Keindahan Panorama di Wisata Kawah Putih Bandung

Wisata Kawah Putih Bandung. Daerah Bandung merupakan salah satu daerah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mengisi masa liburan bersama keluarga atau rekan mereka. Kota dengan khas Sundanya ini menawarkan berbagai tempat yang apik yang mampu memanjakan mata Anda. Salah satu tempat favorit yang bisa Anda kunjungi adalah Kawah Putih Ciwidey.

Sejarah Kawah Putih Ciwidey Bandung

Awalnya , dahulu kala tempat Kawah Putih Bandung dapat dikunjungi oleh siapapun dan terbuka untuk umum. Penduduk lokal mempercayai bahwa tempat ini memiliki bekas misteri yang mendalam. Pikiran dan anggapan ini muncul karena setiap burung yang terbang melewati daerah ini akan mati. Sampai akhirnya pada tahun 1837, Dr. Franz Wilhelm Joghun, seorang ilmuwan dari Jerman membantah anggapan warga setempat. Beliau menunjukan fakta yang dia miliki yang merupakan hasil penelitiannya. Fakta tersebut menyebutkan bahwa burung yang mati tersebut disebabkan oleh sesuatu yang logis terjadi, yaitu semburan lava belerang.

Kadar belerang yang tergolong tinggi, membuat tempat ini sempat dijadikan pabrik belerang oleh pemerintah Belanda. Pabrik sempat berdiri lama, bahkan bertahan hingga pemerintahan Jepang. Pabrik yang bernama Zwavel Ontgining Kawah Putih berubah menjadi Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey.

Beberapa tahun kemudian , tepatnya tahun 1987, pihak PT Perhutani III mengubah tempat ini menjadi suatu kawasan wisata. Hal ini berlangsung hingga sekarang. Tentunya dengan berbagai perkembangan yang terjadi didalamnya.

Keeksotisan Wisata Kawah Putih Bandung

Siapa orang yang tak mengenal wisata terkenal di Bandung ini. Wisata Kawah Putih Bandung merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan kawah. Kawah yang ada merupakan sisa letusan gunung patuha yang telah terjadi pada abad ke 10. Sesuai dengan namanya, tempat ini bertemakan putih. Iya putih ! Warna putih ini berasal dari warna tanah yang tercampur oleh belerang dan mengelilingi daerah kawah. Tak hanya warna tanahnya yang putih, air didalam kawah juga berwarna putih tak seperti air pada umumnya. Air yang adapun bisa berubah- ubah lhoh!. Terkadang berwarna putih kebiru-biruan, putih hijau-kehijauan hingga berwarna hijau apel. Warna air dipengaruhi oleh kadar belerang, cuaca dan suhu lingkungan sekitar.

Lokasi Wisata Kawah Putih Bandung terletak di daerah dataran tinggi. Tinggi kawasan pegunungan sekitar 2400 meter diatas permukaan air laut. Jadi, jangan lupa membawa jaket yang tebal, karena suhu tempat ini cukup dingin, bahkan dapat mencapi 8 derajat celcius. Terdapat dua kawah yang ada didaerah ini. Kawah tersebut berada di daerah barat dan satunya lagi ada terletak di bawahnya.

Baca juga : Sejuk dan Rindangannya Wisata Pantai Goa Cemara di Bantul Jogja

Bayangkan saja tempat berwarna serba putih? Indah bukan? Tempat seperti tentunya sangat unik bagi wisatawan. Hal ini ditambah dengan keberadaan kabut yang berada diatas kawah. Tak heran, jika sampai saat ini Kawah Putih Bandung sering dijadikan objek foto prawedding, fotografi lainnya dan objek lukisan. Salah satu adegan film “Heart” , sebuah film yang sempat tenar pada zamannya, menggunakan tempat ini sebagai objeknya. Sehingga sudah sangat jelas bahwa tempat wisata ini merupakan wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi ketika singgah di Bandung.

Fasilitas Wisata Kawah Putih Bandung

Setelah mengetahui jalan menuju lokasi Wisata Kawah Putih, anda akan menemukan fasilitas yang disediakan wisata kawah putih tergolong lengkap. Banyaknya pengunjung terutama saat musim liburan, membuat pihak pengelola menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Toilet umum juga dapat dengan mudah Anda temui di dalam area wisata. Tempat duduk yang nyaman tersebar di berbagai area wisata.

Selain itu, wisata ini juga menyediakan mushola, sehingga Anda tak perlu khawatir ketika waktu sholat tiba. Jika perut Anda kosong, Anda dapat menikmati makanan di cafe perhutani, warung ataupun restoran. Tempat makanan ini semuanyanya berada di area bawah, dekat gerbang masuk. Untuk menuju ke area lokasi, Anda dapat menggunakan transportasi yang disediakan oleh pihak pengelola.

Apabila Anda berasal dari luar kota dan berniat singga lebih lama, maka Anda dapat menginap di sekitar wilayah Kawah Putih. Tentunya terdapat beberapa tempat penginapan yang lokasinya dekat dengan tempat wisata ini. Beberapa contohnya adalah Hotel Kampung Strawbery, Patuha Resort, Ciwidey Valley Resort, dan Penginapan MS. Harga yang dikenankan tiap hotelnya berbeda-beda sesuai dengan fasilitas yang disediakan. Kisaran harganya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jika Anda berniat untuk menginap, tentunya Anda perlu menyediakan uang lebih.

Tarif Masuk Wisata Kawah Putih Bandung

Untuk dapat menikmati indahnya kawah yang dibalut dengan udara sejuk, tidak dapat Anda dapatkan secara gratis. Semenjak kawah putih ini dijadikan tempat wisata, pemerintah telah mentarifkan harga tiket masuk untuk wisatawan. Setiap tahunnya tarif ini cenderung naik. Wisata Kawah Putih Bandung dibuka dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Anda selayaknya lebih bijak untuk menyiapkan tarif dari awal. Sehingga ketika ke lokasi tujuan Anda tak khawatir lagi dengan biaya yang Anda butuhkan. Tak hanya tarif masuk, Anda juga harus menyiapkan beberapa tarif lain, seperti tarif parkir dan tarif transportasi yang ada di kawasan wisata.

Pada tahun 2018, tarif yang dikenakan untuk wisatawan lokal harga tiket Wisata Kawah Puith Bandung sebesar Rp. 20.000/orang dan Rp. 50.000/orang untuk wisatawan asing. Tempat parkir yang disediakan terbagi menjadi dua wilayah. Wilayah bagian atas dan wilayah bagian bawah. Wilayah parkir di bagian bawah terletak didekat gerbang masuk. Sedangkan parkir bagian atas terletak di dekat lokasi kawah. Perlu Anda ketahui, tarif parkir daerah atas dan bawah cukup terpaut jauh. Hal ini tentu perlu

Anda pertimbangkan dari awal. Parkir di wilayah atas dikenakan tarif sebesar Rp 150.000 untuk kendaraan roda 4, dan Rp 35.000 untuk motor. Sedangkan pada wilayah bawah dikenakan tarif sebesar Rp 6.000 untuk kendaraan roda 4, Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 25.000 untuk kendaraan roda 6.

Saat Anda memilih untuk memarkirkan kendaraan di bawah, Anda dapat menggunakan ontang-anting untuk menuju lokasi kawah. Ontang-anting merupakan sebutan orang sunda mengenai kendaraan umum yang bentuknya seperti mini bus. Ontang-anting ini dapat menampung sekitar 12 orang dengan harga tike sebesar Rp 15.000.

Akses Menuju Wisata Kawah Putih Bandung

Wisata Kawah Putih Bandung berlokasi di Jalan Soreang Ciwidey, Jawa Barat. Daerah ini terletak di bagian selatan Bandung. Akses menuju lokasi terbilang mudah. Tersedia berbagai macam kendaraan umum yang dapat mengantarkan Anda sampai ke gerbang masuk wisata tersebut. Karena wilayahnya yang cukup terkenal ini, kemungkinan Anda kesasar sangat kecil.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda tak perlu takut. Banyak petunjuk jalan untuk menuju ke wisata tujuan. Apalagi zaman semakin maju, Anda tinggal manfaatkan smartphone Anda untuk melihat rute menggunakan google map berikut :

Baca juga : Menikmati Lezatnya Wisata Kuliner di Pantai Depok Bantul Jogja

Anda tertarik bukan mengunjungi kawah nan romantis ini? Jika Anda terarik, mungkin Anda dapat menabung mulai dari sekarang. Buat kenangan barumu di Wisata Kawah Putih Bandung.