gilimanuk. Jarak dari Pelabuhan Gilimanuk menuju tanah lot terbilang cukup jauh. Anda harus melalui Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk untuk menuju tempat wisata tanah lot. Jarak yang ditempuh sepanjang 112 Km dengan waktu tempuh normal 4 jam perjalanan. Bagi anda yang menggunakan jalur darat, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi anda untuk berlibur di Bali. Tetapi bagi anda yang berlibur menggunakan jalur udara, hendaknya mempersiapkan transportasi yang akan gunakan. Dan ntuk menuju kesana, anda juga dapat melihat rutenya di maps berikut ini :

Di bali, hanya ada beberapa kendaraan umum. Untuk wisatawan, kebanyakan dari mereka menggunakan taksi atau sewa mobil yang banyak ditawarkan di bandara. Namun bagi anda yang tidak ingin repot, anda bisa memilih agen tour untuk berlibur di bali. Anda tidak perlu lagi memikirkan akomodasi dan sebagainya, semua telah diatur oleh agen tour anda.

Harga tiket masuk tanah lot

Harga tiket wisata alam tanah lot adalah sebagai berikut

1.Harga tiket untuk orang dewasa dipatok sebesar Rp 20.000 per orang

2.Harga tiket untuk anak-anak dipatok sebesar Rp 15.000 per orang

3.Biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 per kendaraan

4.Biaya parkir untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 per kendaraan

5.Biaya parkir untuk bus pariwisata sebesar Rp 10.000 per kendaraan

6.Harga tersebut berlaku untuk wisatawan domestik, jadi bagi wisatawan mancanegara akan dikenai harga tiket yang berbeda.

Tips Dan Trik Untuk Berlibur Di Tanah Lot

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh wisatawan yang hendak menikmati berlibur di Bali khususnya di tanah lot.

1.Pemilihan waktu yang tepat untuk berlibur. Bali merupakan destinasi utama sebagian besar pelancong domestik maupun mancanegara. Pada saat musim liburan, jumlah wisatawan di Bali bisa sangat membludak. Akhirnya kepadatan di berbagai tempat wisata tidak bisa dihindari. Belum lagi efek kemacetan yang timbul karena kepadatan tersebut. Pilihlah waktu berlibur ketika tidak musim libur panjang, sehingga anda bisa lebih menikmati kegiatan berlibur di Pulau Bali. Namun perlu anda ingat bahwa bali adalah daerah yang mayoritas penduduknya beragama hindu. Jadi jangan memutuskan berlibur ke Bali ketika menjelang perayaan nyepi. Pada saat warga Bali merayakan nyepi, kota akan sangat sepi karena mereka menghentikan berbagai aktifitas selama nyepi berlangsung. Akses penyebrangan di pelabuhan juga dihentikan saat periode nyepi.

2.Pilihlah akomodasi yang tepat. Di Bali, minim kendaraan umum yang mengangkut penumpang ke lokasi wisata. Pilihannya hanya ada pada menggunakan jasa taksi atau menggunakan sewa mobil jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi. Pertimbangkan kedua pilihan tersebut dengan matang agar anda tidak merasa dirugikan.

Baca juga : Menikmati Liburan di Wisata Alam Pantai Kuta Bali

3.Jaga sikap ketika berada di beberapa lokasi wisata. Masyarakat Bali terkenal dengan masyarakat yang agamis dan menjunjung tinggi leluhur mereka. Hingga ada beberapa pantangan atau larangan yang harus dipenuhi bagi setiap wisatawan yang hendak mengunjungi lokasi tersebut. contohnya untuk pura tanah lot. Bagi wisatawan yang ingin masuk ke pura tanah lot harus berpakaian rapi dan menjaga perkataan. Tidak boleh berkata kasar dan kotor. Untuk wanita yang sedang haid, mereka juga dilarang untuk masuk ke pura karena dianggap sedang tidak suci.