Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Hutan Pinus Mangunan

Yogyakarta memang kaya akan destinasi wisata. Wajar jika banyak wisatawan baik dari luar kota maupun luar negeri mengunjungi kota yang mendapat julukan kota pendidikan ini. Selain terkenal dengan istilah kota budaya, Yogyakarta juga dikenal dengan nama kota wisata. Nah, salah satu tempat wisata hits di Yogyakarta adalah wisata hutan Pinus Mangunan yang terkenal memiliki spot foto ciamik di Yogyakarta.

Nah, penasaran seperti apa menariknya hutan pinus Mangunan ini? Simak ulasan mengenai harga tiket masuk dan lokasi wisata Hutan Pinus Mangunan di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Pinus Mangunan

Deretan pohon pinus yang membawa udara sejuk dan sangat cocok sebagai tempat berhibernasi ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Hutan Pinus Mangunan ini merupakan area wisata alam yang terbuka dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh banyak wisatawan karena keasrian tempat wisata satu ini. Memasuki kawasan wisata ini, Anda akan menyaksikan pohon-pohon tinggi yang menjulang dengan keasrian yang memanjakan.

Hutan Pinus Mangunan juga menjadi salah satu destinasi orang yang suka berpeseda karena treckingnya yang cocok untuk digunakan berolahraga. Nah, harga tiket masuk ke wisata hutan Pinus Mangunan sendiri bisa dikatakan sangat murah.

Dengan biaya Rp.2500 per orangnya Anda sudah bisa masuk ke tempat wisata ini. Anda juga hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp.2000 dan Rp.5000 untuk kendaraan roda empat. Apabila ditotal, Anda tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk bisa berwisata di tempat ini.

Anda bisa berfoto-foto sepuasnya dengan spot foto hutan pinus dengan biaya yang sangat murah meriah dengan modal uang tidak lebih dari 10 ribu rupiah. Nah, untuk jam buka dari Wisata Hutan Pinus Mangunan sendiri, hutan ini dibuka dari jam 07.00 hingga 18.00 WIB.

Jadi ada baiknya jika Anda berkunjung saat pagi hari, sebba apabila matahari mulai turun, tempat wisata ini akan gelap karena tidak didukung dengan penerangan yang cukup.

Lokasi Wisata Hutan Pinus Mangunan Bantul

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke wisata hutan pinus Mangunan, Anda bisa berkunjung ke tempat ini dengan panduan google maps jika Anda belum tahu sama sekali letak wisata ini. Sebenarnya untuk menuju ke tempat wisata hutan pinus ini tidak begitu rumit, sebab lokasi wisata Hutan Pinus Mangunan sangat mudah untuk Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Asal jangan menggunakan kendaraan umum ya karena Anda akan kesulitan untuk menuju ke tempat wisata ini. Mengapa? Sebab tidak ada kendaraan umum yang beroperasi sampai ke wisata hutan pinus Mangunan ini. Jadi usahakan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi Hutan Pinus Mangunan yang berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Banyak orang yang mengira bahwa Hutan Pinus Mangunan dan Kebun Buah Mangunan berada di Imogiri, padahal alamat sebenarnya bukan di Imogiri melainkan Dlingo. Meskipun sama-sama di Bantul dan lebih dekat dengan Imogiri, bukan berarti hutan pinus Mangunan terletak di Imogiri.

Baca juga : Informasi Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Keraton Yogyakarta

Maka dari itu banyak yang menyebut Hutan Pinus Mangunan dengan sebutan Hutan Pinus Mangunan Imogiri. Salah satunya ya dikarenakan lokasi hutan ini searah dengan situs makam Raja-Raja Imogiri.

Jalan Menuju Wisata Hutan Pinus Mangunan Bantul

Untuk jalan menuju wisata hutan Pinus Mangunan, sangat mudah untuk Anda lalui. Jika Anda berangkat dari pusat kota Yogyakarta maka Anda bisa mengambil arah ke Jl. Imogiri Timur. Anda hanya perlu lurus saja di rute Imogiri timur ini sampai Anda menemukan pertigaan Imogiri. Nah, setelah Anda menemukan pertigaan Imogiri, ambillah arah kiri menuju arah Makam Raja-raja Imogiri.

Anda hanya perlu lurus saja mengikuti jalan sampai Anda menemukan pertigaan. Setelah Anda menemukan pertigaan beloklah ke arah kanan menuju Mangunan. Setelah sampai arah ke Mangunan, lurus saja sampai menemukan pertigaan dan ambillah arah ke kiri menuju arah hutan pinus. Menariknya dari perjalanan menanjak menuju hutan pinus Mangunan adalah Anda akan disuguhi oleh pemandangan alam yang begitu indah.

Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi Hutan Pinus Mangunan ini sebab sepanjang perjalanan menanjak akan Anda temukan plang yang akan menunjukkan Anda di mana lokasi wisata ini.

Anda juga bisa menemukan lokasi hutan pinus ini di aplikasi google maps namun ada baiknya jika Anda menggunakan sinyal yang jaringannya kuat. Mengapa? Sebab kawasan wisata ini adalah hutan yang mana sinyal internet akan susah diakses. Jadi jika Anda susah untuk bernavigasi melalui google maps berikut :

Jika masih kebingungn mencar lokasi wisata hutan pinus Mangunan, Anda bisa bertanya-tanya kepada penduduk setempat.

Hutan Pinus Mangunan Tempat Spot Foto Hits

Ribuan pohon pinus yang ditanam dengan teratur di kawasan seluas 500 Ha ini akan membuat Anda tertegun takjub melihatnya. Terlebih saat angin bertiup di sekitar Anda, maka akan terdengar suara harmoni alam yang menambah sensasi perpaduan alam yang begitu memanjakan. Maka jangan heran apabila banyak wisatawan yang begitu jatuh hati ketika berkunjung ke wisata hutan pinus ini.

Selain untuk menikmati suasananya yang khas membaur dengan alam dan menjanjikan ketenangan bagi jiwa para pengunjungnya, tempat wisata ini juga menawarkan spot foto yang bagus dan cantik untuk bisa Anda abadikan. Itulah mengapa banyak orang yang hobi fotografi menjadikan hutan pinus sebagai salah satu spot hunting foto paling favorit.

Ada banyak spot khas hutan pinus, spot di taman bunganya atau di gardun pandangnya. Ada banyak spot foto yang akan memanjakan Anda yang hobi sekali fotografi. Tidak heran jika banyak pasangan yang menjadikan hutan pinus sebagai latar atau setting foto prewedding mereka.

Jika Anda adalah seorang fotografer yang suka sekali dengan keindahan alam, huran pinus ini bisa Anda jadikan tempat untuk hunting foto yang tepat. Untuk menemukan nuansa ala Holywood seperti apa yang ada di film Twilight tidak perlu jauh-jauh pergi hingga ke Luar Negeri. Cukup dengan Anda pergi ke wisata alam hutan pinus Mangunan, Anda akan temukan spot foto terbaik yang ada.

Fasilitas Wisata Hutan Pinus Mangunan

Dikarenakan tempat wisata ini sekarang banyak dikenal oleh wisatawan maka Hutan Pinus Mangunan juga sudah memiliki berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh para pengunjungnya. Adapun fsilitas yang disediakan di hutan pinus Mangunan adalah :

1.Gardu pandang,

2.Panggung pertunjukan

3.Kamar mandi umum.

4.Mushola

5.Warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman.

Baca juga : Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Seperti itulah ulasan mengenai harga tiket masuk dan lokasi Wisata Hutan Pinus Mangunan. Selamat beriwisata dan jangan lupa siapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan momen wisata di alam terbuka yang sangat memanjakan mata Anda.