Destinasi Wisata Pantai Balekambang Malang Terbaru 2018

Wisata Pantai Balekambang Malang patut anda kunjungi bersama sanak keluarga, kerabat, maupun kekasih anda. Melakukan perjalanan liburan adalah salah satu hal yang menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Kita ketahui bahwa semua orang memiliki masalah hidup dengan takaran masing-masing. Dan setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengurangi beban pikiran tersebut. salah satunya ialah dengan mendatangi wisata alam.Keindahan dan suasana yang asri memberikan nilai tambah tersendiri bagi mereka yang berkunjung. Pantas memang jika, wisata alam di tempat-tempat liburan, tidak sepi dari pengunjung.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan jutaan pulau yang dimiliki. Banyaknya pulau-pulau tersebut memberikan keindahan tersendiri untuk negara Indonesia. Hal ini membuat banyak wisatawan, baik itu wisatawan daerah maupun wisatawan mancanegara ingin berkunjung melihat beberapa destinasi yang ada di Indonesia.

Salah satu daerah yang memiliki tempat wisata yang banyak sekali macamnya ialah Kabupaten Malang. Di sana terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata bahari hingga wisata alam. Wisata alam yang disuguhkan pun memiliki beberapa jenis, yaitu pegunungan, bukit, air terjun, bahkan pantai. Tidak heran jika setiap tahunnya, Kabupaten Malang memiliki pengunjung yang lebih banyak dari pada daerah-daerah lainnya.

Salah satu wisata alam yang menjadi andalan Kabupaten Malang ialah Wisata Pantai Balekambang Malang. Meskipun wisata pantai yang ada di Indonesia begitu banyak, namun pantai Balekambang tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata pantai lainnya. Berikut saya jabarkan beberapa informasi terkait pantai indah tersebut untuk dijadikan sebagai refrensi tempat liburan Anda. Simaklah baik-baik dan buktikan keseruannya.

Info Seputar Wisata Pantai Balekambang

Bagi masyarakat Malang sendiri sudah tentu sangat mengenal wisata pantai Balekambang yang satu ini. Bagaimana tidak? Pantai ini memiliki sejuta pesona alam yang sangat indah untuk dikunjungi. Tak heran jika tiap harinya, Pantai Balekambang memiliki pengunjung terus menerus dan tidak pernah sepi.

Wisata Balekambang adalah sebuah wisata pantai yang menjadi salah satu wisata favorite Kabupaten Malang sejak tahun 1985 sampai saat ini. Keindahan pantai ini terletak pada panorama alamnya yang sangat menakjubkan, meliputi gelombang ombak yang memanjang hampir 2 km dan hamparan pasir yang luas. Pasir pantai ini memiliki warna putih yang bersih dari sampah maupun kotoran. Hal ini dimanfaatkan oleh wisatawan untuk bermain, berolahraga, dan berfoto ria.

Pantai Balekambang selain disebut sebagai wisata alam, juga dikenal dengan wisata religinya. Pasalnya, pada hari-hari tertentu ada ribuan pengunjung yang datang ke pantai hanya untuk melakukan ritual. Ritual religi yang dilakukan oleh umat islam ialah berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil. Beliau adalah orang pertama yang membabat pantai Balekambang. Kunjungan dilakukan setiap tanggal 1 Sya’ban oleh para peziarah yang terletak di daerah terpencil di tepi Kali Berek. Lokasi Wisata Pnatai Balekembang Malang sebagai tempat religi yang memiliki jarak sekitar 1 km dari arah Bantur sebelum masuk ke Pantai Balekambang.

Selain wisata religi untuk umat Islam, umat Hindu pun menjadikan pantai Balekambang sebagi tempat beribadah. Ibadah yang dimaksud ialah ibadah untuk hari raya Nyepi yang dilakukan setiap setahun sekali. Lokasi tempat ibadah terletak di Pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo. Pulau ini berada agak jauh dari bibir pantai atau menjorok ke laut yang dihubungkan dengan jembatan sekitar 70 m. Pulau ini merupakan salah satu icon pantai Balekambang digadang-gadangkan seperti pesona pantai tanah lot yang berada di Pulau Bali

Baca juga : Ke Jogja Jangan Lupa Mengunjungi Wisata Taman Pelangi Jogja

Banyak spot-spot menarik yang bisa Anda peroleh saat berfoto ria. Baground pantai yang disuguhkan memiliki daya tarik dan keindahan alam yang menakjubkan. Selain itu, Anda yang suka olah raga renang juga bisa menyalurkan hobi Anda di wisata Pantai Balekambang ini. Sebab, ombak di pantai ini tidak terlalu kencang.

Lokasi Wisata Pantai Balekambang

Wisata pantai Balekambang terletak di pesisir pantai selatan tepi Samudra Indonesia tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur. Jalan menuju wisata pantai kambang kini sudah mudah untuk diakses, karena jalan sudah diaspal dengan mulus. Hanya saja pengunjung kesulitan dengan tanjakan yang menikung tajam di kawasan Jurang Mayit. Karena akses yang bagus tersebut, kini hanya butuh kurang lebih 30 menit saja dari Kota Kecamatan Bantur menuju Balekambang.

Untuk menuju lokasi Pantai Balekambang ini bisa melalui 2 rute. Dan Anda tidak perlu cemas kesasar, karena disetiap persimpangan terdapat penunjuk arah yang mudah ditemukan dan dimengerti. Berikut ke dua rute yang dimaksud:

  • Rute Pertama Kota Malang-Gadang-Turen-Gondangglegi-Bantur-Pantai Balekambang.
  • Rute Kedua Kota Malang-Kepanjen-Pagak-Bantur-Pantai Balekambang.

Jika anda belum juga paham dengan rute tersemut maka anda dapat melihatnya di maps berikut :

Fasilitas Wisata Pantai Balekambang

Karena banyaknya pengunjung yang datang dan demi memberikan kepuasan kepada pengunjung, pemerintah terus melakukan pembenahan pantai. Selain itu, pantai Balekambang kini telah menyediakan beberapa fasilitas yang sangat menarik, salah satunya adalah flying fox. Permainan ini mulai dikenalkan sejak tahun Agustus 2012. Namun, untuk menikmati wahana permain yang satu ini, Anda harus berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur.

Selain wahanan flying fox, pantai Balekambang juga menyediakan berbagai macam permainan untuk anak-anak, seperti ayunan, patung hewan lengkap, dan lain sebagainya. Dengan adanya permainan tersebut, menjadi nilai tambah tersendiri bagi pengunjung wisata pantai Balekambang.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Balekambang untuk beberapa hari, tidak perlu khawatir. Karena di sekitar Pantai sudah tersedia penginapan untuk para wisatawan. Penginapan ini terdiri dari 2 dengan perbedaan fasilitas yang disuguhkan. Berikut penjelasannya:

  • Penginapan Bamboo penginapan ini memiliki 8 kamar yang di tawarkan dengan harga sebesar Rp 150.000,- per hari.
  • Hotel Wibisana penginapan ini menyediakan 10 kamar untuk pengunjung yang dibandrol dengan harga sebesar Rp 250.000,- per hari. Perbedaan harga yang lebih mahal tentunya membuat penginapan ini memiliki fasilitas yang lebih berkualitas dari pada penginapan Bamboo. Untuk ruang kamar yang ukuran Large, bisa digunakan untuk menampung hingga 6 orang pengunjung.

Meskipun fasilitas yang diberikan oleh kedua penginapan berbeda, namun semua penginapan ini memiliki fasilitas yang memadai dengan pemandangan pantai Balekambang yang disuguhkan secara langsung. Anda bisa melakukan aktivitas joging setiap pagi dan menikmati udara segar di pantai tersebut.

Harga Tiket Wisata Pantai Balekambang

Untuk menikmati keindahanya, harga tiket wisata Pantai Balekembang cukup murah. Anda harus rela membayar harga tiket masuk yang cukup terjangkau. Biaya tersebut hanyalah sebesar Rp 6000,- saja dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2000,- per motor. Namun, harga ini sewaktu-waktu bisa berubah. Yang jelas harga tiket masuk sangatlah murah untuk wisata pantai yang sangat indah.

Baca juga : Serunya Bermain di Wisata Jatim Park 1 Malang

Itulah penjelasan mengenai Wisata Pantai Balekambang yang menjadi andalah tempat wisata di Kabupaten Malang. Jika Anda berniat untuk mengeksplorasi tempat-tempat wisata di Malang, jangan lewatkan wisata pantai yang satu ini. Selain memberikan kenyamanan, Anda juga bisa merasakan suasana liburan di Tanah Lot Pulau Bali. Apalagi biaya yang diberikan juga sangat terjangkau.