Wisata Kebun Raya Bogor Masih Menjadi Favorite

Wisata Kebun Raya Bogor merupakan jenis kebun botani yang memiliki ukuran cukup luas dan terletak di Kabupaten Bogor, Jawab Barat. Pada musim libur sekolah atau hari- hari besar seperti libur lebaran , sekolah dan lain sebagainya kebun ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupaun mancanegara.

Tempat ini masih menjadi tempat favorite bagi sebagian kalangan. Alasanya berbagai macam , mulai dari dekat , mudah dijangkau atau akses untuk mencapainya mudah, murah dan yang paling penting adalah dapat mengajak buah hari atau orang tersayang mengenal banyak jenis jenis tanaman.

Jadi selain berefreshing agar otak segar kembali, juga menambah keilmuan yang akan membuat perbendaharaan keilmuan kita menjadi bertambah. Selain itu, bagi para orang tua yang mengajak buah hatinya kesini juga dapat sekaligus mengenalkan jenis- jenis tanaman yang ada.

Di kebun raya bogor ini juga terdapat pusat- pusat keilmuan seperti Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor dan juga Pustaka. Jadi tak salah jika para bunda memilih tempat ini untuk membawa sang buah hati berlibur. Selain menyenangkan pengetahuan anakpun nantiya akan bertambah.

Kebun raya yang memiliki luas sekitar 87 hektare ini memiliki koleksi tanaman yang berjumlah sekitar 15 ribu jenis tanaman pohon dan tumbuhan lainya. Pada awal pembangunanya kebun ini merupakan bagian dari samida atau lebih dikenal sebagai taman buatan (hutan buatan) yang dibangun sejak zaman sri baduga Maharaja (prabu Siliwangi, 1474- 1513).

Sesuai dengan prastasti Batutulis dari kerajaan sunda, hutan buatan ini berfungsi untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Sebagai tempat pemeliharaan benih- benih kayu yang tergolong langka.

Kemudian pada awal tahun 1800- an Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles, yang tinggal di Istana Bogor memiliki ketertarikan yang tinggi atas botani. Jendral Thomas kemudian tertarik untuk mengembangkan halaman istana bogor menjadi sebuah kebun yang indah dan cantik untuk ia nikmati secara pribadi.

Dengan dibantu oleh beberapa ahli botani seperti W kent yang turut serta merancang pembangunan Kew Garden di London Inggris. Gubernur Raffles kemudian mulai merubah tatanan halaman istananya menjadi taman dengan bergaya inggris klasik. Dan inilah cikal bakal bentuk kebun raya bogor yang seperti sekarang ini.

Pada awalnya kebun ini sebagai percobaan bagi tanaman perkebunann yang pernah dikuasai oleh Hindia Belanda. Dan kini berubah nama menjadi negara Republik Indonesia. Namun seiring berjalanya waktu, kebun raya bogor ini digunakan juga sebagai tempat peneltian para ilmuan Botani.

Adapun beberapa nama juga turut serta mengiringi perjalanan sebelum akhirnya ditetapkan sebagai kebun raya bogor. Beberapa julukanya seperti : ‘S Lands Plantetium, Botanical Garden of Buitenzorg, Botanical Garden of Indonesia, Kebun Gede, serta Kebun Jodoh.

Tiket Masuk Kawasan Wisata Kebun Raya Bogor

Setelah diresmikan menjadi kebun raya bogor, kemudian ditetapkan peratutan Pemerintah Republik Indonesia Nomor: 32 tahun 2016, tarif masuk bagi pengunjung kebun raya bogor adalah sebagai berikut :

1.Tiket masuk Rp. 15 ribu,- / orang. ( Rp 1000 disumbangkan untuk PMI)
2.Tiket wisatawan asing Rp. 25.000 / Orang.
3.Kemdaraan keliling roda 4 Rp 30.000.
4.Parkir kendaraan roda 2 Rp. 5,000.
5.Tiket sepeda keliling Rp. 5.000,-

Tarif tiket masuk wisata kawasan kebun Raya Bogor ini sudah termasuk asuransi jasarahardja, adapun jam buka pengunjung untuk umum yakni dimulai pada pukul 7 pagi hingga jam 4 sore WIB. Khusus untuk kantor dan perpustakaan akan ditutup pukul 3 sore.
Jika anda ingin berlibur kesana, hendaknya menghindari hari – hari libur atau sabtu dan minggu, karena kantor tutup. Namun berbeda dengan kebunya yang dibuka setiap hari, jadi anda bisa menikmati kawasan kebun raya bogor saat liburan atau long weekend bersama orang tersayang.

Jalan Menuju Wisata Kebun Raya Bogor

Jika anda ingin melepas penat dan menikmati hijaunya udara yang asri namun tidak jauh dari perkotaan, kebun raya bogor adalah pilihan yang pas. Tentunya kawasan ini akan memanjakan mata anda dengan pemandangan yang hijau dan alami.

Jalan menuju kawasan wisata Kebun Raya Bogor sangat mudah diakses. Lokasi yang terletak di jalan juanda nomor 13 kota bogor, jawa barat ini memiliki akses jalan yang cukup mudah. Anda bisa mengambil rute dari stasiun bogor, dengan cara menggunakan angkot nomor 03 jurusan bubulak – barangsiang.

Angkot dengan jurusan ini akan membawa anda langsung turun di kebun raya. Atau alternatif lain yakni dengan menggunakan angkot nomor 02 menuju pintu kebun raya bogor yang biasanya dibuka pada hari libur.

Baca juga : Pesona Wisata Waduk Wadaslintang Kabupaten Wonosobo

Apabila anda menaiki bus dan turun di terminal baranangsiang, maka langsung saja naik angkot berwarna hijau dengan nomor 03 dengan jurusan baranangsiang, maka anda akan langsung bisa menuju ke kebun raya bogor.

Lokasi Wisata Kebun Raya Bogor

Lokasi wisata Kebun Raya Bogor beralamat tepatnya di jalan Ir Juanda nomor 13, Paledang – Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat 16122 Indonesia.

Lokasi yang tidak begitu jauh dari kota ini menyebabkan kebun raya bogor masih menjadi primadona bagi masyarakat yang ingin berlibur namun tidak memiliki banyak waktu untu mengunjungi tempat yang jauh. Jika anda ingin berwisata kesana anda juga dapat melihat rute perjalanan kesana di maps berikut :

Jika anda ingin pergi kesana dan membawa serta balita anda, disarankan untuk membawa stroller. Hal ini bertujuan supaya anda lebih leluasa berkeliling dan menikmati panorama. Lokasi yang sudah tertata rapi dan jalanya yang mudah dilalui akan membuat anda dan bayi anda nyaman jika menggunakan stroller.

Kebun raya bogor ini memiliki beberapa topografi jalanan, jadi jika anda hendak berkeliling disini disarankan untuk menggunakan sneakers atau alas kaki yang nyaman karena sesekali anda akan menemui jalan yang berbatu.

Hawanya yang masih lumayan sejuk akan membuat anda dan keluarga betah berlama- lama mengelilingi kebun ini, selain itu anda juga akan disuguhi pemandangan berbagai jenis tanaman yang sudah tergolong langka.

Disini juga terdapat berbagai macam fasilitas, seperti food court, resort, hotel untuk menginap, toilet umum, mushola dan lainya. Jadi anda tidak perlu khawatir kelaparan atau kesusahan untuk beribadah ditempat ini.

Di tempat ini banyak juga yang mengabadikan moment special bersama pasangan, seperti melaukakan sesi pemotretan prewedding atau lainya. Dengan latar belakang hutan yang asri, dipadukan dengan hasil jepretan kamera yang profesional. Maka akan menghasilkan foto yang dramatis yang eksotis dan tentunya indah.

Atau anda juga bisa mengambil gambar dengan latar belakang istana negara yang megah sekedar untuk menambah koleksi pada galeri sosial media anda. Kebun raya bogor menawarkan berbagai fasilitas dan keindahan yang sangat mungkin dijangkau berbagai kalangan masyarakat.

Buka juga : Kawasan Wisata Alam Posong Temanggung

Untuk itu, setiap wisatawan yang datang dihimbau untuk tidak merusak fasilitas yang ada dengan semisal mencoret coret, merusak pohon, atau membuang sampah secara sembarangan. Karena keindahan kebun raya bogor harus kita jaga bersama sebagai warisan alam dan kekayaan budaya milik bersama.