Info Wisata Pantai Tiga Warna Malang Terbaru 2018

Wisata liburan yang ada di Indonesia memiliki berbagai macam keindahan yang ditampakkan. Mulai dari wisata bahari, wisata wahana, dan wisata alam. Namun, Indonesia dikenal dengan wisata alamnya yang sangat menakjubkan. Wisata alam yang dimaksud berupa pegunungan aktif, bukit yang terhampar, air terjun yang sejuk, dan pantai yang asri.

Salah satu wisata pantai yang unik adalah wisata pantai tiga warna Malang. Pantai ini memberikan pemandangan yang tidak biasa, yaitu adanya tiga warna yang saling berpadu dan membentuk sebuah paduan yang menarik. Anda yang berkeinginan untuk mengeksplorasi Kabupaten Malang, disarankan untuk mengunjungi wisata pantai yang satu ini.

Info Seputar Wisata Pantai Tiga Warna Malang

Malang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat banyak. Apalagi wisata pantainya, disana terdapat berbagai jenis pantai yang indah untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang populer ialah pantai tiga warna. Pantai ini memiliki warna yang sangat menarik. Pesona dari pantai tiga warna ini akan membuat Anda berdecak kagum akan keunikannya.

Seperti namanya, pantai ini memiliki ciri khas tiga warna yang indah pada air lautnya, yaitu merah, hijau, dan biru. Warna warni ini dihasilkan dari kedalaman air laut yang berbeda. Munculnya warna merah dikarenakan kemampuan cahaya matahari yang hanya bisa menembus air pantai hingga kedalaman 20 meter. Sedangkan warna hijau didapat dari endapan lumpur yang bercampur dengan plankton yang berjumlah banyak. Dan untuk warna biru sendiri menunjukkan bahwa kedalaman air laut cukup dalam.

Kombinasi tiga warna tersebut terlihat semakin menawan dengan paduan pasir pantai yang berwarna kecoklatan. Untuk melestarikan keindahan pantai tiga warna ini, pemerintah Malang membuat sebuah peraturan untuk memasuki pantai tersebut.

Sebelum masuk ke area pantai, akan ada penjaga pantai yang akan melakukan penggeledahan satu per satu barang bawaan pengunjung. Hal tersebut juga berlaku ketika akan meninggalkan pantai. Apabila didapati bahwa barang bawaan saat hendak pulang tidak sama dengan barang bawaan saat pertama masuk, maka pengunjung akan dilakukan interogasi. Masalah seperti ini cenderung dikarenakan pengunjung meninggalkan sampah di area pantai. Dan jika benar adanya, maka pengunjung harus membayar denda sebesar Rp 50.000,-.

Baca juga : Destinasi Wisata Pantai Balekambang Malang Terbaru 2018

Selain peraturan buang sampah, pemerintah membatasi jumlah pengunjung maksimal 10 orang dengan dipimpin oleh satu orang pemandu. Jika sudah berjumlah 10 orang, maka pengunjung yang lain harus menunggu sampai kelompok pertama kembali. Sedangkan perharinya pengunjung dibatasi hanya untuk 200 orang saja. Dan karena pantai tiga warna ini berada dalam wilayah hutan lindung, pengunjung harus melakukan reservasi terselbih dahulu.
Jadi, untuk berkunjung ke tempat wisata pantai tiga warna, Anda harus booking terlebih dahulu. Apabila tidak, maka kemungkinan besar Anda akan ditolak oleh petugas pantai dikarenakan kuota pengunjung yang sudah penuh.

Lokasi Wisata Pantai Tiga Warna Malang

Lokasi Wisata Pantai Tiga Warna yaitu terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Jalan menuju wisata pantai tiga warna Malang cukup mudah untuk dilalui. Apabila Anda memulainya dari arah Kota Malang, maka Anda harus menuju wilayah Turen. Kemudian ikuti arah tersebut hingga menuju Pantai Sendang Biru. Perjalanan menuju Pantai Sendang Biru ini memakan waktu sekitar 2 jam-an.

Setelah itu, Anda akan menemukan persimpangan menuju arah Pantai Goa Cina atau Pantai Sendang Biru. Kemudian pilihlah arah menuju Pantai Goa Cina dan teruslah berjalan lurus sekitar 2 km sampai menemukan persimpangan jalan. Setelah itu ambil arah kiri menuju tempat pelelangan ikan. Dan Anda akan masuk ke sebuah perkampungan, ambilah arah menuju Clungup Mangrove Conservation.

Jalanan di Clungup Mangrove Conservation memiliki bentuk yang cukup sempit. Bagi Anda yang menggunakan sepeda motor, tentu akan dengan mudah melewati jalanan tersebut. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, harus memarkirnya terlebih dahulu sekitar 1 km sebelum memasuki kawasan Clungup Mangrove Conservation. Kemudian, Anda lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Setelah melewati kawasan jalanan sempit tersebut, barulah akan terlihat sebuah pintu gerbang Pantai Tiga Warna. Dan juka anda ingin melihat rutenya melalui Google Mpas, Anda dapat melihatnya disini :

Fasilitas Wisata Pantai Tiga Warna Malang

Selain menikmati keindahan alam pantai, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Salah satu fasilitas yang bisa Anda nikmati di wisata pantai tiga warna Malang ialah wahana snorkeling. Dengan kejernihan air laut dan ombak yang begitu tenang, Anda bisa melakukan aktivitas olah raga air tersebut. Ada banyak keindahan laut yang tersimpan di bawah pantai tiga warna, seperti terumbu karang yang berwarna-warni. Untuk menyewa peralatan snorkleing, Anda harus rela merogoh kocek sebesar Rp 150.000,.

 

Selain fasilitas tersebut, Wisata Pantai Tiga Warna Malang juga menyediakan jasa penyewaan tenda sebesar Rp 25.000,-. Tenda ini bisa digunakan untuk camping atau bermalam di daerah Pantai Clungup atau Pantai Gatra. Selain tenda-tenda yang ada disekitar pantai, di Desa Tambakrejo, Sendang Biru juga terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda sewa, salah satunya pondok Bamboe Homestay. Penginapan ini berjarak 3,25 km dari pantai tiga warna. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 250.000,- s/d Rp 400.000,-. Homestay ini memiliki fasilitas seperti AC, meja, Tv, ruang keluarga, teras, dan kamar mandi dalam.

Cara Reservasi Wisata Pantai Tiga Warna Malang

Agar Anda bisa dengan mudah dan nyaman berkunjung di wisata pantai tiga warna Malang ini, berikut saya sampaikan tips untuk melakukan reservasi.

  • Penentuan hari berkunjung demi kenyamanan bersama, ada baiknya jika Anda menentukan hari apa dan jam berapa perkiraan Anda akan melakukan kunjungan. Hal ini supaya lebih jelas dan ter-booking.
  • Jumlah anggota maksimal 10 orang seperti peraturan yang diberikan bahwa jumlah pengunjung dibatasi hanya untuk 10 orang dalam satu kelompok. Jadi agar tidak mendapat kritikan dari petugas pantai, sebaiknya tentukan jumlah anggota yang akan ikut berkunjung dengan maksimal sebanyak 10 orang.
  • Biaya berkunjung perlu diketahui bahwa harga tiket wisata pantai tiga warna Malang sebesar Rp 300.000 per rombongan, dengan rincian Rp 100.000 untuk sewa pemandu wisata, Rp 150.000 untuk sewa lahan dan tenda, serta Rp 50.000 untuk tiket 10 orang.
  • Kendaraan yang digunakan menurut rute perjalanan yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda menggunakan kendaran pribadi berupa sepeda motor. Sebab, kendaraan roda empat tidak bisa dibawa masuk menuju pantai tiga warna, dikarenakan jalanan yang sempit di daerah Clungup Mangrove Conservation.

Baca juga : Info Terbaru 2018 Wisata Alam Coban Rondo Malang

Itulah penjelasan mengenai tempat wisata pantai tiga warna Malang yang menyimpan keunikan. Anda yang memiliki rasa penasaran terhadap bagaimana penampakan asli dari pantai yang tidak biasa tersebut, bisa mengunjunginya bersama rombongan. dan jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. Simak baik-baik penjelasan di atas, maka Anda akan melakukan perjalanan liburan di pantai tiga warna dengan nyaman.