Pesona Kawasan Wisata Kawah Sikidang Dieng

Wisata Kawah Sikidang Dieng merupakan Tempat wisata andalan di daerah Dieng yang harus kalian kunjungi. Ada beberapa kawah di daerang Dieng, Kawah Sikidang merupakan kawasan yang paling gampang dicapai & sangat keren lokasinya untuk dinikmati karena letaknya ditanah mendatar. Kawah Sikidang Dieng pun terkenal dengan fenomena kawahnya yang bisa berpindah dan melompat dalam area satu kawasan luas. Itulah mengapa Kawah Sikidang menjadi salah satu kawah di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang paling diminati. Tiap minggu banyak wisatawan dan pelancong datang beramai-ramai menyaksikan aktivitas vulkanik yang dapat disaksikan secara langsung.

Dataran Tinggi Dieng ini merupakan gunung berapi dengan telaga – telaga & kawah – kawah bekas letusan yang disekitarnya dihuni penduduk lokal. Kawah-kawahnya yang masih menujukkan aktivitas vulkanik inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, begitu juga sama halnya dengan Kawah Sikidang Dieng. Posisi Kawah Sikidang Dieng berbeda dengan kawah pada umumnya yang letaknya di tinggi puncak gunung berapi & sangat susah jika ingin melihatnya. Berbeda dengan Kawah Sikidang ini karena berada di tanah yang datar sehingga wisatawan dan pelancong bisa dengan leluasa melihat lumpur panas yang meletup-letup juga gas atau asap yang berwarna putih pekat yang mengepul di udara. Fenomena alam yang benar-benar menarik perhatian pengunjung.

Fenomena Kawah Sikidang Dieng

Ada sebuah fenomena menarik bahwa Kawah Sikidang Dieng Yang Dapat Lompat Seperti Kijang. Kawah Sikidang ini terbentuk oleh letusan gunung berapi yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng bertahun – tahun lalu. Hingga kini kawah ini masih menunjukkan keaktifannya, oleh sebab hal itulah bila kalian mengunjungi kawah kalian akan melihat aktivitas gunung berapi, berupa lumpur vulkanik yang meledak-ledak kecil disertai gas beracun yang mengepul berbentuk asap putih pekat.
Kawah ini sangat fenomenal. Pada kurun waktu tertentu, hanya 1 kali dalam 4 tahunan, kawah seperti berpindah, seperti melompat didalam satu kawasan seperti kebiasaan hewan kidang (kidang adalah kijang dalam bahasa Jawa kuno) yang suka melompat. Inilah asal usul Kawah Sikidang.

Harga Tiket Wisata Kawah Sikidang Dieng

Harga wisata tiket Kawah Sikidang Dieng sudah termasuk tiket terusan dari obyek wisata Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima sebesar Rp10.000,- saja. Karena sebelum anda menuju ke Kawah Sikidang dieng, kalian juga dapat menikmati objek wisata candi dengan menggunakan 1 tiket terusan. Harga yang murah untuk tiga obyek wisata sekaligus. Wisata Kawah Sikidang di buka setiap hari untuk umum mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 16.00 waktu indonesia barat.

Lokasi Wisata Kawah Sikidang Dieng

Lokasi Wisata Kawah Sikidang Dieng ini tepat terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, walaupun masih banyak juga orang yang mengatakan letaknya adalah di Wonosobo. Jalan menuju wisata Kawah Sikidang lumayan bagus karena  lokasinya berada di area yang datar, di kelilingi bebatuan belerang & uap panas yang mengepul di sertai goyangan air mendidih berwarna keabu-abuan. Oleh karena kandungan zat belerang yang amat kuat membuat kawah tersebut mengeluarkan bau amat menyengat seperti bau telur busuk (bau khas belerang), sehingga wisatawan dan pelancong banyak yang berkunjung ke Kawah Sikidang Dieng diharuskan menggunakan masker sebagai penutup hidung demi kenyamanan berwisata. Namun begitu, bau menyengat tidak menghalangi keinginan pengunjung dan pelancong untuk berkunjung ke Kawah Sikidang Dieng. Agar bisa ke kawah sikidang juga sangat mudah karena terletak dekat dengan Kompleks Candi Arjuna & Candi Bima. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di maps berikut :

Keindahan Aktivitas Vulkanik Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Sama seperti kawah lainnya, Kawah ini juga mengandung sulfur yang sangat tinggi dengan belerang yang mengandung zat beracun. Menyebabkan bau gas yang keluar amat sangat menyengat & beracun. Untuk itu, bila berwisata ke Kawah Sikidang, kalian disarankan agar memakai masker atau penutup mulut lainnya supaya terhindar dari keracunan gas. kalian diharuskan mematuhi rambu-rambu yang ada di dekat kawah yang isinya melarang pengunjung untuk menyalakan api atau membuang puntung rokok ke dalam kawah. Api yang mengenai zat-zat dari gunung berapi dapat memicu ledakan serta kebakaran.

Tanah di sekitar kawah pun ikut memutih karena kandungan sulfurnya. Oleh karenanya kawasan Kawah Sikidang terlihat dengan tanah gersang agak keputihan sebab pohon-pohonnya mati karena aktivitas kawah tersebut. Terdapat lubang-lubang bekas kolam kawah di berbagai titik. Tanah di sekitar kawah juga sangat rapuh, bila kurang hati-hati tanahnya dapat ambrol & kalian dapat tercebur ke kolam kawah yang sedang mendidih. Dengan maksud tujuan keamanan, pengelola obyek wisata ini telah memasang pagar pembatas dari bambu agar menjaga jarak aman dari kolam kawah supaya jangan terlalu terpapar gas beracun & tercebur ke kawah.

Baca juga : Mengetahui Sejarah Wisata Candi Dieng Dan Berbagai Pesonanya

Berwisata ke Kawah Sikidang Dieng akan menjadi suatu hal yang menakjubkan sebab kalian dapat melihat langsung aktivitas vulkanik gunung berapi di kawah tanpa harus mendaki gunung. Warna tanah yang memutih serta aktivitas kawah yang fenomenal & indah kerap dijadikan objek foto oleh pengunjung. Mengambil foto kawah sikidang berlumpur panas yang meledak-ledak kecil dengan asap putih yang mengepul serta menjadikannya latar belakang foto kalian pasti akan menarik sekali. Perjalanan Wisata kalian pasti akan lebih bervariasi & obyek foto kalian tidak terus-terusan dengan gaya lanskap pada pemandangan alam yang hijau.

Fenomena Telor Rebus Kawah   Sikidang Dieng

Daerah Kawah Sikidang dengan segala keunikannya membawa keuntungan bagi penduduk sekitar. Semakin ramainya pengunjung semakin banyak lapangan kerja yang muncul. Penduduk sekitar dapat berjualan makanan & minuman kepada wisatawan atau pelancong. Biasanya penduduk menjual makanan khas Dieng dan juga bahan-bahan dasar hasil pertanian utama Dieng, yaitu kentang.

Dan momen yang paling dicari pengunjung ialah momen Telor Rebus Kawah Sikidang. Penduduk sekitar kawah menjual telur mentah untuk direbus di sebuah kawah kecil yang airnya sangat mendidih. kalian dapat langsung merebus sendiri telur di kawah kecil tersebut, dalam waktu 5 menit akan langsung matang dan bisa segera disantap. Disamping makanan, ada juga penduduk yang menjual bongkahan – bongkahan belerang padat sebagai suvenir atau oleh-oleh.

Di sekitar kawah juga ada fotografer yang dapat kalian sewa untuk pengambilan foto wisata kalian. Tidak hanya itu, di sekitar Kawah Sikidang ada penduduk yang menyewakan burung hantu untuk berfoto bersama kalian. Burung hantu ini jinak yang disewakan untuk membuat foto kalian di Kawah Sikidang menjadi terkesan mistis.

Baca juga : Kawasan Wisata Telaga Warna Dieng

Bila kalian ingin bepergian ke Wisata Kawah Sikidang Dieng, kalian akan melihat ada yang unik dengan penduduk sekitar kawah. kalian akan melihat anak-anak asli Dieng yang berambut gembel atau gimbal. Fenomena anak – anak gimbal ini terkait kisah legenda Kawah Sikidang. Pada saat Ritual Acara Dieng Culture Festival anak-anak ini akan mengikuti ritual pemotongan rambut & ruwatan. Sangat Unik sekali segala sesuatu yang ada di Wisata Kawah Sikidang Dieng ini. Selamat Berwisata!