Wisata Taman Kupu Kupu Bali Wajib Anda Kunjungi

Bali menjadi pilihan yang tepat untuk tujuan wisat baik domestik ataupun internasional. Berbicara mengenai bali, tentu yang anda pikirkan yaitu mengenai hamparan pantai yang indah dan mempesona. Tetapi, sebenarnya keindahan bali bukan hanya terletak di pantainya saja. Bali juga menarik pada sisi-sisi yang lain seperti pegunungan, petualangan hingga budayanya. Anda yang sekarang memilih bali sebagai tujuan berlibur atau wisata, anda juga wajib mengunjungi wisata yang menarik yaitu wisata taman kupu kupu bali. Di wisata taman ini, anda bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu yang indah. Anda tidak hanya bisa melihatnya saja tetapi anda juga bisa menyentuhnya secara langsung. Tentu mata anda akan sangat terpesona ketika melihatnya.

Taman kupu-kupu atau sering disebut Bali Butterfly Park ini terletak atas satu hektar tanah yang terdiri dari palataran parkir, museum kupu-kupu, kandang dan restoran serta taman yang diatapi dengan jaring. Dengan adanya taman diatapi jaring ini berguna agar kupu-kupu tidak bisa keluar dari dari taman tersebut. Taman kupu-kupu ini dipenuhi dengan beraneka ragam taman bunga. Teman bunga tersebut menyesuaikan dengan habitat ideal bagi kupu-kupu. Sehingga hewan serangga bersayap indah ini tetap bisa hidup sesuai dengan habitat asalnya.

Lokasi dan Harga Tiket Taman Kupu-kupu

Lokasi wisata taman kupu kupu bali ini terletak di Jl.Batukaru Br.Sandan Lebah Desa Wanasari Penebel Tabanan Bali. Salah satu objek wisata daerah tabanan bali ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga pukul 17.000 WITA. Jika anda berjalan mulai dari pusat kota, anda cukup berjalan lagi sekitar 6 km ke arah utara. Nah, anda akan sampai di wisata taman kupu-kupu ini. Dan untuk harga tiket wisata taman kupu kupu cukup murah. Harga tiket sekitar Rp. 50.000,00. Tentu kantong anda tidak akan habis karena berkunjung ke wisata ini.

Jika anda msih bingung dengan penjelasan rute diatas, anda dapat melihatnya di Maps berikut ini:

Taman Kupu-kupu yang Elok

Didalam wisata ini, anda bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu yang elok dan indah. Cakupan jenis kupu-kupu ini pun bukan hanya untuk daerah bali saja, tetapi koleksi kupu-kupu yang di perlihatkan yaitu berbagai jenis kupu-kupu di seluruh indonesia. Jika anda mengunjunginya bersama keluarga, tentu wisata ini menjadi salah satu alternatif anak untuk belajar. Karena anak-anak juga akan dibekali ilmu mengenai spesies kupu-kupu dan serangga yang menjadi koleksi di taman ini. Selain itu, anak-anak juga akan dibekali mengenai keaneragaman hayati, yaitu mengenai konservasi binatang yang di lindungi. Tentu hal tersebut akan jauh lebih menarik karena anak-anak belajar di alam secara langsung. Tanpa harus berdiam diri membaca buku.

Tempat wisata ini tidak hanya digunakan untuk penangkaran kupu-kupu saja. Tetapi juga sebagai tempat untuk pengembangbiakan kupu-kupu dan serangga. Pengembangbiakan ini berguna untuk keperluan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Tentu tempat ini sangat bermandaat karena dengan rangkain kegiatan didalamnua, membuat binatang khususnya kupu-kupu menjadi tidak punah.

Selain anda bisa menyentuh kupu-kupu dengan bebas, anda juga bisa mengetahui informasi lengkapnya. Anda cukup menanyakan segala yang menjadi pertanyaan kepada petugas yang ada disana. Petugas dnegan senang hati akan memberi tahu informasi apa yang ingin anda ketahui.

Di taman wisata ini terdapat beberapa jenis kandang yang dipergunakan untuk proses penangkaran kupu-kupu. Adan kandang reproduksi yang digunakan kupu-kupu dalam berproduksi. Ada kandang pemeliharaan telur yang digunakan untuk memlihara telur-telur dari kupu-kupu. Ada juga kandang larva, kandang kepompong dan kandang kupu-kupu. Tentu dari sekian banyak kandnag yang paling indah yaitu kandang kupu-kupu. Bermacam jenis kupu-kupu bisa anda lihat dengan jelas.

Baca juga : Liburan dan Wisata Belanja Pasar Badung Bali

Wisata taman kupu kupu bali menempati luas sekitar 1 Ha. Untuk netting area yaitu ruangan yang tetrtutup oleh jaring seluas 2700 m persegi. Kegunaan netting area ini untuk melepaskan kupu-kupa yang berjumlah sekitar 3500 ekor setiap bulannya. Selain taman ini berisi beragam jenis kupu-kupu, tamanini juga memproduksi bermacam-macam serangga. Misalnya bingkai isi kupu-kupu (Framing Butterfly), Bingkai isi kumbang (Framing Beetle), gantungan kunci dari serangga, selipan pembatas buku, penindih kertas (paper weight) yang terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu dan aneka kerajinan lainnya. Produksi barang-barang tersebut bisa anda beli dala, bentuk eceran maupun grosiran.

Beberapa Jenis Kupu-Kupu Di Wisata Taman Kupu Kupu Bali

Di taman wisata kupu-kupu bali, ada bermacam-macma jenis kupu-kupu. Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2010 terdapat lima belas jenis / spesies kupu-kupu yang terdiri dari dua famili atau keluarga. Yaitu famili Papilionidae dan Nymphalidae. Untuk jenis Nymphalidae yaitu Chetosia hypsea, Doleschalia bisaltide, Euploea phaenareta, Euploea core, Moduza procris dan Vindula dejone. Kupu-kupu dari Papilionidae yaitu Ornithoptera priamus, Troides Helena, Graphium agamemnon,, Pachliopta aristolochiae, Papilio demolion, Papilio helenus, Papilio memnon, Papilio peranthus, Papilio polytes.

Jenis kupu-kupu dari papilionidae yang termasuk kupu-kupu dilindungi yaitu Ornithoptera priamus dan troides helena. Kupu-kupu Ornithoptera priamus memliki sayap sepanjang 70 mm. Kupu-kupu jantan berwarna hijau dengan warna hitam bentuk lonjong ditengahnya. Dan kupu-kupu betina berwarna hitam dengan garis-garis putih di sayap depan. Panjang sayap Untuk kupu-kupu troides helena yaitu 70 mm. Dan kupu-kupu cantik ini juga mempunyai berwarna coklat tua pada bagain depannya. Warna kupu-kupu jantandan betina memang berbeda. Ketika anda sudah berada disana baru anda bisa mmebedakannya.

Menuju Wisata Taman Kupu Kupu Bali

Taman kupu-kupu yang terletak di desa Wanasari, jalan raya Batukaru, Tabanan bali bisa anda tempuh dengan berbagai cara. Jalan menuju wisata taman kupu kupu bali sekitar 7 km arah utara dari pusat kota Tabanan. Untuk perjalanan dari Denpasar butuh waktu sekitar 60 menit. And akan melewati pusat kota Tabanan menuju ke arah desa Penebel atau arah Jatiluwih.

Jika anda berlibur di daerah Tabanan dan anda berencana untuk beristirahat, ada beberapa penginapan yang bisa anda tempati. Penginapannya sangat strategis dan dekat dengan wisata yang bisa anda kunjungi. Bebrapa penginapan tersebut yaitu hotel pacung indah bedugul yang terletak di Jalan pacung desa batutiri, villa lumbung jatilueih yang terletak di desa jatiluwih penenel, puro taman sari yang terlelak di susun umabian desa peken marga, The sanyas Retreat yang terletak di banjar dukuh baturiti tabanan dan waka gangga yang terletak di jlan pantai yeh gangga. Semua penginapan yang di tawarkan sangat nyaman. Anda tinggal memilih penginapan mana yang sesuai dengan keinginan anda.

Baca juga : Kenali Sejarah, Kunjungi Wisata Monumen Braja Sandhi Bali!

Sangat menarik kan wisata satu ini? Jangan sampai anda jauh-jauh ke Bali tatapi meleatkan wisata taman kupu kupu bali yang indah ini. Selain anda bisa menikmati keindahannya, anda juga akan mendapatkan ilmu baru mengenai kupu-kupu dan serangga. Anda akan bertemu dengan berbagai macam jenis kupu-kupu yang indah dan elok ini.