Wisata Umbul Sidomukti di Kabupaten Semarang

Kota Semarang terkenal dengan banguna tua bersejarah layaknya lawang sewu dan kota tua. Namun tahukah anda, bahwa Semarang juga menyimpan berbagai tujuan wisata menarik lainnya. Salah satu tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah wisata umbul sidomukti. Salah satu wisata alam yang ada di Semarang ini bisa dijadikan opsi ketika anda memiliki tujuan wisata di Semarang.

Lokasi wisata umbul sidomukti ada di daerah Kabupaten Semarang, tepatnya di Kecamatan Bandungan desa Sidomukti. Berada di kawasan Gunung Ungaran, berdampak pada kondisi di Umbul Sidomukti. Dengan ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut, umbul sidomukti memiliki suasana yang dingin nan sejuk. Berbagai fasilitas telah disiapkan oleh pengelola demi memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke umbul sidomukti.

Fasilitas wisata umbul sidomukti

1.Kolam renang alam

Kolam renang alam yang ada di umbul sidomukti merupakan komoditi utama tempat wisata ini. Terdapat 3 kolam renang alam yang tertata dalam bentuk bertingkat. Setiap kolam renang memiliki kedalaman yang berbeda antara satu dengan lainnya. Kolam ini berada di lereng gunung ungaran. Kolam ini ditujukan bagi wisatawan dewasa dengan kedalaman 1.5 meter dan paling dangkal untuk anak-anak.

Kolam ini menawarkan pemandangan yang rindang bagi wisatawan. Untuk saat ini, icon utama umbul sidomukti adalah kolam renang ini. Namun bukan berarti fasilitas yang ada di umbul sidomukti hanya kolam renang saja. Ada berbagai fasilitas lain yang bisa dinikmati para wisatawan yang berkunjung.

2.Tempat berkemah

Berada di area gunung ungaran, tepatnya kaki gunung ungaran menjadikan umbul sidomukti sebagai satu destinasi menarik untuk berkemah. Area yang cukup luas dengan suasana yang sejuk merupakan pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin berkemah. Baiknya bagi wisatawan yang hendak berkemah di umbul sidomukti mempersiapkan berbagai peralatan untuk berkemah karena pihak pengelola hingga saat ini belum menyediakan peralatan untuk berkemah.

3.Wisata berkuda

Mengelilingi daerah umbul sidomukti dengan menunggang kuda merupakan fasilitas lain yang ditawarkan oleh pihak pengelola kawasan wisata. Kawasan yang hijau nan rindang, rasanya sangat rugi jika dilewatkan jika hanya berdiam diri saja. Anda dan keluarga yang ingin berkeliling di area umbul sidomukti namun enggan untuk berjalan kaki, tak perlu khawatir. Pengelola telah menyediakan jasa penyewaan kuda yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menikmati keindahan umbul sido mukti. Untuk menikmati fasilitas ini, wisatawan akan dikenai biaya sewa kuda yang dihitung berdasarkan lamanya waktu sewa.

4.Penginapan

Nah bagi wisatawan yang memilih untuk bermalam di umbul sidomukti, ada dua pilihan yang bisa ditempuh yaitu dengan mendirikan tenda perkemahan dan menginap di penginapan umbul sidomukti. Bagi wisatawan yang tidak ingin repot mendirikan tenda, kalian bisa memanfaatkan penginapan yang telah disediakan oleh pihak pengelola kawasan wisata umbul sidomukti. Harga yang ditawarkan untuk penginapan juga relatif terjangkau dan beragam. Dari penginapan tersebut, anda bisa menikmati suasana malam hari di semarang dengan pemandangan yang aduhai.

5.Wisata outbond

Suka memacu adrenalin? Umbul sidomukti merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang suka tantangan dan memacu adrenalin. Ada berbagai macam fasilitas outbond yang bisa dinikmati wisatawan untuk memenuhi keinginan anda akan sebuah adrenalin yang menantang. Namun ada satu produk unggulan umbul sidomukti yang sayang untuk dilewatkan oleh para pecinta adrenalin. Ya, sebuah flying fox yang ada di umbul sidomukti merupakan produk unggulan mereka. Bukan tanpa alasan, flying fox yang membentang dari ketinggian 70 meter dengan panjang track 110 meter merupakan salah satu wahana yang cukup menantang untuk ditaklukan.

Baca juga : Asyiknya Bermain Air di Wisata Umbul Ponggok

Harga tiket untuk mencicipi wahana ini terbilang murah. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 20.000, anda sudah bisa menyusuri ketinggian menggunakan flying fox di umbul sidomukti. Selain flying fox, ada pula fasilitas outbond lainnya seperti marine bridge, magic box, badul bridge, dan stick bridge. Untuk marine bridge, pengelola mematok tiket seharga Rp 18.000. untuk magic box, badul bridge dan stick bridge pengelola menggabungkan wahan tersebut kedalam Highest Triangle yang dipatok dengan harga tiket Rp 40.000

6.Kafe

Tak perlu bingung ketika anda lapar saat berwisata di umbul sidomukti. Pengelola telah menyediakan kafe yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk mengisi perut mereka. Ada berbagai makanan yang bisa di dapatkan oleh wisatawan di kafe ini. Dari makanan ringan hingga makanan berat semua tersedia di kafe ini. Kafe yang terkenal di umbul sidomukti adalah pondok kopi. Di kafe ini selain anda bisa bersantap ria dengan keluarga, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang ada di umbul sidomukti.

Jalan menuju wisata umbul sidomukti

Jalan menuju wisata umbul sidomukti sangat mudah ditemui. Namun, akses menuju tempat wisata tersebut tidak mendukung wisatawan yang menggunakan kendaraan besar karena ruas jalan menuju wisata umbul sidomukti cenderung sempit. Bagi wisatawan, dianjurkan menggunakan kendaraan roda dua apabila hendak berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Jika anda hendak bepergian menuju umbul sidomukti dari pusat kota Semarang, anda bisa menempuh perjalanan melalui tol Ungaran-Bawen. Jarak yang harus ditempuh berkisar 50Km dari pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dengan kondisi jalan lancar. Untuk petunjuk arah menuju ke wisata umbul sidomukti anda dapat melihat di maps berikut :

Harga tiket wisata umbul sidomukti

Harga tiket wisata umbul sidomukti sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000. Namun, bagi anda yang ingin menikmati wahana, harga tersebut belum termasuk tiket wisata lainnya. Jika anda ingin berenang di kolam renang umbul sidomukti, anda harus membayar tiket lagi. Hanya Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk kolam renang. Sedangkan untuk wisata berkuda, anda akan dikenakan tarif sewa kuda. Harga yang ditawarkan juga bervariasi. Untuk sewa kuda selama 30 menit, anda diharuskan membayar Rp 50.000 dan untuk sewa kuda dengan durasi 1 jam anda akan dikenakan biaya Rp 100.000.

Tips berlibur di umbul sidomukti

Umbul sidomukti merupakan salah satu lokasi wisata yang patut anda datangi ketika berkunjung ke kota semarang. Ada beberapa tipas yang bisa anda perhatikan saat hendak berwisata ke umbul sidomukti

1.Siapkan pakaian hangat. Semarang memang terkenal dengan kota yang panas, namun untuk daerah umbul sidomukti memiliki cuaca yang dingin. Hal tersebut karena lokasi umbul sidomukti yang berada di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut. Hendaknya anda mempersiapkan beberapa pakaian hangat saat memutuskan berkunjung ke umbul sidomukti.

2.Perhatikan kendaraan anda saat hendak menuju umbul sidomukti. Akses jalan yang cenderung sempit, merupakan alasan yang harus diperhatikan. Ada baiknya untuk menuju umbul sidomukti menggunakan kendaraan roda 2. Jika memang harus menggunakan kendaraan roda 4, hendaknya sopir memiliki keahlian berkendara di jalan yang cukup sempit.

Baca juga : 14 Obyek Wisata Alam Mangunan Jogja Terbaru 2018

3.Saat weekend, wisata umbul sidomukti biasanya mengalami kepadatan pengunjung. Jadi bagi anda yang ingin berkunjung ke umbul sidomukti hendaknya memilih waktu yang tepat untuk menghindari kepadatan pengunjung.