Kenali Sejarah, Kunjungi Wisata Monumen Braja Sandhi Bali!

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau mengenal sejarah bangsanya sendiri. Jika Anda ingin mengetahui sejarah pulau Dewata Bali, mengunjungi monumen Braja Sandhi menjadi pilihan yang sangat tepat. Wisata Monumen Braja Sandhi Bali didirikan di atas tanah lapang yang sangat luas. Lebih tepatnya di lapangan Renon yang berada di Jalan Raya Puputan No. 142, Panjer, Denpasar Timur, Denpasar. Berada di depan Kantor Gubernur dan Kantor DPRD Provinsi Bali.

Monumen Braja Sandhi Bali menjadi salah satu objek wisata yang sangat terkenal di kalangan para traveler domestic maupun asing. Hampir setiap hari tempat ini r dikunjungi oleh wisatawan, terlebih lagi saat weekend serta hari libur nasional. Lantas, apakah Anda ingin berlibur ke Monumen Braja Sandhi? Jika iya, ada baiknya Anda terlebih dahulu tahu akan sejarah monumen ini.

Sejarah Berdirinya Monumen Braja Sandhi Renon

Tahukah Anda mengenai sejarah berdirinya Monumen Braja Sandhi? Ya seperti halnya monumen di daerah lain. Monumen ini didirikan untuk memberikan rasa penghormatan bagi para pahlawan di daerah Bali. Mengabadikan jiwa para pejuang sekaligus melestarikan kebudayaan Bali. Budaya yang sarat akan nilai-nilai ajaran agama Hindu.
Dipersembahkan bagi mereka yang telah berjuang hingga gugur dalam melawan penjajah Belanda maupun Jepang. Nah, tak mengherankan apabila monumen ini terkenal dengan sebutan Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Terdapat 33 diorama yang berisi pesan moral mengenai nasionalisme. Menggambarkan seluruh peristiwa sejarah penting rakyat Bali dari masa ke masa, sejak zaman prasejarah hingga kemerdekaan. Ditata dengan rapi searah jarum jam dan urut berdasarkan waktu kejadiaan,

Selain itu, Monumen Braja Sandhi didirikan untuk melambangkan kemerdekaan, kesatuan dan keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Terlihat dari struktur bangunannya. Di pintu utama terdapat 17 buah anak tangga. Kemudian di dalam gedung monumen ada 8 buah tiang agung yang berdiri dengan kokohnya. Monumen tersebut menjulang ke langit setinggi 45 meter. Nah, 17-8-45 itu merupakan hari kemerdekaan Indonesia yakni tanggal 17 pada bulan Agustus tahun 1945.

Mengapa dinamakan Braja Sandhi?

Kenapa diberi nama Braja Sandhi? Bukankah lebih baik dinamakan Monumen Bali saja karena terletak di Bali? Pertanyaan tersebut kerap kali muncul bagi para pelancong yang baru pertama kali mengunjungi objek wisata ini. Lantas, mengapa dinamakan Monumen Braja Sandhi? Hal itu dikarenakan bentuk monumen yang hampir mirip dengan bajra atau genta. Genta digunakan oleh para pendeta dalam acara keagamaan untuk melafalkan Weda atau mantra pemujaan.

Baca juga : Wisata Alam Pantai Suluban Bali Blue Point

Begitu juga dengan patung yang telah dijadikan ornament pada monumen juga mencerminkan kebudayaan rakyat Bali. Betapa tidak? semua arsitektur mengandung nilai filosofi kepercayaan umat Hindu di Bali. Wajar jika kini wisata Monumen Braja Sandhi Bali menjadi salah satu tujuan destinasi wisata masyarakat.

Struktur Bangunan Monumen Braja Sandhi Bali

Objek wisata Monumen Braja Sandhi mulai dibangun oleh pemerintah Bali pada tahun 1987. Kemudian baru di resmikan pada tahun 2003, lebih persisnya tanggal 14 Juni. Diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri yang saat itu tengah menjabat kepala Negara Indonesia.

Terbentang di tengah-tengah lahan seluas 14 hektar membuat monumen ini berdiri megah di tengah rerumputan nan hijau. Luas bangunan monumen mencapai 70 m x 70 m. Tidak mengherankan jika lantas struktur bangunan ini terdiri dari tiga bagian. Tahukah apa saja itu? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

1.Nistaning Utama Mandala

Bagian pertama terletak di bagian bawah paling dasar monumen. Dijadikan sebagai dasar penopang bangunan. Pada bagian ini pengunjung akan menjumpai beberapa ruang yang terletak di lantai dasar. Seperti ruang informasi dan administrasi, ruang untuk rapat.
Saat memasuki kawasan monumen, pengunjung dapat langsung berkunjung ke perpustukaan. Selain itu, jika berminat membawa pulang souvenir-souvernir khas Bali, Anda dapat membelinya di ruang souvenir. Fasilitas monumen juga didukung tersedianya toilet yang terjaga kebersihannya.

2.Madian Utama Mandala

Madian Utama Mandala merupakan bagian kedua yang terletak di lantai tengah. Di bagian ini Anda akan dimanjakan dengan adanya kolam ikan bernama Puser Tasik serta pajangan diodrama sebanyak 33 buah. Diodrama yang menceritakan perjuangan rakyat bali hingga kemerdekaan.

3.Utamaning Utama Mandala

Utamaning Utama Mandala merupakan bagian ketiga yang berada di lantai atas. Pengunjung dapat menikmati pemandangan dari atas sini dengan menaiki tangga Tapak Dara seinggi 10 m yang berbentuk spiral.

Bagaimana Rute Terbaik Menuju Monumen Braja Sandhi Bali?

Lokasi wisata Monumen Braja Sandhi Bali dapat dijangkau dengan mudah. Rute terbaik untuk dilalui bergantung tempat asal Anda berangkat. Ketika Anda sedang berlibur di Pantai Kuta (wilayah Bali bagian selatan) atau Ubud Bali jangan lupa untuk ke Monumen Braja Sandhi. Untuk mendapatkan rute tercepat, sebaiknya anda melihat rute menuju pantai ini di Maps berikut

Untuk menuju objek wisata dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan sewa. Bisa kendaraan roda dua (sepeda motor) maupun roda empat (mobil, bus, mini bus). Nah, jalan menuju wisata Monumen Braja Sandhi Bali sudah cukup bagus, hanya beberapa kecil jalan yang masih berlubang. Selama perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan alam sembari bersenda gurau dengan keluarga maupun teman. Pastinya akan sangat menyenangkan.

Jam Kunjung serta Harga Tiket Masuk Monumen Perjuangan Rakyat Bali

Sebelum berwisata ke monumen Braja Sandhi Bali, ada baiknya Anda mengetahui jam buka serta tariff masuknya terlebih dahulu. Monumen ini buka setiap hari selama satu minggu full. Untuk lebih lengkapnya bisa Anda lihat pada tabel berikut.

Jadwal Jam Kunjung Wisatawan Monumen Braja Sandhi Bali

1. Senin – Jumat 08.30 – 16.30 WITA

2. Sabtu – Minggu 09.30 – 16.30 WITA

Nah, untuk memasuki area wisata di kawasan Denpasar ini, para pengunjung wajib memiliki tiket masuk. Tiket dapat dibeli di loket masuk di pintu depan monumen. Berikut daftar harga tiket wisata Monumen Braja Sandhi. Akan tetapi tarif ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijaksanaan dari pengelola.

Daftar harga tiket masuk objek wisata Monumen Braja Sandhi

1. Anak-anak (TK dan SD) Rp. 2.000,- setiap anak

2. Remaja (Tingkat SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi) Rp. 5.000,- setiap orang

3. Orang Dewasa Rp. 25.000,- setiap orang

Selain sebagai tempat wisata, monumen ini bisa digunakan untuk menyelenggarakan foto prewedding. Lantas berapa biayanya? Bagi wisatawan loka cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 350.000,- saja. Murah bukan? dengan biaya murah, Anda dapat memiliki foto spesial yang indah berlatar belakang pemandangan monumen yang menakjubkan.

Baca juga : Liburan dan Wisata Belanja Pasar Badung Bali

Wisata sejarah yang sangat menarik bukan? Pesona monumen tinggi beserta museum sejarah serta taman hijau dengan beragam pohon dan bunga menambah keelokan objek wisata ini. Lantas kapan Anda akan mengunjungi wisata Monumen Braja Sandhi Bali? Menyegarkan fikiran sekaligus mengenal sejarah siapa yang tak menginginkannya? Tunggu apa lagi? Segera ajak keluarga ataupun teman Anda.