Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Bingung mencari tempat wisata yang menarik untuk buah hati Anda? Jawabannya adalah Wisata Taman Pintar Yogyakarta. Di tempat wisata ini Anda bisa mengajarkan berbagai edukasi yang penting bagi anak Anda. Ingin tahu serba-serbi yang ada di dalam wisata ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Sebagai kota pendidikan dan pariwisata, pemerintah kota Yogyakarta berinisiatif membangun destinasi wisata yang menggabungkan dua elemen pendidikan dan hiburan dalam satu objek yaitu Taman Pintar. Untuk dapat menikmati wahana dan belajar di Taman Pintar, Anda harus membayar tiket masuk dengan harga Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 8.000 untuk anak-anak.

Harga tiket yang cukup murah ini tentunya tidak sulit bukan untuk Anda dan buah hati tercinta menikmati semua wahana dan fasilitas di Taman Pintar. Tempat wisata yang terletak di jantung kota Yogyakarta, ini adalah salah satu tujuan wisata yang jangan sampai Anda lewatkan untuk Anda kunjungi bersama keluarga Anda

Lokasi Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Wisata Taman Pintar Yogyakarta ini terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1 – 3, di pusat kota Yogyakarta. Taman Pintar terletak di daerah yang bisa dikatakan sangat strategis karena dekat dari beberapa tempat umum. Tempat ini hanya berjarak 8 kilometer dari Bandara Adisucipto, 6 kilometer dari terminal bus Giwangan, 3 kilometer dari Stasiun Kereta Lempuyangan, dan 2 kilometer dari Stasiun Tugu.

Wah, sagat strategis sekali bukan untuk menuju ke tempat wisata ini? Selain itu, di sisi timur Taman Pintar merupakan Tugu Serangan Umum 1 Maret. Menariknya, Taman Pintar terletak berdampingan dengan pasar buku Shopping yang terkenal sebagai pusat belanja buku terbesar yang ada di Yogyakarta. Jadi setelah dari Taman Pintar, Anda bisa mampir membeli buku di sebelahnya.

Nah, untuk jam buka tempat wisata ini adalah dibuka setiap hari dari Selasa sampai Minggu dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Namun khusus untuk hari Senin, wisata ini ditutup.

Jalan Menuju Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa lokasi Taman Pintar ini yang begitu strategis di jantung kota Yogyakarta, maka untuk berkunjung ke tempat inipun Anda tidak akan kesulitan. Jika Anda berangkat dari Bandara Adisucipto, maka Anda bisa naik bus Trans Jogja dengan jalur 3A atau 3B dan berhentilah di Taman Pintar Shelter.

Biaya yang Anda perlukan untuk naik bus cukuplah murah, yaitu hanya Rp 3.500 saja. Nah, jika Anda berangkat dari Terminal Giwangan, naiklah bus kota jalur 4 atau 10, berhentilah di depan Benteng Vredeburg kemudian berjalanlah ke arah timur. Bisa juga Anda naik sepeda motor atau mobil menuju 0 km, belok ke arah kanan dan Taman Pintar sudah terlihat. Jadi jika Anda sedng berjalan-jalan ke Malioboro, Anda bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Pintar karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari kawasan Malioboro.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat melihat rute tercepat atau rute yang sekiranya bebas dari kemacetan di maps berikut :

Tentang Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Wisata Taman Pintar Yogyakarta adalah tempat wisata sekaligus laboratorium belajar dan bermain bagi anak. Tempat wisata ini dikemas sebagai area rekreasi yang sangat menarik dan berguna bagi anak. Untuk itu akan sangat bagus jika Anda menjadikan Taman Pintar ini sebagai tujuan liburan Anda nantinya. Taman Pintar sengaja dibangun untuk memberikan tata ruang edukatif yang luas bagi anak-anak dan remaja mulai dari usia pra sekolah sampai usia sekolah menengah.

Taman Pintar ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 9 Juni 2007. Taman ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap Teknologi Informasi dan Ilmu Pengetahuan.
Sebagai taman pendidikan, Taman Pintar menerapkan filosofi yang diajukan oleh Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, yang mengatakan; ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso. Filosofi Ki Hadjar Dewantara ini sejalan dengan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi transfer pengetahuan yang dikenal dengan 3A; Mengadopsi, Beradaptasi, dan Maju.

Untuk menerapkan metode pembelajaran yang efisien dan spesifik, fasilitas yang disediakan di Taman Pintar dikelompokkan berdasarkan umur dan penekanan materi pembelajaran. Klasifikasi berdasarkan usia dibagi menjadi pra sekolah, taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah.

Baca juga : Lokasi dan Rute Menuju Wisata Taman Sari

Sedangkan berdasarkan penekanan materi pembelajaran, ada empat jenis arena yang bisa dikunjungi oleh pengunjung, mulai dari, game, pengantar, ilmu pengetahuan dasar, hingga penerapan teknologi informasi dan sains.

Fasilitas Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Wisata Taman Pintar Yogyakarta memiliki berbagai fasilitas yang sangat lengkap di dalamnya. Bukan hanya lab yang bisa Anda temukan di tempat ini. Beberapa fasilitas rekreasi dan pembelajaran juga disajikan di Taman Pintar dan fasilitas untuk menunjang obyek wisata. Di sini juga menyediakan food court, ruang audiovisual, area bermain atau taman bermain dan juga ruang pertemuan multifungsi atau ruang pameran. Berikut adalah fasilitas yang disediakan di Taman Pintar di antaranya:

1.Tapak presiden republik indonesia

2.Taman air menari

3.Permai desa saya

4.Koridor air

5.Spektrum warna

6.Nyanyian dinding

7.Sistem pulley

8.Tembikar rumah

9.Bahari rides

10.Rumah batik

Memasuki lantai bawah, Anda akan diajak memasuki zona Pendidikan Anak Usia Dini (ECE) untuk anak prasekolah hingga taman kanak-kanak. Adapun beberapa ruang yang disediakan meliputi:

1.Ruang komputer anak-anak

2.Petualangan ruang

3.Profesi ruang

4.Ruang kinerja

5.Ruang perpustakaan anak-anak

6.Ruang religius dan budaya

7.Blok susun ruang

8.Petualangan Ilmu Pengetahuan

Selain itu tempat yang terdiri dari tiga lantai ini memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain. Di antaranya adalah :

Lantai 1 ini berisi saran dan infrastruktur pelengkap bagi pengunjung yang terdiri dari:

1.Ruang pameran

2.Counter souvenir

3.Ruang audio visual

4.Radio anak Jogja

5.Pusat hiburan

6.Foodcourt

Lantai 2, terdiri dari berbagai macam fasilitas untuk mempelajari materi dasar yang terkait dengan penerapan sains dan teknologi. Beberapa zona disediakan, antara lain:

1.Zona pengolahan minyak dan gas

2.Zona agro

3.Zona air untuk kehidupan

4.Zona warisan leluhur

5.Zona teknologi pengolahan susu

6.Teknologi informasi dan komunikasi zona

7.Zona teknologi otomotif roda dua

Lantai 3, yang menjadi zona kreativitas. Wahana yang disediakan disini adalah sebagai berikut:

1.Wahana animasi

2.Zona ilmu pengetahuan dan teknologi

3.Teater 4 dimensi

4.Sejarah kesultanan Yogyakarta

5.Sejarah pemimpin pendidikan nasional

6.Sejarah republik presiden indonesia

Baca juga : Informasi Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Keraton Yogyakarta

Nah, jika ingin berlibur ke Taman Pintar Anda bisa langsung datang ke jalan Senopati Nomor 1-3 Yogyakarta.
Demikan ulasan mengenai harga tiket masuk dan lokasi Wisata Taman Pintar Yogyakarta. Selamat berwisata bersama keluarga.